Sebanyak 217 item atau buku ditemukan

RAMADHAN BERSAMA NABI

Tafsir dan Hadis Tematik di Bulan Suci

Buku ini dimaksudkan sebagai sarana meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah di bulan suci Ramadhan, melalui jalur tadabbur al-Qur’an dan Hadis terkait istilah-istilah kunci dalam ajaran Islam. Diawali topik Niat; Manajemen Qalbu; Ikhlas; Muraqabah; Istiqamah; Rahmat; Berkah; Rezeki; Taufiq, Hidayah dan Inayah; Ibadah; Penghapus Pahala; Sabar dan Dermawan; Hikmah Kematian; Mengenal al-Qur’an; Tadabbur al-Qur’an; Tadarus al-Qur’an dan ditutup Khutbah Idul Fitri Masa Pandemi. Buku ini memuat 17 tema kajian, sebagai tafa’ulan terhadap al-Qur’an yang diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan yang diperingati sebagai hari Nuzulul Qur’an; mengingat materi buku ini didominasi oleh pendekatan tafsir al-Qur’an tematik. Harapannya, setelah memahami istilah-istilah khas Islami tersebut, kita dapat mengamalkannya semaksimal dan seoptimal mungkin, agar menjadi insan yang dicintai oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW, karena telah memadukan ilmu, amal dan akhlak Islami.

Buku ini dimaksudkan sebagai sarana meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah di bulan suci Ramadhan, melalui jalur tadabbur al-Qur’an dan Hadis terkait istilah-istilah kunci dalam ajaran Islam.

Manajemen dan Kepemimpinan

Tantangan yang paling berat dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan terletak pada manajemen dan kepemimpinan. Kemampuan seseorang dalam merencanakan, melaksanakan, mengontrol dan mengevaluasi sebuah organisasi mencerminkan kematangan dan kesiapannya dalam menjalankan roda organisasi tersebut, sehingga tercipta suatu pengelolaan organisasi yang baik dan dapat mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Sekalipun dalam kajian-kajian teori secara umum manajemen dan kepemimpinan dibedakan dan terkadang disatukan, karena kenyataan dalam perjalanan organisasi keduanya sulit untuk dipisahkan. Kepemimpinan dimaknai sebagai sebuah upaya untuk memberikan pengaruh kepada orang lain agar maksud dan tujuan dapat dicapai dengan baik atau kemampuan menggerakkan orang lain agar mau bekerjasama dalam sebuah kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kepemimpinan sangat dibutuhkan kemampuan manajerial, kemampuan seseorang untuk mengatur jalannya organisasi. Sehingga dalam buku ini manajemen dan kepemimpinan diuraikan menjadi satu kesatuan sekalipun dalam penjelasannya ada yang terpisah. Setiap manusia adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dilakukannya dalam memimpin. Pemimpin yang bertanggung jawab, mengayomi dan mendengar aspirasi akan memiliki wibawa dan kharisma, sehingga tipe kepemipinannya lebih banyak didominasi oleh tipe kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional mampu melahirkan pemimpin sejati. Pemimpin sejati adalah yang mampu menginsprasi orang lain, energik, cerdas, menjadi tauladan dan figur yang dicontoh sehingga mampu memotivasi orang lain menuju perubahan yang lebih baik. Buku Manajemen dan Kepemimpinan ini dibuat sebagai buku ajar pada mata kuliah Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Di dalam buku ini penulis uraikan tentang Konsep Dasar Manajemen, Pengembangan Teori Manajemen, Manajemen dan Manajer, Perencanaan dan Organisasi, Pengendalian dan Motivasi, Konsep Dasar Kepemimpinan, Teori dan Pendekatan Kepemimpinan, Etika Moral dan Kekuasaan, Model dan Prinsip Kepemimpinan di Abad-21 dan Praktik Kepemimpinan Instruksional dalam Pendidikan.

Sedangkan dalam dunia pendidikan, definisi pendidikan berdasarkan ... dana, sarana prasarana pendidikan, tata laksana dan lingkungan pendidikan untuk ...

