Sebanyak 97 item atau buku ditemukan

Pengembangan pengelolaan sekolah dalam peningkatan kompetensi guru : berdasarkan hasil penelitian terhadap upaya peningkatan kompetensi guru

Upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang diberikan melalui program Guru Pembelajar, cenderung tidak menghasilkan seperti yang diharapkan. Setelah memperoleh pelatihan pun guru tidak memperlihatkan perubahan yang signifikan, sehingga diprediksi tidak akan terjadi perubahan pula terhadap kinerja dan hasil pembelajaran yang dicapai siswa. Dengan sikap optimistik, penyelenggaraan pelatihan tetap diberikan guru oleh Ditjen GTK dengan berganti nama menjadi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Pelatihan memang perlu diberikan kepada guru, namun perhatian pun perlu di arahkan kepada faktor eksternal lain. Guru yang telah memperoleh ilmu dalam pelatihan, tidak akan mengalami perubahan perilaku pembelajaran, apabila tidak didukung oleh kondisi dan situasi lingkungan yang kondusif. Oleh karena itu pengembangan pengelolaan sekolah untuk menciptakan kondusifitas lingkungan sekolah pun menjadi penting diperhatikan, sehingga dapat memotivasi, menstimulir, dan mendorong pihak-pihak di sekolah untuk mewujudkan kinerja secara baik dan terarah. Dalam koteks guru, kondusivitas lingkungan sekolah menjadi masukan bagi guru dalam mengembangkan pengelolaan pola pembelajarannya. Untuk yang terakhir itu diajukan pemikiran tentang konsep siklus pengelolaan pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi pedoman, acuan, dan penuntun bagi guru.

Upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang diberikan melalui program Guru Pembelajar, cenderung tidak menghasilkan seperti yang diharapkan.

Petunjuk guru antropologi budaya untuk SMA.

Sebagai ahli profesional , seorang sarjana antropologi mengetahui bagaimana adat yang tampaknya sebagai " tidak ada artinya " ( senseless ) , sebetulnya bagi orang awam justru " mengandung arti ” jika dilihat dari bagian kehidupan ...

New Directions in Teacher Education

Foundations, Curriculum, Policy

A PERFORMANCE BASED APPROACH TO CONTINUING PROFESSIONAL DEVELOPMENT Robert A. Fellenz A leading Texas businessman recently mentioned that one of his companies was now spending 22.5 percent of its income on the continuing education of ...

Fintech Syariah Dalam Sistem Industri Halal: Teori dan Praktik

Fintech syariah hadir sebagai solusi akan permasalahan masyarakat yang belum dapat dilayani dan dipenuhi oleh perbankan syariah. Perkembangan industri fintech yang mengedepankan unsur kecepatan dan kemudahan dalam sektor keuangan, sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi dan jaringan internet. Begitu juga hubungan erat yang dimiliki antara fintech syariah dengan industri halal, yaitu hubungan saling melengkapi dan mutualisme diantara keduanya. Secara sederhana, mekanisme hubungan fintech syariah dan industri halal dapat digambarkan dalam kalimat, “keuangan syariah menjadi penguat halal lifestyle terutama bagi pihak yang membutuhkan layanan keuangan”. Serta sebagai bagian dari industri halal, industri fintech syariah juga memiliki prinsip mengenai operasional yang harus memenuhi aqad muamalah dan skema bisnis dalam ekonomi Islam.

Fintech syariah hadir sebagai solusi akan permasalahan masyarakat yang belum dapat dilayani dan dipenuhi oleh perbankan syariah.

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan ini menguraikan tentang bagaimana gambaran manusia dalam konteks pendidikan sehinggan dapat dibangun menjadi suatu yang berpotensi dalam pembangunan bangsa. Buku ini mengajarkan tentang perilaku manusia, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, yang merupakan manifestasi dari adanya kewajiban pada manusia tersebut Secara lebih rinci, hal-hal yang dibahas dalam buku ini meliputi teori kepribadian; pertumbuhan dan perkembangan manusia; emosi, perkembangan sosial dan karakter, pengalaman sosial remaja, pembentukan karakter; teori kognitif, psikologi behavioristik, dan faktor yang mempengaruhi belajar. Buku ini sangat tepat digunakan oleh para mahasiswa yang sedang mendalami materi tentang psikologi pendidikan.

