Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Metode Alternatif dalam Menafsirkan Ayat-ayat Beredaksi Mirip

Rekonstruksi atas Metode Penafsiran Nashruddin Baidan

Metode penafsiran ayat beredaksi mirip yang digagas Nashruddin Baidan dalam bukunya“Metode Penafsiran al-Qur’an: Kajian Kritis terhadap Ayat-ayat Beredaksi Mirip”, belum sepenuhnya berhasil mengungkapkan makna ayat beredaksi mirip secara utuh. Hal ini dikarenakan tujuan utamanya mengungkapkan maksud dan tujuan di balik perbedaan redaksi, sehingga kajiannya berhenti pada aspek perbedaan redaksi. Padahal ayat beredaksi mirip juga memiliki hubungan makna, yang salah satunya dapat diketahui dari persamaan redaksi dan tema ayat beredaksi mirip. Penelitian ini bersifat kepustakaan (Library Research), dengan obyek kajian metode penafsiran Nashruddin Baidan terhadap ayat beredaksi mirip. Bersumber pada data primer buku Nashruddin Baidan berjudul Metode Penafsiran al-Qur’an: Kajian Kritis terhadap Ayat-ayat Beredaksi Mirip dan data sekunder berupa karya lain Nashruddin Baidan. Data dikaji dengan metode deskriptif-analitik, dengan pendekatan content analysis dan interpretasi. Dalam menghimpun ayat-ayat beredaksi mirip penulis menggunakan beberapa kitab seperti: ‘Aun al-Rahmân fî Hifz al-Qur’ân karya Abî Dzar al-Qalmûnî, Sabîl al-Itqân fî Mutasyâbih al-Qur’ân karya Muhammad Nasr al-Dîn Muhammad ‘Audah dan Ensiklopedi al-Qur’an: Kumpulan Ayat-ayat Beredaksi Mirip karya M. Fathoni Dimyati. Adapun dalam menafsirkan ayat-ayat beredaksi mirip, penulis merujuk kitab-kitab tafsir, seperti: Durrah al-Tanzîl wa Ghurrah al-Ta’wîl karya al-Iskâfî, al-Burhân fî Taujîh Mutasyâbih al-Qur’ân karya al-Kirmânî, Tafsîr al-Manâr karya Rasyîd Ridâ, al-Tahrîr wa al-Tanwîr karya Ibnu ‘Âsyûr dan lain sebagainya. Buku ini menawarkan sebuah metode alternatif dalam menafsirkan ayat-ayat beredaksi mirip, yang diharapkan dapat mengungkapkan makna ayat beredaksi mirip secara utuh, yang terdiri dari lima langkah operasional dan beberapa pendekatan yang digunakan sebagai alat analisa. Langkah-langkah yang dimaksud adalah: mengidentifikasi dan menghimpun ayat beredaksi mirip, membanding-kan persamaan dan perbedaan redaksi ayat beredaksi mirip, mengungkapkan perbedaan makna antar ayat beredaksi mirip, mengungkapkan hubungan makna antar ayat beredaksi mirip dan kesimpulan. Adapun keilmuan yang digunakan sebagai alat analisa adalah: bahasa Arab (kosa kata al-Qur’an, nahwu, saraf dan balâghah), asbâb al-nuzûl, qirâ’ât, biografi Nabi Saw. dan munâsabah.

Ia memulai pendidikan dengan belajar mengaji al-Qur'an dan beberapa kitab kuning di bawah asuhan ibu dan ayahnya, ... Tafsir Hadis di IAIN (sekarang UIN) Walisongo Semarang tahun 2012 dengan skripsi Studi Analisis Penafsiran Ibnu 'Âsyûr ...

