Sebanyak 118 item atau buku ditemukan

Tafsir dan Hadits Ekonomi Syariah

Pesat nya perkembangan ilmu ekonomi dan lembaga keuangan syariah, mendorong kebutuhan terhadap perangkat-perangkat pendukung lainnya. Ekonomi syariah adalah cabang ilmu pengetahuan sosial yang membahas ekonomi dengan ajaran agama Islam yaitu Al Quran dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Penerapan ekonomi, termasuk ekonomi syariah, tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Pelaksanaan tujuan ekonomi syariah secara umum adalah tercapainya kebahagiaan dan kesejahteraan bagi semua orang. Kehadiran buku “Tafsir dan Hadist Ekonomi Syariah” ini menjadi kebutuhan para mahasiswa dan dosen yang berkaitan dengan rumpun ilmu ekonomi syariah. Buku ini juga tidak hanya memenuhi kebutuhan para akademisi, melainkan juga oleh para praktisi dan khalayak umum. Pada buku ini terdiri dari 12 bab yaitu: Ayat dan Hadits Dana Talangan Haji, Ayat dan Hadits Asuransi Syariah, Ayat dan Hadits Mudharabah, Ayat dan Hadits Murabahah, Ayat dan Hadits Istishna, Ayat dan Hadits Salam, Ayat dan Hadits pada Ijarah Multijasa, Ayat dan Hadits Rahn, Ayat dan Hadits Obligasi Syariah, Ayat dan Hadits Zakat Produktif, Ayat dan Hadits Musyarakah, Ayat dan Hadits Riba.

Pesat nya perkembangan ilmu ekonomi dan lembaga keuangan syariah, mendorong kebutuhan terhadap perangkat-perangkat pendukung lainnya.

Model Pembelajaran - Merancang Pembelajaran Kompetensi Abad 21, Berkarakter, Merdeka dan Literat di Era Kenormalan Baru

Teknologi terkini memang tidak bisa menggantikan posisi guru. Namun, Guru yang tak mau belajar teknologi terbaru akan ditinggal peserta didiknya. Ala bisa karena biasa. Guru harus berani mencoba hal-hal baru yang dulu tidak didapatkan di bangku kuliah. Pemanfaatan media video conference dapat digunakan guru untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Sehingga nama anda akan dikenal sampai anak cucu. Guru bisa menjadi blogger dan youtuber sehingga menjadi ahli dalam menjadi konten kreator yang kreatif.

Teknologi terkini memang tidak bisa menggantikan posisi guru.

