Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

Tantangan Pengelolaan External Wealth: Sistem Perekonomian Terbuka

Setiap negara dengan sistem perekonomian terbuka akan memiliki net capital outflow. Terlebih di zaman globalisasi. Net capital outflow atau ekspor modal akan membuahkan kumpulan aset nasional suatu negara di luar negeri. Ini berisikan aneka investasi milik Pemerintah, individu dan korporasi milik warga negara. Lane dan Milesi-Ferretti (2007) mendefisikannya sebagai external wealth. Negara-negara maju menangani pertumbuhan net capital outflow dan external wealth secara by design sehingga segenap dimensi dan aspek strategisnya dapat dijadikan sebagai alat efektif dari national interest. Sekarang, banyak negara berkembang mengikutinya. Sejak reformasi ekonomi tahun 1967 Indonesia menjalankan sistem perekonomian terbuka dan menjalani posisi ganda: di samping importir modal, sekaligus menjadi negara eksportir modal. Tetapi pendekatan Pemerintah terhadap ekspor modal belum ideal, kurang sense of belonging. Di satu sisi tidak merencanakan, tidak melarang, tidak menganjurkan, dan tidak mengatur. Tetapi beberapa kebijakannya memberi peluang besar bagi net capital outflow. Maka aset ekonomi milik individu dan perusahaan-perusahaan Indonesia di luar negeri yang jumlahnya ditengarai sangat besar, cenderung dianggap hanya ekses beberapa kebijakan ekonomi dan ada di luar jangkauan negara, bukan sebagai external wealth Indonesia atau sebagai overseas economy Indonesia. Sebagai negara berperekonomian besar dan anggota One Trillion Dollar Club yang menuju Big Five World Economy di tahun 2040, Indonesia ditantang untuk segera memiliki kebijakan nasional atas external wealth-nya. External wealth yang bekerja untuk national interest Indonesia disebut sebagai overseas economy Indonesia. Dengannya, ekonomi Indonesia akan lebih kokoh dan akan memiliki peran setara dan serupa dengan negara maju dan berkembang berperekonomian besar dalam G-20 untuk menjadi penggerak perekonomin global terutama melalui perdagangan dan investasi. G-20 adalah fora kerjasama internasional yang telah mendorong Indonesia melirik potensi external wealth-nya dan Presidensi G-20 Indonesia 2022 adalah momen yang tepat untuk memulai sebuah diskusi nasional terkait isu ini. Buku ini menyodorkan kerangka policy direction dan policy recommendation yang didasari semangat Indonesia Incorporated untuk mengambil kembali kontrol atas external wealth Indonesia, mengintegrasikannya dengan perekonomian domestik secara sinergis dan me-utilisasi-nya untuk kepentingan nasional baik secara ekonomi maupun non-ekonomi.

... Bangladesh Katadata.co.id , 10 Oktober 2014 PT Semen Indonesia Tbk di tahun 2014 berencana melakukan ekspan- si ke Bangladesh dan Viet Nam dengan total investasi 300 juta dollar AS atau 3,6 triliun rupiah . Ekspansi di Bangladesh ...

