Sebanyak 60 item atau buku ditemukan

Guru di 20\′′20 [Menemukan Asa Baru di Masa Pandemi]

Panggilan hidup menjadi guru itu pilihan. Unik sekaligus menantang. Unik, bisa mengenali dan memahami berbagai karakteristik peserta didik. Menantang, membutuhkan berbagai elemen supaya tujuan pembelajaran tercapai sehingga peserta didik memiliki kompetensi life skill unggulan. Bagaimana memadukannya? Di tengah pandemi covid-19, keduanya bisa terejawantah. Masa pandemi ini harus disikapi dengan baik sehingga pemenuhan hak belajar dan psikologis rasa ingin tahu peserta didik harus dipenuhi. Guru harus memberikan pelayanan pendidikan yang prima, yaitu dengan tulus dan ikhlas. Di dalam proses pembelajaran oleh guru dan peserta didik, terbentuk pengalaman moral serta nilai-nilai kehidupan keduanya. Memang benar, muara pembelajaran adalah meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik secara maksimal. Nilai-nilai kehidupan serta kemampuan maksimal (kognitif, afektif, psikomotorik) peserta didik akan bersifat permanen dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari jika dibantu oleh peran guru. Untuk mencapai cita-cita mulia itu, guru dituntut untuk memberikan pelayanan secara tulus dan ikhlas. Gaya mendidik yang melekat pada setiap guru akan berdampak bagi anak-anak seperti yang dilakukan dan dialami penulis. Menjadi guru harus berorientasi demi kemajuan bangsa melalui peserta didik. Dengan demikian, pelayanan pendidikan dengan tulus dan ikhlas harus menjadi ciri yang menonjol bagi sosok guru. Bagaimana jadinya ketika terjadi masa pandemik? Dengan berbagai kisah, penulis memberikan pelayanan pendidikan secara tulus dan ikhlas dan membukukannya. Penulis berhasil mendidik mereka untuk menemukan kemampuan maksimal dalam diri peserta didik. Kelak, mereka menjadi anak-anak yang membanggakan orang tua. Buku sederhana ini tidak hanya menceritakan kisah perjalanan penulis memberikan pendidikan dengan tulus dan ikhlas, tetapi juga akan memotivasi Anda khususnya pelaku pendidikan yang terlibat langsung. Buku ini hadir untuk menemani para guru, secara khusus, supaya tetap menggalakkan semangat pengabdian bagi generasi Indonesia kelak. Buku ini sebenarnya biasa. Jika Anda merasakan membaca dan mengalami dampaknya, menjadi amat luar biasa. Temukan saja. Salam literasi.

permasalahan yang terjadi sehingga adikku dikeluarkan dari sekolah pada masa pandemi ini? Setelah mendengar paparan Uda, tahulah kondisinya. Ternyata, kesalahan yang terjadi berasal dari adikku. Niat untuk mengikuti dan mengerjakan ...

