Sebanyak 35325 Textbook ditemukan

Dasar-Dasar Teori Hukum Tata Negara

Perspektif dan Praktik

Hukum Tata Negara adalah bidang yang sangat dinamis dan esensial dalam pembentukan serta pengembangan sistem pemerintahan yang demokratis dan berkeadilan. Pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dasar Hukum Tata Negara sangat diperlukan untuk dapat menginterpretasikan, mengkritisi, dan mengimplementasikan hukum secara efektif dalam kehidupan bernegara. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman tersebut. Buku ini terdiri dari 16 bab yang disusun secara sistematis sebagai berikut: Pengantar Teori Hukum Dalam Tata Negara; Sejarah Teori Hukum Dalam Tata Negara; Konstitusionalisme dan Teori Hukum; Prinsip Kedaulatan Rakyat Dalam Tata Negara; Hak Asasi Manusia dan Tata Negara ; Pembagian Kekuasan Dalam Pemerintahan; Hukum Administrasi Negara dan Teori Kontrol; Mahkamah Konstitusi dan Penjagaan Keadilan Melalui Judicial Review; Teori Legislasi Dalam Tata Negara; Teori Hukum dan Kebijakan Publik; Konflik Hukum dan Resolusi Dalam Tata Negara; Korupsi dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik; Teori Hukum dan Perlindungan Lingkungan; Teknologi Informasi dan Perubahan Hukum Tata Negara; Minoritas dan Kelompok Rentan Dalam Tata Negara; Metode Penelitian Dalam Teori Hukum Tata Negara.

... constitutional law in Latin America : Trends and challenges * . In Law and Society in Latin America . Routledge . Van Den Berge , L. ( 2022 ) . Ancient Greek Nomos and Modern Legal Theory : A Reappraisal . Netherlands Journal of Legal ...

Pembentukan Produk Hukum Daerah: Segi-segi Teoretik, Dinamika, dan Pergumulan dalam Praktik

Buku ini mengawali pembahasannya dengan menguraikan kedudukan norma hukum dalam kehidupan masyarakat dan bagaimana norma hukum tersebut menjadi norma tertulis yang mengejawantah dalam beberapa bentuk instrumen hukum, seperti peraturan perundang-undangan, legislasi semu, putusan pengadilan, keputusan dan Tindakan Badan/Pejabat Tata Usaha Negara, serta perjanjian. Dan untuk mendapatkan gambaran mengenai aspek historis, pada Bab Dua dijelaskan bagaimana perkembangan peraturan perundang-undangan sejak masa Hindia Belanda sampai dengan saat ini termasuk hierarki peraturan perundang-undangan yang ada saat itu dan siapa yang berwenang untuk menyusunnya. Bab Tiga buku ini menjelaskan tentang kewenangan dan aspek pembentukan produk hukum daerah, serta bentuk norma yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan. Selanjutnya diuraikan mengenai asas, prosedur, dan partisipasi masyarakat dalam pembentukan produk hukum daerah, urgensi naskah akademik dalam penyusunan rancangan peraturan daerah, serta bagaimana pelaksanaan evaluasi terhadap produk hukum daerah, terutama peraturan daerah. Pada Bab berikutnya dikemukakan mengenai kedudukan, fungsi dan materi muatan produk hukum daerah yang berbentuk pengaturan dan penetapan. Penjelasan penting dalam bab ini adalah uraian tentang bagaimana mengidentifikasi masalah yang akan diatur, tujuan yang ingin dicapai, peraturan perundang-undangan yang terkait (baik vertikal maupun horizontal), termasuk pembahasan tentang bagaimana merumuskan ruang lingkup pengaturan, elemen pengaturan, dan sistematika produk hukum daerah. Selanjutnya Bab Lima menjelaskan mengenai ragam bahasa peraturan perundang-undangan, termasuk apa yang menjadi ciri khasnya sebagai ragam bahasa hukum. Untuk melengkapi pemahaman dalam merumuskan norma hukum dalam redaksi pasal. Bab ini juga menguraikan kategori, relasi, wujud dan sifat norma dalam peraturan perundang-undangan. Selain itu, bab ini mengemukakan dua bahasan penting yang kerap terlewatkan dalam penyusunan peraturan perundang-undangan, yaitu kesalahan teknis penulisan (clerical error) dan pemakaian tanda baca. Buku ini ditutup dengan penjelasan mengenai pengarusutamaan beberapa isu yang harus menjadi dasar dalam penyusunan norma, seperti hak asasi manusia, tujuan pembangunan berkelanjutan dan kesetaraan gender. Dalam bab ini, diuraikan mengapa ketiga hal tersebut harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penyusunan produk hukum daerah.