The Blended Course Design Workbook

A Practical Guide

Blended (also called hybrid) classrooms, in which face-to-face interaction is intentionally combined with online activities to aid student learning, are becoming more and more common. Most recently, “flipped” classrooms have become a popular method for teaching because more time for active learning in-class can be gained by moving content delivery such as lecture to outside-of-class homework using technology tools such as video or lecture capture. The blended model is proving to be an environment that provides more self-directed, technology-mediated learning experiences for students who will be incorporating technology more and more into their professional lives post-college. The Blended Course Design Workbook meets the need for a user-friendly resource that provides faculty members and administrators with instructions, activities, tools, templates, and deadlines to guide them through the process of revising their traditional face-to-face course into a blended format. Providing a step-by-step course design process that emphasizes active learning and student engagement, this book will help instructors adapt traditional face-to-face courses to a blended environment by guiding them through the development of course goals and learning objectives, assignments, assessments, and student support mechanisms with technology integration in mind. It will also help instructors choose the right technologies based on an instructor’s comfort level with technology and their specific pedagogical needs. The book will help each instructor who uses the text to develop a unique course by making choices about their course design based on student learning needs for their chosen topic and discipline. Every component of the workbook has been piloted with faculty designing and implementing blended courses and then revised to better meet the needs of faculty across a range of comfort levels with technology use. The Blended Course Design Workbook includes detailed instructions for each stage of course design alongside specific activities that the reader can complete. The book is unique because it facilitates a step-by-step process for blended course design with specific templates and tools that can be used across disciplines. Additional resources and handouts are posted on the book page as well as the author website, a href=http://www.bcdworkbook.comwww.bcdworkbook.com.

Providing a step-by-step course design process that emphasizes active learning and student engagement, this book will help instructors adapt traditional face-to-face courses to a blended environment by guiding them through the development ...

Blended Learning in Action

A Practical Guide Toward Sustainable Change

Shift to blended learning to transform education Blended learning has the power to reinvent education, but the transition requires a new approach to learning and a new skillset for educators. Loaded with research and examples, Blended Learning in Action demonstrates the advantages a blended model has over traditional instruction when technology is used to engage students both inside the classroom and online. Readers will find: Breakdowns of the most effective classroom setups for blended learning Tips for leaders Ideas for personalizing and differentiating instruction using technology Strategies for managing devices in schools Questions to facilitate professional development and deeper learning

Loaded with research and examples, Blended Learning in Action demonstrates the advantages a blended model has over traditional instruction when technology is used to engage students both inside the classroom and online.

Keuangan Publik: Pendekatan Instrumen Kebijakan dalam Perspektif

Islam hadir sebagai sumber kekuatan baru pada Abad ke-7 Masehi, menyusul runtuhnya kekaisaran Romawi. Hal ini ditandai dengan berkembangnya peradaban baru yang sangat mengagumkan. Kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi serta kehidupan sosial lainnya termasuk ekonomi berkembang secara menakjubkan. Fakta sejarah ini menunjukkan bahwa Islam merupakan sistem kehidupan yang bersifat komprehensif, yang mengatur semua aspek, baik dalam sosial, ekonomi, dan politik maupun kehidupan yang bersifat spiritual. Buku dikemas dengan pendekatan klasik dan modern, disertai dengan isu-isu yang hingga saat ini masih sering diperdebatkan. Pembahasan dibagi menjadi lima bagian; • Bagian Pertama mengungkap peran Negara dengan fokus utama bagaimana Rasulullah membentuk sebuah Negara Madani. • Bagian Kedua mengungkap esensi pembangunan dengan berbagai unsur yang ada dalam pembangunan ekonomi suatu Negara. • Bagian Ketiga membahas salah satu instrumen dominan dalam pembangunan ekonomi suatu negara, yaitu esensi pajak yang merupakan instrumen skal dan dilengkapi pula dengan esensi pengintegrasian zakat dan pajak. • Bagian Keempat mengungkap tentang instrumen utang yang menjadi sumber malapetaka perekonomian negara Amerika dan kawasan Eropa, serta pandangan ekonomi Islam terkait masalah hutang. • Bagian Kelima mengungkap sisi internasional keuangan publik dengan pendekatan yang dikembangan oleh M.NejatullahSiddiqi. Kelebihan buku ini adalah pada pembahasan yang dilakukan dengan membandingkan model konvensional dan model Islam, serta mengombinasikan keduanya terkait instrumen kebijakan suatu Negara khususnya kebijakan Keuangan Publik. Selain itu pembaca juga diingatkan kembali pada sejarah proses pendirian Negara Madina yang berhasil pada bidang ekonomi. Buku ini dapat dijadikan referensi utama untuk kajian keuangan publik Islam, dan bahan untuk kajian makro ekonomi dan ekonomi Internasional, khususnya terkait kajian Islam. Penulis berharap buku ini bisa bermanfaat bagi para pembaca baik akademisi, praktisi, dan masyarakat umum penggiat ekonomi dan Keuangan Islam.

Islam hadir sebagai sumber kekuatan baru pada Abad ke-7 Masehi, menyusul runtuhnya kekaisaran Romawi.

