Sebanyak 35325 Textbook ditemukan

Manajemen Strategis Perusahaan (Corporate Strategic Management).

Strategic management is the effort of managing an organization's resources to achieve its goals and objectives, by involving setting goals, analyzing the competitive environment, analyzing internal organizations, evaluating strategies, and ensuring that management rolls out strategies throughout the organization.Strategic management is divided into several schools of thought, namely (1) a prescriptive approach to strategic management describes how strategy should be developed, (2) a descriptive approach focuses on how strategy should be put into practice.In business, strategic management is important because it allows a company to analyze areas for improving its operational effectiveness, by identifying potential threats and opportunities, or simply following general guidelines. Given the organizational structure, companies may choose to follow a prescriptive or descriptive approach to strategic management. Furthermore, if a prescriptive model is applied, it means that strategies are outlined for development and implementation. In contrast, a descriptive approach describes how companies can develop this management strategy.Indonesian abstract :Manajemen strategis adalah upaya pengelolaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan dan sasarannya, dengan melibatkan penetapan tujuan, menganalisis lingkungan kompetitif, menganalisis organisasi internal, mengevaluasi strategi, dan memastikan bahwa manajemen meluncurkan strategi di seluruh organisasi. Manajemen strategis dibagi menjadi beberapa aliran pemikiran , yaitu (1) Pendekatan preskriptif untuk manajemen strategis menguraikan bagaimana strategi harus dikembangkan, (2) pendekatan deskriptif berfokus pada bagaimana strategi harus dipraktikkan. Dalam bisnis, manajemen strategis penting karena memungkinkan perusahaan untuk menganalisis area untuk peningkatan keefektifan operasionalnya, dengan mengidentifikasi potensi ancaman dan peluang, atau hanya mengikuti pedoman umum. Mengingat struktur organisasi, perusahaan dapat memilih untuk mengikuti pendekatan preskriptif atau deskriptif untuk manajemen strategis. Selanjutnya, jika diterapkan model preskriptif, maka berarti strategi diuraikan untuk pengembangan dan pelaksanaan. Sebaliknya, pendekatan deskriptif menggambarkan bagaimana perusahaan dapat mengembangkan manajemen strategi ini.

Strategic management is the effort of managing an organization's resources to achieve its goals and objectives, by involving setting goals, analyzing the competitive environment, analyzing internal organizations, evaluating strategies, and ...

Perilaku Organisasi

Judul : Perilaku Organisasi Penulis : Edwin Perdana Adiwijaya & Ali Imron Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 324 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7168-91-7 No. E-ISBN : 978-634-7168-90-0 (PDF) Terbitan : Maret 2025 SINOPSIS Buku Perilaku Organisasi ini menyajikan kajian mendalam tentang bagaimana individu dan kelompok berinteraksi di lingkungan kerja, serta dampaknya pada kinerja organisasi. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku ini mengupas berbagai faktor yang memengaruhi perilaku organisasi, seperti budaya, motivasi, kepemimpinan, komunikasi, dan pengambilan keputusan. Selain itu, buku ini juga membahas isu-isu terkini seperti perubahan organisasi, inovasi, dan pengaruh teknologi dalam dunia kerja. Ditujukan bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi manajemen, buku ini dirancang sebagai panduan esensial untuk memahami serta mengelola perilaku organisasi secara efektif. Dengan pendekatan sistematis dan penggunaan studi kasus yang relevan, pembaca akan mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan. Buku ini menawarkan perspektif yang kaya dan mendalam tentang dinamika organisasi, menjadikannya sumber daya yang tak ternilai bagi siapa saja yang tertarik dalam pengembangan organisasi dan manajemen sumber daya manusia.

... Organizational Behavior (19th ed.). Pearson. Greenberg, J. (2020). Behavior in Organizations (11th ed.). Pearson. Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson, M. J. (2021). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment ...

Perekonomian Indonesia

Buku ini merupakan buku ajar yang penulis susun dalam rangka menyediakan bahan ajar dan bacaan bagi mahasiswa maupun dosen pada Jurusan Akuntansi Program S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha. Buku ini dibuat untuk menunjang pembelajaran mata kuliah Perekonomian Indonesia, serta dapat juga sebagai bacaan tambahan untuk Jurusan lain di Lingkungan Fakultas Ekonomi untuk referensi. Buku ini terdiri dari 10 bab yang menjelaskan mengenai kondisi perekonomian di Indonesia, sebelum masa kemerdekaan, setelah Indonesia Merdeka, masa reformasi, dan kondisi perekonomian saat ini, serta kebijakan perekonomian yang telah dibuat selama periode yang berbeda. Soal latihan dan tambahan kasus diberikan diakhir setiap bab untuk memudahkan pembaca memahami materi.

