Sebanyak 91 item atau buku ditemukan

Analisis Kebijakan PAUD

Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini. Selain itu juga menginspirasi para pembaca, khususnya yang terjun langsung di dunia pendidikan anak untuk mengembangkan materi terkait pendidikan anak usia dini. Banyak hal yang perlu dikaji dan dicermati terkait pendidikan anak. kebijakan PAUD, adalah hal penting yang perlu dipahami oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan anak. Buku ini merupakan kumpulan dari hasil karya mahasiswa magister (S2) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Segala daya upaya telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun tentu tidak ada karya yang sempurna. Sehebat apapun karya seseorang, selalu ada celah untuk bisa diperbaiki. Demikian juga buku ini. Kalaupun masih ada kekurangan di sana sini, namun hasil karyanya secara tertulis sudah bisa dinikmati. Karena keilmuan yang tinggi tanpa ditulis tidak akan bisa diapresiasi. Dengan terwujudnya karya buku ini maka pembaca bisa memberikan apresiasi berupa penilaian, kritik, saran dan masukan untuk perbaikan selanjutnya.

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini.

Mempertemukan Jaringan Islam Liberal (JIL) dengan Majelis Tarjih PP Muhammadiyah

Role of Majelis Tarjih Muhammadiyah in managing the controversy between Jaringan Islam Liberal who support pluralistic ideas and anti JIL followers in Indonesia.

Kalau pun boleh dikatakan lebih tegas , posisi Muhammadiyah berusaha untuk ' moderat ' , yaitu posisi di antara liberal dan literal . Hal ini dapat dilihat ketika Haedar Nashir ( sekjen PP Muhammadiyah ) menyatakan dalam Suara ...

MODERASI BERAGAMA Perspektif Yusuf al-Qaradawi

Kajian Interdisipliner tentang Wacana Penyatuan Hari Raya

“Gagasan Menyatukan Umat Islam Indonesia Melalui Kalender Islam”, AHKAM:
Jurnal Ilmu Syariah 15, no. 2 (Juli 2015): 5. . “Karakteristik Hubungan
Muhammadiyah dan NU Dalam Menggunakan Hisab dan Rukyat,” Al-Jami‟ah
44, no.

Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah : Studi Etnografi Tarekat Sufi Di Indonesia

Islam adalah agama komprehensif yang mengaturseluruh aspek kehidupan manusia. Semua aktifitas manusia dimulai dari hal-hal yang bersifat dhahir seperti ibadah danmuamalah hingga masalah-masalah aqidah spiritual yang kasat mata telah diatur dan diajarkan oleh Islam. Apabila kitatelisik lebih mendalam maka nilai-nilai spiritual selalu ada dalam setiap ibadah dalam Islam. Sehingga tidaklah mengherankan jika Islam memandang manusia sebagai makhluk yang terdiri dari raga dan sukma. Raga yang terikat oleh waktu dan tempat serta sukma yang memiliki dimensi spiritual tingkat tinggi.

Buku Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah : Studi Etnografi Tarekat Sufi Di Indonesia ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