Panduan Karya Tulis Ilmiah dengan Microsoft Word 365 dan 2019

Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan. Tidak mengherankan apabila buku tentang program ini sudah banyak ditulis. Namun kebanyakan buku Word mencoba mengulas seluruh fitur yang ada dan penulis yakin bahwa ini adalah cara yang kurang tepat untuk belajar Word. Hal ini karena Microsoft menyediakan fitur-fitur yang banyak sekali di dalam Word, bahkan kini melalui Office 365 Microsoft terus-terusan menambah fasilitas baru tanpa menunggu service pack seperti dulu. Alhasil, upaya untuk mengupas seluruh kemampuan Word sering dirasa tidak membuahkan hasil. Buku ini berbeda karena buku ini hanya mengupas kemampuan Word yang mempermudah Anda membuat tulisan ilmiah, seperti skripsi, tesis, disertasi, atau lainnya dengan efisien. Misalnya, saat Anda membuat daftar pustaka, kutipan, atau rumus matematis secara otomatis. Jadi, Anda selaku penulis bisa fokus pada isi naskah, bukan pada pemformatannya. Karena memang penekanannya pada pembuatan karya tulis maka buku ini juga menyajikan tool lain untuk meningkatkan produktivitas Anda, seperti EndNote, Zotero, dan MathType yang cukup bermanfaat dan akan dibahas sejelas-jelasnya. Buku ini merupakan buku update dari buku berjudul ÒWord 2013: Panduan Karya Tulis IlmiahÓ ditambah dengan penjelasan versi mutakhir atas program-program di atas yang mencakup Word 365 dan 2019, EndNote X9, MathType 7, dan Zotero 5. Pembahasan dalam buku mencakup: ¥ Menggunakan heading untuk membuat judul bab dan subbab. ¥ Menomori dan mengelola gambar secara otomatis ¥ Menomori dan mengelola tabel secara otomatis. ¥ Membuat dan menomori rumus secara otomatis dengan memanfaatkan field. ¥ Memanipulasi penomoran halaman dan catatan kaki. ¥ Mengelola dan membuat daftar referensi secara otomatis. ¥ Membuat daftar isi, daftar gambar dan daftar tabel secara otomatis untuk karya tulis yang terdiri atas satu atau beberapa file sekaligus.

Pembahasan dalam buku mencakup: ¥ Menggunakan heading untuk membuat judul bab dan subbab. ¥ Menomori dan mengelola gambar secara otomatis ¥ Menomori dan mengelola tabel secara otomatis. ¥ Membuat dan menomori rumus secara otomatis ...

Annisa - Edisi Bahasa Inggris

A young Indonesian woman with an ailing mother and a celebrity father whose moon is on the wane. A painful family secret dragged into the open, a subversive Western lecturer, and nowhere else to turn. A steady drift into dangerous waters, a choice between black and white when everything seems grey. ‘A simple and perceptive drama, Annisa shines a light on social matters close to the hearts of many Indonesians.’ Muzakkir Husain, Berita Satu

A young Indonesian woman with an ailing mother and a celebrity father whose moon is on the wane.

Kualitatif

Kualitatif Teologi

Metode penelitian teologi/Pendidikan Agama Kristen, dipengaruhi oleh pertimbangan-pertimbangan pendekatan dari obyek dan masalah penelitian tersebut. Obyek dan masalah penelitian tidak semuanya dapat didekati dengan pendekatan yang sama, untuk itu perlu adanya pendekatan lain yang berbeda. Metode penelitian yang menggunakan pendekatan secara etnografi adalah pendekatan penelitian kualitatif. Analisa penelitian kualitatif digunakan pertama kali oleh para ahli sosiologi dari Mazhab Chicago pada tahun 1920-1930, yaitu menggunakan penelitian kualitatif untuk mengkaji kehidupan manusia dalam kelompoknya. Pada waktu yang bersamaan kelompok ahli antropologi menggunakan untuk menjelaskan outline dari metode karya lapangan, dimana mereka melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mempelajari adat dan budaya masyarakat setempat. Buku yang ditulis secara ringkas dan dengan kata-kata sederhana ini akan memudahkan pembaca memahami bagaimana teori, riset dan praktek pembuatan penelitian kualitatif. Berkenaan dengan kurikulum baru yang mengharuskan setiap mahasiswa teologi/Pendidikan Agama Kristen untuk mempelajari metode penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif, buku ini merupakan referensi yang cocok untuk digunakan. Selain memadu yang mahasiswa menjadi seorang peneliti kualitatif tetapi juga membuka wacana tentang teknis pelaksanaan penelitian kualitatif yang belum banyak para mahasiswa teologi/Pendidikan Agama Kristen. Agar kita semua tidak tertinggal dengan mata kuliah baru ini maka haruslah segera memiliki buku ini. Sebab selain buku ini dirancangsecara khusus untuk model penelitian Pendidikan Agama Kristen/Teologi, buku ini juga dilengkapi dengan teknik penyusunan proposal penelitian bahkan penyusunan laporan penelitian kualitatif. Salah satu keunggulan lain dari buku ini, ditulis oleh seorang penulis yang telah lama aktif dalam pembimbingan penulisan karya ilmiah dan penelitian teologi/Pendidikan Agama Kristen.

Analisa penelitian kualitatif digunakan pertama kali oleh para ahli sosiologi dari Mazhab Chicago pada tahun 1920-1930, yaitu menggunakan penelitian kualitatif untuk mengkaji kehidupan manusia dalam kelompoknya.