Pendidikan Karakter Perspektif Surat Luqman ayat 12-19 & Ilmu Pendidikan

Buku ini hadir sebagai panduan keluarga dalam mendidik anak sebagaimana yang dilakukan Lukman terhadap anaknya. Allah menjadikan Luqman sebagai sosok orang tua panutan dan mencantumkan kisahnya dalam Al-Qur’an. Kisah Lukman yang diabadkan al-Qur’an dalam surat Lukman ayat 12-19 merupakan kisah inspiratif bagi para ayah untuk mendidik buah hatinya. Prinsip dasar mendidik anak menurut Lukman adalah prinsip tauhid (mengajarkan keesaan Tuhan), yang kemudian dilanjutkan melatih anak-anaknya untuk beribadah salat dan menerapkan sikap amar ma’ruf nahi munkar, termasuk di dalamnya pe-ngajaran bagaimana cara mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang. Buku ini sebenarnya menawarkan ide akan pentingnya model pendidikan karakter berbasis agama dalam penerapan pendidikan karakter diIndonesia untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Dalam hal ini, ditawarkan ide pendidikan karakter berbasis agama sebagaiamana yang terkandung dalam surat Lukman ayat 12-19 yang mengedepankan konsep ketauhidan, penghormatan kepada orang tua, mendidik dengan kasih sayang, serta akhlak yang mulia yang ditunjukkan dengan perilaku sesuai tuntunan agama Buku ini tidak hanya memuat secara komprehensif berbagai pemahaman teoritis tentang konsep pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan, tetapi juga memuat komparasi nilai-nilai pendidikan karakter sebagaimana yang terkandung dalam surat Lukman ayat 12 – 19. Untuk itu diharapkan buku ini menjadi referensi baik bagi para mahasiswa, akademisi maupun para praktisi. Kami juga berharap buku ini akan dapat memacu para pembaca untuk mengeksplorasi lebih jauh dan memberikan manfaat bagi perkembangan khazanah ilmu pengetahuan, dan bimbingan konseling Islam khususnya.

Fitrah yang dimaksud dalam hadis ini adalah memiliki potensi baik sejak lahir, dan berkembangnya fitrah ini dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan pada anak oleh orang tua dan lingkungan. Dalam Islam, karakter lebih dikenal dengan ...

Ensiklopedia Al-Quran dan Hadis Per Tema; Ayat dan Hadis tentang Tokoh dan Tingkatan Manusia

Ensiklopedia Al-Qur`an dan Hadis Per Tema adalah satu-satunya buku di Indonesia yang menyajikan seluruh tema Al-Qur`an, dilengkapi dengan deskripsi dan terjemahan ayat-ayat yang berhubungan dengan masing-masing tema, tanpa meninggalkan satu tema atau satu ayat pun. Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah umat Islam yang ingin mengetahui apa yang sebenarnya disampaikan oleh Al-Qur`an lewat tema-tema yang ada di dalamnya. Contohnya, ketika kita ingin mengetahui tema tentang salat, maka di dalam buku ini akan didapatkan ayat-ayat mana saja yang berhubungan dengan tema salat. Demikian juga tema-tema lainnya yang jumlahnya lebih dari 2.500 tema. Ebook ini merupakan pecahan dari buku Ensiklopedia Al-Qur`an dan Hadis Per Tema, yang membahas bagian kedua, Nabi dan Rasul. Di dalamnya berisikan ayat-ayat dan hadis yang berkaitan tentang para nabi dan tugasnya, para nabi dan rasul terpilih selain nabi Muhammad saw., hingga ayat yang menjelaskan nabi Muhammad saw. Selamat membaca.

... ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat ( 1 ) huruf i untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 ( satu ) tahun dan / atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000 ( seratus juta rupiah ) ...

