Sebanyak 118 item atau buku ditemukan

Pedoman penulisan tata bahasa Indonesia

Mas Dar ! ” seru Dewi . Kalimat ( 22 ) dalam wacana di atas menurut pendapat
saya bukanlah kalimat seru , melainkan kalimat berita . " Mas Dar ! ” yang
dituliskan di antara tanda kutip hanya merupakan atributif daripada gatra
teriakan . 2 . 2 .

Pembangunan ekonomi melalui pengembangan pertanian

Agricultural development and Indonesian economy.

dengan pengembangan mekanisme pembangunan yang berkelanjutan .
Pelaksanaan kebijaksanaan pembangunan pertanian yang demikian dapat
diwujudkan melalui prinsip pembangunan yang partisipatif . Pembangunan yang
partisipatif ...

Petani Dalam Perdangan Pangan Internasional

Ketahanan pangan selalu dikaitkan dengan surplus produksi pangan. Dengan demikian, usaha tani di bidang pangan dan petani memiliki peran strategis dalam mewujudkan swasembada pangan. Selain itu, petani juga memiliki peran vital dalam mata rantai perdagangan pangan. Namun demikian, peran-peran tersebut belum optimal karena usaha tani dan hak-hak petani belum dilindungi oleh hukum, baik secara preventif maupun represif. Dalam melakukan usaha tani, khususnya di bidang pangan, petani masih sulit memperoleh sarana produksi dan sarana pertanian; masih sulit mendapatkan bibit unggul; dan hasil produksinya masih sulit menembus pasar internasional. Penelitian dan penyusunan buku ini bertujuan untuk memformulasikan asas asas hukum dan karakter bangsa yang dapat dijadikan landasan dalam merumuskan perlindungan hukum terhadap usaha tani dan hak-hak petani sebagai subjek produksi pangan dan perdagangan pangan di tingkat nasional maupun internasional. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan penelitian hukum empiris yang akan menghasilkan model perlindungan hukum dan rekayasa sosial dalam usaha tani dan perdagangan pangan sehingga petani memperoleh hak-haknya dan pada akhirnya dapat meningkat kesejahteraannya. Hasil yang diketemukan, Undang-Undang Pangan, Undang-Undang Perlmndungan dan Pemberdayaan Petani, serta Undang-Undang Perdangan belum memberikan perlindungan hukum, preventif dan represif, belom optimal. Akibatnya daya p05151 tawar dan daya saing petani dalam perdagangan pangan global masih rendah, dan petani masih belum dapat meningkat pendapatannya, kemakmuran dan kesejahteraannya, sehingga generasi muda enggan untuk menjadi petani atau melakukan usaha tani.

Penelitian dan penyusunan buku ini bertujuan untuk memformulasikan asas asas hukum dan karakter bangsa yang dapat dijadikan landasan dalam merumuskan perlindungan hukum terhadap usaha tani dan hak-hak petani sebagai subjek produksi pangan ...

Pelanggaran etika pers

Violating journalistic ethics in Indonesia; papers of a workshop.

jurnalistik , akan tetapi undang - undang mengharuskan ia mentaatinya .
Wartawan memang sudah memiliki kode etik jurnalistik . Persoalannya , apakah
mereka paham dan mentaati kode etik jurnalistik ? Wajah Pers Indonesia : •
Industri ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; (3) Jenis Data, Variabel Penelitian, Definisi Istilah, Definisi Operasional dan Indikator; (4) Konsep Landasan Teori, Hipotesis, Macam-Macam Hipotesis, Pengujian Hipotesis, Asumsi, dan Macam-Macam Penelitian; (5) Konsep Rancangan Penelitian Eksperimen dan Non Eksperimen, Populasi, Teknik Sampling dan Pembagian Kelompok; (6) Instrumen Tes, Non Tes, Jenis Data, dan Teknik Pengumpulan Data; (7) Ciri-Ciri, Prosedur, Rancangan Penelitian Kualitatif dan Study Kasus; (8) Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Tindakan Kelas; (9) Karakteristik, Keterbatasan, Manfaat, Persyaratan, dan Langkah-Langkah Tindakan Perbaikan Sebelum dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas; (10) Rencana Perbaikan, Identifikasi dan Analisis Masalah, Perumusan Masalah dan Hipotesis, Tahap Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran, dan Kancah Penelitian Tindakan Kelas; (11) Model Penelitian Tindakan Kelas; (12) Analisis dan Penafsiran Data Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; dan (13) Siklus Penelitian Tindakan Kelas. Materi tersebut kami sertai contoh implementasinya dalam penerapan penelitian di bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Dengan demikian bagi mahasiswa ataupun peneliti di bidang pendidikan jasmani lebih paham dan mengerti, namun pembaca di bidang lain juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber belajar atau referensi dalam belajar dan meneliti.

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan ...

BUKU PANDUAN MANAJEMEN TUGAS WALI KELAS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Wali kelas yang kompeten dalam melaksanakan tugas menjadi hal yang didambakan setiap sekolah dan siswa yang diwalikan. Dalam melaksanakan tugasnya wali kelas menghadapi berbagai kendala terutama dalam mengefektifkan waktu antara tugas sebagai guru mata pelajaran dan sebagai guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai wali kelas. Kendala- kendala yang dihadapi wali kelas dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam mendapatkan data dan memberikan pembimbingan serta pelayanan yang dibutuhkan siswa belum teratasi secara optimal. Membantu wali kelas mengatasi kendala dan permasalahan yang mereka hadapi buku panduan manajemen tugas wali kelas berbasis teknologi informasi, menjadi sebuah solusi bagi wali kelas. Ulasan-ulasan tentang tugas seorang wali kelas, fungsi- fungsi manajemen dalam tugas wali kelas, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk web menjadi nilai tambah dalam membantu wali kelas melaksanakan pekerjaannya. Buku panduan ini dilengkapi dengan aplikasi manajemen tugas wali kelas dalam bentuk web dan langkah-langkah penggunaan aplikasi yang membimbing wali kelas dalam menjalankan aplikasi. Aplikasi ini sangat membantu wali kelas dalam mendapatkan data yang mereka butuhkan. Data ini bersumber dari guru mata pelajaran, guru bimbinan konseling dan juga dari siswa sendiri. Keterlibatan siswa, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling serta orang tua siswa dalam memberikan data dan informasi pada model manajemen tugas wali kelas ini sangat membantu wali kelas untuk mendapatkan data tentang siswa, agar wali kelas dapat mengenal siswa yang dia walikan baik bidang akademik maupun non akademik. Aplikasi ini juga memuat bentuk komunikasi wali kelas dengan siswa yang diwalikan. Disamping itu aplikasi ini memberikan kemudahan kepada kepala sekolah dalam melakukan pengontrolan terhadap keterlaksanaan tugas wali kelas dan pencapaian mutu setiap kelas baik bidang akademik maupun non akademik. Penggunaan buku panduan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu tugas yang dilaksanakan wali kelas dalam meningkatkan mutu pelayanan yang dibutuhkan siswa pada sebuah kelas. Jika mutu setiap kelas meningkat maka dapat membawa dampak kepada mutu lulusan sebuah sekolah. Buku panduan ini dapat menjadi acuan, khususnya wali kelas SMA, sekolah, dan Dinas Pendidikan Propinsi/kabupaten/kota.

Mitra wali kelas berikutnya adalah guru bimbingan konseling (BK) yang dapat memberikan informasi tentang penulusuran ... Disamping itu kelas yang diwalikan juga perlu melengkapi kebutuhan sarana kelas dan administrasi penunjang kegiatan ...