Buku ini dibuat untuk menunjang pembelajaran mata kuliah Perekonomian Indonesia, serta dapat juga sebagai bacaan tambahan untuk Jurusan lain di Lingkungan Fakultas Ekonomi untuk referensi.

ESENSI PENGUKURAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN: Teori dan Praktik

Pengukuran dan evaluasi pendidikan merupakan komponen krusial dalam proses pembelajaran yang efektif. Buku ini mengupas tuntas esensi pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan, menggabungkan teori mendalam dengan praktik nyata yang relevan di lapangan. Dengan pendekatan yang sistematis, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar hingga aplikasi praktis, mencakup berbagai metode penilaian yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ditulis oleh ahli di bidangnya, buku ini adalah sumber daya yang tak ternilai bagi pendidik, peneliti, dan mahasiswa yang ingin memahami dan menerapkan pengukuran serta evaluasi pendidikan secara komprehensif dan tepat. Berbeda dari buku evaluasi pendidikan lainnya, buku ini tidak hanya menyajikan teori dan konsep, tetapi juga dilengkapi dengan studi kasus nyata, panduan langkah demi langkah, dan alat evaluasi yang dapat langsung digunakan. Selain itu, buku ini juga menyoroti perkembangan terbaru dalam teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi. Dengan demikian, buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.

... teknologi pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengukuran dan evaluasi . Dengan demikian , buku ini menawarkan pendekatan yang holistik dan praktis yang menjadikannya lebih unggul dan ...

EVALUASI PEMBELAJARAN

Buku ini berisikan bahasan tentang konsep, metode, serta implementasi evaluasi dalam proses pendidikan. Evaluasi pembelajaran merupakan langkah penting dalam menilai efektivitas suatu sistem pengajaran, mencakup aspek tujuan, materi, metode, serta hasil belajar peserta didik. Buku ini menguraikan berbagai jenis evaluasi seperti formatif, sumatif, diagnostik, dan autentik, serta menjelaskan bagaimana prinsipprinsip evaluasi dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Buku ini juga mengupas metode serta teknik yang digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran. Berbagai instrumen penilaian seperti tes tertulis, wawancara, observasi, hingga teknologi digital dalam evaluasi pendidikan dibahas secara mendalam. Model-model evaluasi seperti CIPP, Tyler, dan Scriven juga diperkenalkan sebagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan.

... Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar ' , JINOTEP ( Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran ) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran , 133-142 . doi : 7 ( 2 ) , 10.17977 / um031v7i22020p133 . pp . Angkat , S. A. , Wardhani ...

Manajemen Evaluasi Pendidikan - Rajawali Pers

Manajemen pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan paradigma (cara pandang) terhadap hakikat dan fungsi pendidikan. Paradigma baru pendidikan nasional mengacu kepada pengelolaan pendidikan oleh SDM yang profesional. Dalam rangka mengelola sistem pendidikan nasional, ada beberapa prinsip dasar untuk menuju masyarakat Indonesia baru, yaitu: (1) partisipasi masyarakat di dalam mengelola pendidikannya (community based education); (2) demokratisasi proses pendidikan; (3) sumber daya pendidikan yang profesional; dan (4) sumber daya penunjang yang memadai. Keempat faktor ini perlu dikembangkan dan dioptimalkan kemampuannya agar sistem dan manajemen pendidikan mampu memberdayakan manusia Indonesia di masa depan. Untuk melaksanakan paradigma baru dalam implementasi manajemen, maka unsur-unsur manajeman pendidikan Islam harus terakomodir dengan baik, seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), menurut Al-Qur’an. Ketercapaian dan keberhasilan program atau kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui manajemen evaluasi yang dilakukan pada Lembaga Pendidikan Islam, seperti madrasah dan pondok pesantren, akan terlihat dengan jelas dari pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam yang dilakukan. Sehingga amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), dapat terealisasi dengan baik. Buku ini hadir sebagai bentuk upaya dan penegasan bagi pelaku, pemerhati, dan pengambil kebijakan dalam dunia pendidikan, terutama bagi kalangan mahasiswa, khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, yakni UIN/IAIN/STAIN/IAIS/STAIS. Buku ini akan menjelaskan secara jelas dan gamblang tentang manajemen evaluasi dan bagaimana melakukan manajemen suatu program kerja, dan mengevaluasinya, sehingga tujuan dari program kerja yang disusun tercapai dengan baik.

