Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Pengendalian Mutu Sekolah

Buku ini adalah hasil dari Tesis saya, dalam buku ini membahas terkait dengan pengendalian mutu sekolah, Issu tentang mutu pendidikan terus berkembang sejalan dan sejurus dengan perkembangan kebutuhan dan kesiapan penyelenggaraan pendidikan. Salah satu sebabnya adalah rendahnya peluang kerja bagi alumni tingkat sekolah menengah sederajat dan beratnya persaingan bagi alumni Perguruan Tinggi (PT), sebagai tenaga potensial yang terampil dalam merebut dan memanfaatkan kesempatan kerja. Identifikasi terhadap kondisi tersebut dialamatkan pada rendahnya mutu lulusan, dalam arti pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang belum sesuai kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan tenaga kerja. Lembaga pendidikan harus mampu merancang program untuk mencapai lembaga yang bermutu, agar kelak lulusan dapat bersaing dalam bidang apapun setelah mereka berada dilingkungan kerja.

Buku ini adalah hasil dari Tesis saya, dalam buku ini membahas terkait dengan pengendalian mutu sekolah, Issu tentang mutu pendidikan terus berkembang sejalan dan sejurus dengan perkembangan kebutuhan dan kesiapan penyelenggaraan pendidikan ...

SUPERVISI PENDIDIKAN

(Pengembangan Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan)

Dalam rangka membantu tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar, diperlukan kegiatan pengawasan pendidikan yang disebut dengan supervisi pendidikan. Maka keberadaan literatur yang mengkaji hal tersebut, sangat penting untuk terus dikembangkan. Hasil riset yang disajikan dalam buku ini, memaparkan pembahasan secara komprehensif dan aktual tentang bagaimana pelaksanaan pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial demi meningkatkan mutu pendidikan.

Dalam rangka membantu tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar, diperlukan kegiatan pengawasan pendidikan yang disebut dengan supervisi pendidikan.

MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN KEPULAUAN SELAYAR

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN KEPULAUAN SELAYAR KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN KEPULAUAN SELAYAR KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN

Konsep Dan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan

Keberhasilam kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi sekolah. Keberhasilan kepala sekolah dalam melakukan tata kelola sekolah, sarana prasarana, membina tenaga pendidik, mengelola kegiatan sekolah lainnya banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Apabila kepala sekolah mampu menggerakan membimbing dan mengarahkan orang yang dipimpinnya secara tepat, maka segala kegiatan yang ada dalam organisasi sekolah terlaksana secara efektif. Sebaliknya, jika tidak mampu mengerakan anggota secara efektif, tidak akan bisa tercapai tujuan secara optimal, Seorang kepala sekolah yang mengelola sekolah tanpa pengetahuan manajemen pendidikan tidak akan bekerja secara efektif dan efisiens, jauh dari mutu, dan keberhasilannya. Pengetahuan dan atau teori manajemen pendidikan sangat dibutuhkan dan harus dipahami oleh seorang kepala sekolah karena tanpa teori manajemen seorang kepala sekolah akan melakukan pekerjaaanya dengan dugaan dan pendapatnya saja. Buku Pengantar Ilmu Pendidikan: KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Konsep dan Strategi Mutu Pendidikan, menguraikan berbagai materi secara Komprehensip yang merupakan bagian utama Pengantar ilmu pendidikan. Pada prinsipnya, buku ini terdiri dari 13 Bab memuat pelbagai bahasan antara lain; Pengertian dan Konsep Dasar Kepemimpinan, Tipe dan Gaya Kepemimpinan, Kepemimpinan dan Manajemen. Kepemimipnan Pendidikan, Kepemimpinan dalam dalam Manajemen Berbasis Mutu, Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah MAsa Depan, Kepemimpinan Kepala Sekolahdi Era Revolusi Industri 4.0, Kepala Sekolahsebagai Instructional Leader, dll Buku ini sangat layak dijadikan panduan atau referensi bagi Mahasiswa yang menempuh Pendidikan Strata Satu (S1) atau Strata Dua (S2) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) atau Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) di UIN, STAIN, IAIN, tapi hal ini juga harus dipahami oleh para guru atau tenaga pendidik, tenaga kependidikan, kepala sekolah, Pengawas, penyuluh, instruktur, widyaswara dan para pelaku pendidikan lainnya, serta masyarakat sehingga memperoleh wawasan tentang pendidikan secara komprehenship

Buku Pengantar Ilmu Pendidikan: KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Konsep dan Strategi Mutu Pendidikan, menguraikan berbagai materi secara Komprehensip yang merupakan bagian utama Pengantar ilmu pendidikan.

