Sebanyak 38348 item atau buku ditemukan

MENJADI GURU PROFESIONAL

Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global

Guru adalah rujukan keilmuan dan sikap bagi siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa perilaku dan cara berpikir seseorang banyak dipengaruhi oleh apa yang telah ditanamkan gurunya di sekolah. Untuk memperoleh peserta didik yang unggul keilmuan dan kepribadiannya, perlu dipersiapkan guru-guru yang andal dalam mendidik. Buku ini memberikan pemaparan yang detail dan menyeluruh tentang sosok guru profesional, yang tercakup dalam penguasaan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, pemecahan masalah di kelas, serta kemampuan evaluasi dan memotivasi siswa. Bagi Anda yang ingin menjadi calon guru profesional, Anda akan dibekali dengan pengetahuan seputar dunia belajar-mengajar dan bagaimana menguasai serta menerapkannya. Sedangkan, bagi guru yang ingin meningkatkan profesionalitas dalam mengajar, buku ini akan memperkaya wawasan Anda dalam pengajaran dan pembinaan siswa di sekolah.

Siswa memperoleh topik-topik permasalahan untuk dibaca sehingga mendapatkan informasi dari permasalahan tersebut; b) Diskusi kelompok ahli. Siswa yang telah mendapatkan topik permasalahan yang sama bertemu dalam satu kelompok (kelompok ...

Menjadi Guru Profesional

Buku ini berisi cara menjadi guru Profesional

umum tujuan mengadakan kode etik adalah sebagai berikut: c. a. Untuk menjunjung tinggi martabat profesi Dalam hal ini kode etik dapat menjaga pandangan dan kesan dari pihak luar atau masyarakat, agar mereka jangan sampai memandang ...

Menjadi Guru Profesional

Tugas guru merujuk pada pekerjaan profesional, antara lain mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, menginspirasi, dan mengevaluasi perkembangan dan kemampuan peserta didik di mana ia melakukan tugas profesinya di ruang-ruang kelas sekolah maupun di luar sekolah. Jika demikian halnya, seperti apakah sebenarnya sosok guru yang ideal? Buku ini insya Allah dapat membantu menemukan sosok guru ideal yang dimaksud. Dalam buku ini berbagai seluk-beluk guru dijelaskan secara detail dan komprehensif sehingga bagi mahasiswa yang bercita-cita menjadi guru ataupun guru itu sendiri dipastikan bisa memahami sosok guru; siapa dia, bagaimana dia, harus melakukan apa, bagaimana melakukan pekerjaan profesionalnya, baik secara teoretik maupun secara praktik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Buku ini terdiri dari sepuluh bab.Dari sisi pemaparan, gagasan tentang guru profesional telah dijelaskan secara komprehensif dengan bahasa yang lugas, meski juga tidak menanggalkan kaidah teoretik, dan bersifat praktis. Inilah yang membuat buku ini menarik dan unik sehingga layak untuk dibaca dan dipelajari oleh mereka yang bercita-cita menjadi guru ataupun mereka yang telah menjadi guru. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Sejalan dengan Bruner dan Gagne dalam Collette (1987), juga menekankan pentingnya kegiatan siswa memecahkan masalah dan menemukan konsep melalui kegiatan terpadu untuk memperoleh jawaban dari permasalahan yang mereka hadapi.

Menjadi guru beretika dan profesional

mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya. Tanpa etika profesi, apa yang semual dikenal sebagai sebuah profesi yang terhormat akan segera jatuh terdegradasi ...

Guru Profesional, Inspiratif, dan Menyenangkan

Buku ini merupakan paparan dan kajian yang holistik, yang menggambarkan betapa perlunya kualitas pendidik atau guru dalam proses pembelajaran. Buku ini terdiri atas 11 bab yang memaparkan konsep dan teori sebagai upaya mengembangkan kemampuan guru dalam mendidik secara inspiratif dan menyenangkan bagi murid- murid yang diajar. Hal yang mengemuka dalam buku ini adalah mendeskripsikan guru Kristen yang mampu melakukan tugas secara profesional. Dunia pendidikan sangat membutuhkan pendidik atau guru-guru profesional, karena mereka adalah ujung tombak keberhasilan proses pembelajaran. Meskipun dalam aktivitas pembelajaran peran dan tanggung jawab naradidik tidak boleh dilupakan, tetapi sang guru (pendidik) memegang fungsi yang sangat strategis. Oleh karena itu, memiliki guru-guru yang profesional, inspiratif, dan menyenangkan merupakan strategi mencapai pendidikan yang berkualitas.

Oleh karena itu, memiliki guru-guru yang profesional, inspiratif, dan menyenangkan merupakan strategi mencapai pendidikan yang berkualitas.

Guru Dalam Kompetensi Profesional

Hakekat Mengajar Adalah Usaha Guru Menciptakan dan Mendesain Proses Belajar Pada Siswa

Sebagian orang berpendapat, bahwa mengajar adalah proses penyampaian atau mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik. Tetapi tampaknya pendapat ini harus jauh-jauh ditinggalkan, karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman. Kini mengajar harus kita maknai sebagai sebuah kegiatan yang komplek, yaitu penggunaan secara integratif sejumlah keterampilan untuk menyampaikan ilmu. Pengintegrasian keterampilan-keterampilan yang dimaksud di sini harus dilandasi dengan seperangkat teori dan diarahkan oleh suatu pengetahuan/wawasan. Sedangkan penearapannya akan menjadi unik bila dipengaruhi oleh semua komponen belajar mengajar. Komponen yang dimaksud adalah tujuan yang hendak digapai, ilmu yang ingin disampaikan, subjek didik, fasilitas dan lingkungan belajar, dan yang tidak kalah penting adalah keterampilan, kebiasaan dan wawasan guru tentang dunia pendidikan dan misinya sebagai pendidik.

