Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

Evaluasi pembelajaran

The book "Learning Evaluation" is a guide that discusses various important aspects of the learning evaluation process. This book is intended for educators, teachers, and practitioners in education who want to understand and implement learning evaluation effectively and authentically. In the first stage, this book introduces the concept of learning evaluation and the importance of understanding student progress deeply. Readers will become familiar with various evaluation models and theories that can be used to measure students' academic achievement and abilities in various aspects of learning. Next, this book discusses important principles to consider when evaluating learning. Educators will be taught how to design valid, reliable, and objective evaluation instruments so that evaluation results can provide an accurate picture of student achievement.

This book is intended for educators, teachers, and practitioners in education who want to understand and implement learning evaluation effectively and authentically.

Buku Ajar: Evaluasi Pembelajaran Matematika

Evaluasi Pembelajaran Matematika (MKB IN 0348) dengan jumlah bobot 3 SKS merupakan salah satu mata kuliah keahlian pedagogik yang wajib dipelajari mahasiswa semester V (lima) prodi Pendidikan Matematika STKIP Gotong Royong Masohi. Tujuan dari perkuliahan ini membekali mahasiswa sebagai calon guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika serta kompeten dalam mengaplikasikannya. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini yaitu hakikat evaluasi pembelajaran, ruang lingkup evaluasi pembelajaran, pengembangan penilaian tes uraian, pengembangan penilaian tes objektif, pengembangan penilaian nontes, analisis kualitas instrumen, teknik menganalisis item hasil belajar, teknik pengolahan penilaian dan tindak lanjut hasil evaluasi. Buku ajar ini juga dilengkapi dengan diskusi, latihan dan tugas guna meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi buku ajar ini. Kemampuan akhir yang diperoleh setelah mempelajari seluruh isi buku ajar adalah memiliki kompetensi membuat instrumen evaluasi pembelajaran matematika, melakukan uji coba di kelas dalam skala kecil maupun besar, menganalisis kualitas instrumen, dan membuat keputusan tentang hasil analisis.

Kemampuan akhir yang diperoleh setelah mempelajari seluruh isi buku ajar adalah memiliki kompetensi membuat instrumen evaluasi pembelajaran matematika, melakukan uji coba di kelas dalam skala kecil maupun besar, menganalisis kualitas ...

Sukses Bisnis: Panduan Praktis dengan BMC dan SWOT

Buku ini mengangkat peran vital Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai pilar utama dalam perekonomian suatu negara. Meskipun menjadi tulang punggung ekonomi, UMKM seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan yang menghambat kemampuannya untuk tumbuh dan mandiri. Dalam konteks ini, buku ini menjadi panduan eksplorasi dan analisis mendalam terhadap UMKM Binaan. Buku ini memanfaatkan pendekatan Business Model Canvas untuk mengeksplorasi secara komprehensif model bisnis UMKM Binaan. Pembaca akan diajak untuk memahami struktur bisnis mereka, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merinci peluang dan ancaman yang dihadapi. Tak hanya itu, buku ini juga mengintegrasikan analisis SWOT sebagai alat strategis, memberikan wawasan mendalam tentang posisi UMKM Binaan dalam pasar yang kompetitif. Melalui buku ini, penulis bertujuan untuk memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman terhadap permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Binaan. Dengan membahas secara sistematis menggunakan Business Model Canvas dan strategi SWOT, buku ini tidak hanya sekadar analisis, tetapi juga penyediaan solusi konkret. Rekomendasi strategis yang ditawarkan diharapkan dapat menjadi panduan bagi UMKM Binaan untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka, menciptakan keberlanjutan, dan mengatasi hambatan yang mungkin muncul di masa depan.

Buku ini mengangkat peran vital Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai pilar utama dalam perekonomian suatu negara.

Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM

Metode pengembangan bisnis tidak akan pernah ‘kadaluarsa’ untuk dibahas. Pembahasan mengenai metode pengembangan bisnis selalu akan menarik dan tentu terus akan berkembang. Sebagai industri UKM banyak tantangan yang dihadapi para pengusaha, mulai dari aspek SDM, Keuangan, Supply Chain, hingga dengan Pemasaran. Saat ini Indonesia mulai menjadikan sektor UKM sebagai salah satu sektor pembangunan ekonomi negara. Sektor UKM juga menjadi primadona tentang berbagai kajian di banyak perguruan tinggi dengan tingkat pengaplikasian yang bermacam–macam. Bagaimanakah penerapan Bisnis Canvas Modelsebagai salah satu solusi bagi UKM untuk dapat bertahan dalam dalam mencapai pasar sasaran? Buku ini secara ringkas mengupas dan membahas sentral UKM untuk tetap dapat bertahan dengan menggunakan metode Bisnis Canvas Model.Buku ini merupakan kompilasi tulisan dari berbagai penulis yang pada saat ini juga merupakan seorang peneliti dibidang UKM. Tidak ada gading yang tidak retak, begitu juga dengan buku ini yang masih banyak kekurangan dalam hal penulisan. Kritik dan saran dari pembaca sekalian akan sangat membantu dalam hal penyempurnaan buku ini.