Buku ini mengawali pembahasannya dengan menguraikan kedudukan norma hukum dalam kehidupan masyarakat dan bagaimana norma hukum tersebut menjadi norma tertulis yang mengejawantah dalam beberapa bentuk instrumen hukum, seperti peraturan ...

Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia (Suatu Kajian Teoritis dan Praktis)

Buku kategori hukum berjudul Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia (Suatu Kajian Teoritis dan Praktis) karya Dr. Drs. Arnold Poli, S.H., M.AP. Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan salah satu bagian materi terpenting dalam “Ilmu Perundang-undangan” secara teoretis merupakan fase keterampilan terakhir yang harus dimiliki oleh seorang perancang peraturan perundang-undangan (Legal Drafter) sehingga dapat menjawab tujuan pembangunan hukum nasional yaitu menuju pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik. Berbicara mengenai teknik penyusunan peraturan perundang-undangan di Indonesia seakan-akan tidak pernah habis, dan lekat dimakan waktu tetapi sebaliknya akselerasi seiring perkembangan zaman yang ditandai dengan pasca reformasi dan amandemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Embrio inilah yang bermuara pada terjadinya dinamika teknik penyusunan peraturan perundang-undangan yang mau tidak mau harus dihadapi dan dipelajari.

Buku kategori hukum berjudul Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia (Suatu Kajian Teoritis dan Praktis) karya Dr. Drs.

TEKNIK PERANCANGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Buku ini mengulas dan memberikan contoh bagaimana teknik penyusunan Naskah Akademik mulai dari sistematika dan teknik penyusunan naskah akademik, kemudian terkait dengan teknik penyusunan peraturan perundang-undangan, mulai dari kerangka peraturan perundang-undangan, hal-hal khusus yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, dan teknik perumusan sanksi dalam peraturan perundang-undangan.

Buku ini mengulas dan memberikan contoh bagaimana teknik penyusunan Naskah Akademik mulai dari sistematika dan teknik penyusunan naskah akademik, kemudian terkait dengan teknik penyusunan peraturan perundang-undangan, mulai dari kerangka ...

Ilmu perundang-undangan dan legal drafting

Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, konsep hukum beserta dasar filosofis, hukum, politik, dan sosial harus diperhatikan. Dalam rangka mengatur masyarakat, negara, dan negara, dan juga ilmu hukum sangat diperlukan.

Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, konsep hukum beserta dasar filosofis, hukum, politik, dan sosial harus diperhatikan. Dalam rangka mengatur masyarakat, negara, dan negara, dan juga ilmu hukum sangat diperlukan.

Legal Drafting

JUDUL BUKU : Legal Drafting PENULIS : Adhe Ismail Ananda,Annisa Nurul Irviani, Nelisari,Rifka Wahyuni, St.Afini Zasmika.G, Gadriawati, Nur Hikmawati NO. QRCBN : 62-39-4034-837 PENERBIT : GUEPEDIA TAHUN TERBIT : Oktober 2023 JENIS BUKU : BUKU HUKUM, NON FIKSI KONDISI BUKU : BUKU BARU / BUKU ORIGINAL ASLI, LANGSUNG DARI PENERBITNYA Sinopsis : Legal drafting adalah kegiatan praktik hukum berupa penyusunan/perancangan Peraturan Perundang-undangan. Buku ini menjelaskan kepada pembaca seputar teori dan dasar-dasar penyusunan peraturan perundang-undangan dan pembentukan peraturan perundang-undangan yang meliputi proses, tata susunan (hierarki), jenis-jenis, fungsi dan materi muatan yang harus dituangkan dalam peraturan perundang-undangan. Buku ini dapat membantu para mahasiswa, teoritisi, teknisi dan mereka yang berhubungan dengan pembentukan peraturan perundang-undangan agar dapat memahami permasalahan tersebut secara lebih baik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

JUDUL BUKU : Legal Drafting PENULIS : Adhe Ismail Ananda,Annisa Nurul Irviani, Nelisari,Rifka Wahyuni, St.Afini Zasmika.G, Gadriawati, Nur Hikmawati NO. QRCBN : 62-39-4034-837 PENERBIT : GUEPEDIA TAHUN TERBIT : Oktober 2023 JENIS BUKU : ...

Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan

Buku " Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan" merupakan karya komprehensif yang mengupas tuntas perkembangan dan implementasi teknologi dalam dunia pembelajaran modern. Dimulai dengan pembahasan fundamental tentang pengertian, ruang lingkup, dan sejarah perkembangan teknologi pembelajaran, buku ini memberikan landasan kuat bagi pembaca untuk memahami pentingnya teknologi pembelajaran di era digital. Dalam pembahasan selanjutnya, buku ini secara sistematis mengeksplorasi berbagai model dan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi, mulai dari Computer-Based Training (CBT), Web-Based Learning (WBL), hingga inovasi terkini seperti Mobile Learning, Virtual Reality, dan Augmented Reality. Setiap bentuk teknologi pembelajaran dibahas secara mendalam mencakup konsep, karakteristik, jenis, pengembangan, dan evaluasinya, memberikan pemahaman yang utuh tentang implementasi teknologi dalam pembelajaran. Pada bagian akhir, buku ini membahas tren dan inovasi teknologi pembelajaran masa depan, termasuk peran Artificial Intelligence (AI), Big Data, Internet of Things (IoT), dan Blockchain dalam pembelajaran. Tidak hanya itu, buku ini juga mengangkat isu-isu kritis seperti tantangan implementasi dan etika penggunaan teknologi pembelajaran, serta memberikan arahan dan rekomendasi untuk pengembangan teknologi pembelajaran di masa depan, menjadikannya sebagai referensi yang sangat relevan bagi para pendidik dan praktisi pendidikan dalam menghadapi transformasi digital di dunia pendidikan.

Buku " Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan" merupakan karya komprehensif yang mengupas tuntas perkembangan dan implementasi teknologi dalam dunia pembelajaran modern.

Evaluasi Pendidikan dalam Ranah Kajian Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian. Pembaharuan kurikulum di masa sekarang memberikan sebuah pemahaman baru jika penilaian bukanlah sekadar angka melainkan bentuk evaluasi yang mendidik. Maka istilah evalusi pendidikan dimaknai sebagai proses untuk menentukan tingkat pencapaian siswa dalam proses pembelajaran. Akan tetapi bentuk evaluasi yang diberikan kepada siswa harus sesuai prinsip dan prosedur UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hadirnya buku ini sedikit banyak akan memaparkan konsep evaluasi pendidikan sesuai kontekstual pendidikan agama Islam masa kini. Ada berbagai tingkat pendidikan yang dikemas dalam buku ini. Harapannya buku ini mampu membuka pemikiran pembaca untuk menciptakan peluang dan solusi menghadapi tantangan evaluasi pendidikan saat ini.

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian.

Pengembangan Sistem Evaluasi PAI : Menuju Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Islam

Buku "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu pendidik, guru, dan praktisi pendidikan dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan sistem evaluasi yang efektif dalam konteks pendidikan agama Islam. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar evaluasi PAI, desain sistem evaluasi, implementasi, dan jenis evaluasi formatif dan sumatif yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan agama Islam. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses evaluasi PAI dan memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Pentingnya inklusivitas dalam sistem evaluasi PAI juga menjadi sorotan dalam buku ini, dengan penekanan pada bagaimana mengakomodasi beragam gaya belajar dan memahami kebutuhan siswa khusus. Selain membahas evaluasi siswa, buku ini juga mengeksplorasi evaluasi kinerja guru PAI, dengan fokus pada pengembangan guru melalui hasil evaluasi. Dengan panduan praktis, penelitian yang mendalam, dan contoh-contoh kasus, "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" menjadi sumber daya berharga bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui sistem evaluasi yang lebih baik.

... Teknologi Pendidikan: Memanfaatkan teknologi pendidikan untuk memfasilitasi pembelajaran guru PAI melalui platform daring, webinar, atau sumber daya online. 7) Evaluasi Berkala: Melakukan evaluasi berkala untuk mengukur kemajuan guru ...

EVALUASI PEMBELAJARAN: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas instrumen, serta teknik analisis data yang relevan dengan konteks PAI. Buku ini mengintegrasikan berbagai konsep evaluasi, teori-teori evaluasi, dan pendekatan modern yang mencakup neurosains, teknologi, dan kebijakan pendidikan dalam dunia pendidikan Islam. Dimulai dengan urgensi evaluasi dalam konteks pendidikan Islam, buku ini menguraikan pentingnya evaluasi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Dalam bab-bab selanjutnya, pembaca akan dibimbing untuk memahami konsep dan pendekatan evaluasi yang digunakan dalam PAI, serta perbedaan antara teori-teori evaluasi dari konteks Islam dan Barat. Buku ini juga membahas desain dan pendekatan evaluasi dalam penelitian, serta bagaimana teknik-teknik validasi dan reliabilitas instrumen dapat memastikan keakuratan dan keandalan evaluasi. Pembaca diajak untuk mengeksplorasi analisis data dalam evaluasi PAI, serta tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi terkait dengan etika dan bias dalam evaluasi pendidikan. Selain itu, buku ini mengkaji model evaluasi berbasis riset, serta penerapan kebijakan evaluasi dan perancangan kebijakan berbasis evaluasi, untuk memastikan bahwa kebijakan pendidikan yang diambil berbasis pada hasil evaluasi yang valid dan objektif.

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas ...