Sebanyak 18172 item atau buku ditemukan

Pengembangan Industri Kuliner Berbasis Makanan Tradisional Khas Sulawesi

Dalam buku ini dijelaskan beberapa hal terutama mengenai kondisi umum perkembangan dan pengembangan industri kuliner di Indonesia yang dijelaskan di dalam setiap bab dan sub-sub topiknya. Bab satu dimulai dengan penjelasan tentang perkembangan kuliner. Bab kedua membahas kondisi umum pengembangan kuliner. Bab ketiga membahas tentang ruang lingkup, model bisnis dan pengembangan industri kuliner. Bab keempat membahas seluk-beluk bisnis kuliner. Bab kelima membahas seputar kuliner tradisional khas wilayah (daerah). Bab keenam diahiri dengan ragam resep dan cara pengolahan kuliner tradisional khas Sulawesi. Buku ini diterbitkan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa untuk beberapa mata kuliah karena menggabungkan beberapa aspek di seputar kuliner, mulai dari aspek historis, aspek perkembangan binsis kuliner, aspek pengembangan kuliner tradisional, hingga mengenalkan resep-resep yang digunakan dan cara pengolahan makanan tradisional khas Sulawesi. Buku ini juga bisa digunakan sebagai buku referensi yang dapat menuntun para pelaku dan penikmat kuliner dalam memahami, memperkaya wawasan terhadap perkembangan dan pengembangan kuliner tradisional. Pengembangan Industri Kuliner Berbasis Makanan Tradisional Khas Sulawesi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pengembangan Industri Kuliner Berbasis Makanan Tradisional Khas Sulawesi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pengembangan Pendidikan Bela Negara di Madrasah/Sekolah

Keikutsertaan warga Negara Indonesia dalam upaya pembelaan negara merupakan hak dan kewajiban konstitusional setiap warga Negara yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku yang dijiwai oleh kecintaan kepada negara dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Pemenuhan hak dan kewajiban tersebut ditujukan untuk membentuk kekuatan pertahanan negara dalam rangka menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. Dan madrasah/sekolah sebagai lembaga pendidikan sangat cocok untuk terlibat dalam kegiatan bela negara Pengembangan Pendidikan Bela Negara di Madrasah/Sekolah ini merupakan buku yang dalam pengembangan kegiatan bela negara yang dilaksanakan di lingkungan madrasah atau sekolah. Adapun aspek yang dibidik dalam buku ini yaitu pemahaman tentang pengertian, nilai utama dan indikator kegiatan bela negara yang bisa dilaksanakan di lingkungan madrasah atau sekolah. Buku ini terdiri dari delapan bab. Buku ini menyajikan dasar-dasar konsep bela negara, tinjauan agama tentang bela negara, konsep bela negara yang biasanya dilaksanakan di Indonesia, jenis-jenis penguatan program bela negara, terakhir teknis kegiatan belajar mengajar (tahap perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran) dan ekstrakurikuler (macam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang biasa terlaksana di madrasah/sekolah, dan strategi integrasi kegiatan bela negara memalui ekstrakurikuler0 berwawasan bela negara. Semoga buku ini bermanfaat memberi wawasan kepada segenap stakeholder madrasah atau sekolah, sehingga usaha untuk pengembangan dan penguatan cinta tanah air (hubbul wathan) peserta didik dapat tercapai

acuan berkaitan dengan karakter yang erlu dikembangkan atau dikuatkan dan bagaimana penilaian dilakukan untuk mencapai karakter yang diharapkan Di dalam buku ini diberikan contoh perilaku yang bisa diamati dan indikator untuk lima ...

