Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

Teknik Pembuatan Akta Akad Pembiayaan Syariah

Buku “Teknik Pembuatan Akta Akad Pembiayaan Syariah (Materi TPA Dua)” merupakan satu-satunya buku di Indonesia yang menganalisis tentang akad pembiayaan syariah secara holistik. Dikatakan holistik, karena dalam buku ini, tidak hanya mengkaji tentang konsep-konsep tentang pembiayaan syariah, namun fokus utamanya pada kajian tentang struktur akta akad pembiayaan syariah, seperti akad mudharabah, musyarakah, dan lainnya. Secara filosofis, penyusunan buku Teknik Pembuatan Akta Akad Pembiayaan Syariah adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan dari mahasiswa Program Studi Magister Kenotariatan di seluruh Indonesia untuk menyusun dan merancang akta-akta yang berkaitan dengan akta akad pembiayaan syariah. Di samping itu, yang menjadi latar belakang penyusunan buku ini adalah karena belum adanya literatur yang mengkaji dan menganalisis secara khusus tentang akta akad pembiayaan syariah. Selama ini, buku yang banyak ditulis oleh para penulis adalah buku yang berkaitan dengan perbankan syariah. Buku ini terdiri atas 12 bab, yang meliputi Bab 1 tentang Pendahuluan, Bab 2 tentang Teknik Pembuatan Akta Akad Pembiayaan Syariah, Bab 3 tentang Konsep Teoritis, Jenis, dan Kegiatan Usaha Bank Syariah, Bab 4 tentang Akta Akad Pembiayaan Mudharabah, Bab 5 tentang Akta Akad Pembiayaan Musyarakah, Bab 6 tentang Akta Akad Pembiayaan Musyarakah Mutanaqishah, Bab 7 tentang Akta Akad Pembiayaan Ijarah, Bab 8 tentang Akta Akad Murabahah, Bab 9 tentang Akta Akad Pembiayaan Istishna, Bab 10 tentang Akta Akad Salam, BAB 11 Akta Akad Pembiayaan Qardh dan Bab 12 tentang Analisis Yuridis terhadap Penelitian Disertasi Dan Tesis Tentang Akta Akad Pembiayaan Syariah. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa S2 Program Studi Magister Kenotariatan, PPAT, PPAT Sementara, PPAT Pengganti, PPAT Khusus, pengusaha di bidang properti, dunia perbankan syariah, pelaku usaha, dan lainnya.

Secara filosofis, penyusunan buku Teknik Pembuatan Akta Akad Pembiayaan Syariah adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan dari mahasiswa Program Studi Magister Kenotariatan di seluruh Indonesia untuk menyusun dan merancang akta-akta yang ...

Akad-akad Syariah

Ketika dunia semakin mengakui nilai-nilai keuangan yang adil dan berkelanjutan, pemahaman yang kokoh tentang akad-akad syariah menjadi semakin penting. Buku ini tidak hanya menjadi sumber pengetahuan bagi mereka yang ingin menjelajahi prinsip-prinsip keuangan Islam, tetapi juga menjadi panduan praktis bagi para praktisi keuangan yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang bagaimana menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam praktik sehari-hari.

Ketika dunia semakin mengakui nilai-nilai keuangan yang adil dan berkelanjutan, pemahaman yang kokoh tentang akad-akad syariah menjadi semakin penting.

Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan

Humas (hubungan masyarakat) merupakan salah satu komponen dalam manajemen yang diperlukan oleh setiap organisasi termasuk perguruan tinggi. Kehadiran humas menjadi salah satu elemen yang sangat menentukan keberlangsungan sebuah perguruan tinggi secara positif. Humas atau biasa dikenal dengan public relations mencakup semua bentuk komunikasi yang terselenggara antara perguruan tinggi yang bersangkutan dengan siapa saja (pribadi/masyarakat) yang berkepentingan. Humas dalam pendidikan memiliki ruang lingkup yang cukup luas sehingga dapat berpengaruh terhadap proses dan hasil dari kegiatan belajar mengajar di sekolah. Rahmania Utari dalam bukunya Public Relation, mengemukakan dua hal yang berkaitan dengan humas dalam pendidikan. Pertama; humas dalam pendidikan adalah rangkaian pengelolaan yang berkaitan dengan kegiatan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat yang dimaksudkan untuk menunjang proses belajar mengajar di lembaga pendidikan bersangkutan. Kedua; aktivitas yang diwujudkan untuk menciptakan kerja sama yang harmonis antara lembaga pendidikan dengan publiknya, dengan melalui usaha memperkenalkan lembaga pendidikan beserta seluruh kegiatannya kepada masyarakat untuk memperoleh simpati dan pengertian mereka. Hal ini memberi gambaran bahwa kegiatan humas memiliki peran yang sangat strategis bagi sebuah organisasi dalam hal ini perguruan tinggi. Humas berperan menciptakan dan memelihara citra perguruan tinggi, sehingga penerimaan dan pemahaman masyarakat terhadap perguruan tinggi sangat ditentukan oleh kerja humas. Profesi humas juga dituntut untuk dapat memahami aspirasi dan kehendak masyarakat, karena keberlangsungan eksistensi sebuah perguruan tinggi sangat ditentukan oleh peran serta masyarakat. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

