Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Manajemen Perguruan Tinggi

Keterkaitan manajemen dengan perguruan tinggi dibahas terperinci dalam buku ini agar tercapai optimalitas pemanfaatan sumber daya manusia dan insan akademis yang berkualitas tinggi. Beberapa isu yang mendapatkan perhatian utama dalam buku ini meliputi: 1. Leadership dan manajemen: kerangka filosofi, teori kepemimpinan, dan beberapa skill yang dibutuhkan dalam manajemen. 2. Manajemen perguruan tinggi: dimensi, prinsip dasar, manajemen strategis, manajemen pengetahuan, dan perubahan menajemen perguruan tinggi. 3. Pengembangan akademik dan kemahasiswaan: struktur kefakultasan, pengembangan program akademis, strategis pendidikan dan pengajaran, penataan pendanaan perguruan tinggi, pemanfaatan informasi teknologi. 4. Universitas riset: paradigma dan makna, tantangan uni-versitas riset, organisasi dan manajemen riset, riset dosen dan mahasiswa, serta pendanaan riset. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Sarana dan prasarana pendidikan hancur, tenaga pendidik dan pelajar menjadi korban, sehingga aktivitas pendidikan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

KEWIRAUSAHAAN

Buku ini memberikan gambaran secara garis besar bagi yang ingin mengetahui seluk beluk dunia usaha dan cara-cara mengembang-kan bakat bisnis. Sebagai pembisnis pemula perlu mempersiapkan diri, modal dan prasayarat-prasyarat lain yang dibutuhkan agar usaha yang nanti dibangun terhindar dari kerugian, meskipun kegagalan dalam bisnis selalu dapat terjadi.

Buku ini memberikan gambaran secara garis besar bagi yang ingin mengetahui seluk beluk dunia usaha dan cara-cara mengembang-kan bakat bisnis.

Kewirausahaan syariah 

Buku yang berada di tangan pembaca ini, memberikan tuntunan dan bimbingan bagaimana merintis suatu usaha yang diinginkan menjadi maju dan berkembang. Karena pemaparannya mencakup sejak dari bagaimana membangun kepercayaan diri, menghilangkan rasa cemas, dan takut akan gagal berwirausaha. Dilengkapi pula secara teknis bagaimana mendapatkan modal usaha, menjalin kemitraan usaha, dan mengomunikasikannya serta merancang dan melaksanakan manajemen produksi (operasi), manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran/penjualan, manajemen keuangan dan evaluasi usaha. Semua teknis pelaksanaan usaha dikemas dalam lingkup usaha yang berbasis syariah, sehingga memperteguh dan memperkuat motivasi berbisnis secara Islam. Strategi unggul yang dipraktikkan Rasulullah SAW dalam berbisnis dengan ilmu pengetahuan, akhlak yang mulia serta tanpa sikap emosional telah mengantarkan beliau menjadi pebisnis terbesar dan sukses, tentunya para wirausaha pun berharap demikian. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Buku yang berada di tangan pembaca ini, memberikan tuntunan dan bimbingan bagaimana merintis suatu usaha yang diinginkan menjadi maju dan berkembang.

Pemahaman Kewirausahaan

Buku ini berisikan ruang lingkup kewirausahaan, pengertian wiraswasta dan wirausaha, sifat sifat wirausaha, ciri-ciri dan kepribadian wirausaha, prinsip-prinsip wirausaha, kiat-kiat sukses berwirausaha, kepemimpinan dalam wirausaha, pengambilan keputusan, pemilihan bidang usaha, pemasaran praktis, negosiasi dalam wirausaha, studi kelayakan bisnis, perencanaan bisnis, strategi menyusun proposal bisnis, serta etika bisnis dan corporate social responsibility. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini berisikan ruang lingkup kewirausahaan, pengertian wiraswasta dan wirausaha, sifat sifat wirausaha, ciri-ciri dan kepribadian wirausaha, prinsip-prinsip wirausaha, kiat-kiat sukses berwirausaha, kepemimpinan dalam wirausaha, ...

PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN

Menurut Wiratmo (2018:2) istilah kewiraswastaan (entrepreneurship) berasal dari Prancis yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “perantara”. Sedangkan kewiraswastaan secara lebih luas didefinisikan sebagai proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul risiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi. Kristanto (2009:3) kewirausahaan adalah ilmu, seni maupun perilaku, sifat, ciri, watak seseorang yang memiliki kemampuan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif (create new & different). Sedangkan menurut Suryana (2009:2) kewirausahaan (entrepreneurship) adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Menurut Hendro (2011:5) kewirausahaan (entrepreneurship) bukan ilmu ajaib yang mendatangkan uang dalam sekejap. Melainkan sebuah ilmu, seni, dan keterampilan untuk mengelola semua keterbatasan sumber daya, informasi, dan dana yang ada guna mempertahankan hidup, mencari nafkah, atau meraih posisi puncak dalam karir.

Menurut Wiratmo (2018:2) istilah kewiraswastaan (entrepreneurship) berasal dari Prancis yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “perantara”.

Dasar-Dasar Kewirausahaan: Untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Bisnis

Di era ekonomi digital saat ini, kewirausahaan adalah salah satu kata yang sering kita dengar. Secara sederhana kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, inovasi dan melihat suatu peluang di masa datang.

Di era ekonomi digital saat ini, kewirausahaan adalah salah satu kata yang sering kita dengar. Secara sederhana kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, inovasi dan melihat suatu peluang di masa datang.

