
Bimbingan dan Konseling Kelompok
- ISBN 13 : 9789797624187
- Judul : Bimbingan dan Konseling Kelompok
- Pengarang :
- Penerbit : Mujahid Press
- Bahasa : Indonesia
- Tahun : 2016
- Halaman : 304
-
Ketersediaan :
Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan. Dengan mendalam, buku ini menguraikan peran krusial evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi yang efektif. Pembaca akan dibimbing melalui perjalanan eksplorasi konsep-konsep dasar evaluasi pembelajaran, mulai dari perencanaan hingga analisis hasil. Buku ini menekankan pentingnya pengembangan instrumen evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, gaya mengajar, dan karakteristik siswa. Penggunaan studi kasus dan contoh praktis memberikan pandangan langsung tentang penerapan teori-teori evaluasi dalam konteks pendidikan sehari-hari.
Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan.
Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa. Ini melibatkan pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menerapkan teknologi dalam instruksi, dan melacak kinerja mereka. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep dasar teknologi pendidikan, bab dua tentang pengembangan teknologi pendidikan, bab tiga tentang kawasan & ranah teknologi pendidikan, bab empat tentang teknologi pendidikan dalam membentuk karakter bangsa, bab lima tentang teknologi pendidikan dalam masyarakat, bab enam tentang peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, bab tujuh tentang peningkatan kompetensi guru & dosen melalui teknologi pendidikan, bab delapan tentang perkembangan teknologi komunikasi & dampaknya terhadap pendidikan, bab sembilan tentang pemanfaatan teknologi pendidikan pada pergururuan tinggi, bab sepuluh tentang klasifikasi media pembelajaran, bab sebelas tentang pemanfaatan teknologi pendidikan sekolah, bab dua belas tentang teknologi pendidikan & teori pembelajaran, bab tiga belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam praktik pendidikan, dan bab empat belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam permasalahan pendidikan, bab lima belas tentang penerapan teknologi pendidikan di negara maju dan berkembang,
Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa.
Buku "Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif" adalah panduan praktis yang membahas strategi dan prinsip-prinsip penting dalam merancang pengalaman pembelajaran menggunakan teknologi media. Buku ini ditujukan untuk para pendidik, pengembang kurikulum, dan praktisi pembelajaran yang ingin memanfaatkan teknologi dengan cara yang efektif dan inovatif. Dalam buku ini, penulis menjelajahi konsep-konsep dasar pembelajaran yang mendukung penggunaan teknologi media dalam proses pembelajaran. Mereka menguraikan prinsip-prinsip desain yang terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik, interaktif, dan relevan. Para pembaca akan diperkenalkan pada teori-teori pembelajaran terkini, termasuk pendekatan berbasis kognitif, konstruktivis, dan kontekstual, serta bagaimana menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam merancang pengalaman pembelajaran yang menggugah minat dan memaksimalkan pemahaman siswa. Buku ini juga membahas berbagai teknologi media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, termasuk video, audio, gamifikasi, simulasi, dan platform pembelajaran online. Para pembaca akan mempelajari cara mengintegrasikan teknologi ini ke dalam desain pembelajaran yang efektif, termasuk strategi penggunaan yang tepat dan evaluasi yang sistematis. Terdapat juga panduan praktis untuk memilih alat dan sumber daya yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa. Selain itu, buku ini menyoroti pentingnya mengadaptasi pengalaman pembelajaran dengan mengikuti tren dan inovasi terkini dalam pengembangan teknologi media. Para pembaca akan diajak untuk berpikir secara kreatif dalam merancang pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan siswa masa kini. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku "Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif" memberikan panduan yang komprehensif bagi para praktisi pembelajaran yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan teknologi media. Buku ini mengilhami para pembaca untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang memotivasi, interaktif, dan relevan, sehingga memungkinkan siswa untuk mencapai potensi belajar mereka yang penuh.
Buku "Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif" adalah panduan praktis yang membahas strategi dan prinsip-prinsip penting dalam merancang pengalaman pembelajaran menggunakan ...