Sebanyak 18171 item atau buku ditemukan

Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi)

Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi) PENULIS: Umar Putra ISBN : 978-623-7503-78-1 www.guepedia.com Sinopsis: Assalamu’alaikum, Penulis lahir di Binjai pada tanggal 4 Nopember 1980 dari pasangan Alm. Aminuddin dan Almrh. Asmaniah. Penulis merupakan anak keempat dari empat bersaudara Sri Banun, Sri Erika Sari dan Sri Elvira Sari. Pendidikan dasar penulis tempuh di SD Negeri INPRES 027688 Binjai , SMP Negeri 1 Binjai, SMU Negeri 1 Binjai. Pada Tahun 1999, penulis menamatkan pendidikan di SMU Negeri 1 Binjai dan tahun tersebut lulus test Program Minat dan Prestasi (PMP) di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Jurusan Ekonomi Pembangunan. Pada Tahun 2003, penulis menamatkan pendidikan jenjang sarjana. Pada Tahun 2004 sampai 2010 penulis menjadi Pegawai Pemasaran PT.Indosat, TBK dengan unit kerja Galeri Indosat Kisaran. Pada tahun 2010 sampai 2012 penulis menjadi Kepala Cabang PT. Bimbingan Belajar Primagama Kisaran. Kemudian pada tahun 2012 sampai 2014 penulis bergabung dengan Entrepreneurship Development Program (EDP) sebagai konsultan bisnis di beberapa UMKM di Kota Medan. Tahun 2014, penulis mengikuti Program Pascasarjana di Universitas Negeri Medan di Program Studi Ilmu Ekonomi dan menamatkan pada tahun 2016 dengan predikat “Dengan Pujian”. Tahun 2016 s.d saat ini, penulis menjadi dosen tetap di Universitas Al Azhar, Medan dan mengajar di Program Studi Manajemen. Bidang pakar untuk mata kuliah adalah evaluasi proyek, studi kelayakan bisnis, metodologi penelitian dan ekonomi manajerial. Penulis juga mengajar di kampus lain yaitu STIE Mikroskil, Universitas Islam Sumatera Utara dan Universitas Asahan sebagai dosen tidak tetap. Buku Berjudul Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi) dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2018 sesuai dengan Kontrak Penelitian Nomor : T/44/L1.3.1/PT.01.03/2019. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wahyu Ario Pratomo, M.Ec, Fahmi Natigor, M.Acc, Ak, Ami Dilham, M.Si, Haroni Doli H.Ritonga, M.Si yangt telah memberikan inspirasi untuk bekerjsama dan menyelesakan buku ini dan hormat buat dosen, guru dan orang tua saya Alm,. Jhon Tafbu Ritonga, M.Ec atas inspirasi yang luar biasa serta untuk istri tercinta Syafrida Damanik, ST, MT dan ananda M. Faiz Aliy Yazli serta M. Faiq Yasyfi Hanan. Kasih terndah untuk kalian semua. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi) PENULIS: Umar Putra ISBN : 978-623-7503-78-1 www.guepedia.com Sinopsis: Assalamu’alaikum, Penulis lahir di Binjai pada tanggal 4 Nopember 1980 dari pasangan Alm.

STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN PABRIK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK)

AIR sangat dibutuhkan manusia agar semua bagian tubuh dapat bekerja secara optimal. Kebutuhan masyarakat akan air minum yang layak dan aman dikonsumsi terus meningkat seiring dengan cepatnya pertumbuhan jumlah penduduk. Namun, hal ini diikuti pula dengan peningkatan tingkat pencemaran air. Pentingnya mengonsumsi air yang sehat membuat setiap orang memilih air minum yang berkualitas. Sementara ketersediaan air minum yang berkualitas dan terjamin dari segi kesehatan semakin sulit diperoleh, termasuk di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Salah satu upaya untuk mengatasi persoalan penyediaan air minum adalah dengan adanya teknologi yang dapat menyediakan air bersih siap minum tanpa harus dimasak terlebih dahulu, layak untuk dikonsumsi tanpa membahayakan kesehatan. Air ini kemudian dikemas dalam berbagai jenis dan ukuran kemasan yang kemudian dikenal dengan air minum dalam kemasan (AMDK). Hadirnya buku ini merupakan Salah satu upaya untuk mengatasi persoalan penyediaan air minum dengan adanya teknologi yang dapat menyediakan air bersih siap minum tanpa harus dimasak terlebih dahulu, layak untuk dikonsumsi tanpa membahayakan kesehatan. Air ini kemudian dikemas dalam berbagai jenis dan ukuran kemasan yang kemudian dikenal dengan air minum dalam kemasan (AMDK). Semoga bermanfaat.