Koperasi Syariah : Panduan dalam Tata Kelola Koperasi Syariah yang Ungul

Judul : Koperasi Syariah : Panduan dalam Tata Kelola Koperasi Syariah yang Ungul Penulis : Wahyu Hidayat,SE.I,ME.Sy Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 101Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-472-7 SINOPSIS Koperasi Syariah merupakan sebuah bentuk badan usaha yang didirikan untuk memberikan layanan bagi anggotanya baik dalam bentuk Simpanan maupun Pembiayaan sesuai prinsip syariah. Didalam pengoperasionalannya diperlukan panduan yang tepat. Buku ini terdiri dari Sembilan BAB dimana setiap babnya memiliki pembahasan khusus yang saling memiliki hubungan erat didalam mewujudkan koperasi syariah yang unggul. Koperasi syariah yang unggul disini digambarkan bukan hanya memiliki kinerja usaha yang baik dengan predikat sehat, namun juga dengan tata Kelola yang baik sesuai dengan prinsip GCG. Secara umum buku ini membahas tentang ruang linkup perkoperasian dan koperasi syariah pada khususnya, proses pendirian koperasi syariah, produk funding dan financing koperasi syariah. Selain itu buku ini juga memberikan bekalan bagi masyarkat yang ingin mendirikan maupun mengoperasionalkan koperasi syariah dengan menghadirkan pembahasan tentang bentuk pendayagunaan /pemberdayaan dana Maal pada Koperasi Syariah, penentuan target pasar dan konsep pembinaan anggota koperasi syariah, strategi memasarkan produknya, cara mengelola koperasi secara baik sesuai konsep GCG dan self assasment sebagai bentuk mitigasi resiko. Diharapkan setelah membaca buku ini, para pembaca mampu mengoperasionalkan koperasi syariah dengan baik, aman secara syar’I, aman secara regulasi dan aman secara NKRI, serta menghadirkan kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

Judul : Koperasi Syariah : Panduan dalam Tata Kelola Koperasi Syariah yang Ungul Penulis : Wahyu Hidayat,SE.I,ME.Sy Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 101Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-472-7 SINOPSIS Koperasi Syariah merupakan ...

MUDAH MEMAHAMI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

Buku ini berjudul “Mudah memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah” ini, kami susun untuk menunjang kebutuhan para pelaku UMKM agar dapat mendalami pemahaman tentang panduan pembuatan laporan keuangan sederhana untukUsaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Buku ini berjudul “Mudah memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah” ini, kami susun untuk menunjang kebutuhan para pelaku UMKM agar dapat mendalami pemahaman tentang panduan pembuatan laporan keuangan sederhana untukUsaha Mikro, Kecil dan ...

UMKM 4.0

Buku ini memberikan gambaran dan wawasan untuk calon UMKM atau wirausaha skala UMKM tentang era revolusi digital 4.0. Siap tidak siap era 4.0 akan tiba, bahkan sudah dapat dirasakan perubahan era ditandai dengan mulai bergesernya gaya belanja konsumen dari offline ke online. Dengan buku ini pelaku UMKM akan mendapatkan wawasan dan panduan antara lain adalah : ¥ UMKM dapat mengetahui gambaran era revolusi industry 4.0 seperti kemajuan dalam daya komputerisasi, internet of things , kecerdasan buatan, robotik, dan hal lainnya yang akan mempengaruhi kondisi dunia usaha khususnya usaha mikro kecil dan menengah. ¥ UMKM dapat mengetahui tentang karakter konsumen di era digital 4.0 beserta ciri generasi konsumen yang ada berikut pola cara belanja untuk tiap generasi tersebut. Tujuannya agar UMKM lebih mengetahui karakter konsumen yang akan dituju. ¥ UMKM dapat mengenal industri dan produk kreatif sebagai solusi dari persaingan usaha yang ketat di era 4.0. ¥ UMKM dapat mengetahui 16 sub sektor bidang industri kreatif yang dapat dijadikan ide usaha baru atau ide pengembangan usaha. ¥ UMKM dapat mengetahui cara perencanaan produk kreatif sebagai pilihan produk usaha baru atau varian baru dalam rangka meningkatkan penjualan usaha ¥ UMKM dapat mengetahui bagaimana cara pengelolaan sumber daya, produksi, operasional dan persediaan usaha agar menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat bersaing kompetitif. ¥ UMKM dapat mengetahui cara pengelolaan dan perhitungan keuangan usaha agar dapat berkembang ke skala yang lebih tinggi dengan dasar pondasi keuangan yang kuat dan efisien. ¥ UMKM dapat mengetahui gambaran caraÐcara pemasaran yang dapat dilakukan di era revolusi digital 4.0 untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa usaha.

Buku ini memberikan gambaran dan wawasan untuk calon UMKM atau wirausaha skala UMKM tentang era revolusi digital 4.0.

