Sebanyak 41808 item atau buku ditemukan

INOVASI PEMBELAJARAN DAN TEKNOLOGI BANTU (TEKNOLOGI ASISTIF) MANUAL BOOK PRAKTIK JURNALISTIK UNTUK MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN KHALAYAK

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa. Pada jenjang pendidikan sarjana, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, mata kuliah Praktik Jurnalistik menjadi mata kuliah pilihan yang ditempuh oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis jurnalistik sebagai suatu keterampilan yang harus dikuasai, tidak hanya secara teoretis tetapi juga praktik untuk menunjang profesi keguruan, khususnya guru Bahasa Indonesia. Manual Book Praktik Jurnalistik ini diterbitkan untuk menjawab kebutuhan mahasiswa calon guru, baik mahasiswa berkebutuhan khusus maupun mahasiswa pada umumnya, para guru Bahasa Indonesia sebagai bekal, dan rujukan dalam meninjau teori keterampilan menulis serta penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan dinamisnya perubahan kurikulum 2013 dan era Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Manual Book Praktik Jurnalistik ini dihadirkan untuk membantu dan mendukung kegiatan belajar mahasiswa disabilitas/berkebutuhan khusus dengan hambatan lamban belajar (slow leaner), interaksi sosial, berkepribadian tertutup, kesulitan konsentrasi, dan menulis. Materi pada buku ini dirancang untuk memberi penguatan dan motivasi bahwa siapa pun bisa menulis, bahkan mereka yang memiliki hambatan khusus sekalipun.

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa.

Teori dan Aplikasi Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan salah satu unsur identitas suatu bangsa. Begitu pula Bahasa Indonesia merupakan salah satu identitas nasional bagi bangsa dan negara Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan Bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya satu hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945 bersamaan dengan mulai berlakunya Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945.

Bahasa merupakan salah satu unsur identitas suatu bangsa.

Pendekar Bahasa

“Pendekar” mengantarkan kepada kita imaji sesosok humanis idealis yang soliter pembela kebenaran, kata lain dari “kesatria”, “hero”, “protagonis”. Biasanya sosok itu bekerja sendiri, berpenampilan dan punya keampuhan yang khas, spesifik. Buku ini memperkenalkan pendekar yang lain, “Pendekar Bahasa”. Siapa gerangan pendekar ini? Holy Adib mengutip Harimurti Kridalaksana yang memberi pemerian begini: “pendekar bahasa merupakan sarjana dalam bidang di luar ilmu bahasa yang menyumbangkan pikirannya bagi kemajuan bahasa (Indonesia) ...” Buku ini dalam satu hal menyajikan pelbagai pokok berkenaan dengan pernak-pernik bahasa Indonesia seperti tecermin pada penjudulan keenam tema yang membagi kumpulan tulisan ini: Asal-Usul, Sikap terhadap Bahasa, Kasus Bahasa, Salah Kaprah, Usul, dan Makna Kata. Dalam hal lain, di dalamnya kita melihat pantulan sikap Adib sendiri yang tegas terhadap fenomena kebahasaan di tanah air, terutama yang menyangkut kiprah ideal pendekar bahasa menurut dia tadi. Ia tak segan-segan menyatakan kegusarannya secara telanjang. Eko Endarmoko, Munsyi dan Penyusun Tesaurus Bahasa Indonesia

Persoalannya, apakah bahasa jurnalistik membutuhkan majas pleonasme, apalagi dalam berita langsung alias berita lempang (straight news)? Menurut Rosihan Anwar dalam buku Bahasa Jurnalistik dan Komposisi (1991), sifatsifat khas bahasa ...

Explore Bahasa Indonesia Jilid 1 untuk SMP/MTs Kelas VII

Buku EXPLORE BAHASA INDONESIA SMP/MTs ini merupakan buku yang dikembangkan dengan pendekatan sains yang pasti akan disukai siswa karena memiliki keunggulan sebagai berikut.  Materi dan kegiatan dalam buku ini disusun dengan konsep 5M (Mengamati-Menanya-Mencoba-Menalar-Mengomunikasi/ Membentuk Jejaring) yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan akan menuntun siswa dalam membentuk bangunan pengetahuannya.  Adanya kegiatan dan proyek yang dilakukan secara berkelompok akan menciptakan komunikasi dua arah antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru maupun orang tua, serta siswa dengan orang-orang di sekitarnya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengasah sikap dan kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam sikap dan perilaku sehari-hari (character building).  Buku ini membiasakan siswa menjadi kreatif dengan memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi pengetahuan yang diperoleh, sehingga siswa terbiasa melihat dan menemukan berbagai alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menjadi pemecah masalah (problem solver).

(2) Memberikan penyadaran melalui berbagai medium adalah hal yang diupayakannya, termasuk memberdayakan banyak orang muda untuk berbuat lebih banyak bagi Aceh lewat dunia jurnalistik. (1) Lewat buku ini, pembaca tidak hanya akan ...

INOBEL : INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sebuah buku penelitian tentang cara belajar bahasa Indonesia yang efektif. Disusun oleh Retno Kurniawati, S.Pd

Sebuah buku penelitian tentang cara belajar bahasa Indonesia yang efektif. Disusun oleh Retno Kurniawati, S.Pd

Get Smart Bahasa Indonesia

Tanggal 12 April 2007, beberapa teman kita di Jakarta mengikuti acara pelatihan jurnalistik. Apa itu Jurnalistik? Jurnalistik adalah hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan meliput dan melakukan wawancara.

Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia

Pada umumnya saat ini setiap orang dituntut untuk memiliki kemampuan menulis berbagai jenis karya ilmiah, seperti makalah, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, jurnal, dan sebagainya. Pelajar diwajibkan untuk menulis makalah. Sementara itu, mahasiswa dituntut untuk menulis makalah, laporan penelitian, skripsi, tesis, atau disertasi. Bahkan, akhir-akhir ini di beberapa universitas ada aturan baru bahwa setiap mahasiswa harus menulis jurnal sebagai salah satu syarat kelulusan. Hal serupa juga terjadi pada guru dan dosen yang dituntut membuat karya ilmiah sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat dan jabatan. Ketika seseorang dituntut untuk membuat karya ilmiah, biasanya berbagai pertanyaan akan muncul. Bagaimana teknik menulis karya ilmiah? Bagaimana cara membuat judul? Bagaimana penggunaan bahasa dalam karya ilmiah? Apa saja yang harus dilakukan ketika menulis daftar pustaka dan kutipan? Banyak orang yang belum paham sepenuhnya mengenai karya ilmiah, baik pengertian, jenis, maupun teknik penulisannya. Masalah ini menjadi masalah yang cukup berat bagi seseorang yang belum terlatih menulis karya ilmiah. Untuk itu, diperlukan panduan untuk dapat menguasai teknik penulisan karya ilmiah dalam bahasa Indonesia. Buku ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam menguasai teknik penulisan ilmiah dalam bahasa Indonesia. Siapa pun dapat menggunakan buku ini sebagai acuan dalam menyusun makalah, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, dan jurnal. Buku ini diharapkan dapat membuka cakrawala baru dan memperluas wawasan bagi siapa pun yang akan menulis karya ilmiah.

Diakses pada 2 April 2012 pukul 10.55 WIB. Siahaan, Jarar. 2011. “Bahasa Jurnalistik: Menulis Judul Berita (Bahasa Pers-Jurnalistik)”. Dalam http://jararsiahaan.com/ jurnalisme/bahasa-jurnalistik-menulis-judul-berita-pers/421/.