Sebanyak 38364 item atau buku ditemukan

Filsafat Pendidikan

Buku ini membahas perihal Filsafat Pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis, mengandung maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaari mempunyai tugas, antara lain menyalurkan nilai-nilai hidup, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai norma tingkah laku kepada subjek didik yang bersumber dari filsafat dan/atau kearifan orangtua dan keluarga. Pelaksanan pendidikan tersebut juga merangkum antara teori pengetahuan dan filsafat yang terkandung di dalam pelajaran yang diberikan oleh para pendidik. Kajian utamaÊfilsafat pendidikanÊini secara komprehensif menyajikan dan membahas topik materi pokok filsafat, antara lain: (1) Pengertian dan kedudukan filsafat dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia; (2) Pengertian pendidikan dan filsafat pendidikan serta peranannya; (3) Masalah pokok filsafat dan pendidikan; (4) Proses hidup sebagai dasar filsafat pendidikan; (5) Tujuan hidup dan tujuan pendidikan; (6) Fungsi pendidikan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk biologis; (7) Demokrasi pendidikan; serta (8) Aliran dalam filsafat pendidikan. ------- Penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Buku ini membahas perihal Filsafat Pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis, mengandung maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaari mempunyai tugas, antara lain menyalurkan nilai-nilai hidup, ...

TEORI DAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Sebagai ilmu terapan, ilmu pendidikan membangun eksistensinya dengan memanfaatkan teori dan pandangan dari berbagai disiplin ilmu murni, seperti psikologi, sosiologi, dan antropologi. Pada masa penjajahan Belanda di negeri ini misalnya, Langeveld, seorang berbangsa Belanda, yang diklaim oleh berbagai pihak sebagai tokoh pendidikan, adalah seorang psikolog. Ia menulis buku teori pendidikan dengan judul Beknopte Theoretische Pedagogik. Buku ini terbit tahun 1944, dan amat luas digunakan pada masanya. Bila ditelusuri jauh ke belakang, pada awalnya, filsafat sebagai ibunya ilmu menjadi sumber utama teori dan pandangan tentang pendidikan. Para filosof Yunani kuno, seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles, juga adalah pemikir-pemikir pendidikkan. Bahkan belakangan ini, sedang popular metode pembelajaran yang disebut metode Socrates. Dalam literatur-literatur pendidikan, hampir selalu muncul tiga teori utama, yakni teori empirisme, teori nativisme, dan teori konvergensi. Tiga teori ini masing-masing merupakan hasil kajian tiga filosof, sekaligus psikolog, bahkan ada yang berlatar belakang pendidikan dokter. John Locke sebagai pencetus teori empirisme misalnya, diposisikan sebagai filosof dan pendidik oleh berbagai pihak, karena ia berfilsafat dan mengemukakan sejumlah teori pendidikan. Namun ia pun mengenyam dan menyelesaikan pendidikan kedokteran

Buku ini terbit tahun 1944, dan amat luas digunakan pada masanya. Bila ditelusuri jauh ke belakang, pada awalnya, filsafat sebagai ibunya ilmu menjadi sumber utama teori dan pandangan tentang pendidikan.

Filsafat Pendidikan Operasional

Buku ini merupakan beberapa kumpulan-kupulankumpulan serpihan tulisan tentang filsafat yang dihimpun dengan harapan bisa bermanfaat bagi para pembacanya, dan bisa menjadi refrensireferensi dalam mempelajaraimempelajari mata kuliah filsafat di perguruan tinggi. Buku yang berjudul “Filsafat Pendidikan Operasional” disajikan sebagai salah satu buku refrensireferensi untuk mengajak mahasiswa memasuki dunia filsafat dengan melihat praksispraktis pendidikan yang terjadi saat ini. Filsafat sesungguhnya mempertanyakan realitas manusia secara mendasar, karena filsafat merupakan ilmu yang mendekati persoalan-persoalan kehidupan secara mendalam. Sehingga filsafat sering memberikan kesan secara abstrak dan senagtsengat teoritisteoretis. Filsafat pendidikan merupakan sarana untuk mencapai kejelasan terhadap tantangan-tantangan pendidikan dalam berbagai dimensi kehidupan yang sesungguhnya. Inti sari buku filsafat pendidikan operasional ini adalah pendidikan. Karena filsafat pendidikan merupakan realitas yang menjadi acuan dan landasan dalam kehidupan manusia menuju hidup yang lebih baik. Filsafat pendidikan dipelajari sebagai persiapan manusia dalam menjalani hidup dan untuk menjamin bahwa kehidupannya akan bahagia di masa yang akan datang.

Buku Filsafat Pendidikan Operasional ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

PENDIDIKAN FILSAFAT PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Karakter, ciri atau identitas suatu bangsa terbentuk melalui proses yang panjang yang dialami oleh generasi yang mendiami suatu wilayah tertentu tempat mereka tinggal yang disebut bangsa. Kita sebagai manusia yang lahir, dibesarkan, dididik dan tinggal di hamparan bumi nusantara memiliki kebudayaan yang bersumber dari akal pikiran manusia yang telah mendahului kita. Hasil akal budi peninggalan para leluhur kita itulah yang menjadi salah satu identitas kita sebagai sebuah bangsa yang disebut bangsa Indonesia. Kita sebagai manusia yang dilahirkan di dunia fana ini, dibekali oleh akal dan budi sebagai modal untuk berkreasi dan berinovasi mengembang-kan dan mendayagunakan alam ini. Sebagai manusia yang dibekali oleh akal dan budi, menjadikan kita tidak hanya bisa berkreasi dan berinovasi tetapi kita juga bisa bertahan hidup dengan menyesuaikan kondisi dan lingkungan di sekitar kita sehingga kita masih bisa bertahan hidup dari zaman ke zaman sampai sekarang ini sebagai bangsa Indonesia.

Karakter, ciri atau identitas suatu bangsa terbentuk melalui proses yang panjang yang dialami oleh generasi yang mendiami suatu wilayah tertentu tempat mereka tinggal yang disebut bangsa.

Filsafat Pendidikan Akhlak

Kenapa harus menamakan buku ini “filsafat”, karena isinya lebih dominan berupa essay-essay filsafat. Kenapa tidak menamakannya akhlak bukan karakater, karena istilah akhlak lebih umum yang mencakup etika, moral, adab, dan juga karakter. Selain itu, kata akhlak adalah khas nomenklatur Islam. Filsafat Pendidikan Akhlak dalam buku ini berupaya berteori secara filosofis tentang pendidikan akhlak. Buku ini juga tetap memperhatikan teori-teori terapan karena pendidikan akhlak haruslah bersifat aplikatif. Salah satu bab dari buku ini lebih banyak membahas tentang ilmu pendidikan akhlak. Walaupun buku Filsafat Pendidikan Akhlak, tidak berarti absen membahas Ilmu Pendidikan Akhlak. Ketika Ilmu Pendidikan Akhlak dikemukakan, tujuannya untuk membantu memahami Filsafat Pendidikan Akhlak.

Walaupun buku Filsafat Pendidikan Akhlak, tidak berarti absen membahas Ilmu Pendidikan Akhlak. Ketika Ilmu Pendidikan Akhlak dikemukakan, tujuannya untuk membantu memahami Filsafat Pendidikan Akhlak.

Filsafat bahasa dan pendidikan

Languages and education related to philosophy; cases in Indonesia.

Al - Qur ' an adalah firman Allah kepada Rasul Muhammad dan pembacaan
firman itu sendiri dinilai sebagai ibadah . ... Disabdakan dalam Al - Qur ' an
bahwa nikmat ( kekuasaan ) Allah itu tidak terhitung jumlahnya , sehingga tidak
dapat ...

Telaah Filsafat Pendidikan

Dalam buku ini dijabarkan tentang pengertian dan ruang lingkup filsafat pendidikan, latar belakang, filosofi, sampai dengan kajian psikologi yang terdiri dari beberapa aliran juga penelitian tindakan kelas terhadap para pendidik, guru maupun dosen.

Dalam buku ini dijabarkan tentang pengertian dan ruang lingkup filsafat pendidikan, latar belakang, filosofi, sampai dengan kajian psikologi yang terdiri dari beberapa aliran juga penelitian tindakan kelas terhadap para pendidik, guru ...

Kebebasan dalam perbincangan filsafat, pendidikan, dan agama

Dalam ranah etis , ada seni bergaul dan berkomunikasi , seni menciptakan
tatanan sosial yang adil , seni berpolitik secara bertanggung jawab , dan
seterusnya . Begitupula di ranah estetika , ada moralitas pembebasan , ada
pesan moral ...

Penerapan ilmu filsafat Pancasila di bidang pendidikan

Implementation of Pancasila in educational field in Indonesia.

Implementation of Pancasila in educational field in Indonesia.