Metode pengembangan bisnis tidak akan pernah ‘kadaluarsa’ untuk dibahas.

Teori Dan Praktik Bisnis Model Kanvas Untuk Umkm

Teori Dan Praktik Bisnis Model Kanvas Untuk Umkm Bisnis Model Canvas adalah salah satu jawaban perkembangan yang menarik diterapkan, utamanya untuk membantu UMKM di Gresik agar bisa berkembang. Tidak cukup dukungan modal usaha, namun juga harus dikawal dan dibekali agar mereka lebih berkembang dan naik kelas. Bagaimana UMKM memetakan segmen pasar, lalu venue proposition produk dan jasa mereka, serta sumber pendapatan mereka nantinya. Buku ini tidak hanya berisi teori-teori Bisnis Model Canvas, tapi telah diterapkan diserta contoh-contoh secara spesifik dalam pengelolaan UMKM. Harapan kami, perkembangan bisnis yang kiat pesat. Bisnis model canvas ini tidak hanya diintrodusir oleh perusahaan atau start up, tapi juga bisa diterapkan di dunia UMKM yang lebih memasyarakat. Buku ini akan memotivasi dan menjadi pembuka wawasan dan sebagai pembuka peluang para UMKM dalam manajemen usahanya. UMKM bergerak, ekonomi pulih! Buku ini terdiri dari 13 bagian, dengan pembahasan diawali dengan penjelasan tentang model bisnis, bisnis model kanvas, penjelasan 9 blok bisnis model kanvas, serba-serbi pertanyaan seputar penyusunan bisnis model kanvas dan diakhiri dengan contoh-contoh bisnis model kanvas. Tujuan disusunnya buku ini agar dapat membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, baik yang pada tahap rintisan atau yang sedang mengembangkan bisnisnya untuk dapat menyusun model bisnis usaha sehingga kinerja elemen-elemen kunci yang terkait dengan bisnisnya dapat bekerja maksimal.

Teori Dan Praktik Bisnis Model Kanvas Untuk Umkm Bisnis Model Canvas adalah salah satu jawaban perkembangan yang menarik diterapkan, utamanya untuk membantu UMKM di Gresik agar bisa berkembang.

KONSEP DAN APLIKASI LANDASAN PENDIDIKAN DALAM SEKOLAH PENGGERAK

Landasan pendidikan merupakan pijakan dasar konsep yang menjadi acuan dalam proses pendidikan secara komprehensif. Dalam konteks ini, landasan pendidikan difokuskan pada hakikat manusia sebagai makhluk pembelajar, interaksi sosial, proses pembelajaran, hingga problematika yang mendasari dalam pendidikan. Landasan pendidikan merupakan tumpuan, landas pacu atau pijakan dasar dalam melaksanakan proses pendidikan. Landasan-landasan tersebut adalah landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, landasan kultural, landasan ilmiah dan teknologi, landasan hukum, landasan ekonomi, landasan historis, dan landasan religious. Oleh karenanya, landasan-landasan di atas diperlukan sebagai pondasi dan pijakan dalam proses pendidikan. Pendidikan yang ada di suatu negara akan berubah atau akan adah penambahan sistem ataupun program. Hal ini dilakukan agar menjadikan negara yang maju dan tidak tertinggal zaman. Program yang akan dibuat dari waktu ke waktu tetap memeperhatikan perkembangan zaman dan landasan pendidikan. Landasan pendidikan adalah pijakan dasar konsep yang menjadi acuan dalam proses pendidikan secara komprehensif. Landasan Pendidikan difokuskan pada hakikat manusia sebagai maklhuk pembelajar, interkasi sosial, proses pembelajaran, hingga problematika yang mendasari dalam pendidikan. Nadim Makarin telah membuat Program Merdeka Belajar Episode Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Sekolah penggerak dalam konteks landasan pendidikan mengacu pada landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, landasan kultural, landasan ilmiah dan teknologi, landasan hukum, landasan ekonomi, landasan historis, dan landasan religious dalam mewujudkan merdeka belajar. Program ini akan mendorong transisi pendidikan daerah untuk memiliki posisi yang sangat penting sebagai tempat konsultasi, mengacu pada kearifan lokal masingmasing daerah sehingga sekolah dapat lebih terinspirasi untuk membawa lebih banyak inspirasi perubahan lagi. Pasuruan, Magister Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Wiranegara

... Education. School of Education. Oregon: Oregon State University. Orstein, A. (1989). Foundation of Education. Fourth Edition. Boston: Houghton Miflin Company. Salahudin, D. A. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia ...