Strategi Pengembangan Kelembagaan UMKM - Bintang Pustaka

UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada permasalahan pasar dan pemasaran, modal atau pembiayaan, bahan baku, teknologi, SDM, kewirausahaan, manajemen, birokrasi, infrastruktur, kemitraan, dan kelembagaan, ditambah lagi dampak Covid-19 menambah berat tangtangan bagi UMKM. Kondisi ini bukan pilihan, tapi harus dihadapi untuk meningkatngkan daya saing, dengan mengikuti perubahan dan tuntutan pasar. UMKM tidak akan mampu meningkatakan kapasitas dan daya saingnya tanpa keterlibatan semua pihak, yang utama dan pertama adalah pemerintah melalui kebijakan yang mendukung bagi pengembangan kelembagaan UMKM, agar mampu berkembang dan tercapainya daya saing UKM, baik di level nasional maupun dalam pasar global.

UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada permasalahan pasar dan pemasaran, modal atau pembiayaan, bahan baku, teknologi, SDM, kewirausahaan, manajemen, birokrasi, infrastruktur, kemitraan, dan kelembagaan, ditambah lagi dampak Covid-19 ...

PENGEMBANGAN DESA WISATA (MODEL PENGEMBANGAN KATTASIKUNG DI JAWA TIMUR)

Desa Wisata KatTaSiKung adalah gagasan pengembangan desa wisata yang memperhatikan aspek: pendekatan, tahapan, strategi pemasaran dan sistem pendukung. Pendekatan pengembangan desa wisata dalam gagasan ini meliputi: (a) pendekatan pariwisata berkelanjutan; (b) pendekatan pemberdayaan masyarakat; dan (c) pendekatan kreatif, inovatif dan kewirausahaan. Tahapan pengembangan desa wisata meliputi: (a) pembentukan dan pengukuhan pokdarwis; (b) pengembangan masyarakat sadar wisata; serta (c) pendirian dan pengukuhan desa wisata. Strategi pemasaran desa wisata, meliputi strategi dalam hal : (a) pengembangan produk; (b) penetapan harga; (c) distribusi produk; (d) promosi; (e) pengembangan SDM; (f) bukti fisik; (g) proses; (h) kemitraan; dan (i) pemilihan pasar. Sistem pendukung pengembangan desa wisata meliputi: (a) sistem bisnis dan investasi; (b) pengembangan SDM fronliner; dan (c) kebijakan dan program pengembangan.

Desa Wisata KatTaSiKung adalah gagasan pengembangan desa wisata yang memperhatikan aspek: pendekatan, tahapan, strategi pemasaran dan sistem pendukung.

Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Penguatan Kemitraan Usaha UMKM, Koperasi dan Korporasi

Secara umum sektor UMKM masih memiliki sejumlah persoalan, antara lain: keterbatasan modal kerja maupun investasi, kesulitan dalam pemasaran, distribusi dan pengadaan bahan baku dan input lainnya, keterbatasan akses informasi mengenai peluang pasar dan lainnya, keterbatasan pekerja dengan keahlian tinggi (kualitas SDM rendah) dan kemampuan teknologi. Melalui kemitraan antara UMKM dengan Koperasi dan Korporasi di-harapkan dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi UMKM. Di sisi lain, dengan bergabungnya UMKM pada usaha koperasi juga akan memperkokoh usaha koperasi. Demikian pula dengan bekerjasamanya UMKM dalam memasok usaha hulu korporasi, diharapkan korporasi dapat mengembangkan usahanya pada aspek-aspek bisnis lainnya. Sehingga melalui kemitraan UMKM, Koperasi dan Korporasi yang sinergis akan memperkuat ekonomi masyarakat dengan terbukanya lapangan kerja dan lapangan berusaha yang lebih luas. Kiranya buku ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan ekonomi masyakat ke depan.

Secara umum sektor UMKM masih memiliki sejumlah persoalan, antara lain: keterbatasan modal kerja maupun investasi, kesulitan dalam pemasaran, distribusi dan pengadaan bahan baku dan input lainnya, keterbatasan akses informasi mengenai ...

Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains

Melihat perkembangan zaman yang begitu luar biasa pesat menuntut kita para pendidik dan peserta didik khususnya dan pendidikan umumnya yang ada di Indonesia untuk lebih mampu bersaing dan membentuk kualitas pada Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan dalam bidang pendidikan ini tentunya mengarah pada proses pembelajaran yang ada di kelas, baik itu pada peran guru yang notabene bukan lagi sebagai pemberi informasi namun sudah lebih sebagai fasilitator yang harus mampu menjembatani ilmu pengetahuan agar sampai ke peserta didik, mampu mengarahkan agar peserta didik dapat menemukan jawabannya sendiri. Selain peran guru, perkembangan di dunia pendidikan mengarah pada metode pembelajaran yang diharapkan lebih bersifat interaktif sehingga mampu menciptakan suasana belajar dan kelas yang menyenangkan dan tanpa unsur keterpaksaan, juga pada peningkatan kualitas bahan ajar yang digunakan. Tujuan adanya pengembangan dalam bahan ajar yang digunakan tentunya tidak terlepas dari tujuan instruksional yang harus dicapai para peserta didik. Pembahasan menarik dalam buku ini tentu saja dapat memberikan informasi kepada para pembaca mengenai jenis bahan – bahan ajar serta kelemahan dan kelebihannya, model – model pengembangan bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk peaku pendidikan dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan pembelajaran, tahapan – tahapan dalam proses pengembangan bahan ajar tersebut dan hasil dari beberapa penelitian para peneliti yang telah mengembangkan bahan ajarnya dengan beberapa model pengembangan yang disampaikan. Jelas tujuan disini agar para pembaca dapat memahami dan mempertimbangkan lebih lanjut tentang penelitian terkait research and development (R & D).

Melihat perkembangan zaman yang begitu luar biasa pesat menuntut kita para pendidik dan peserta didik khususnya dan pendidikan umumnya yang ada di Indonesia untuk lebih mampu bersaing dan membentuk kualitas pada Sumber Daya Manusia (SDM).

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Konsep, Implementasi & Pengembangan

Judul : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Konsep, Implementasi & Pengembangan Penulis : Andereas Andoyo, Elishabeth Yunaeti Angraeni, Ahmad Khumaidi, Adi Prasetia Nanda, Agus Suryana, Sucipto, Andino Maseleno, Panji Andhika Pratomo, Suyono, Satria Abadi Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman ISBN : 978-623-68728-2-6 Sistem pendukung keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) dikenalkan pertama kali oleh Michael S. Scoot pada tahuan 1970-an. Sistem tersebut merupakan sistem yang berbasis komputer yang dapat membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai pesoalan yang bersifat semi terstruktur. Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, didukung perkembangan metode-metode komputasi menjadikan SPK suatu sistem yang sangat dibutuhkan baik disektor bisnis, pemerintah maupun industri. Decision Support System (DSS) mampu mendorong keputusan lebih cepat, lebih cerdas yang tidak didasarkan pada naluri pribadi manusia yang cenderung subyektif, tetapi berdasarkan data yang obyektif. SPK juga merupakan suatu keunggulan kompetitif bagi organisasi yang menggunakannya, karena dapat membantu tata kelola organisasi yang berkembang sangat cepat, dan mampu memberikan nilai akurasi, serta presisi model-model sebagai problem solving solution yang sangat dibutuhkan dalam manajemen modern. Buku ini sangat penting dimiliki karena menyajikan berbagai materi yang berkaitan dengan Sistem pendukung keputusan (SPK), antara lain Konsep Sistem Pendukung Keputusan, Manajemen Data, Decision Support System (DSS) dan Membangun DSS, Management Support System, Optimasi dan Metode Optimasi, Analitical Hirarchy Process (AHP), Fuzzy Logic, Fuzzy-AHP, Exceutive Information, dan Data Engineering, serta Organizational DSS dan Topik Pengembangan Riset DSS.

Judul : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Konsep, Implementasi & Pengembangan Penulis : Andereas Andoyo, Elishabeth Yunaeti Angraeni, Ahmad Khumaidi, Adi Prasetia Nanda, Agus Suryana, Sucipto, Andino Maseleno, Panji Andhika Pratomo, Suyono, Satria ...

Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21

Perkembangan teknologi mengubah orientasi belajar dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran digital. Perubahan ini seiring dengan integrasi strategi pembelajaran dengan Information and Communication Technologies (ICT). Penyajian serba digital pada perkembangan pembelajaran abad 21 akan berdampak terhadap stategi pembelajaran seperti halnya konten pembelajaran. Konten pembelajaran berbasis digital dapat dibuat dalam bentuk e-book atau e-modul. Buku ini terdiri dari enam bab utama beserta subbab dengan pembahasan yang telah disesuaikan dengan kerangka kajian pengembangan yang sederhana. Dengan diterbitkannya buku ini maka diharapkan dapat menjadi sumber kajian pengembangan e-modul untuk para pengajar dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan naskah digital guna memaksimalkan literasi digital

Perkembangan teknologi mengubah orientasi belajar dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran digital.

Pengembangan Proses Belajar Peserta Didik dalam Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Pengajar

Buku ini memuat kumpulan artikel tentang : Profesi Guru dan Perubahan Perilaku Maysarakat dalam Era Globalisasi; Peran Orang Tua sebagai Pendamping dalam Belajar Anak; Tinjauan Teoritik tentang Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Lembaga Pendidikan Tenagat Kependidikan (LPTK); Paket Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi; Penegakan Kode Etik Profesional Guru Indonesia; Mengenal Kepemimpinan Pendidikan; Manajemen Kelas dan Usaha Mengembangkan Profesi Dosen dalam Bidangnya; Metode Kualitatif dalam Penelitian di Bidang Pengajaran; Metode Kualitatif dalam Penelitian di Bidang Pengajaran; Pengembangan Kurikulum sebagai Upaya Peningkatan Mutu Proses Belaajr Mengajar di Perguruan Tinggi; Pendidikan Prasekolah Menurut UUSPN tahun 1989 dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1990; Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian; Komunikasi Dosen Wali dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi; Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa; Validitas dan Reliabilitas Tes Sine Qua Non Pengukuran Hasil Belajar Mahasiswa; Hadiah dan Hukuman sebagai Alat Pendidikan.

Buku ini memuat kumpulan artikel tentang : Profesi Guru dan Perubahan Perilaku Maysarakat dalam Era Globalisasi; Peran Orang Tua sebagai Pendamping dalam Belajar Anak; Tinjauan Teoritik tentang Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Lembaga ...

KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Teori dan Metode Pengembangan

Pendidikan Anak Usia Dini memegang peranan yang sangat penting dalam masa Golden Age, olehnya para guru maupun orang tua yang memiliki Anak Usia Dini diharapkan untuk dapat menguasai dasar-dasar perkembangan anak karena setiap proses perkembangan anak berpengaruh terhadap perkembangan anak selanjutnya. Salah satu Aspek yang dikembangankan dalam Pendidikan Anak Usia Dini adalah Aspek Sosial Emosional salah satunya yang terkait didalamnya adalah Keterampilan Sosial Anak. Hal ini menjadi penting karena dengan pengembangan keterampilan sosial, anak belajar bersosialisasi dan bekerjasama dengan orang lain. Selain itu, anak juga belajar untuk mengembangkan rasa empati dan nilai-nilai kemanusiaan terhadap teman, orang tua, guru bahkan orang-orang yang ditemuinya. Buku ini memuat kebutuhan para guru, orang tua bahkan masyarakat yang peduli mengenai Perkembangan Anak usia Dini, khususnya mengenai keterampilan sosial. Banyak hal yang dibahas di dalam buku ini, mulai dari perkembangan anak, keterampilan sosial anak hingga metode yang dapat digunakan oleh para guru, orang tua atau masyarakat dalam rangka pengembangan keterampilan sosial anak. Akhir kata kiranya buku ini dapat diterima baik oleh para guru, orang tua dan masyarakat dan lebih menambah wawasan guna pengembangan keterampilan Sosial Anak Usia Dini.

Akhir kata kiranya buku ini dapat diterima baik oleh para guru, orang tua dan masyarakat dan lebih menambah wawasan guna pengembangan keterampilan Sosial Anak Usia Dini.