Sebanyak 38347 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI

Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD

Pendidikan moral dan agama merupakan dua terma yang menarik untuk dibahas secara mendalam. Membangun moralitas generasi emas bangsa dan agama bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan totalitas berpikir dan bertindak sesuai dengan tahap perkembangan yang dimiliki anak. Begitu pula dengan aspek keagamaan, setiap manusia akan selalu bersinggungan dengan aturan agama yang menghantarkan pada dimensi ketuhanan dan dimensi kemanusiaan. Untuk mentransfer nilai yang terkandung dalam agama pada anak usia dini maka dibutuhkan metode dan strategi yang variatif dan menyenangkan sesuai dengan cara belajar anak yakni bermain sambil belajar, tanpa ada paksaan untuk mengenal dan memahami suatu konsep baik moral maupun agama. Selain itu, pembiasaan menjadi bagian yang penting dalam penanaman nilai yang membangun moralitas agama dan budaya pada anak usia dini. Buku yang ditulis Saudara Mhd. Habibu Rahman, Rita Kencana, dan Nurfaizah ini membantu para guru, orang tua dan para pembaca untuk melihat betapa pentingnya mengembangkan moral sebagai hal yang paling esensial dari kehidupan manusia. Kecerdasan moral dan agama sebagai dua aspek yang hakiki dalam pengembangan moral dapat dioptimalkan dengan baik sejak usia dini dengan pemberian stimulasi yang positif dan berdaya ubah. Selain itu, sinergitas antara pengasuhan orangtua, metode dan strategi mengajar guru, kemudian peran lingkungan bermain merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini menjadi satu bagian kajian buku ini

Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD Mhd. Habibu Rahman, M.Pd, Rita Kencana, M.Pd, NurFaizah, S.Pd Ria Astuti, M.Pd. a. memang terkenal dengan berbagai profesi. Pada hakikatnya orang batak tidak gengsi dalam ...

Pengembangan afektif anak usia dini

Proses pendidikan tidak hanya membentuk intelektual dan keterampilan tertentu saja, akan tetapi juga membentuk dan mengembangkan sikap dan nilai agar anak berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Namun demikian, dalam proses pendidikan tersebut pembelajaran afektif atau sikap terabaikan, tenggelam oleh wacana proses intelektual atau kognitif dan keterampilan yang lebih mudah dalam proses pembelajaran dan evaluasinya. Buku ini membahas seputar pengembangan afektif, khususnya dalam ranah pendidikan anak usia dini. Berbagai topik penting dalam buku ini mencoba mengantarkan para pembaca untuk memahami apa yang dimaksud dengan afektif, aspek-aspek yang berkaitan dengan afektif, strategi pengembangan afektif, dan bagaimana mengukur pengembangan afektif anak di sekolah. Buku ini diharapkan tidak saja memberikan landasan teori tetapi juga pengaplikasian teori tersebut.

Buku ini membahas seputar pengembangan afektif, khususnya dalam ranah pendidikan anak usia dini.

Pengembangan Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Khasanah Islam dan Neurosains

Buku Pengembangan Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Khasanah Islam dan Neurosains ini membahas temuan Howard Gardner bahwa setiap manusia memiliki setidaknya sembilan jenis kecerdasan, yakni linguistik, matematis-logis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalistik, dan kecerdasan eksistensial atau spiritual. Setiap jenis kecerdasan dibahas dalam satu bab. Kecerdasan majemuk itu sendiri merupakan kajian neurosains bidang psikologis yang dapat dimanfaatkan dalam konteks pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini. Jadi, tanpa membahasnya dalam perspektif neurosains, kecerdasan majemuk secara otomatis menjadi kajian neurosains. Pembahasan setiap jenis kecerdasan diperkaya dengan khasanah Islam, sehingga tidak hanya kecerdasan eksistensial atau kecerdasan spiritual yang senapas dengan Islam, melainkan seluruh jenis kecerdasan. Sekadar contoh, kecerdasan linguistik dalam pandangan Islam merupakan kecerdasan Nabi Sulaiman AS, yang dalam Al-Qur’an disebutkan mampu berkomunikasi dengan binatang, bahkan semut, jin, dan malaikat, di samping sesama manusia. Oleh karena itu, guru dan orang tua tidak boleh berpandangan bahwa anak hanya perlu dikembangkan salah satu jenis kecerdasannya yang menonjol sebab jika hanya satu jenis kecerdasan yang dikembangkan, maka anak tersebut akan menjadi kuper keilmuan. Akan tetapi, orang tua dan/atau guru juga tidak boleh terlalu ambisius untuk mengembangkan seluruh kecerdasan majemuk pada setiap anak didik dengan sama baiknya. Ambisi ini mungkin ada baiknya karena hendak menjadikan anak multitalenta, tetapi risikonya justru semua jenis kecerdasan akan gagal dikembangkan.

