Sebanyak 83 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN PENDIDIKAN

Manajemen pendidikan merupakan rangkaian dari fungsi manajemen yang berhubungan dengan bidang pendidikan. Sesuatu dapat dikatakan sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri menerapkan objek kajian yang jelas, berupa objek materi yang merupakan sasaran suatu penyelidikan, pemikirannya, atau penelitian ilmu, dan objek formal berupa keteraturan, pengaturan, dan keserasian dalam pelaksanaan pendidikan. Dalam ilmu manajemen pendidikan secara umum mengkaji tentang efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kinerja lembaga pendidikan dengan komponen dan tujuan-tujuan pendidikan, kegiatan pendidikan yang logis, jumlah sumber daya manusia atau staf yang memadai, disiplin kinerja, standarisasi pekerjaan yang sistematis, pertanggungjawaban dan pengembangan kemajuan lembaga pendidikan. Selain itu ada beberapa realita dan permasalahan yang menjadi trending topik dunia pendidikan terkini yang diharapkan menjadi sumber pengalaman untuk lembaga pendidikan supaya lebih antisipatif dan menemukan solusi yang tepat dalam menghadapi itu semua. Hal ini akan menjadikan semua elemen pengelola lembaga pendidikan baik tenaga pendidik maupun kependidikan mampu berpijak pada kaidah dasar dan tujuan dari manajemen pendidikan yang stratejik dan tepat guna. Pendidikan bukan hanya berkaitan dengan manajemen pendidikan saja, namun juga berkaitan dengan out put dan out come lembaga pendidikan yang merupakan hasil produksi dari kajian para aktor yang terlibat dalam manajemen pendidikan. Perkembangan maupun kemajuan manajemen pendidikan yang mutakhir bukan hanya ditentukan oleh bagaimana promo yang dilakukan pengelola lembaga pendidikan terhadap minat peserta didik untuk menjadi bagian dari lembaga pendidikan tersebut. Tetapi yang lebih substansial adalah bagaimana lembaga pendidikan yang dimaksudkan sebagai salah satu produk dari manajemen pendidikan mampu melahirkan out put maupun out come sumber daya manusia yang handal serta berguna bagi manusia yang lain.

Manajemen pendidikan merupakan rangkaian dari fungsi manajemen yang berhubungan dengan bidang pendidikan.

Bengkulu dalam sejarah

... tidak maju , meskipun agama Islam sudah memajukan penghidupan rakyat
dari tingkat jahiliah , tetap saja " the early colonial powers " itu mengatakannya
barbar dan harus diberikan peradaban menurut konsepsi peradaban Eropah .

Teori dan Praktik Olahraga Rekreatif dan Sport Outbound

Buku Teori dan Praktek Olahraga Rekratif dan Sport Outbound ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa calon guru penjas dan guru-guru penjas tentang arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound yang mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum 2013 pada setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK pada materi aktivitas luar kelas. Pada tingkat sekolah dasar (SD) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknik dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak lanjutan melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Dalam buku ini juga dilengkapi dengan model-model aktivitas olahraga rekreatif dan sport outbaound sebagai aktivitas luar kelas.

Budaya organisasi terlihat dari perilaku anggota perusahaan, atribut dan hal-hal simbolik yang melekat pada anggota perusahaan, serta kebiasaan yang ...

Kasus-Kasus Dalam Perilaku Keorganisasian

Buku ini merupakan salah satu referensi belajar pada mata kuliah Perilaku Keorganisasian sekaligus sebagai sarana bagi mahasiswa untuk memahami teori dan aplikasi dalam bidang Perilaku Keorganisasian. Perilaku Keorganisasian merupakan cabang ilmu yang sangat penting terutama dalam bidang Sumber Daya Manusia. Banyak penelitian yang dilakukan terkait dengan bagaimana perilaku orang-orang di dalam organisasi dan hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti bagi peningkatan kinerja atau produktivitas karyawan. Setiap bab dalam buku ini berusaha untuk menyajikan secara ringkas teori tentang Perilaku Keorganisasian, dilengkapi dengan soal latihan yang berupa studi kasus. Menyelesaikan masalah bisnis dari sudut pandang Perilaku Keorganisasian tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan memahami teori organisasi itu sendiri. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir dan menggunakan justifikasi yang tepat untuk membahas setiap kasus yang ada. Pada akhirnya penulis berharap mahasiswa dapat sungguh-sungguh memahami teori dan penerapannya, terutama dalam menganalisis perilaku orang-orang dalam organisasi dan menemukan solusi atas semua permasalahan yang disajikan dalam bentuk kasus di bawah bimbingan dosen yang bersangkutan.