Kewirausahaan

Penafsiran masyarakat bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki dan dilakukan oleh usahawan atau wiraswastawan dinilai kurang tepat. Hal demikian dikarenakan jiwa dan sikap kewirausahaan mampu dimiliki oleh setiap orang yang berpikir kreatif dan inovatif dengan cara menelaah dan bertindak yang didasarkan pada peluang bisnis, pendekatan holistik, dan kepemimpinan yang seimbang sehingga mampu memunculkan ide berwirausaha. Mencari ide yang bagus merupakan langkah pertama dalam proses mengubah kreativitas wirausahawan menjadi sebuah peluang. Ide yang dihasilkan perlu dilakukan analisis kelayakan agar ide tersebut bisa tervalidasi. Analisis Kelayakan (feasibility analysis) adalah proses menentukan apakah ide. Seorang wirausahawan merupakan dasar yang bisa bertahan untuk membentuk sebuah usaha yang sukses. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah ide bisnis layak diwujudkan. Analisis kelayakan produk atau jasa menentukan daya tarik ide suatu produk atau jasa bagi calon pelanggan dan mengidentifikasi berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk atau jasa tersebut. Hasil analisis kelayakan yang telah dilakukan akan membantu wirausahawan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam menysun perencanaan yang diperlukan dan perancangan startegi. Kegiatan merancang strategi merupakan fondasi dasar untuk mencapai tujuan perusahaan. Sangat sering terjadi, wirausahawan yang sangat optimis dan antusias dalam menggerakkan perusahaan ditakdirkan gagal karena mereka tidak pernah meluangkan waktu untuk menetapkan strategi yang dapat membedakan mereka dengan pesaingnya. Dalam lingkungan persaingan global yang sangat sengit ini, perusahaan, baik besar ataupun kecil, yang tidak berpikir dan bertindak secara strategis benar-benar rentan sehingga diperlukan pengembangan strategi. Tujuan pengembangan rencana strategis adalah untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Dari perspektif strategis, kunci bagi kesuksesan bisnis adalah pengembangan keunggulan kompetitif yang unik, yaitu keunggulan yang menciptakan nilai bagi pelanggan dan sukar ditiru oleh para pesaing. Keunggulan kompetitif yang dihasilkan akan dikemas dalam bisnis model yang tepat untuk mendukung pengembangan bisnis tersebut, sampai pada tahap keberlajutan bisnis tersebut yang memerlukan perlindungan yang dapat dilakukan dengan mengajukan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) karena wirausahawan yang baik adalah wirausahawan yang telah memiliki perencanaan bagaimana mengelola hak kekayaan intelektualnya.

Penafsiran masyarakat bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki dan dilakukan oleh usahawan atau wiraswastawan dinilai kurang tepat.

Kewirausahaan

Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses Ed.2

Fenomena dunia kewirausahaan yang diuraikan dan dibahas secara mendalam dalam buku ini, meliputi peran motivasi dalam usaha, cara melihat masa depan (visioner), kepemimpinan dalam usaha, nilai penting pembentukan dan pemeliharaan jaringan bisnis yang luas, serta sikap (etos kerja) yang harus dimiliki seorang wirausahawan untuk menghadapi semua perubahan dan tantangan. Disarikan langsung dari pengalaman praktis lapangan dan penuturan (tips dan kiat bisnis) dari mereka yang sukses dalam dunia usaha. Dengan penyajian yang praktis-keilmuan, menjadikan buku ini sebagai sumber bacaan yang sangat penting bagi mereka yang tertarik dan yang sedang menekuni dunia usaha (kewirausahaan) --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

Fenomena dunia kewirausahaan yang diuraikan dan dibahas secara mendalam dalam buku ini, meliputi peran motivasi dalam usaha, cara melihat masa depan (visioner), kepemimpinan dalam usaha, nilai penting pembentukan dan pemeliharaan jaringan ...

Kewirausahaan Pendidikan

Satu hasil yang menyedihkan bangsa kita bahwa bangsa indonesia belum mengerti tentang pembangunan bangsa, karena tidak mampu atau tidak berkarya, inovasi, dan menciptakan fenomena dalam menghasilkan ide dan gagasan untuk mengatasi penyakit bangsa kita. Sehingga dapat menyebabkan ketidak sedianya lapangan kerja sehingga dengan demikian tidak membantu pemerintah dalam memperkecil tingkat pengangguran. Artinya orientasi para mahasiswa DKI Jakarta setelah lulus S1 hanya untuk mencari gaji, bukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga dapat membantu pemerintah untuk memperkecil tingkat pengangguran dan mudah-mudahan mahasiswa Sumatera Utara khususnya Kab. Asahan lebih memiliki kreativitas dan berinovasi, serta berintegrasi dalam upaya menyiapkan lapangan kerja secara merata demi meningkatkan pembangunan yang berkesinambungan.

Buku Kewirausahaan Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi

Topik penting dalam buku ini antara lain: pengertian wirausaha dan kewirausahaan; konsep dasar kewirausahaan; ide dan peluang kewirausahaan; tantangan dan cara mengatasi problema dunia kewirausahaan; kompetensi kewirausahaan; peningkatan produktivitas usaha melalui motivasi kewirausahaan; urgensi kewirausahaan di era globlisasi; etika kewiraushaan; kepemimpinan dalam kewirausahan; dan kewirausahaan dalam konsep Islam. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

Topik penting dalam buku ini antara lain: pengertian wirausaha dan kewirausahaan; konsep dasar kewirausahaan; ide dan peluang kewirausahaan; tantangan dan cara mengatasi problema dunia kewirausahaan; kompetensi kewirausahaan; peningkatan ...