Menjadi Guru yang Dicintai Siswa

Dari 4 Keterampilan Berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) keterampilan menulislah yang dianggap sebagai ketrampilan berbahasa tertinggi dan oleh karenanya dianggap paling sulit dan perlu mendapat perhatian lebih dalam melatihnya. Dalam menulis kita tidak hanya sekedar menuliskan kata-kata tetapi kita juga dituntut untuk menuangkan gagasan, konsep, perasaan, dan kemauan. Untuk dapat memiliki Ketrampilan Menulis dibutuhkan waktu berlatih yang lama dan juga intensif. Keterampilan menulis boleh dibilang merupakan keterampilan yang sangat kompleks dan bisa dikatakan sebagai ketrampilan yang hanya dimiliki oleh orang yang terpelajar. Sebenarnya, pekerjaan guru itu tidak bisa lepas dari tugas menulis. Banyak hal yang harus dilakukan oleh guru terkait profesinya dengan menulis. Sebagai guru ia harus menulis perangkat pembelajaran, modul pembelajaran, butir-butir soal, laporan penelitian tindakan kelas, laporan kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler, membuat RPP, membuat LKS,silabus, dsb. Jadi tugas menulis adalah hal yang melekat pada seorang guru sehingga mau tidak mau guru harus menguasai ketrampilan menulis. Guru dapat mengembangkan diri untuk mengasah keterampilan menulisnya dengan beragam cara. Mereka bisa belajar menulis lewat blog (melalui aktivitas blogging), menerbitkan buku kompilasi bersama teman-teman se profesi, menulis memoar, dlsb. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengasah dan mempertajam keterampilan menulis guru. Guru dapat memilih mana kegiatan yang paling menyenangkan bagi mereka Sebagai Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) saya tahu benar bahwa banyak guru yang kreatif, inspiratif, dan inovatif dalam melaksanakan tugasnya dan memiliki pemikiran-pemikiran yang tajam dan kritis. Banyak di antara mereka yang memiliki pemikiran dan pandangan solutif tentang dunia pendidikan yang mereka geluti sehari-hari. Namun kisah dan pemikiran tersebut seringkali hanya mengendap atau beredar secara lisan di kalangan sendiri karena tidak terpublikasikan. Padahal, bila ditulis dan dibukukan tulisan tersebut bisa menjadi inspirasi positif bagi masyarakat di tengah begitu maraknya isu dan berita-berita negatif mengenai pendidikan di Indonesia. Pemikiran-pemikiran mereka juga bisa dibaca dan dijadikan sebagai dasar bagi pembuatan kebijakan pendidikan.

Pemikiran-pemikiran mereka juga bisa dibaca dan dijadikan sebagai dasar bagi pembuatan kebijakan pendidikan. Buku Menjadi Guru yang Dicintai Siswa ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pemetaan permasalahan hak atas kesehatan seksual & reproduksi bagi perempuan

ibu rumah tangga & lajang, anak, buruh, IDPs, penyandang cacat dan lansia, serta minoritas

Issues on the rights and access of sexual reproductive health for women in Indonesia; report of the 2006 workshop held in various locations in Indonesia.

Anak Problem dan kekerasan serta persoalan reproduksi yang dihadapi sehari - hari di lingkungan tinggal : Perhatian dan kekhawatiran guru yang berlebihan terhadap murid perempuan kaitannya dengan keperawanan .

Cerpen Berbasis Nilai Karakter

Pendidikan karakter yang telah dicanangkan pemerintah dan ditanamkan dalam kurikulum berbasis kompetensi. Hal itu merupakan upaya sistematis internalisasi nilai-nilai keagamaan, moral, budaya, dan pola prilaku positif pada diri siswa agar para siswa dapat hidup dalam lingkungannya sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku. Nilai-nilai keagamaan, nilai sosial, dan budaya terdapat dalam cerpen, karena cerpen merupakan perwujudan dari gagasan sang pengarang tentang nilai yang ada dan yang seharusnya ada dalam kehidupan manusia. Penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui penyediaan fasilitas sumber belajar yang berupa bahan ajar. Bahan ajar bisa dijadikan sarana untuk internalisasi nilai-nilai karakter yang dapat membentuk prilaku para siswa menjadi insan yang baik. Berlandaskan hal itu, Buku tentang “Cerpen Berbasis Karakter” hadir sebagai pengembangan bahan ajar khususnya materi teks cerpen dilakukan. Pengembangan bahan ajar teks cerpen yang diberi label khusus Internalisasi Nilai memberikan ruang kepada para siswa untuk menyerap informasi nilai dalam bahan ajar atau bahan bacaan tersebut kemudian dilakukan proses internalisasi melalui diskusi dengan kelompoknya, refleksi pada dirinya, dan akhirnya mencoba menginternalisasikan nilai tersebut pada kehidupannya.

Pendidikan karakter yang telah dicanangkan pemerintah dan ditanamkan dalam kurikulum berbasis kompetensi.

