Sebanyak 122 item atau buku ditemukan

Filsafat Lingkungan

Judul buku ini adalah Filsafat Lingkungan: Kontruksi Filosofis dan Teologis tentang Lingkungan dalam Pemikiran Seyyed Hossein Nasr. Saya mencoba memadukan dua disiplin ilmu yang berbeda yaitu filsafat dan teologi dalam membedah isu lingkungan dalam pemikiran Nasr, karena Nasr memiliki dua dimensi itu ketika membahas tentang kajian lingkungan, khususnya dalam perspektif Islam

Karena kerusakan lingkungan harus dikendalikan dengan etika spiritual. ... ekspresif, dan estetik manusia serta kemampuannya berkomunikasi secara.

Ilmu Fiqh

Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam. Edisi revisi

Potensi fiqh sebagai wadah interpretasi sumber-sumber hukum Islam dalam bentuk yang lebih aplikatif bagi kaum muslim maupun para praktisi hukum, membuat pemahaman terhadap fiqh sebagai sebuah disiplin keilmuan merupakan keharusan. Dari sudut pandang tersebut, buku yang ada di tangan Anda ini menyajikan semua elemen yang membentuk fiqh. Tema-tema initi yang dibahas secara komprehensif dalam buku ini meliputi: Sejarah pendahuluan, perkembangan fiqh dan aliran-aliran fiqh. Hubungan fiqh dengan disiplin ilmu keislaman lain, pembidangan ilmu fiqh, kaidah fiqh, legislasi fiqh. Sasaran pembaca: Mahasiswa fakultas syariah, praktisi hukum syariah dan masyarakt luas Buku persembahan penerbit PrenadaMediagroup

Tema-tema initi yang dibahas secara komprehensif dalam buku ini meliputi: Sejarah pendahuluan, perkembangan fiqh dan aliran-aliran fiqh. Hubungan fiqh dengan disiplin ilmu keislaman lain, pembidangan ilmu fiqh, kaidah fiqh, legislasi fiqh.

MANAJEMEN PENDIDIKAN KONTEMPORER

Konstruksi Pendekatan Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal

Indonesia pernah dihadapkan pada situasi yang rumit, dimana konsep kolonialis menubuh ke dalam dunia pendidikan, khususnya bidang manajemen. Kemudian muncul model manajemen pendidikan liberalis sosialis, yang mendewakan sikap otoriterisme. Baru kemudian pada tahun 1994, Indonesia berhasil merombak kurikulum ke arah yang lebih cerah. Pemusatan total pada peserta didik diperluas dengan memasukkan unsur muatan lokal sebagai pendekatan. Pendidikan yang mulanya sentralistik, diubah menjadi desentralistik. Dari sini, kemudian bergemuruh pendidikan berbasis kearifan lokal. Otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan dipandang sebagai kabar baik. Setiap daerah memperkenalkan budayanya melalui pembelajaran. Potensi lokal dikembangkan, diintegrasikan, dan diinternalisasikan ke dalam proses pembelajaran. Daerah terpinggirkan menjadi produktif, kebudayaan daerah yang tenggelam hidup kembali, adat istiadat pun banyak diungkap. Akhirnya manajemen pendidikan Indonesia bergeser ke arah pengembangan kearifan lokal. Dengan sajian-sajian menarik dilengkapi studi lapangan sebagai bukti sampelnya, buku ini hadir sebagai obor bagi manajemen pendidikan di negeri ini. Beragam pola menajemen pendidikan kontemporer dibahas dalam buku ini, mulai dari pendekatan manajemen pendidikan yang berbasis pada karakter, budaya, hingga kearifan lokal. Sudah saatnya pendidikan di Indonesia menjadi media penyelamat bangsa dengan mencetak generasi yang berkarakter dan dapat mengembangkan potensi kearifan lokal di daerahnya.

Maka tugas manajemen pendidikan adalah menjaga kearifan budaya untuk kebahagiaan ... prosedur, sarana-prasarana yang tersusun saling mempengaruhi untuk ...

E-commerce Get It Right!

What Is E-commerce?The Dictionary says: e-commerce: Commerce transacted electronically, as over the Internet.Synonyms include: e-commerce, electronic Commerce, E-commerce, ecommerce, online retail, online trading, and selling online. Selling and transacting like this can be done thanks to the World Wide Web, which is the global combination of links, information, web pages and e-commerce websites. All of this is delivered to us via the Internet, an infrastructure of computers all linked together.E-commerce embodies anything from selling a domain name to selling music downloads, or from information products like this eBook to physical products such as a DVD or clothing. Once ordered these products are shipped direct to your customers¿ door.The term e-commerce is also commonly used for selling physical products to retail customers (Business to Consumer, B2C) and business customers (Business-to-Business, B2B). Therefore, we will focus on these in this book.

All of this is delivered to us via the Internet, an infrastructure of computers all linked together.E-commerce embodies anything from selling a domain name to selling music downloads, or from information products like this eBook to physical ...

The Real Power of Marketing Audit

Suara Karya , Angkatan Bersenjata , Sriwijaya Post , Wawasan , Tabloid Rumah , Tabloid Harta dan Tahta , Tabloid Asset , Majalah Manajemen Usahawan ( FE UI ) , Majalah Pengembangan Perbankan ( IBI ) , Majalah Ekonomi Syariah ...

BUKU AJAR TEORI PERILAKU ORGANISASI

Teori organisasi secara umum adalah bisa diartikan sebagai suatu pikiran yang merupakan sekelompok orang yang membagi tugas secara terstruktur untuk mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama. Teori organisasi adalah teori yang berusaha menerangkan/meramalkan bagai mana organisasi dan orang didalamnya berprilaku dalam berbagai struktur organisasi, budaya lingkungan, untuk mencapai tujuan.