Sebagian orang berpendapat, bahwa mengajar adalah proses penyampaian atau mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik.

Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional

Guru merupakan komponen input yang menentukan keberhasilan suatu pendidikan. Kemajuan teknologi dan informasi yang sangat cepat ini menuntut guru untuk lebih SMART, baik dalam pengembangan ilmunya maupun dalam praktik pengajarannya. Guru harus mampu mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga dapat menjadi magnet bagi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Dengan begitu, akan terbentuk generasi penerus yang cerdas serta mampu bersaing di bidang pendidikan, Iptek, dan bidang-bidang lainnya. Buku Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional merupakan salah satu solusi dalam mengajak guru untuk dapat mengajar dengan cerdas, tidak hanya berbicara menyampaikan materi, tetapi piawai dalam menerapkan berbagai strategi yang disertai kiat-kiat untuk menghidupkan suasana pembelajaran. Buku ini dirancang dengan model teach less, learn more. Artinya, dalam buku ini hanya menyampaikan konsep-konsep penting dan prinsip-prinsip utama untuk menjadi guru yang SMART dalam mengajar.

Menurut Journal Education Leadership edisi Maret 1993 (dalam Dedi Supriadi, 1999:98), ada lima ukuran seorang guru dinyatakan profesional, yaitu (a) memiliki komitmen pada peserta didik dan proses belajarnya; (b) secara mendalam ...

Sikap Dan Kinerja Guru Profesional

Menjadi guru, adalah tugas dan panggilan tertinggi seorang manusia. Guru telah berjuang untuk selalu memperbaiki kualitas pendidikan. Guru menjadikan wajah pendidikan sebagai senyum yang menghiasi bangsa, guru menjadikan wajah pendidikan kita sebagai penyejuk kondisi bangsa. Guru telah mengabdikan dirinya dengan baik, untuk melahirkan anak didik yang bisa menjadi tumpuan harapan bangsa. Oleh karenanya peran guru ini sangatlah mulia, guru berada pada garda terdepan karena gurulah yang melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas dan cakap serta kreatif untuk membangun suatu bangsa. Guru yang dalam melaksanakan tugasnya secara profesional akan dapat memberikan output pendidikan yang hebat dan bermartabat.

Permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan profesional para guru melaksanakan pembelajaran dapat digolongkan ke dalam dua macam, yaitu permasalahan pada diri guru itu sendiri (internal), dan permasalahan yang ada di luar ...

MENJADI GURU PAUD DMIJ PLUS TERINTEGRASI YANG PROFESIONAL

Buku “MENJADI GURU PAUD DMIJ PLUS TERINTEGRASI YANG PROFESIONAL” ini sengaja penulis tulis untuk bahan bacaan para guru dan pengelola PAUD. Buku ini merupakan wujud sumbangsih pemikiran penulis terhadap dunia pendidikan sehingga para guru dapat meningkatkan profesionalismenya, khususnya untuk para guru PAUD DMIJ PLUS Terintegrasi. Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas tersebut akan efektif jika guru memilki derajat profesional tertentu yang tercermin dari kompetensi, kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu atau norma etik tertentu. Profesionalisme guru adalah melakukan sesuatu sebagai pekerjaan pokok sebagai profesi, ditunjang oleh suatu ilmu tertentu secara mendalam yang diperoleh dari lembaga pendidikan serta sanggup menjalankan perannya sebagai guru, pengajar, pembimbing, melatih, menilai, mengevaluasi, administrator, serta membina anak didik.

pemecahan problematika yang sedang terjadi mengenai profesional guru, atau melakukan penelitian ilmiah tentang profesional yang dihadapi oleh para guru. Namun pada kenyataannya, organisasiorganisasi keguruan ini belum banyak ...

Guru Profesional Bukan Guru Abal-Abal

Kualitas pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan kualitas guru, karena guru merupakan ujung tombak pendidikan. Abad 21 yang dihadapkan pada sejumlah tantangan, antara lain cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan komunikasi, serta perubahan yang sangat dinamis dan sulit diprediksi. Dunia menjadi sebuah wilayah yang tanpa batas. Berdasarkan kepada hal tersebut maka, SDM yang berkualitas mutlak menjadi modal utama. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan guru-guru yang profesional. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 mengamanatkan pentingnya guru memiliki empat dimensi kompetensi, yaitu (1) kompetensi pedagodik, (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetensi profesional. Menjadi sosok guru profesional tentunya memerlukan proses yang relatif panjang melalui pendidikan calon guru selama waktu tertentu. Buku ini merupakan sebuah bunga rampai artikel-artikel pendidikan yang diharapkan dapat menambah wawasan guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Salah satu karakter seorang guru profesional adalah selalu menjadi insan pembelajar, menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan. Mental pembelajar dan wawasan yang dimiliki oleh guru akan menjadikannya seperti telaga yang tidak pernah kering, terus mengalirkan ilmu pengetahuan kepada para peserta didiknya.

Pasca arus reformasi, bermunculan beragam organisasi profesi guru. Keberadaan organisasi profesi guru merupakan amanat Undangundang Nomor 14 tahun 2005 Guru dan Guru. Pada pasal 41 UUGD menyatakan (1) Guru membentuk organisasi profesi ...