KONSEP KEBIJAKAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN MTSN MODEL

Madrasah saat ini menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat sebagai tempat belajar putra-putrinya. Hal ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI, salah satunya adalah membangun Madrasah Model dengan berbagai keunggulan. Program unggulan dirancang mulai dari input, proses dan output. Berbagai komponen dan unsur saling terkait dan bersinergi guna mewujudkan lulusan Madrasah Model yang kompeten dan unggul dalam berbagai bidang keilmuan. Buku yang ditulis oleh Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan ini mengkaji Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model. Analisis terhadap manajemen mutu yang diterapkan dalam Madrasah Model dijelaskan secara rinci dan sistematis. Penulis buku ini juga melakukan analisis dengan mengintegrasikan antara ilmu manajemen mutu dengan nilai-nilai Islam, sehingga terwujud integrasi keilmuan dan keislaman. Dr. Sururin, M.Ag. (Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Hadirnya Madrasah Model menjadi jawaban atas adanya kebutuhan masyarakat terhadap Madrasah yang berkualitas. Selama ini Madrasah masih sering dianggap sebagai second class dalam sistem pendidikan. Buku ini memberi perspektif baru tentang sistem pengelolaan madrasah yang ideal berbasis pada Quality Manajement yang implementatif. Penulis berhasil menarasikan teori yang rumit dengan bahasa yang sederhana dan mudah dibaca. Buku ini penting untuk dibaca oleh para pemangku kebijakan pendidikan, praktisi pendidikan, peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum. Saya menyambut baik atas terbitnya buku ini, semoga memberikan kontribusi penting bagi peningkatan mutu Madrasah di Indonesia. Prof. Dr. Aan Hasan, M.Ed. (Guru Besar Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Buku tentang Konsep Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model yang ditulis oleh M. Sugeng Sholehuddin merupakan tulisan yang sangat komprehensif dan klir dalam menggambarkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh MTsN Model, khususnya dalam penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBS). Dengan hadirnya buku ini maka stereotip tentang Madrasah sebagai lembaga pendidikan “kelas dua” menjadi terbantahkan. Prof. Dr. Sri Sumarni (Guru Besar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) Buku yang ada di tangan pembaca ini mengeksplorasi sejauh mana pengembangan mutu dan Quality Management pendidikan madrasah model. Dengan demikian buku ini tepat dibaca bagi kepala madrasah, guru, dan siapapun yang mendambakan madrasah model agar bisa lebih berkualitas, maka saya selaku Guru Besar Pendidikan Islam IAIN Salatiga menyambut senang hati atas terbitnya buku yang ditulis oleh Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag sebagai dosen dan Dekan FTIK IAIN Pekalongan. Selamat Membaca! Prof. Dr. Mansur, M.Ag. (Guru Besar Pendidikan Islam IAIN Salatiga) Buku ini cocok sebagai sumber rujukan karena di dalamnya banyak terdapat informasi yang berkaitan dengan masalah kebijakan publikasi dalam pendidikan, identifikasi masalah filosofi lahirnya madrasah model, formula kebijakan Kemenag RI dalam pengelolaan MTs, serta kinerja dan pengembangan mutu pendidikan formal MTs. Buku ini meluruskan atau membenarkan masalah dan asumsi yang ada di khalayak umum mengenai madrasah model. Deskripsi materi dalam buku ini dibuat secara terperinci sehingga mudah untuk dipahami oleh semua pihak. Terdapat tabel dan skema untuk mengklarifikasikan materi tertentu sehingga memperjelas pembaca. Hubungan antarparagraf saling berkaitan. Buku ini bagus dan layak dikonsumsi oleh mahasiswa, praktisi pendidikan, serta siswa di seluruh Indonesia. Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I (Guru Besar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

Dr. Aan Hasan, M.Ed. (Guru Besar Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Buku tentang Konsep Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model yang ditulis oleh M. Sugeng Sholehuddin merupakan ...

Mari men“jadi” guru

Guru merupakan sutradara yang bertanggung jawab dalam keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Tercapainya tujuan pembelajaran tidak terlepas dari keberhasilan seorang guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif sehingga disukai peserta didik. Beragam strategi jitu sudah dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berbagai model, media, dan metode juga sudah diterapkan guru dalam menjalankan profesinya. Pengalaman berharga tersebut akan sangat berarti dan bermanfaat bila dibagikan kepada guru-guru lain sehingga bisa mereka terapkan di sekolah masing-masing. Buku ini memuat berbagai macam strategi pembelajaran, penggunaan model dan media pembelajaran dan kiat jitu dalam menghadapi permasalahan di sekolah. Kehadiran buku ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan yang dihadapi guru ketika menjalankan profesinya sebagai tenaga pendidik.

Beragam strategi jitu sudah dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berbagai model, media, dan metode juga sudah diterapkan guru dalam menjalankan profesinya.

Laporan hasil survey perencanaan UDKP Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung Propinsi Jawa Tengah

Bonjor V V V V V V V V 8 E II 11 I ! I. TINGKAT PEIDIDIKAN ! sedang 139 , dari seluruh penduduk Kecanatan Pretep telah tamat SD kom a tas ini berarti bahva tingkat Pendidikan Masyarakat Kecama tan Trotep adalah meht Masalah Pendidikan ...

Building Blocks

In a trip back in time, Brann meets his father as a ten-year-old and learns for the first time to love and understand him.

In a trip back in time, Brann meets his father as a ten-year-old and learns for the first time to love and understand him.

An Introduction to Hadith

An Introduction to Hadith is a comprehensive textbook on Hadith, the narrations from the Prophet Muhammad (pbuh) designed for beginners or intermediate level students of Islamic studies.

An Introduction to Hadith is a comprehensive textbook on Hadith, the narrations from the Prophet Muhammad (pbuh) designed for beginners or intermediate level students of Islamic studies.