Sebanyak 41598 item atau buku ditemukan

Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang psikologi, pedagogi dan pengalaman di lapangan. Tujuannya adalah agar perkembangan sosial emosi anak usia dini dapat terstimulasi melalui beragam metode. Namun demikian, metode perkembangan sosial emosi anak usia dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, yakni mengadopsi semua hal yang berasal dari luar tanpa menyaring dengan ketat. Bagaimanapun, perkembangan sosial emosi masih dihadapkan pada permasalahan dan kenyataan yang kompleks. Diantaranya normative ideologis, psikologis, sosiologis, kultural dan ekonomi. Dalam usaha mengatasi persoalan- persoalan di atas, penulis mencoba memberi gagasan tentang metode perkembangan sosial emosi anak usia dini dari berbgai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana metode perkembangan sosial emosi anak usia dini, baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun di rumah. Bahan ajar ini berisi materi tentang pentingnya pengembangan sosial emosional pada anak TK. Dalam mata kuliah ini akan dikaji perkembangan sosial emosional pada anak TK, karakteristik perkembangan sosial emosional anak usia TK, keterkaitan perkembangan sosial emosional dengan perkembangan lainnya, faktor dan kondisi yang mempengaruhi sosial emosional anak, pentingnya sosial emosional anak TK, prinsip perkembangan sosial emosional pada anak TK, cara mengevaluasi perkembangan sosial emosional di TK, dan permasalahan sosial emosional pada anak usia TK. Khususnya tentang pembelajaran, meliputi : Perkembangan sosial emosional pada anak usia taman kanak-kanak serta metode pengembangannya, mengkaji perkembangan sosial emosional anak usi TK, karakteristik perkembangan sosial emosional anak TK, keterkaitan perkembangan sosial emosional dengan perkembangan lainnya, faktor dan kondisi yang mempengaruhi sosial emosional anak, strategi pengembangan sosial emosional pada anak usia TK, dapat mengevaluasi pengembangan sosial emosional di TK, permasalahan sosial emosional pada anak TK dan pelibatan orangtua dalam pengembangan sosil emosional anak TK. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai.

Namun demikian, metode perkembangan sosial emosi anak usia dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, yakni mengadopsi semua hal yang berasal dari luar tanpa menyaring dengan ketat.

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai

Di balik lemah, rapuh, dan ketergantungan penuh kepada orangtua, anak di periode awal usianya berada di tahapan sangat penting dalam seluruh rangkaian perkembangannya. Semua yang diterimanya pada periode tersebut menjadi pondasi dan kerangka utama tumbuh kembangnya di masa mendatang, baik fisik maupun psikologi. Namun periode tersebut juga merupakan periode yang rumit untuk dipelajari, karena keterbatasan kemampuan anak dalam mengomunikasikan apa yang didapatnya; dan keterbatasan orang dewasa dalam memahami apa yang hendak dikomunikasikan, dirasakan, dan dipelajari oleh anak. Dari kacamata tersebut, maka buku ini membahas berbagai aspek penting dalam rangkaian perkembangan tersebut. Perbincangan dalam buku ini mencakup bagaimana keterampilan lunak dan motorik anak berkembang; apa pengaruh media pada anak di periode tersebut serta bagaimana anak dapat terpengaruh, sampai perkembangan peran gender dan seks serta emosi anak yang terjadi dan berlangsung pada periode tersebut. Dari cakupan pembahasan yang ada di dalamnya, buku ini penting bagi semua orang yang hendak dan sedang menggeluti perkembangan anak usia dini. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Di balik lemah, rapuh, dan ketergantungan penuh kepada orangtua, anak di periode awal usianya berada di tahapan sangat penting dalam seluruh rangkaian perkembangannya.

Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Teori dan Praktik

Perkembangan fisik motorik anak adalah salah satu perkembangan yang penting dalam tahap usia dini. Dimana seharusnya guru dan orang tua bekerjasama untuk mengembangkan motorik tersebut. Guru dan orang tua harusnya menstimulus anak dengan berbagai permainan yang menyenangkan dan menumbuhkan rasa senang terhadap anak, agar anak tertarik untuk memainkannya, dan yang paling penting dengan melakukan permainan tanpa disadari anak telah mengembangkan motoriknya. Perkembangan fisik motorik merupakan proses yang dimana seseorang berkembang melaui respon yang menghasilkan suatu gerakan yang berkoordinasi, terorganisir dan terpadu. Maka keterampilan motorik dapat dilihat sebagai landasan seseorang berhasil dalam melakukan keterampilan motorik. Motorik yang terbagi menjadi motorik halus & kasar. Motorik kasar yaitu gerakan yang menggunakan otot besar dan membutuhkan banyak tenaga seperti, berlari, berjalan dan melakukan lompatan. Sementara motorik halus yaitu suatu gerakkan tubuh yang menggunakan otot kecil, dan memerlukan konsentrasi antara mata dan tangan, seperti, melipat, menggunting dan meronce. Buku ini disusun sebagai bahan bacaan atau referensi untuk pembaca bagi yang ingin mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini. Harapannya dengan adanya buku ini dapat menjadi salah satu bahan rujukan atau literatur bagi para calon pendidik maupun orangtua. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Hakikat Perkembangan Motorik AUD Motorik adalah terjemahan dari kata motor
yang berarti yang mendasari terjadinya awal pergerakan dari suatu gerak yang
terjadi. Gerak adalah suatu aktivitas yang terjadinya karena adanya suatu proses
 ...

Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik

Di dalam isi buku ini berisi 10 bab dan poin-poin materi yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru maupun pelatih olahraga. Serta karena terbatasnya Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik untuk buku ajar di perguruan tinggi yang membahas masalah motorik anak di sekolah.

Serta karena terbatasnya Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik untuk buku ajar di perguruan tinggi yang membahas masalah motorik anak di sekolah.

Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan

: Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Buku ini dapat digunakan untuk para pemerhati pendidikan anak usia dini yang menekuni tentang perlunya bermain bagi anak. Permainan dapat memberi stimulus terhadap perkembangan anak khusunya perkembangan bahasa. Penulis mengamati banyaknya masalah berkenaan dengan pendidikan anak usia prasekolah di Indonesia. Diantara masalah-masalah anak banyak keluhan terlontar dari orang tua dan guru. Adapun keluhan disampaikan bermula dari sikap malas anak untuk berangkat kesekolah sampai kepada kecemasan berpisah sama orang tua. Bahkan keluhan tidak suka sekolah juga dijumpain pada anak-anak Sekolah Dasar sampai kepada Sekolah Menengah Atas dalam berbagai macam.

Buku Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan: Untuk Pendidikan Anak Usia Dini ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak

Buku ini menyajikan hal-hal utama dan penting, yang berisi kajian komprehensif seputar penilaian dalam proses pembelajaran di taman kanak-kanak tersebut. Dimulai dengan keunikan pembelajaran di taman kanak-kanak, yang kemudian dirangkai dengan hakikat penilaian dan nilai pentingnya bagi perkembangan anak usia dini; yang mencakupi prinsip, fungsi, dan jenis penilaian bagi pendidikan anak di tingkat taman kanakkanak. Buku penting ini juga menyajikan implementasi penilaian dalam kegiatan belajar dan pembelajaran sesuai dengan SKH; dengan metode pengajaran di taman kanak-kanak, tujuan, prosedur, dan jenisnya. Buku persembahan Prenada Media Group.

Buku ini menyajikan hal-hal utama dan penting, yang berisi kajian komprehensif seputar penilaian dalam proses pembelajaran di taman kanak-kanak tersebut.

MINDFUL PARENTING Berbasis Perkembangan Otak Anak Di PAUD Fortune

Buku yang diberi judul “Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak di PAUD Fortune” merupakan buku kedua dari hasil penelitian dan dari kesepuluh jika digabungkan oleh penulis. Fenomena yang diungkapkan dalam buku ini, didasarkan pada fakta emperi penulis berinteraksi dengan informan di lokasi penelitian Mengapa “Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak di PAUD Fortune” menjadi tema dan sekaligus judul dari buku ini?. Sebab secara esensi apa yang penulis wacanakan di dalam buku ini subjeknya adalah Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak Di PAUD Fortune. Dengan berpikir yang baik otak harus di jaga berlandaskan agama diharapkan tercipta insan-insan atau anak usia dini yang memiliki moralitas dalam menyangga kehidupan yang penuh toleransi, kejujuran dan kedamaian dimasa yang akan datang. Namun kenyataannya distorsi yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat, justru sering dipicu oleh faktor agama. Degradasi moral yang mulai mengkhawatirkan di tanah air khususnya di Nusa Tenggara Barat, terutama diseputaran anak, remaja dan orang tua yang merupakan sebuah fenomena yang berbanding berbalik bila dilihat dari konteks pendidikan yang memulai perkembangan otak anak sebagai materi mata pelajaran dari tingkat PAUD vi sampai pada level Perguruan Tinggi. Otak serta pengetahuan bersifat fiksi yang memberikan petuah-petuah bijak yang dapat membentuk kelembutan hati kepada anak usia dini, jika mau dipelajari. Perkembangan otak anak akan mampu memberikan tuntunan luhur, arah yang bijak dalam olah kinestika, menata kehidupan pribadi anak, keluarga, dan masyarakat agar sesuai dengan fitrah manusia.

Sebab secara esensi apa yang penulis wacanakan di dalam buku ini subjeknya adalah Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak Di PAUD Fortune.

Bunga Rampai Psikologi Perkembangan: Memahami Dinamika Perkembangan Anak

Buku ini memberikan wawasan, memperkaya pengetahuan seputar beberapa topik perkembangan dan pengasuhan anak, termasuk di dalamnya anak berkebutuhan khusus Pengetahuan cara mendidik anak di mulai dari lahir hingga kelak beranjak dewasa, tua, dan tiada diuraikan dalam buku ini. Anda akan mendapatkan bekal pengetahuan mendidik anak sesuai dengan tumbuh kembang anak Buku ini sangat baik buat anda yang baru menikah, mahasiswa, ibu ibu dan bapak bapak yang mempunyai problema dengan buah hati serta praktisi tumbuh kembang anak dan dosen utamanya di fakultas psikologi

Buku ini memberikan wawasan, memperkaya pengetahuan seputar beberapa topik perkembangan dan pengasuhan anak, termasuk di dalamnya anak berkebutuhan khusus Pengetahuan cara mendidik anak di mulai dari lahir hingga kelak beranjak dewasa, tua, ...

Perkembangan mental balita pada perkawinan usia muda di Daerah Istimewa Yogyakarta

laporan penelitian

Perumusan Masalah Dari uraian tersebut diatas timbul permasalahan : Apakah
anak - anak balita yang lahir dari ibu berusia dibawah 20 tahun lebih sering
mengalami hambatan perkembangan bila dibandingkan dengan balita yang ...