Psikologi pendidikan ini menguraikan tentang bagaimana gambaran manusia dalam konteks pendidikan sehinggan dapat dibangun menjadi suatu yang berpotensi dalam pembangunan bangsa.

Mirroring Rasulullah dalam Mendidik Akhlak Sahabat: Metode Neuro Linguistik Program

“Salah satu dari mutiara hadits yang tampak sederhana tetapi mengandung filosofi yang mendalam adalah Segala sesuatu perbuatan tergantung atas niatnya. Inilah yang menjadi pijakan nalar didik ajar pendidik secara holistik baik kognitif afektif maupun psikomotorik. Buku ini memeberi solusi menuju kesana” Dr.KH. Muchotob Hamzah, M.M. (Rektor UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, Penulis Buku Agama dan Negara) “Buku ini cocok sekali untuk dijadikan cermin pendidikan etika, di saat kondisi masyarakat dan anak-anak muda khususnya kehilangan orientasi etik. Dengan contoh Nabi SAW sebagai uswah hasanah yang telah berhasil mencetak para sahabat sebagai murid-murid terbaik di sepanjang masa, yang dipoles melalui pendekatan Neuro Linguistic Programming (NLP), maka tak ada alasan bagi kita untuk tidak berkaca padanya” Asmaji Muchtar, Ph.D (Dekan Fikes UNSIQ Wonosobo, Penulis Buku Best Seller di Malaysia) “Hidup itu harus meniru. Begitupun mendidik akhlak anak perlu meniru pola mirroring Rasul dalam mendidik para sahabatnya dengan teknik NLP yang Rasul terapkan. Dan buku ini sudah cukup mewakilinya” Dr.KH. Abdurrahman Asy’ari, Alh. M.Pd.I (Pengasuh PPTQ Al Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo, Penulis Buku Quantum Tahfidz)

Tidak ada lagi orang yang tidak makan pada suatu hari, tidak ada lagi percikan api kebencian karena membicarakan aib orang, tidak ada lagi anak yang buta aksara dalam membaca huruf latin dan Al-Quran. Model Pembelajaran Kontruktivisme ...

Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis

Teknologi berkembang begitu pesat dan semakin canggih. Perkembangan teknologi ini memberikan kemudahan bagi manusia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari inilah yang disebut dengan era digital. Suatu era di mana sebagian besar masyarakat menggunakan sistem digital dalam memudahkan segala aktivitas. Sejalan dengan perkembangan teknologi tersebut, dunia pendidikan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media digital, yaitu E-Learning, Google Class Room, aplikasi Quizizz dalam bentuk pembelajaran dengan permainan, WA Group, penggunaan aplikasi Zoom, penggunaan video pembelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, Voice Note untuk setoran hafalan. Penulis berharap buku ini dapat menjadi salah satu informasi terkait peran literasi digital bagi dunia pendidikan di Indonesia.

... 2) Penelusuran materi pembelajaran sesuai tema berdasarkan link yang diinformasikan. 30 Al-Qallaf, C. and Al-Mutairi, A. “Digital Literacy and Digital Content Supports Learning”, The Electronic Library, Vol. 34 No.

Metode dan model pembelajaran untuk merdeka belajar

Buku ini membahas tentang: 1. Pengertian Merdeka Belajar 2. Jenis Belajar Anak 3. Metode Active Learning Model Think Pair Share 4. Metode Active Learning Model Jigsaw 5. Metode Active Learning Model Problem Based Learning 6. Model Pembelajaran Flipped Classroom 7. Blended Learning 8. Project Based Learning

Buku ini membahas tentang: 1.