Bunga Rampai Pentingnya Pendidikan

Buku ini berisi tentang motivasi dan pengalaman penulis selama menjadi pendidik di beberapa Madrasah yang ada di Provinsi Gorontalo. Penulis juga mengangkat persoalan Guru dan peserta didik serta proses pembelajaran yang dialihkan dari sekolah menjadi belajar di rumah selama masa darurat pendemi Covid-19. Selain itu buku ini juga berisi ajakan kepada semua pembaca agar senantiasa terinspirasi untuk terus membangun motivasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sebelum penulis membahas mengenai pendidikan karakter, ada baiknya mengetahui apa itu Pendidikan dan apa itu Karakter. 1. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta ...

Journal of Character Education

Volume 17 #2

The Journal of Character Education is the only professional journal in education devoted to character education. It is designed to cover the field—from the latest research to applied best practices. We include original research reports, editorials and conceptual articles by the best minds in our field, reviews of the latest books, and other relevant strategies and manuscripts by educators that describe best practices in teaching and learning related to character education. The Journal of Character Education has for over a decade been the sole scholarly journal focused on research, theory, measurement, and practice of character education. This issue includes a "Voices" section highlighting the 2017 Character.org "Sandy Award" recipient, along with four peer-reviewed articles, and a book review.

International Journal of Leadership in Education, 12(1), 73–84. Medina, J. (2013). The epistemology of resistance: Gender and racial oppression, epistemic injustice, and resistant imaginations. Oxford University Press.

Giving and Receiving Hospitality [Worship, Music, and Arts]

The New Testament word for stranger is also translated as host and guest. Hospitality is never a one way street, but a circle or roundabout that gives and receives. The one who invites and the one invited are each in turn host and guest. While sharing back and forth, we uncover connections, empathy, and surprising growth. This book focuses is for worship planners who want to explore worship that is more hospitable as well as worship that includes the musical and visual arts. Practicing our faith is a lifelong process. When completed, this series will offer 24 practices in 10 different life settings. These seek a deeper, stronger relationship with God through Jesus Christ and the Holy Spirit and with one another. This series can be used at any time or stage in your life.

Outline forThis Practice This book explores the practice from six different perspectives. Discovery introduces the practice. Scripture grounds the practice in two central texts, but each chapter begins with additional two scriptures.

Manajemen Portofolio dan Investasi

Portofolio investasi menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk menilai instrumen investasi yang investor miliki. Isinya berupa kumpulan saham, obligasi, reksa dana, dan instrumen keuangan lainnya. Sedangkan investasi pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, yakni penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Buku Manajemen Portofolio dan Investasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pilihan-pilihan investasi yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan investor. Buku ini cukup berbeda dengan buku sejenis lainnya karena pembahasannya tidak terlalu teknis menjelaskan tentang pendekatan-pendekatan yang digunakan untuk analisis pilihan portofolio tetapi lebih mengedepankan kepada aspek pengenalan jenis-jenis investasi dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan oleh investor terkait dengan setiap pilihan investasi yang ada. Disamping itu, buku ini juga membahas pilihan investasi online dan kekinian yang telah diminati investor lokal maupun internasional. Bahasan yang diuraikan dalam buku ini, antara lain: konsep dasar portofolio dan investasi, pasar modal syariah, pasar uang kontrak berjangka, surat berharga negara, pt kustodian sentral efek indonesia, biro administrasi efek, investasi valuta asing, investasi kripto , robo advisor, peer to peer lending dan investasi properti.

Buku Manajemen Portofolio dan Investasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pilihan-pilihan investasi yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan investor.

Meneguhkan komitmen mendorong perubahan

arguman-argumen dan usulan ketetapan MPR-RI tentang pelaksanaan pembaruan agraria dan pengelolaan sumberdaya alam yang adil dan berkelanjutan

Issues on land reform in Indonesia.

Issues on land reform in Indonesia.