H.Bahasa 1. Bahasa Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia baku (ada subjek dan predikat, bila perlu ditambah dengan objek dan keterangan). 2. Bentuk kalimat Kalimat tidak boleh menampilkan orang pertama atau orang kedua (saya, ...

BAHAN AJAR BIDANG PENGEMBANGAN BERBASIS SAINTIFIK

Segala puji bagi Allah SWT Pencipta alam semesta, karena dengan karunia-Nya, buku ini pun akhirnya selesai dan hadir untuk kita. Melalui buku ini, diharapkan para pendamping, baik orang tua maupun pendidik, dapat memberikan kegiatan yang sesuai dan menyenangkan bagi anak-anak saat belajar. Semoga buku ini bermanfaat bagi putra/putri anda

Penulis adalah Dosen Di Universitas Sriwijaya mengampu mata Media dan teknologi pembelajaran, supervisi Anak Usia Dini, penelitian pendidikan, Bahasa Indonesia, dan Seni Rupa dan Krya. Pendidikan yang telah di tempuh SI Universitas ...

BUKU AJAR PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENULISAN ILMIAH

Sejak beberapa tahun belakangan, salah satu tolok ukur kemampuan intelektual dalam dunia akademis adalah kemampuan menulis yang juga harus dimiliki oleh mahasiswa S1. Saat ini, karya tulis mahasiswa berupa skripsi diunggah dan dapat diakses secara daring yang artinya dapat dibaca oleh siapa saja. Konsekuensinya adalah skripsi yang ditulis seharusnya karya yang ditulis semaksimal mungkin sesuai dengan tata cara penulisan akademik. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan menghasilkan artikel ilmiah, dari skripsi tersebut, yang dimuat pada jurnal daring. Dengan kewajiban akademik tersebut dan dengan menimbang banyaknya kendala yang dihadapi mahasiswa ketika menulis skripsi, maka lahirnya mata kuliah Pengembangan Kompetensi Penulisan Ilmiah (PKPI) ini diharapkan dapat membantu mahasiswa. Mata kuliah PKPI merupakan mata kuliah yang relatif baru di Prodi PPKN. Mata kuliah ini mulai diberikan kepada mahasiswa semester ketujuh sejak tahun 2018.

Sejak beberapa tahun belakangan, salah satu tolok ukur kemampuan intelektual dalam dunia akademis adalah kemampuan menulis yang juga harus dimiliki oleh mahasiswa S1. Saat ini, karya tulis mahasiswa berupa skripsi diunggah dan dapat diakses ...

Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bagi SIswa Sekolah Dasar

Pengantar Kata : Kepala Dinas Pendidikan Kota Gorontalo

Materi bercerita untuk anak usia dini sebaiknya yang ringan saja, seperti pembiasaan makan dengan cuci tangan, ... Dalam bercerita untuk anak usia dini bahasa yang dipakai menggunakan bahasa anak atau bahasa yang disederhanakan.

PENGEMBANGAN MANAJEMEN ORGANISASI

(Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen pada Ikatan Guru Raudhatul Athfal)

Selanjutnya, sejak tahun 2019 hingga sekarang penulis menjadi seorang dosen Pendidikan Anak Usia Dini di IAIN ... Hasil karya yang telah diterbitkan buku berjudul “Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini” tahun 2019. i 86 | Dr. Hj. Ity ...

Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak

Disusunnya buku Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak ini berawal dari keprihatinan penulis terhadap kurangnya sumber-sumber atau referensi ilmiah yang dapat diperoleh oleh para orangtua, pemerhati pendidikan anak usia dini, praktisi pendidikan anak, para pendidik dan tenaga kependidikan lembaga pendidikan anak, psikolog bahkan dokter anak tentang kiat mengoptimalkan perkembangan bahasa, deteksi dini keterlambatan berbicara serta mencegah terjadinya kelainan-kelainan berbahasa pada anak. Kondisi anak yang mengalami keterlambatan berbicara, minimalnya kemampuan bahasa, atau kesulitan memperoleh pengayaan bahasa merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, buku ini hadir untuk menjelaskan tentang strategi pengembangan bahasa serta berbagai solusi permasalahan bahasa yang dialami anak. Segala hal yang menjadi masalah dan kendala dalam mengembangkan keterampilan berbahasa pada anak menjadi bahasan utama dalam buku ini. Para orangtua bersama-sama pendidik diharapkan akan lebih kreatif lagi dalam menstimulasi bahasa, supaya perkembangan bahasa pada anak dapat dioptimalkan. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

... Development Vol . 28 ( 1 ) , 93-102 . Maccoby , E.E & Mcloby . 2008. The Two Sexes : Growing up a Part , Coming Together . Cambridge : Harvard University Press . Madyawati ... Children of Preschool Age was Planned ,. 219 Daftar Pustaka.

RAMADHAN BERSAMA NABI

Tafsir dan Hadis Tematik di Bulan Suci

Buku ini dimaksudkan sebagai sarana meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah di bulan suci Ramadhan, melalui jalur tadabbur al-Qur’an dan Hadis terkait istilah-istilah kunci dalam ajaran Islam. Diawali topik Niat; Manajemen Qalbu; Ikhlas; Muraqabah; Istiqamah; Rahmat; Berkah; Rezeki; Taufiq, Hidayah dan Inayah; Ibadah; Penghapus Pahala; Sabar dan Dermawan; Hikmah Kematian; Mengenal al-Qur’an; Tadabbur al-Qur’an; Tadarus al-Qur’an dan ditutup Khutbah Idul Fitri Masa Pandemi. Buku ini memuat 17 tema kajian, sebagai tafa’ulan terhadap al-Qur’an yang diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan yang diperingati sebagai hari Nuzulul Qur’an; mengingat materi buku ini didominasi oleh pendekatan tafsir al-Qur’an tematik. Harapannya, setelah memahami istilah-istilah khas Islami tersebut, kita dapat mengamalkannya semaksimal dan seoptimal mungkin, agar menjadi insan yang dicintai oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW, karena telah memadukan ilmu, amal dan akhlak Islami.

Buku ini dimaksudkan sebagai sarana meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah di bulan suci Ramadhan, melalui jalur tadabbur al-Qur’an dan Hadis terkait istilah-istilah kunci dalam ajaran Islam.

TAFSIR TARBAWI

Pesan-Pesan Pendidikan dalam Al-Quran

Buku ini membahas tentang penggalian “Nilai-nilai Pengajaran dan Pendidikan yang terdapat di dalam al-Quran” secara elaboratif-konstruktif melalui kitab-kitab tafsir. Tema-tema bahasan dari setiap bab ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat pembaca, reader budiman tidak saja sebagai referensi bahan ajar kuliah tapi juga menjadi rujukan bagi penggalian-penggalian landasan tarbiyah atau tarbawi menurut perspektif al-Quran, pendidikan dan pengajaran menurut landasannya, didaktik-metodik menurut mabda‘-nya. Terutama sekali bagi mereka yang konsentrasi pada seputar kependidikan, ilmu pendidikan, pendidikan agama Islam dan sejenisnya.

Buku ini membahas tentang penggalian “Nilai-nilai Pengajaran dan Pendidikan yang terdapat di dalam al-Quran” secara elaboratif-konstruktif melalui kitab-kitab tafsir.