... teknologi pendidikan termasuk di dalamnya teknologi pengukuran dan penilaian prestasi belajar siswa, dalil tersebut sudah mulai luntur. Kini banyak orang khususnya para guru atau pengajar mulai menyadari bahwa masalah pengukuran dan ...

Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Konsep, Pemilihan, Pengembangan dan Evaluasi)

Buku ‘Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Konsep, Pemilihan, Pengembangan, dan Evaluasi’ ini dirancang untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggabungkan penggunaan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif. Buku ini terdiri dari 10 bab yang berisi pembahasan tentang konsep dasar media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran PAI, pemilihan media pembelajaran, pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran sederhana, pengembangan media pembelajaran, pengembangan media berbasis visual, pengembangan media pembelajaran model ASSURE, sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran, dan evaluasi media pembelajaran. Pada bagian pertama disajikan konsep dasar media pembelajaran, landasan penggunaan, ciri-ciri, fungsi, dan kegunaan media pembelajaran. Selanjutnya, pembaca akan diperkenalkan dengan jenis-jenis dan karakteristik media pembelajaran PAI serta pendekatan proses pemilihan media, faktor-faktor dalam pemilihan media, dan kriteria pemilihan media. Selain itu, buku ini juga membahas tentang pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran sederhana, pengembangan media pembelajaran, pengembangan media berbasis visual, pengembangan media pembelajaran model ASSURE, dan pengembangan media pembelajaran model ADDIE, dan evaluasi media pembelajaran. Buku ini juga dilengkapi dengan panduan dan langkah-langkah dalam membuat media pembelajaran sederhana, manual media pembelajaran, serta cara membuat visual. Selain itu, para pembaca juga akan belajar tentang cara memilih sumber belajar yang tepat dan manfaat dari pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Buku ini cocok untuk guru-guru dan mahasiswa yang ingin mempelajari pengembangan media pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam. Dengan membaca buku ini, pembaca dapat memahami konsep dasar, karakteristik, pemilihan, pemanfaatan, pembuatan, pengembangan, sumber belajar, dan evaluasi media pembelajaran dalam pendidikan Agama Islam.

Buku ‘Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Konsep, Pemilihan, Pengembangan, dan Evaluasi’ ini dirancang untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggabungkan ...

Pengantar Hukum Siber Indonesia

Kehadiran buku ini didasari oleh kesadaran akan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang telah mengubah lanskap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Ruang siber, sebagai dimensi baru dalam interaksi sosial dan ekonomi, menghadirkan berbagai peluang sekaligus tantangan yang kompleks, termasuk dalam ranah hukum. Indonesia, dengan populasi digital yang terus bertumbuh dan aktivitas siber yang semakin intens, memerlukan pemahaman yang komprehensif mengenai aspek hukum yang mengatur ruang virtual ini. Buku ini hadir sebagai upaya untuk memberikan pengantar yang sistematis dan mudah dipahami mengenai konsep-konsep dasar dan isu-isu krusial dalam hukum siber Indonesia. Penulis berupaya menyajikan gambaran umum mengenai berbagai peraturan perundang-undangan yang relevan, prinsip-prinsip hukum yang mendasarinya, serta tantangan penegakan hukum di era digital. Beberapa topik utama yang dibahas pada buku ini yaitu: (1) Konsep Dasar Hukum Siber, (2) Sejarah dan Perkembangan Hukum Siber, (3) Landasan Hukum dan Regulasi Hukum Siber di Indonesia, (4) Konsep dan Jenis Tindak Pidana Cyber, (5) Hukum Privasi dan Keamanan Informasi, (6) Cyberbullying dan Tindak Pidana Siber, (7) Forensik Digital, (8) E-Commerce dan Hukum Transaksi Elektronik, (9) Perlindungan Konsumen di Era Digital, (10) Pengawasan Digital (Digital Surveillance), (11) Hukum Kekayaan Intelektual Era Digital, (12) Hukum Artificial Intelligence (AI), (13) Hukum Blockchain dan Cryptocurrency, (14) Hukum Persaingan Usaha dan Monopoli Digital, (15) Hukum Media Sosial dan Etika Digital, (16) Komparasi Hukum Siber di Berbagai Negara.

... siber sering kali harus beradaptasi dengan prinsip-prinsip internasional, memperhatikan perbedaan regulasi antarnegara dan memastikan perlindungan data dan informasi di tingkat global. Daftar Pustaka Bissonette, A. M. . (2009). Cyber law ...