Bisnis Digital

Mengelola Akuntansi, Pajak, dan Audit dengan Sukses

Buku BISNIS DIGITAL: Mengelola Akuntansi, Pajak, dan Audit dengan Sukses” menggambarkan pentingnya mengelola aspek akuntansi, pajak, dan audit dalam konteks bisnis digital. Buku ini membahas revolusi digital yang sedang terjadi dan memberikan panduan praktis tentang bagaimana mencapai keberhasilan dan kesuksesan dalam mengelola aspek tersebut. Dengan fokus pada bisnis digital, buku ini memberikan wawasan dan strategi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam era digital.Pandangan bisnis telah mengalami transformasi besar dalam era digital ini. Dalam lingkungan yang semakin terhubung dan teknologi yang terus berkembang, pemahaman yang mendalam tentang fondasi komersial online, akuntansi, pajak, dan audit menjadi semakin penting bagi kesuksesan bisnis di dunia digital.

Buku BISNIS DIGITAL: Mengelola Akuntansi, Pajak, dan Audit dengan Sukses” menggambarkan pentingnya mengelola aspek akuntansi, pajak, dan audit dalam konteks bisnis digital.

The Fundamental of Digital Marketing: Strategi Membuat Konten untuk Menarik Audience

Buku ini sangat cocok, bahkan sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memulai Digital Marketing, atau bagi siapa pun mereka yang berkecimpung dalam dunia Digital Marketing. Di dalam buku ini, Anda akan mempelajari tentang: - 3 Langkah Fundamental Digital Marketing bagi siapa pun yang ingin memulai Digital Marketing atau meng-online-kan bisnisnya. - Berbagai peluang bisnis di internet bagi mereka yang ingin memulai bisnis meski minim modal dan memiliki banyak keterbatasan. - Ilmu penting tentang website dan landing page. Bagaimana membuat website tanpa membutuhkan keahlian coding sama sekali, tips-tips penting dalam memberikan nama domain website, esensi penting dalam sebuah landing page. - Panduan SEO. Bagaimana membuat website bertengger di halaman 1 Google dengan menerapkan 3 Langkah Fundamental SEO. - Bagaimana membangun aset digital yang dapat mendatangkan leads/calon pembeli secara otomatis terus-menerus dengan sendirinya. - Digital Ads. Bagaimana menjalankan FB Ads dan IG Ads dari nol. Panduan tentang struktur iklan dan berbagai tipe iklan sesuai dengan tujuan beriklannya. Penjelasan tentang targeting iklan hingga retargeting-nya. Termasuk pixel, custom audience, lookalike audience, tracking tombol website. - 5 prinsip mengelola akun sosial media. Tipe-tipe konten di sosial media dalam rangka meningkatkan engagement dengan pemirsa. - Strategi list building dan email marketing. Bagaimana membangun database secara digital demi kepentingan bisnis jangka panjang. - Panduan cyber security praktis. Bagaimana memproteksi website dan seluruh akun penting yang dimiliki untuk dapat mengantisipasi kejahatan cyber dan meningkatkan keamanan di dunia digital. Dan yang menariknya lagi, disediakan akses ke lebih dari 100 video tutorial secara totalnya. Yang dapat Anda Akses di mana saja dan kapan saja. Anda bisa langsung praktik!

Buku ini sangat cocok, bahkan sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memulai Digital Marketing, atau bagi siapa pun mereka yang berkecimpung dalam dunia Digital Marketing.

Menjadi Kreator Konten Di Era Digital

Di era digital, semakin banyak orang melek internet dan teknologi. Mereka tidak hanya menjadi penikmat konten, tetapi juga menjadi kreator konten itu sendiri. Video, foto, tulisan, infografis, dan beragam konten lainnya, mereka buat untuk dipublikasikan dalam bentuk digital. Lalu, muncul istilah bloger, selebgram, influencer, youtuber, vlogger, copywriter, dan profesi lainnya yang berhubungan dengan pembuatan konten. Bagaimana menjadi kreator konten? Jenis konten apa saja yang banyak dilihat orang? Bagaimana tips menghasilkan tulisan, foto, dan video yang bagus? Buku ini meringkas segala sesuatu yang perlu diketahui dan dilakukan untuk membuat konten yang menarik dan disukai banyak orang. Dengan membaca buku ini, kamu telah berada di langkah pertama menjadi seorang kreator konten. Selamat membaca dan berkarya! Selling points: 1. Studio Foto dan Video di Rumah Sendiri; 2. Mempersiapkan Konten; 3. Tips Membuat Infografik; 4. Menciptakan Konten di Pedesaan; 5. Review Produk dengan Rumus AIDA; dll.