AIR sangat dibutuhkan manusia agar semua bagian tubuh dapat bekerja secara optimal.

STUDI KELAYAKAN BISNIS

Pembahasan studi kelayakan bisnis dalam buku ini dimulai dari konsep dan pengertian dasar serta aspek-aspek yang terkait dengan studi kelayakan bisnis. Aspek yang dibahas selain mambahas aspek finansial juga membahas aspek nonfinansial karena keduanya saling berkaitan. Dalam buku cetakan ketiga terdapat beberapa revisi dan tambahan materi di beberapa Bab, yaitu ada tambahan materi Farm Budget di Bab 1, tambahan materi Analisis Risiko di Bab 8, tambahan contoh soal dan ada penyempurnaan pada Tabel Compounding dan Discounting Factor di lampiran.

Pembahasan studi kelayakan bisnis dalam buku ini dimulai dari konsep dan pengertian dasar serta aspek-aspek yang terkait dengan studi kelayakan bisnis.

Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan merupakan sebuah kajian atau penelitian terkait dengan layak tidaknya suatu usaha tersebut dijalankan. Studi kelayakan berupa laporan atau proposal terkait dengan proyek atau gagasan suatu usaha, yang objeknya mengenai berbagai analisis terhadap perencanaan usaha, apakah usaha yang direncanakan akan sukses atau gagal apabila dilaksanakan. Kesuksesan ataupun kegagalan usaha yang dimaksudkan merupakan hasil kajian atau analisis dengan berbagai teori atau perspektif. Hal tersebut dilihat dari aspek barang atau jasa yang akan diperjualbelikan, aspek terpenuhi tidaknya persyaratan untuk dapat berkembang. Pembukaan atau pengembangan bisnis baru senantiasa memerlukan studi kelayakan bisnis meskipun dengan tingkat intensitas yang berbeda-beda. Pengkajian dalam studi kelayakan bisnis meliputi aspek hukum, lingkungan, pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen dan Sumber Daya Manusia, Keuangan. Pada dasarnya studi kelayakan usaha membahas dan mengkaji berbagai macam konsep dasar yang berkaitan dengan keputusan dan proses pemilihan proyek bisnis agar mampu memberikan manfaat ekonomis dan sosial sepanjang waktu. Dalam studi ini, pertimbangan ekonomis dan teknis sangat penting karena akan dijadikan dasar implementasi kegiatan usaha. Oleh karena itu, pemahaman terhadap penyusunan studi kelayakan bisnis sangat penting, baik bagi dunia bisnis maupun bagi dunia akademisi. Dalam berbisnis, semua pengusaha harus memperhitungkan untung dan ruginya yang tidak hanya bergantung pada modal uang, tetapi juga pada sumber daya manusia, profesionalitas dan proporsionalitasnya, semua faktor yang mendukung terlaksananya sebuah bisnis, reputasi, rekanan usaha, dan pengalaman dalam menjalankan usaha. Dengan demikian, hal tersebut menghasilkan suatu pandangan dan kesimpulan mengenai layaknya usaha tersebut dilaksanakan.

Pengkajian dalam studi kelayakan bisnis meliputi aspek hukum, lingkungan, pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen dan Sumber Daya Manusia, Keuangan.

Studi Kelayakan Bisnis

Buku Studi Kelayakan Bisnis ini akan membantu dalam pengambilan keputusan bisnis. Studi kelayakan bisnis dipergunakan dari berbagai kalangan baik individu, pelaku bisnis, pemerintah, investor dan masyarakat lain untuk menilai layak atau tidaknya gagasan bisnis baru. Keberhasilan suatu bisnis yang akan dilakukan, sangat ditentukan oleh studi kelayakan. Pembahasan dalam buku ini menyangkut konsep dasar studi kelayakan bisnis dan berbagai aspek yang dapat mempengaruhi keberhasilan penyusunan dokumen kelayakan bisnis. Buku ini mengupas tuntas berbagai aspek yaitu: pasar, pemasaran, teknik dan teknologi, manajemen, SDM, yuridis, ekonomi sosial politik, lingkungan industri, dan finansial. Buku wajib dibaca oleh Anda yang ingin memulai bisnis. Selamat membaca!