Landasan Pendidikan Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Konsep dan Aplikasi)

Judul : Landasan Pendidikan Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Konsep dan Aplikasi) Penulis : Daryono, Mochamad Bayu Firmansyah, Ariadi, Roro Endah Dwi Putri Hapsari, Alfa Julia, Maria Ulfa dan Muhamad Fatoni Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 152 Halaman ISBN : 978-623-497-424-9 Sinopsis Kurikulum Baru yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan warna baru dalam pendidikan di Perguruan Tinggi. Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan gagasan program yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan empat kebijakan utama yakni pembukaan program studi baru, sistem akreditasi kampus, kampus negeri badan hukum serta hak belajar tiga semester di luar Program Studi dengan tujuan mengoptimalkan kompetensi mahasiswa dalam menguasai berbagai bidang ilmu sebagai bekal kiprah di dunia kerja dan masyarakat. Adaptasi dan penyesuaian MBKM hendaknya sejalan dengan visi-misi Universitas sehingga capaian kompetensi dan lulusan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya Kebijakan dan praktik MBKM di kampus hendaknya direspon positif sebagai upaya meningkatkan citra kampus sebagai penyelenggara MBKM. Dalam buku ini akan di jelaskan bagaimana konsep dan juga pengaplikasiannya terhadap pendidikan Perguruan Tinggi.

... foundations and educational technology today. The results showed that MBKM in the context of scientific and technological foundations of Education has two main aspects that are included in the work program of students who follow this ...

LANDASAN PENDIDIKAN

Buku ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) baik untuk Program Studi Pendidikan, Non Kependidkan, maupun bagi mahasiswa perguruan tinggi lain yang mengikuti perkuliahan MKDK /MKDP Landasan Pendidikan atau Pengantar Pendidikan. Buku ajar mata kuliah Landasan Pendidikan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas perkuliahan dengan maksud mahasiswa dapat memperoleh wawasan secara komprehensif dan fungsional tentang konsep, prinsip atau teori kependidikan sebagai persiapan dan bekal awal baik untuk mengikuti perkuliahan selanjutnya. Selain itu, melalui buku ini diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan tugas-tugas kependidikan bila kelak memasuki dunia kerja. Upaya peningkatan kualitas terus dilakukan secara berkesinambungan, demikian pula buku ajar Landasan Pendidikan ini secara bertahap nantinya ada perbaikan sesuai dengan saran-saran yang disampaikan oleh para pemerhati kependidikan dan para pembaca.

... Foundations of Education, Mcmillan Publishing, New York. Kneller, F.G., (1971), Foundations of Education, John Wiley & Sons Inc.United States of America. Mudyahardjo, Redja, (1995), Filsafat Pendidikan (Sebuah Studi Akademik), Jurusan ...

LANDASAN PENDIDIKAN

Buku ini terdiri atas VI Bab, yang satu sama lain saling terkait untuk membentuk wawasan utuh tentang landasan pendidikan khususnya untuk Indonesia. Penyajiannya disusun ke dalam sistematika sebagai berikut: Bab 1 membahas tentang manusia dan pendidikan; Bab 2 membahas mengenai pendidikan dan ilmu pengetahuan; Bab 3 membahas landasan filosofis pendidikan; Bab 4 membahas tentang landasan historis pendidikian Indonesia; Bab 5 membahas mengenai tokoh-tokoh pendidikan nasional; dan Bab 6 membahas mengenai pilar-pilar pendidikan dan pendidikan sepanjang hayat.

Buku ini terdiri atas VI Bab, yang satu sama lain saling terkait untuk membentuk wawasan utuh tentang landasan pendidikan khususnya untuk Indonesia.

LANDASAN PENDIDIKAN

Definisi mengenai pendidikan telah banyak diungkapkan oleh para ahli, salah satunya Kneller dalam bukunya yang berjudul Foundation of Education (1967: 63), yang mengungkapkan bahwa pendidikan dapat dipandang dalam arti luas dan dalam arti teknis, atau dalam arti hasil dan dalam arti proses. Dalam arti luasnya pendidikan menunjuk pada suatu tindakan atau pengelaman yang mempunyai pengaruh yang berhubungan dengan pertumbuhan atau perkembangan jiwa (mind), watak (character), atau kemampuan fisik (physical ability) individu. Pendidikan dalam artian ini berlangsung seumur hidup.

Definisi mengenai pendidikan telah banyak diungkapkan oleh para ahli, salah satunya Kneller dalam bukunya yang berjudul Foundation of Education (1967: 63), yang mengungkapkan bahwa pendidikan dapat dipandang dalam arti luas dan dalam arti ...