Humas (hubungan masyarakat) merupakan salah satu komponen dalam manajemen yang diperlukan oleh setiap organisasi termasuk perguruan tinggi.

Manajemen Sumber Daya Manusia : Dasar-Dasar MSDM

Buku Referensi "Manajemen Sumber Daya Manusia : Dasar-dasar MSDM" merupakan panduan komprehensif yang membahas konsep dasar dan praktik manajemen sumber daya manusia dalam organisasi. Dimulai dengan pengertian, ruang lingkup, sejarah, dan perkembangan MSDM, buku ini juga menjelaskan peran serta fungsi utama MSDM dalam mencapai tujuan organisasi. Bab selanjutnya mengulas perencanaan SDM, termasuk strategi rekrutmen dan seleksi yang efektif untuk memastikan organisasi mendapatkan kandidat yang tepat. Selain itu, buku ini menekankan pentingnya pengembangan karyawan melalui pelatihan dan manajemen kinerja untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas. Bagian berikutnya membahas sistem kompensasi dan tunjangan, menguraikan komponen, struktur, serta evaluasi kompensasi yang adil dan kompetitif untuk memotivasi karyawan. Bab terakhir fokus pada hubungan industrial dan kesehatan kerja (K3), menyoroti pentingnya hubungan harmonis antara manajemen dan karyawan serta penerapan kebijakan K3 untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Dengan pendekatan praktis dan pembahasan mendalam, buku ini sangat cocok bagi mahasiswa, praktisi, dan profesional yang ingin mengembangkan keahlian dalam MSDM.

Buku Referensi "Manajemen Sumber Daya Manusia : Dasar-dasar MSDM" merupakan panduan komprehensif yang membahas konsep dasar dan praktik manajemen sumber daya manusia dalam organisasi.

Pengantar Bisnis dan Lembaga Ekonomi Islam

Teori dan Aplikatif di Era Digital

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, khususnya di dunia bisnis, telah menciptakan bentuk dan cara baru dalam berbisnis. Misalnya, praktik jual beli online, munculnya e-commerce, platform crowdfunding, dan sistem digitalisasi lainnya. Semuanya itu tentunya menghadirkan kemudahan dan keleluasaan dalam berbisnis, tidak hanya bagi produsen dan distributor, konsumen juga telah merasakan manfaatnya. Namun, sebagai seorang Muslim, bagaimana kita menyikapinya? Perubahan dan kondisi terkini di dunia bisnis, yang merupakan dampak dari kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak serta-merta dapat mengubah hukum-hukum Islam. Sejatinya, setiap perkembangan IPTEK dikembalikan atau disandarkan kepada hukum-hukum Islam, Kondisi tersebut menuntut seorang Muslim memiliki pemahaman mendalam terhadap praktik bisnis melalui pendekatan fikih. Sebab, telah menjadi kewajiban seorang Muslim ketika bermuamalah bisnis, harus mengikuti ketentuan syariat Islam. Dengan demikian, buku ini hadir untuk melengkapi dan menambah referensi bagi pembaca agar dapat memahami dengan baik konsep bisnis Islami, serta lembaga bisnis di era digital ini. Konsep-konsep seperti bisnis syariah, bekerja dan kepemilikan dalam Islam, syirkah, riba, jual-beli, etika bisnis, koperasi syariah, dan Baitul Maal wa Tamwil (BMT) disuguhkan dengan jelas dan sistematis oleh penulis. Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh para entrepreneur Muslim dan pelaku bisnis Muslim. Selain itu, juga cocok dibaca oleh para mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum yang ingin mempelajari bisnis dan lembaga ekonomi Islam secara general. Buku persembahan penerbit PrenadaMediagroup #Kencana

... Bank Syariah . Yogyakarta : UII Press . Muhammad . 2007. Prinsip - prinsip Ekonomi Islam . Yogyakarta : Graha Ilmu ... Introduction to Islamic Microfinance . International Institute of islamic Business and Finance . Publis- hed by ...