Di era digital, semakin banyak orang melek internet dan teknologi.

JEJAK ARKEOLOGIS TEORI MANAJEMEN KONTEMPORER

Menggungkap Harta Karun Konsep-Konsep Bersejarah

Manajemen, sedang bergejolak ilmu atau teori?, ataukah konvergensi ilmu? Aliran sungai tak terduga, Melukis keindahan dalam geraknya yang anggun. Dalam spektrum akademis, Manajemen bukanlah kitab terikat, Melainkan kanvas yang terus berkembang. Kanvas yang sedang di dekonstruksi secara bijak. Berbeda dengan ilmu yang tegar, Manajemen adalah lukisan abstrak, Terwujud dari warna-warna kehidupan Dan gerakan yang mempesona. Ia, lukisan hidup tak terkungkung, Simfoni yang senantiasa berubah, Lebih daripada rumus matematika yang pasti. Manajemen, dalam ciptaan seninya, Menggabungkan nuansa ilmiah dan realitas manusiawi, Saat prinsip-prinsip bersatu dalam kehidupan. Namun, Manajemen bukanlah rumus pasti, Lebih merupakan harmoni antara ilmu dan realitas, Kehidupan yang tak terduga dalam karya seni. Kini saatnya abad Konvergensi Ilmu Manajemen.

... Pendekatan Sistem Terpadu-Integrated Systems Approach. Teori Manajemen ... Management). Pendekatannya menekankan pada peningkatan efisiensi melalui ... Theory) yang dikembangkan oleh. 30 Adang, Konvergensi Ilmu Manajemen, Op cit: 313-346 ...

Melawan Dinamika Kapitalisme dengan Hukum Ekonomi Kerakyatan

Sistem ekonomi di dunia kerap dilihat hanya menjadi dikotomi antara kapitalis dan sosialis Sebagian besar negara memilih salah satu di antaranya atau mengambil jalan tengah yang mencampurkan kedua sistem tersebut Banyak negara malah hanya mengikuti arus dominasi negara adidaya yang memiliki hegemoni ekonomi politik dalam percaturan dunia internasional Sejarah Indonesia menunjukkan fakta bahwa negara ini kerap terombang-ambing oleh kebingungan ideologi ekonomi Sebagian menyatakan ekonomi sebaiknya diserahkan pada pasar, sebagian lain menyatakan harus dikontrol negara Kebanyakan lupa, founding fathers kita telah menyelesaikan pembahasan ini jauh hari ketika Indonesia merdeka Buku ini ditujukan guna mengembalikan kesadaran nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan Bahwa Indonesia memiliki Sistem Ekonomi Kerakyatan yang sudah tercantum dalam UUD 1945 dan karenanya wajib diterapkan dalam seluruh produk hukum ekonomi nasional Tidak boleh ada lagi undang-undang minyak bumi dan gas, undang-undang sumber daya air, undang-undang ketenagalistrikan, dan undang-undang menyangkut ekonomi yang dibatalkan karena melanggar Sistem Ekonomi Kerakyatan berdasarkan UUD 1945 Seluruh komponen rakyat wajib menjadi penjaga demokrasi ekonomi Indonesia.

Sistem ekonomi di dunia kerap dilihat hanya menjadi dikotomi antara kapitalis dan sosialis Sebagian besar negara memilih salah satu di antaranya atau mengambil jalan tengah yang mencampurkan kedua sistem tersebut Banyak negara malah hanya ...