Setiap bab dalam buku ini berusaha untuk menyajikan secara ringkas teori tentang Perilaku Keorganisasian, dilengkapi dengan soal latihan yang berupa studi kasus.

Tafsir Tarbawi

Pesan-Pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan

Dewasa ini, banyak bermunculan persoalan yang amat mencemaskan, seperti tawuran antar pelajar, antar kampung, peredaran narkoba, korupsi, dan tindak kejahatan lainnya. Mereka yang terlibat dalam tindak kejahatan tersebut tidak dapat dilepaskan dari dunia pendidikan. Sebab, paling tidak mereka pernah bersekolah bahkan di antara mereka ada yang sarjana. Fenomena tersebut menggambarkan kegagalan dunia pendidikan dalam menanamkan pendidikan moral terhadap mereka. Untuk mengatasi persoalan-persoalan ini, sudah saatnya lembaga pendidikan mengikuti pola, model, dan pendekatan-pendekatan dalam pendidikan yang ditawarkan al-Qur’an. Penulis berusaha menangkap pesan-pesan al-Qur’an mengenai pola, model, dan pendekatan-pendekatan pendidikan tersebut. Kemudian pesan-pesan itu dituangkan dalam buku ini. Perbincangan pendidikan Qur’ani yang dituangkan dalam buku ini meliputi prinsip yang mendasari bangunan pendidikan, sumber ilmu, hakikat belajar dan mengajar, tujuan pendidikan, pola pembelajaran –termasuk interaksi guru dan siswa–, serta pendidikan dalam keluarga, dan lain sebagainya. Buku ini patut dibaca oleh mereka yang peduli pendidikan, baik masyarakat umum maupun mahasiswa. Bagi masyarakat umum, buku ini dapat menambah wawasan tentang pendidikan dalam perspektif al-Qur’an, dan bagi mahasiswa buku ini dapat memperdalam pengetahuannya dalam bidang pendidikan dalam perspektif al-Qur’an.

Dewasa ini, banyak bermunculan persoalan yang amat mencemaskan, seperti tawuran antar pelajar, antar kampung, peredaran narkoba, korupsi, dan tindak kejahatan lainnya.

Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia

Kosakata

Pada zaman sekarang, menulis bukan sekadar keterampilan bahasa atau komunikasi, tetapi bagian penting kecakapan literasi. Bersama membaca, menulis menjadi pondasi penting kecakapan berpikir kritis dan kreatif, yang merupakan inti literasi, yang sangat dibutuhkan pada zaman Revolusi Industri 4.0. Dengan menulis—selain membaca—dapat diasah, dilatih, dan ditingkatkan kecakapan berpikir yang logis dan etis untuk memperkuat kekritisan dan kekreatifan tiap individu. Untuk menguatkan, menajamkan, atau meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia, seseorang perlu menguasai seluk-beluk kosakata bahasa Indonesia. Kekayaan dan keberagaman kosakata bahasa Indonesia menggambarkan keluasan, kedalaman, bahkan ketinggian pikiran dan perasaan seseorang. Untuk itu, saat literasi sudah menjadi salah satu hak asasi dan sendi peri kehidupan masa kini dan masa depan, secara memadai setiap orang perlu menguasai kosakata suatu bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Penguasaan itu bisa dan perlu dipelajari, baik secara mandiri maupun melalui pelajaran, bukan terberi secara alamiah melalui kebiasaan bercakap-cakap saja. Buku Kosakata ini, membantu memperluas dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia agar pembaca dapat mengungkapkan dan mengembangkan pikiran, gagasan, dan perasaan dengan benar, cermat, tepat, serasi, dan segar dalam bentuk tulisan. Dalam buku ini, pembaca dilatih dan dipandu untuk memperkaya kosakata, memilih dan menggunakan kata, mengayakan dan menggunakan istilah, dan mencermati berbagai gejala bahasa, khususnya gejala perbendaharaan kata. Buku ini dapat digunakan oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum yang ingin memperkaya kosakata bahasa Indonesianya.

Pada zaman sekarang, menulis bukan sekadar keterampilan bahasa atau komunikasi, tetapi bagian penting kecakapan literasi.