Buku Studi Kelayakan Bisnis ini akan membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

STUDI KELAYAKAN BISNIS (Pedoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0)

Penulis : Drs. H. Nasir Asman, M.M Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 150 Halaman ISBN : 978-623-68720-9-3 Blurb Buku ini membahas terkait teori-teori mengenai studi kelayakan bisnis yang dapat digunakan sebagai acuan dalam memulai bisnis era revolusi industri 4.0 ini. Buku ini sangat bermanfaat bagi pembaca dalam memahami teori-teori dan langkah-langkah dalam memulai sebuah bisnis. Buku ini terdiri atas tujuh bab. Bab pertama membahas tentang pendahuluan yang meliputi Pengertian Studi Kelayakan Bisnis, Tujuan Studi Kelayakan Bisnis, Aspek-Aspek Studi Kelayakan Bisnis, Pelaksanaan Studi Kelayakan Bisnis dan Urgensi Studi Kelayakan Bisnis Era Revolusi 4.0. Bab kedua membahas tentang Aspek Pasar dan Pemasaran yang meliputi Produk/Jasa Yang Dihasilkan, Gambaran Pasar dan Segmen Pasar yang dituju, Proyeksi dan Stategi Pemasaran, Analisis Pesaing dengan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threath) dan Saluran Distribusi. Bab ketiga membahas tentang Aspek Produksi yang meliputi Proses Produksi, Bahan Baku dan Penggunaannya, Kapasitas Produksi dan Rencana Pengembangan Produksi. Bab keempat membahas tentang Aspek Sumber Daya Manusia yang meliputi Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia, Analisis Kebutuhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Rencana Kebutuhan Sumber Daya Manusia. Bab kelima membahas tentang Aspek Pengembangan Usaha yang meliputi Rencana Pengembangan Usaha dan Tahap-Tahap Pengembangan Usaha. Bab keenam membahas tentang Aspek Keuangan yang meliputi Biaya Awal, Rencana Kebutuhan Investasi , Jumlah Modal yang Dibutuhkan, Analisa Kelayakan Investasi dan Penggunaan Modal. Bab ketujuh atau terakhir membahas tentang Aspek Dampak Dan Resiko Usaha yang meliputi Dampak Terhadap Masyarakat Sekitar, Dampak Terhadap Lingkungan, Analisis Resiko Usaha dan Anstisipasi Resiko Usaha.

Penulis : Drs.

22 tahun studi pembangunan pengurangan kemiskinan, pembangunan agribisnis dan revitalisasi pertanian

Issues on poverty eradication, agribusiness development, and agricultural revitalization in Indonesia.

... lapang ” di tengah masyarakat ( dengan laporan yang dinilai ) dan penulisan
naskah “ skripsi " ( yang bisa terkait hasil ... ( tak banyak beda dari pola lama )
telah memperoleh akreditasi " A " dari Panitia bentukan Ditjen Pendidikan Tinggi
.

Studi Kelayakan Bisnis

Edisi Revisi

Buku ini membahas tuntas studi kelayakan bisnis yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan yang hendak membuka usaha atau menanamkan investasi baru. Pembahasan dimulai dari konsep dan pengertian dasar hingga seluruh aspek yang terkait dengan studi kelayakan bisnis, yaitu aspek hukum, pasar dan pemasaran, keuangan, teknik operasi, manajemen, organisasi, ekonomi, sosial, dan lingkungan. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Buku ini membahas tuntas studi kelayakan bisnis yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan yang hendak membuka usaha atau menanamkan investasi baru.

Manajemen Ritel (Teori dan Strategi dalam Bisnis Ritel)

Buku yang ada dihadapan pembaca dengan judul "Manajemen Ritel (Teori & Strategi dalam Bisnis Ritel)” . Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah sebagai bahan referensi dan sekaligus membantu akademisi dan masyarakat umum dalam memahami dan mengerti materi-materi yang tersaji yan berkaitan dengan pelaksanaan membangun usaha ritel. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut, dalam buku ini juga disertakan bentuk studi kasus dan diakhiri dengan sebuah pengayaan berupa tugas agar setiap pembaca bisa secara aplikatif memahami detail tentang bisnis ritel. Materi-materi dalam buku ini diantaranya ialah: o Ruang Lingkup, Paradigma Pengelolaan, Dan Peluang Bisnis Ritel; o Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel; o Strategi Pemasaran Dalam Bisnis; o Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Ritel; o Manajemen Keuangan Dalam Bisnis Ritel; o Pemilihan Lokasi Dalam Bisnis Ritel; o Membangun Manajemen Relasional Dalam Bisnis Ritel; o dll

Buku yang ada dihadapan pembaca dengan judul "Manajemen Ritel (Teori & Strategi dalam Bisnis Ritel)” .