Konsep Murabbi dalam Al-Qur’an (Analisis Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Pendidik)

Peran sebagai pendidik merupakan hal yang terpenting untuk baiknya pendidikan yang akan berdampak baik pula pada moral manusia. Berprofesi sebagai pendidik merupakan tugas mulia dan amanah yang tidak mudah untuk dilaksanakan bahkan begitu berat untuk mengaplikasikannya dengan benar. Dalam Al[1]Qur’an sebagai pendidik disebut dengan kata rabbanī. Kata ini jauh memiliki makna yang mendalam dari kata terjemahannya sebagai pendidik. Perintah untuk menjadi rabbanī sebuah kewajiban sebagai satu bentuk mengaplikasikan Al-Qur’an dalam kehidupan. Buku ini menjelaskan untuk memahami bagaimana menjadi rabbanī dengan meneliti makna kata yang dipaparkan oleh para ulama tafsir. Sehingga dapat diketahui apa makna yang dipahami dan dirumuskan dari simpul-simpul rabbani menurut Al-Qur’an serta bagaimana implikasi konsep murabbī terhadap kejiwaan, tingkah laku dan tanggung jawab? Konsep Murabbi dalam Al-Qur’an (Analisis Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Pendidik) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

... Ekonomi Islam di Institut Agama Islam Negeri Medan Sumatera Utara . Dalam upaya linierisasi disiplin ilmu ia pun ... hadis . Dalam bidang pendidikan , baik para pendidik atau yang akan menjadi calon pendidik wajib mengetahui apa dan ...

Manusia & Pendidikan Telaah Penafsiran Al-Maraghi Tentang Ayat-Ayat Pendidikan

Buku ini membahas tentang manusia dan pendidikan. Fokus kajian diarahkan pada penafsiran al- Maraghi tentang; 1) penciptaan manusia, 2) tugas dan tujuan hidup, 3) fitrah manusia, serta 4) free will dan predestination. Setelah itu dilakukan analisis dengan melakukan relevansinya dengan pengembangan konsep pendidikan. Buku ini terdiri dari 6 bab yang akan menguraikan berbagai hal, yakni: Pendahuluan, Riwayat Hidup al- Maraghi dan Kitab Tafsirnya, Manusia dan Teori Pokok Pendidikan, Penafsiran al-Maraghi tentang Manusia dalam al-Qur’an, Analisis Kependidikan, dan Kesimpulan.

Untuk memperkuat penafsiran tentang fitrah di atas , al - Maraghi " mengutip beberapa hadis Nabi . Misalnya hadis Nabi dari Abu Hurairah ra . , yang diriwayatkan Imam Bukhari yang berbunyi : أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ...

AYAT-AYAT DAN HADIST PENDIDIKAN

Buku yang berjudul “Ayat-ayat dan Hadist Pendidikan” ini disusun dengan maksud untuk membantu para pembaca dalam mempelajari ayat-ayat al-Quran tentang Pendidikan dan Hadist-hadist Pendidikan. Kajian dalam buku ini secara garis besar memuat beberapa aspek; Pertama, berisi ayat al-Quran dan hadist tentang hubungan manusia dengan Allah. Kedua, berisi ayat Al-Qur’an dan hadist tentang hubungan manusia dengan sesama. Ketiga, berisi ayat Al-Quran dan hadist tentang sikap manusia terhadap diri sendiri. Keempat, berisi ayat al-Quran dan hadist yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Kelima, berisi ayat Al-Quran dan hadist yang berhubungan dengan amanah dan kepemimpinan. Berbagai hal yang dimuat dalam buku ini diharapkan dapat menjadi petunjuk bagi setiap pembaca khususnya para mahasiswa atau peserta didik yang ingin mendalami ayat Alquran dan hadist tentang pendidikan dan berbagai aspek kehidupan manusia.

Buku yang berjudul " Ayat - ayat dan Hadis Pendidikan " ini disusun dengan maksud untuk membantu para pembaca dalam mempelajari ayat - ayat al - Quran tentang Pendidikan dan Hadis - hadis Pendidikan . Kajian dalam buku ini secara garis ...

Pengembangan metode dan materi dakwah pada penyiaran Islam di RRI

On propagation of Islam through radio broadcasting by Radio Republik Indonesia.

On propagation of Islam through radio broadcasting by Radio Republik Indonesia.

Standar kompetensi pelaku dakwah : dialektika metode dan model dakwah kreatif

On standard of Islamic da'wah activities in Indonesia.

On standard of Islamic da'wah activities in Indonesia.