Teori organisasi secara umum adalah bisa diartikan sebagai suatu pikiran yang merupakan sekelompok orang yang membagi tugas secara terstruktur untuk mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama.

Blended Learning

Tools for Teaching and Training

This essential guide should be on the desk of any library and information professional, records manager, archivist or knowledge manager involved in planning and introducing an ERM system, whether in a public or private sector organization. Information professionals currently face the challenge of providing end-user education and staff training to very large and diverse groups, whilst integrating the use of ICT into their teaching. But there seems to be a tendency within the literature to focus solely on face-to-face learning or on e-learning, and this is a lost opportunity. This book offers a new blended learning approach, combining the two techniques to make best use of the advantages of each while minimizing the disadvantages. It provides information professionals with a practical guide to the design and delivery of such training programmes, illustrated with a range of library-based examples, checklists and case studies. Many organizations establish projects, sometimes using external funding, as a means of developing their education and training provision, and the book provides a practical overview of this subject in the context of blended learning. Key areas covered include: technologies in the classroom virtual communication tools integrated learning environments websites and web tools models of teaching and learning planning and designing learning activities individual and group learning coaching and mentoring engaging with communities of interest and practice managing learning and teaching projects. Readership: This unique book will be of great value to any information professionals involved in establishing and delivering end-user education and staff development, whatever their previous experience. It will also benefit staff developers in school, college and higher education, library and information students, independent consultants and trainers, and information suppliers such as database providers.

This book offers a new blended learning approach, combining the two techniques to make best use of the advantages of each while minimizing the disadvantages.

PENGANTAR TEORI-TEORI BELAJAR DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

Sebagian orang berpendapat bahwa Belajar adalah semata – mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta – fakta yang tersaji dalam bentuk informasi atau materi pelajaran. Disamping itu menurut konsep Skiner bahwa Belajar adalah proses beradaptasi atau menyesuaikan tingkah laku yang berlangsung secara prograsif. Chaplin juga berpendapat bahwa belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. Hitzman juga berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia dan hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.Selain itu Belajar adalalah (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik. pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum. Melihat penting arti kata belajar seyogianya seorang guru harus melihat hasil belajar siswa dari berbagai sudut psikologis yang utuh dan menyeluruh. Sehubungan dengan hal itu, seorang siswa yang menempuh proses belajar ditandai dengan munculnya pengalaman – pengalaman psikologis yang baru . Pengalaman ini diharapkan dapat mengembangkan aneka sifat, sikap, dan kecakapan yang konstruktif (membangun) dan bukan kecakapan sebaliknya yang cenderung destruktif (buruk). Untuk mencapai pengalaman atau hasil belajar yang ideal seperti di atas, kemampuan pendidik dalam membimbing siswa mutlak sangat berpengaruh. Dalam hal itu, pendidik perlu wawasan atau pengetahuan teori-teori dalam belajar dan bagaimana mengaplikasikannya dalam model-model pembelajaran. Pengetahuan teori-teori belajar dan model-model pembelajaran ini disajikan apik dalam buku ini. Buku yang terdiri dari dua bagian ini menguraikan dengan jelas bagaimana seharusnya kita belajar. Pada bagian pertama, penulis menyajikan teori-teori belajar mulai dari teori Behaviorisme hingga Identitas. Teori-teori ini biasa dapat diterapkan oleh suatu riset dan praktik dalam bidang pendidikan. Bagian kedua, penulis menyajikan model-model pembelajaran--mulai dari model Active Learning, PAIKEM, Discovery Learning, Contextual Learning (CTL), Mind Mapping, hingga Cooperative Learning--sebagai contoh aplikasi atau penerapan teori-teori pembelajaran.

Cooperative Learning , Printed in United states of Amirica. ... Studies in Adult Education, 4, 57-62 Training Design. ... Beyond Teaching and Learning, Memadukan Quantum Teaching & Learning, (terjemahan Ria Sirait dan Purwanto), Nuansa, ...

MICROTEACHING

Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

Buku dengan judul “Microteaching Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal" disusun untuk membantu pendidik dan dosen atau calon pendidik dan mahasiswa pendidikan atau non-pendidikan, pakar pendidikan, dan praktisi pendidikan, yang hendak merencanakan dan mengelola pembelajaran dalam bentuk kelas microteaching, khususnya dalam buku ini dicontohkan melalui mata pelajaran Fisika. Dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik berorientasi pada penyelidikan ilmiah (scientific inqury) yang dilakukan dengan mengintegrasikan budaya kearifan lokal suatu daerah. Salah satu kearifan lokal suatu daerah yang diintegrasikan dalam pembelajaran adalah ungkapan a’bulo sibatang dengan mengutamakan norma assamaturuseng, yang diperoleh dari kearifan lokal masyarakat Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat pada umumnya, serta masyarakat pulau Barrang Lompo pada khususnya. Hal lain yang menjadi penekanan dalam pembelajaran adalah kedekatan dengan lingkungan sekitar peserta didik yang dibingkai dalam suatu model pembelajaran yang berlansung di dalam kelas maupun di luar kelas dan dilaksanakan dalam bentuk microteaching.

Buku dengan judul “Microteaching Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal" disusun untuk membantu pendidik dan dosen atau calon pendidik dan mahasiswa pendidikan atau non-pendidikan, pakar pendidikan, dan praktisi pendidikan, yang ...