KONSEP KEBIJAKAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN MTSN MODEL

Madrasah saat ini menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat sebagai tempat belajar putra-putrinya. Hal ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI, salah satunya adalah membangun Madrasah Model dengan berbagai keunggulan. Program unggulan dirancang mulai dari input, proses dan output. Berbagai komponen dan unsur saling terkait dan bersinergi guna mewujudkan lulusan Madrasah Model yang kompeten dan unggul dalam berbagai bidang keilmuan. Buku yang ditulis oleh Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan ini mengkaji Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model. Analisis terhadap manajemen mutu yang diterapkan dalam Madrasah Model dijelaskan secara rinci dan sistematis. Penulis buku ini juga melakukan analisis dengan mengintegrasikan antara ilmu manajemen mutu dengan nilai-nilai Islam, sehingga terwujud integrasi keilmuan dan keislaman. Dr. Sururin, M.Ag. (Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Hadirnya Madrasah Model menjadi jawaban atas adanya kebutuhan masyarakat terhadap Madrasah yang berkualitas. Selama ini Madrasah masih sering dianggap sebagai second class dalam sistem pendidikan. Buku ini memberi perspektif baru tentang sistem pengelolaan madrasah yang ideal berbasis pada Quality Manajement yang implementatif. Penulis berhasil menarasikan teori yang rumit dengan bahasa yang sederhana dan mudah dibaca. Buku ini penting untuk dibaca oleh para pemangku kebijakan pendidikan, praktisi pendidikan, peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum. Saya menyambut baik atas terbitnya buku ini, semoga memberikan kontribusi penting bagi peningkatan mutu Madrasah di Indonesia. Prof. Dr. Aan Hasan, M.Ed. (Guru Besar Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Buku tentang Konsep Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model yang ditulis oleh M. Sugeng Sholehuddin merupakan tulisan yang sangat komprehensif dan klir dalam menggambarkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh MTsN Model, khususnya dalam penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBS). Dengan hadirnya buku ini maka stereotip tentang Madrasah sebagai lembaga pendidikan “kelas dua” menjadi terbantahkan. Prof. Dr. Sri Sumarni (Guru Besar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) Buku yang ada di tangan pembaca ini mengeksplorasi sejauh mana pengembangan mutu dan Quality Management pendidikan madrasah model. Dengan demikian buku ini tepat dibaca bagi kepala madrasah, guru, dan siapapun yang mendambakan madrasah model agar bisa lebih berkualitas, maka saya selaku Guru Besar Pendidikan Islam IAIN Salatiga menyambut senang hati atas terbitnya buku yang ditulis oleh Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag sebagai dosen dan Dekan FTIK IAIN Pekalongan. Selamat Membaca! Prof. Dr. Mansur, M.Ag. (Guru Besar Pendidikan Islam IAIN Salatiga) Buku ini cocok sebagai sumber rujukan karena di dalamnya banyak terdapat informasi yang berkaitan dengan masalah kebijakan publikasi dalam pendidikan, identifikasi masalah filosofi lahirnya madrasah model, formula kebijakan Kemenag RI dalam pengelolaan MTs, serta kinerja dan pengembangan mutu pendidikan formal MTs. Buku ini meluruskan atau membenarkan masalah dan asumsi yang ada di khalayak umum mengenai madrasah model. Deskripsi materi dalam buku ini dibuat secara terperinci sehingga mudah untuk dipahami oleh semua pihak. Terdapat tabel dan skema untuk mengklarifikasikan materi tertentu sehingga memperjelas pembaca. Hubungan antarparagraf saling berkaitan. Buku ini bagus dan layak dikonsumsi oleh mahasiswa, praktisi pendidikan, serta siswa di seluruh Indonesia. Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I (Guru Besar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

Dr. Aan Hasan, M.Ed. (Guru Besar Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Buku tentang Konsep Kebijakan Mutu Pendidikan dalam Pengelolaan MTsN Model yang ditulis oleh M. Sugeng Sholehuddin merupakan ...

