Sebanyak 144 item atau buku ditemukan

Psikologi Kaum Muda Pengguna Narkoba

PENDIDIKAN 2001 2002 2003 2004 2005 TOTAL 1. SD 246 165 949 1.300
2.542 5.202 1.040 2. SLTP 1.832 1.711 2.688 3.057 5.148 14.436 2.887 3. SLTA
2.617 3.141 4.960 6.149 14.341 31.208 6.242 4. PT 229 293 1.120 817 749
3.208 ...

Rifa’ah thahthawi : sang pembaharu pendidikan Islam

Mengelola, megatur dan memanej sebuah institusi pendidikan akan menjadi perkara yang tak bisa dianggap biasa saja, atau bisa dikerjakan dengan sambil lalu. Permasalahannya, pendidikan yang ada di tengah-tengah masyarakat pada era ini senantiasa bertumbuh-kembang tak tentu arah. Tanpa dapat memahami corak dari perubahan, pembaharuan serta perkembangan yang terjadi di dunia global, akan terasa sangat ironi. Jika kembali mengingat dalam amanat Undang-Undang Dasar 1945, pasal 31 dinyatakan, bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, juga pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional. Hal ini tentu menjadi home work bagi para pendidik, pemegang kebijakan pendidikan di tanah air, bagaimana harusnya mengelola, mengatur bahkan mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait. Agar manajemen dalam sebuah lembaga pendidikan, khususnya pendidikan Islam mempunyai pemahaman yang menyeluruh tentang pengelolaan dan dinamikanya. Maka dirasa sangat perlu untuk tak hanya mengaca pada pola pengelolaan yang ada di masa kini, namun juga urgen membuka lembaran sejarah panjang pendidikan Islam di era pertengahan atau abad pencerahan. Akan tetapi, sangat disayangkan kajian-kajian pemikiran pembaharuan pendidikan Islam termasuk langka dan jarang peminatnya. Hal ini dapat dilihat indikatornya dengan tak banyak refrensi atau buku-buku tentang tokoh-tokoh atau pemikiran tokoh pembaharu pendidikan Islam di abad pertengahan. Mayoritas hasil pelacakan ditemukan sitasi hanya terfokus pada sosok Rashid Rid}a dan Muhammad Abduh semata. Buku ini ditulis dengan menjelaskan secara diskriptif-naratif tentang ide-ide dan gagasan Rifa>’ah al-T{aht}a>wi tentang pembaharuan pendidikan Islam di saat Islam ketika itu sedang mengalami masa-masa kritisnya. Bagaimana juga ia bersentuhan dengan pendidikan Barat yang saat itu mulai mendominasi dan bersinggungan langsung dengan daerah-daerah imperialisnya. Selain itu, ia juga menjabarkan teori-teori pengelolaan pendidikan Islam, misalkan pendidikan yang terjadi di al-Azhar-Mesir dengan ditengarai munculnya jenjang-jenjang atau tingkatan-tingkatan dalam pendidikannya, ibtida>i (dasar), i’da>di (menengah) dan thana>wi (atas). Selain itu, pembelajaran di tingkat perguruan tinggi tak lagi ekslusif untuk kaum laki-laki semata, tapi kaum wanita juga mendapatkan ruangnya. Dengan demikian pembaca dapat lebih memahami atas beberapa asumsi-asumsi yang bertendensi negatif tentang sosoknya di dunia pembaharuan Islam.

Mengelola, megatur dan memanej sebuah institusi pendidikan akan menjadi perkara yang tak bisa dianggap biasa saja, atau bisa dikerjakan dengan sambil lalu.

Syariat Islam dan problematika ekonomi umat

Islamic aspects in economic system of Nanggroe Aceh Darussalam.

Untuk itu, mereka secara serius mulai merumuskan konsep ekonomi Islam.”
Kembali kepada ajaran Islam sudah merupakan sebuah keharusan, demikian
slogan yang telah berkembang sejak paruh akhir abad 18 tatkala Sayyid
Jamaluddin ...

Ayat Kursi dan Ayat Cahaya di Atas Cahaya

Tafsir Ibnu Katsir dan Jalalain

Kita sering membaca ayat kursi. Tapi apakah kita yang sering membacanya tahu mengenai makna dari ayat kursi itu sendiri? Di dalam Ayat Kursi terkandung Kebesaran Allah, Keagungan Allah, Kekuasaan Allah dan Ilmu-ilmu Allah yang meliputi langit dan bumi. Sudah banyak umat muslim yang mempunyai pengalaman mengamalkan Ayat Kursi. Kalimat, “Tuhan membimbing kepada cahaya-Nya, bagi siapa saja yang dikehendaki”, menjadi tema sentral Tasawuf. Intinya, mengapa Allah SWT. membuat perumpamaan dengan ‘misykat’, pelita, dan minyak? Buku ini disusun untuk merangkum makna ayat kursi dan ayat cahaya di atas cahaya secara mendalam dari Tafsir masyhur Ibnu Katsir dan Jalalain. Kami berharap para pembaca dapat lebih memahami makna ayat-ayat tersebut dengan adanya penjelasan dalam buku ini. Insya Allah kita semua diberikan keberkahakan dan pemahaman yang lurus dalam beragama. Amin. Selamat membaca!

Kemudian Imam Turmuzimengatakan bahwa hadis ini berpredikat garib.
Sebagian dari kalangan ahlul ilmi meragukan hafalan Abdur Rahman ibnu Abu
Bakar ibnu Abu Mulaikah Al-Mulaiki. Sesungguhnya banyak hadis lain yang ...

Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya

Buku ini ditulis sebagai panduan mata kuliah Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Buku merangkum tiga topik besar. Materi pertama membahas Dasar-Dasar Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Materi tersebut merupakan materi pembuka dimana kita tahu apa sebenarnya Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya itu. Materi ini diintegrasi-interkoneksikan antar keilmuan yaitu keilmuan metodologi studi Islam yang merupakan dasar berbagai cabang keilmuan dalam studi Islam. Melalui pemahaman terhadap metodologi studi Islam yang kuat, maka pemahaman terhadap Aqidah Akhlak juga diharapkan pemahaman yang santun dan toleran serta tidak menimbulkan truth claim. Materi kedua adalah Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Pendekatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Materi ini mengajak pembaca untuk belajar bagaimana membelajarkan Aqidah Akhlak di era yang serba teknologi dan di era pengembangan penyebaran karya ilmiah secara terbuka dan mendunia. Kemudian materi yang ketiga yaitu Langkah-langkah Menulis Artikel Jurnal Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Pada bagian ini terdapat step by step contoh atau panduan bagaimana menulis sebuah artikel jurnal dalam keilmuan Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya.

Apabila sukses tampilannya seperti di bawah ini. Kemudian klik “Make a New Submission”. Pastikan sebelumnya kita sudah tahu aturan pengiriman naskah pada jurnal tersebut dan naskah kita sudah sesuai. 51 Pengantar Akidah Akhlak dan ...