BUKU AJAR DIGITAL MARKETING

Buku Ajar Digital Marketing ini sebagai buku panduan komprehensif yang mengulas pentingnya Digital Marketing dalam proses pemasaran pada saat ini. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya Program Studi Manajemen atau bidang Ilmu terkait lainnya. Buku ini umum dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah Digital Marketing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari Pengantar dan Konsep Dasar Digital Marketing, Analisis pasar online: lingkungan mikro, Analisis pasar online: lingkungan makro, Strategi pemasaran digital, Dampak media digital dan teknologi pada bauran pemasaran, Relationship marketing menggunakan platform digital, Customer experience, Ciri-ciri media digital, Jenis-jenis Promosi Digital, Komunikasi pemasaran menggunakan media digital, Evaluasi dan peningkatan kinerja media digital, Praktik pemasaran digital bisnis-ke-konsumen beserta contoh, dan di tutup dengan materi tentang Bagaimana teknologi digital dapat mendukung pemasaran. Buku Ajar Digital Marketing merupakan referensi penting untuk memberikan pemahaman terhadap digital marketing. Buku ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

... syariah, direktur marketing asuransi syariah, direktur pemasaran di bidang teknologi informasi dan direktur utama di industri umum dan perdagangan dibawah grup EASCO Holding Company. Secara Akademisi, penulis adalah dosen tetap pada ...

STRATEGI BISNIS PENGUSAHA NAHDLIYIN ; Menguak Rahasia Sukses Melalui Inovasi Digital dan Kolaborasi Pengetahuan

Dunia bisnis telah mengalami perubahan yang luar biasa, terutama dengan kemajuan teknologi digital dan globalisasi yang terus berlanjut. Pengusaha Nahdliyin, sebagai bagian integral dari Nahdlatul Ulama, menawarkan perspektif unik dengan memadukan nilai-nilai keislaman yang kokoh dengan inovasi digital dan kolaborasi pengetahuan. Buku ini mengundang pembaca untuk menjelajahi dunia bisnis Nahdliyin, memahami strategi mereka, dan meresapi kearifan dalam menghadapi perubahan.

... Syariah Marketing Tactic Prinsip #9: Be Honest with Your 4 Ps (Marketing-Mix) Marketing mix yang dimaksud adalah bagaimana mengintegrasikan tawaran dari perusahaan (company's offers) dengan akses yang tersedia (company acces). Proses ...

Manajemen Pembiayaan Syariah

Teori dan Aplikasi Terkini

Pembiayaan syariah memiliki peran penting dalam sistem ekonomi Islam karena bertujuan untuk menciptakan keadilan, keseimbangan, dan keberlanjutan dalam aktivitas ekonomi. Dalam Islam, pembiayaan tidak hanya berfokus pada aspek finansial, tetapi juga mempertimbangkan prinsip-prinsip moral dan etika yang terkandung dalam syariat. Berbeda dengan sistem konvensional, pembiayaan syariah menghindari riba (bunga), gharar (ketidakpastian), dan maisir (spekulasi). Buku ini mengupas berbagai aspek manajemen pembiayaan syariah yang terdiri atas 12 bab, yaitu: Prinsip Dasar Ekonomi Syariah, Landasan Hukum Pembiayaan Syariah, Struktur dan Proses Pembiayaan Syariah, Analisis Kelayakan Pembiayaan Syariah, Strategi Pemasaran Pembiayaan Syariah, Skema Pembiayaan Musyarakah, Skema Pembiayaan Istishna dan Salam, Skema Pembiayaan Rahn, Skema Pembiayaan Mutsaqah, Muzaraah, dan Mukharabah, Pembiayaan Hijau dan Berkelanjutan, Etika dan Profesionalisme dalam Pembiayaan Syariah, Kebijakan dan Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah.

... Mikro , Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Jepara . Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa , 9 ( 2 ) , 255-268 . https ... Sharia Gold Financing At Modern Islamic Financial Institutions ( Case Study in Bank BRI Syariah Branch of ...