TAFSIR PENDIDIKAN

Konsep Pendidikan Berbasis Alquran

Setiap Muslim sudah bersepakat bahwa Al Quran memberikan penjelasan yang sangat gambling tentang gambaran dan karakter kehidupan dunia dan akhirat. Tidak hanya itu, Al Quran juga sudah memberikan rambu-rambu yang jelas kepada manusia, termasuk tentang konsep pendidikan yang komprehensif. Sebuah pendidikan disebut komperehensif jika ia berorientasi pada kepentingan hidup di dunia dan akhirat sekaligus. Hasil yang diharapkan dari konsep pendidikan yang komprehensif itu adalah lahirnya insan kamil. Media terbaik untuk menciptakan adalah pendidikan. Salah satu penunjang konsep pendidikan adalah buku. Pada jenjang manapun, buku merupakan sarana pendukung yang utama, selain media lainnya. Sejatinya, buku ini berkaitan erat dengan matakuliah Tafsir Tarbawi, Tafsir Pendidikan. Nomenklatur matakuliah ini berkaitan dengan tafsir Al Quran, dan karena itu, konten buku ini akan selalu berkaitan dengan penjelasan Al Quran tentang pendidikan dan pengetahuan. ………….. Buku yang menunjang Matakuliah Tafsir Tarbawi ini mengulas konsep dasar pendidikan Islam; landasan metode pendidikan qur’ani; metode dan proses pembelajaran dalam Islam; peserta didik dalam pendidikan Islam; pendidik dalam pendidikan Islam; tafsir ayat-ayat berdimensi pendidikan; kewajiban belajar mengajar, tujuan pendidikan, subyek pendidikan, obyek pendidikan, dan metode pengajaran. Target akhir, mahasiswa memiliki pengetahuan yang baik tentang pengantar tafsir pendidikan, mengenal Al Quran, sejarah dan perkembangan tafsir, metode, corak dan kaidah-kaidah penafsiran, pendidikan dan pendidikan Islam, konsep taklim, tarbiyah dan tahdzib. Dengan kemampuan itu, mereka juga diharapkan mampu mencetak generasi atau peserta didik dengan kepribadian yang lebih baik.

Salah satu penunjang konsep pendidikan adalah buku. Pada jenjang manapun, buku merupakan sarana pendukung yang utama, selain media lainnya. Sejatinya, buku ini berkaitan erat dengan matakuliah Tafsir Tarbawi, Tafsir Pendidikan.

Praktikum Manajemen Operasional

Buku ini ditulis guna melengkapi referensi praktikum manajemen operasional dengan pendekatan perangkat lunak yang masih sangat terbatas. Penyajian buku ini dibagi dalam empat bagian. Bagian pertama, pengenalan perangkat lunak yang memberikan gambaran umum mengenai perangkat lunak POM for Windows yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam bidang produksi dan operasi yang bersifat kuantitatif. Bagian kedua, memaparkan pengantar modul dari beberapa contoh permasalahan di bidang operasional dengan menggunakan pendekatan perangkat lunak. Bagian ketiga, penerapan modul dalam memecahkan masalah dibidang operasional, yang secara rinci dijelaskan mulai dari input data, process hingga membaca output data (results). Bagian keempat, contoh penelitian dibidang operasional yang telah diseminarkan (artikel) dan slide power point.

Bagian keempat, contoh penelitian dibidang operasional yang telah diseminarkan (artikel) dan slide power point. Buku Praktikum Manajemen Operasional ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Exploring Islamic Education Teachers' Competency in Teaching Tilawah Al-quran in Two Selected Secondary Schools in Gombak

A Case Study

Tilawah al-Quran is one of the components of the Islamic Education curriculum of primary and secondary schools in Malaysia. Teaching Tilawah al-Quran involves verbal skills, reading fluency, skills of fasohah, recitations with tajweed and reading with tadwir and tartil, and comprehension of Quranic verses. Successful outcome of teaching and learning Tilawah al-Quran requires skilled and competent teachers. These requirements are vital for Islamic Education teacher so that they can master the teaching of Tilawah al-Quran effectively. Thus, this study attempts to explore Islamic Education teachers' competency in teaching Tilawah al-Quran. This study employed a case study approach. Data were collected through interviews and classroom observations. This study was carried out in two Malaysian secondary schools in Gombak district. The study was involved three Islamic Education teachers. The study found that in order to be competent in teaching Tilawah al-Quran, teacher should have knowledge, appropriate skills and teaching methods. The data analysis revealed that the five elements of teaching competencies applied by the Islamic Education teachers in teaching Tilawah al-Quran include teaching methodology, using teaching aids, using classroom management techniques, assessing and evaluating students learning, and possessing good personality and attitude. The study suggested that to become a competent teacher in teaching Tilawah al-Quran, an Islamic Education teacher should be knowledgeable, having teaching skills especially the ability to teach and transmit the knowledge and skills to students, as well as using appropriate pedagogies. Additionally, Islamic Education teacher should have good personality and attitude.

Tilawah al-Quran is one of the components of the Islamic Education curriculum of primary and secondary schools in Malaysia.