Arsitektur Mutu Pendidikan Indonesia

Peta Jalan Restorasi Menuju Keunggulan Mutu Pendidikan Kelas Dunia

Mutu terus bergerak dan berubah. Spesifikasi dan kualifikasi juga terus meningkat. Oleh karena itu, prinsip kompetisi berbasis mutu dan kompetensi perlu terus dibuka untuk semua. Spesifikasi mutu dan kualifikasi kompetensi dalam kompetisi, adalah suatu yang tidak bisa dikompromikan. Apa yang dulu bermutu sekarang sudah tertinggal, bahkan dianggap usang dan tidak bermutu. Berkompromi dengan mutu adalah suatu tindakan tidak bermutu. Sedikit bermutu adalah tidak cukup bermutu. Cukup bermutu adalah tidak cukup bermutu. Mendidik dan memberi pembelajaran tanpa mutu berarti ssama dengan membagi-bagi ketertinggalan mutu dan perbaikan mutu maka sama artinya, dengan membagi-bagi ketertinggalan mutu dan kebodohan. Sebab, pendidikan yang tidak bermutu dapat menjadi instrumen untuk membagi kebodohan kepada anak bangsa (education as an instrument to share of stupidity among nations). Gagasan dan pemikiran dalam buku ini, mencoba mengeksplorasi apa yang menjadi kebutuhan mutu terbaik bagi pendidikan Indonesia di masa. Apa sistem yang perlu dibangun untuk memperoleh pendidikan bermutu? Ternyata ada banyak kebutuhan mutu yang harus dirajut dan dilakukan secara terpadu, seperti menyiapkan segala kebutuhan yang dipersyaratkan oleh mutu, membangun asritektur dan rumah mutu, memperkuat infrastruktur mutu, manajemen dan tata kelola mutu, perbaikan mutu berkelanjutan, dan sebagainya. Ternyata ada sederet panjang masalah mutu dalam manajeme dan tata kelola pendidikan Indonesia. Penulis menemukan inspirasi cukup dengan satu kata "arsitektur", yang bisa merajut dan bisa menggambarkan semua kebutuhan mutu pendidikan Indonesia ke depan.

Penulis menemukan inspirasi cukup dengan satu kata "arsitektur", yang bisa merajut dan bisa menggambarkan semua kebutuhan mutu pendidikan Indonesia ke depan.

Teams in Education

Creating an Integrated Approach

Easy to use and understand, Teams in Educa-tion: Creating An Integrated Approach is a tool for education professionals who need or want to develop cross-functional or departmental teams in education. This new handbook was specifically designed to provide education professionals with a practical, pragmatic way to create and manage quality teams. Although there are many team handbooks available today, most are complex and difficult to follow for the average individual. In addition, these books are expensive and many schools or school districts cannot afford to purchase a copy for everyone. Unlike these existing handbooks, Teams in Education is clearly written in straightforward language that simply describes how to create and manage teams. The reader quickly understands the processes to follow to ensure total participation in team activities and is given the tools to measure and document team progress. As one education professional explained, the reader develops the expertise and understanding necessary to eliminate and manage conflict. This unique handbook also contains a simple process to encourage everyone to participate in the quality initiative. The 5+5 program outlined in this book is used to demonstrate to staff that no improvement is too small. This technique makes it easier for staff to show the added value of their quality activities to administrators and school board members. Special feature - this 5+5 program is the only program designed to collect the data education professionals need to show that they are making improvements in student and administrative outcomes.

This unique handbook also contains a simple process to encourage everyone to participate in the quality initiative. The 5+5 program outlined in this book is used to demonstrate to staff that no improvement is too small.

Quality Assurance in Higher Education

A Study of Developing Countries

This title was first published in 2001. Universities in developing countries have followed their counterparts in developed countries and adopted quality assurance to improve the quality of their activities. This text examines the wisdom of such a move when many of the conditions necessary for its success are not present. It concludes that quality assurance can be useful in developing countries because it shows how a university's seemingly disparate activities are related to one another to serve a common goal and how the quality of these can best be improved by using an integrated approach. Quality assurance also provides more focus and direction to the work of the traditional university system. However, it must be modified to suit the conditions prevailing in developing countries by being simple in design, modest in expectations and realistic in requirements.

This text examines the wisdom of such a move when many of the conditions necessary for its success are not present.

Toward Quality Assurance and Excellence in Higher Education

Quality Assurance is not a new concept in the education sector in general, and higher education in particular, though it is becoming increasingly more relevant and important. Higher education helps to improve an individual's quality of life by enabling them to inflate their knowledge and expertise, to grasp abstract concepts and theories, and to raise their awareness of the world and their community, and as such the assurance of quality is becoming more pivotal in the whole education process. There is no simple definition of the concept of quality in education, though numerous models and theories have been devised. Toward Quality Assurance and Excellence of Higher Education is a new episode of the Quality Assurance perception in higher education, which identifies the quality culture and orientation from the beginning, integrating crucial factors to build a “pyramid” of higher education excellence. The book compares concepts from the main theories of Quality Assurance, management and control when they are applied to educational systems in higher education. The book also presents a new model of excellence in higher education. Excellence is an architecture of building blocks that includes process performance, effectiveness, harmony and collaboration, and these bocks should be incorporated in a quality-oriented concept for sustainable excellence of higher education. The model integrates four main facets: the Educational System, Quality Assurance Managing and Control, Strategic Planning and Globalization. Also presented are international “best-practices” in quality assurance in higher education, from Japan and Finland.

The book compares concepts from the main theories of Quality Assurance, management and control when they are applied to educational systems in higher education. The book also presents a new model of excellence in higher education.