Sebanyak 171 item atau buku ditemukan

Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoretis dalam Alquran dan Sunnah

Modernisasi pendidikan Islam yang dilakukan dengan jalan mengadopsi sistem pendidikan Barat ternyata menimbulkan krisis dalam masyarakat Islam. Ini dikarenakan lemahnya visi atau tidak jelasnya arah pendidikan yang dilaksanakan. Tidak ada upaya menuntut ilmu tanpa spirit, dimana spirit itu sendiri tentu tidak bisa dikopi melainkan dinyatakan dalam sebuah visi diri, dunia, dan realitas yang secara ringkas dimotivasi oleh agama. Dunia pendidikan kita lemah dalam hal visi tersebut. Materi dan metodologi pendidikan yang diajarkan di dunia Islam saat ini adalah kopian dari Barat, tetapi meninggalkan visi yang menggerakkan mereka belajar di Barat. Lemahnya visi ini menjadikan mereka sebagai alat jiplakan. Secara tak sadar, materi dan metodologi tanpa spirit ini terus menerus menimbulkan proses de-Islamisasi yang mempengaruhi para pelajar dengan anggapan bahwa hal tersebut merupakan pendidikan Islam alternatif. Pada kenyataannya pola yang demikian hanya mampu melahirkan Barat sekuler yang dipoles dengan nama Islam. Mencermati hal itu, ke masa depan ummat Islam harus merumuskan sendiri pandangan dunianya (world of view) yang bersumber dari Alquran dan Hadiś. Jangan hanya ketika berbicara soal hukum dan ibadah baru kita bereferensi kepada Alquran dan Hadiś, tapi berbicara soal kesehatan, ekonomi, pemerintahan dan juga pendidikan, semestinya Alquran dan Hadits menjadi rujukan utama, karena Alquran telah mendapat jaminan dari Allah Swt., sebagai solusi dan petunjuk bagi segala bentuk permasalahan ummat manusia. Isyarat-isyarat ilmiah dan konsep-konsep normatif Islam perlu digali, dikaji dan dikembangkan, untuk selanjutnya dirumuskan menjadi kerangka teoritik bagi aplikasinya di lapangan

Modernisasi pendidikan Islam yang dilakukan dengan jalan mengadopsi sistem pendidikan Barat ternyata menimbulkan krisis dalam masyarakat Islam.

Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang mengenal komunikasi secara teoritis, bab dua tentang komunikasi sebagai ilmu, bab tiga tentang ruang lingkup komunikasi, bab empat tentang tujuan komunikasi, bab lima tentang jenis komunikasi. Bab enam membahas tentang data dan informasi, bab tujuh tentang sumber informasi dan komunikator, bab delapan tentang hambatan dalam komunikasi, bab sembilan tentang proses komunikasi aidda, dan bab sepuluh tentang efek komunikasi media massa. Selanjutnya bab sebelas membahas tentang ragam teori komunikasi, bab dua belas tentang komunikasi pertanian, bab tiga belas tentang komunikasi penyuluhan pertanian, bab empat belas tentang komunikasi pembangunan, bab lima belas tentang komunikasi pembangunan dan modernisasi. Bab enam belas tentang komunikasi lingkungan, bab tujuh belas tentang komunikasi organisasi, bab delapan belas tentang komunikasi dalam lingkungan pendidikan, bab sembilan belas tentang komunikasi massa. Kemudia untuk bab dua puluh membahas tentang komunikasi dalam keluarga, bab dua puluh satu tentang komunikasi dalam pergaulan, bab dua puluh dua tentang teori perpanjangan alat indera, dan terakhir bab dua puluh tiga tentang teori spiral keheningan Praktik komunikasi sudah dilakukan manusia ketika pertama kali dilahirkan di dunia ini melalui gerak tubuh dan tangisan. Ketika beranjak dewasa praktik komunikasi dalam rangka menjalin interaksi atau hubungan dengan sesama manusia dilakukan dengan lebih luas lagi yakni menggunakan bahasa verbal dan non verbal. Secara umum komunikasi merupakan kegiatan manusia untuk saling memahami atau mengerti suatu pesan yang disampaikan seseorang kepada lawan bicaranya atau komunikasi dapat dikatakan juga sebagai suatu proses pengoperan pesan dari individu kepada individu lain, dari individu ke suatu kelompok kecil maupun kelompok besar. Istilah komunikasi bermula dari kata Latin communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi juga berasal dari akar kata dalam bahasa Latin communico yang artinya membagi. Lama sudah para ahli yang berkecimpung dalam ilmu pengetahuan mempermasalahkan apakah komunikasi itu ilmu.

Dalam praktiknya, manusia melakukan komunikasi sesuai dengan kebutuhan, baik itu komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi dengan orang lain, komunikasi kelompok, maupun komunikasi massa. Hal tersebut berdasarkan pembagian jenis ...

Agenda Setting Role of Media in Pakistan

We all are having pistures of the world in our minds. We have never seen a lot of places with our eyes but even then we have their pictures in our minds. Of course, these pictures have been created by Media in our minds. Agenda Setting is one of the most important media theories of the present times. The concept of agenda setting took its name from the idea that the mass media have the ability to carry the salience of items on their news agendas and then transfer it to the public agenda. Agenda Setting theory of Media states that with the passage of time, media agennda becomes the public agenda. According to the agenda-setting theory, because of the fact of paying attention to some issues and neglecting and ignoring some others, the mass media will have an effect on public opinion. People will be inclined to know about those issues and things, which are highlighted by the mass media and they adopt the order of priority assigned to different issues. This book is based on the first ever research study coducted in Pakistan regarding the agenda setting role of Media.

This book is based on the first ever research study coducted in Pakistan regarding the agenda setting role of Media.

Basics Animation 01: Scriptwriting

The Basics Animation series follows on from the successful title The Fundamentals of Animation and offers a concise but comprehensive account of a number of definitions and approaches to script, drawing upon the available literature. The book adopts a straightforward approach that is diagnostic, advisory and characterized by a range of examples. Most importantly, Basics Animation: Scriptwriting seeks to promote the distinctiveness of animation as a form of expression, and provides a clear account of the choices and approaches available to the scriptwriter / animator / director, and the particularities of each model. Inevitably, some of these models will have common approaches, but equally, there will be localized variations dependent upon the definition/understanding of animation adopted by individuals, companies and studios.

The Basics Animation series follows on from the successful title The Fundamentals of Animation and offers a concise but comprehensive account of a number of definitions and approaches to script, drawing upon the available literature.

Pendidikan Multikultural

Strategi Mengelola Keberagaman di Sekolah

Buku ini merupakan kumpulan praktik-praktik yang dilakukan oleh warga sekolah terutama guru atau staf dalam mengelola dan merayakan keberagaman. Buku ini lahir dari hasil penelitian yang dilakukan para penulis di ruang kelas dan sekolah. Bagian Pendahuluan ditulis oleh Bapak Doni Koesoema yang mengupas paradigma pendidikan multikultur yang syarat akan nillai-nilai karakter untuk mendorong semua warga sekolah dalam mewujudkan perilaku toleransi dan penghormatan terhadap keberagaman. Terdapat lima implementasi pendidikan multikultur yang dikupas sehubungan dengan peran individu di sekolah yaitu guru kelas, guru mata pelajaran, koordinator kurikulum, head of curriculum, kepala sekolah, dan konselor sekolah. Beberapa peran ini menunjukkan bahwa hasil riset dan refleksi yang dihasilkan dalam buku ini memberikan perspektif yang merata tentang keberagaman. Selain itu, kelima karya tulis dalam buku ini memaparkan fokus bahasan yang beragam pula yaitu tentang anak, guru, orang tua, sekolah, dan program multikultur itu sendiri.

Bagian Pendahuluan ditulis oleh Bapak Doni Koesoema yang mengupas paradigma pendidikan multikultur yang syarat akan nillai-nilai karakter untuk mendorong semua warga sekolah dalam mewujudkan perilaku toleransi dan penghormatan terhadap ...

A Modern Perspective of Islamic Economics and Finance

This book aims to develop a blue print for Islamic economics and finance by starting at the grass roots of trade and commerce. It positions Islamic finance within the economic priorities of Islam while providing a cohesive understanding of Islamic economics and finance in a clear and practical manner.

This book aims to develop a blue print for Islamic economics and finance by starting at the grass roots of trade and commerce.

Ekonomi Kreatif Indonesia

Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Pentahelix)

Indonesia sudah menyadari bahwa industri kreatif, bisa menjadi harapan untuk bisa bangkit, bersaing dan meraih keunggulan dalam ekonomi ASEAN dan global. Buku ini diberi judul Ekonomi Kreatif :Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Penta Helix), karena ekonomi kreatif dapat menjadi pilar pembangunan ekonomi bagi Indonesia baik dari nawacita dan menuju ekonomi kreatif 2025, dimana hal itu perlu dukungan dari UMKM dalam bersinergi untuk melakukan “lompatan” dengan fokus pada penciptaan barang dan jasa yang dibarengi kolaborasi dengan keahlian, bakat dan kreativitas serta kekayaan intelektual (HKI) Kolaborasi antara para akademis, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah dan Pendampingan menjadi dasar untuk pengembangan ekonomi kreatif agar berjalan selaras dan saling tumpang-tindih.Bentuk kolaborasi disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan, prosedur dan realitas politik yang ada. Kolaborasi dapat meralisasikan pergerakan ekonomi kreatif ke arah sasaran yang dituju secara lingkup nasional dengan gambaran isi sebagai berikut : BAGIAN SATU : PENGANTAR DAN EVOLUSI EKONOMI KREATIF BAGIAN DUA : PERAN DAN POTENSI UMKM DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF BAGIAN TIGA : PEMETAAN DAYA SAING DI PASAR GLOBAL BAGIAN EMPAT : STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MODEL PENTAHELIX DENGAN SOAR ANALISIS BAGIAN LIMA : TESTIMONI UMKM INDUSTRI KREATIF GO GLOBAL Semoga buku berbasis penelitian ini menjadi referensi dan dapat menjadi tambahan pengetahuan tentang konsep ekonomi kreatif dan juga pendukung untuk buku teks dan buku ajar serta penelitian mahasiswa ataupun praktisi yang berhubungan dengan ekonomi kreatif

Indonesia sudah menyadari bahwa industri kreatif, bisa menjadi harapan untuk bisa bangkit, bersaing dan meraih keunggulan dalam ekonomi ASEAN dan global.

Perca-Perca Bahasa

Buku Perca-Perca Bahasa: Kumpulan Esai merupakan buku yang berisi sebanyak 31 tulisan (artikel) yang sudah dipublikasikan di beberapa media massa pada 2019 dan sebagian kecil pada 2020. Saya menyatakan apresiasi yang tinggi atas usaha, kemauan, kesungguhan, kesinambungan yang dilakukan oleh Holy Adib dalam menulis esai bahasa. Sekali lagi, buku (artikel) yang membahas persoalan bahasa dan persoalan berbahasa (Indonesia) seperti ini sangat penting dan sangat diperlukan untuk menjelasterangkan persoalan-persoalan yang ada di dalam kegiatan berkomunikasi (yang menggunakan bahasa Indonesia). Masyarakat penutur bahasa Indonesia saya ajak untuk membaca buku (artikel) ini agar persoalan bahasa dan persoalan berbahasa (Indonesia) yang tampak sederhana menjadi terang dan jelas. Selamat membaca. —Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Guru Besar Linguistik FBS Universitas Negeri Padang

Buku Perca-Perca Bahasa: Kumpulan Esai merupakan buku yang berisi sebanyak 31 tulisan (artikel) yang sudah dipublikasikan di beberapa media massa pada 2019 dan sebagian kecil pada 2020.