Sebanyak 157 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Pendidikan

Metodologi penelitian merupakan sebuah cara untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, dimana permasalahan tersebut disebut juga dengan permasalahan penelitian. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep metodologi penelitian pendidikan, bab dua tentang perspektif dan pendekatan metodologi penelitian pendidikan, bab tiga tentang fungsi dan ciri metodologi penelitian pendidikan, bab empat tentang perkembangan metodologi penelitian pendidikan, bab lima tentang peranan metode dalam penelitian pendidikan, bab enam tentang jenis-jenis penelitian pendidikan, bab tujuh tentang teknik merumuskan masalah penelitian pendidikan, bab delapan tentang teknik menyusun kajian teori, bab Sembilan tentang perumusan hipotesis penelitian, bab sepuluh tentang variabel penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran, bab sebelas tentang teknik sampling penelitian pendidikan, bab dua belas tentang instrumen pengumpulan data, bab tiga belas tentang metode pengolahan dan analisis data, bab empat belas metode penelitian tindakan kelas, bab lima belas tentang teknik penyusunan sitasi, kutipan dan daftar pustaka.

Bab pertama tentang konsep metodologi penelitian pendidikan, bab dua tentang perspektif dan pendekatan metodologi penelitian pendidikan, bab tiga tentang fungsi dan ciri metodologi penelitian pendidikan, bab empat tentang perkembangan ...

Ulumul Hadist

Buku ini menyajikan pembahasan mengenai kitab Al-Mustadrak Ala al-Shahihain karya Al-Hakim Al-Naisabury, Al-Sunan Al-Kubra karya Imam Al-Baihaqi, dan I’tibar Al-Sanad. Selain itu, juga dibahas mengenai ilmu hadist dirayah dan ilmu hadist riwayah, syarat-syaratnya, macam-macamnya, dan hukum-hukumnya, keadaan dan periwayatan, macam-macam periwayatan, dan hal-hal berkaitan dengannya.

... Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ahmad bin Hanbal dan imam At - Tirmidzi dari sahabat Abdullah bin Amr r.a. 4. Hadis Keempat وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ... Hadis Ketujuh وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كَمْ 74 Ulumul Hadist.

PENGANTAR ILMU EKONOMI

Buku Pengantar Ilmu Ekonomi ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal ilmu Ekonomi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang memuat tentang definisi ilmu ekonomi, sejarah ilmu ekonomi, teori permintaan dan penawaran, teori pasar dan persaingan, distribusi pendapatan, teori uang dan perbankan, sistem ekonomi kapitalis, sistem ekonomi sosialis, sistem ekonomi campuran, globalisasi dan dampaknya ilmu ekonomi, peran pemerintah dalam pengaturan ekonomi, dan sudut pandang etika atas homo economicus.

... Sistem Ekonomi Sosialis....................................................... 127 Sejarah Sistem Ekonomi Sosialis .............................................................. 132 Tokoh Pendiri dan Negara Sistem Ekonomi Sosialis ...

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa. Ini melibatkan pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menerapkan teknologi dalam instruksi, dan melacak kinerja mereka. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep dasar teknologi pendidikan, bab dua tentang pengembangan teknologi pendidikan, bab tiga tentang kawasan & ranah teknologi pendidikan, bab empat tentang teknologi pendidikan dalam membentuk karakter bangsa, bab lima tentang teknologi pendidikan dalam masyarakat, bab enam tentang peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, bab tujuh tentang peningkatan kompetensi guru & dosen melalui teknologi pendidikan, bab delapan tentang perkembangan teknologi komunikasi & dampaknya terhadap pendidikan, bab sembilan tentang pemanfaatan teknologi pendidikan pada pergururuan tinggi, bab sepuluh tentang klasifikasi media pembelajaran, bab sebelas tentang pemanfaatan teknologi pendidikan sekolah, bab dua belas tentang teknologi pendidikan & teori pembelajaran, bab tiga belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam praktik pendidikan, dan bab empat belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam permasalahan pendidikan, bab lima belas tentang penerapan teknologi pendidikan di negara maju dan berkembang,

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa.

Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Digital

Dalam era di mana teknologi menjadi tulang punggung peradaban manusia, pendidikan tidak bisa lagi berjalan sendiri. Inovasi-inovasi teknologi telah mengubah lanskap pendidikan secara fundamental, membuka pintu-pintu baru menuju pembelajaran yang lebih interaktif, inklusif, dan efektif. Buku berjudul, "Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Modern", merupakan sebuah panduan komprehensif bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan siapa pun yang tertarik dalam memahami peran teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dari penggunaan alat-alat digital dalam kelas hingga pemanfaatan platform pembelajaran daring, buku ini menguraikan beragam strategi dan praktik terbaik untuk memanfaatkan teknologi secara optimal. Buku ini membahas tema-tema menarik meliputi Konsep Teknologi pendidikan di Era Digital, Ruang lingkup Teknologi Pendidikan, Perkembangan Teknologi Pendidikan, Perubahan Paradigma Pembelajaran, Peran Teknologi dalam Pembelajaran, Tantangan dan Peluang, Strategi Mengintegrasikan Teknologi dalam Kurikulum, Implementasi Kurikulum Digital, Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Digital, Etika Penggunaan Teknologi di Pendidikan, Implementasi Teknologi di Sekolah, Implementasi Teknologi di Perguruan Tinggi, serta Rekomendasi Kebijakan Pendidikan berbasis teknologi.

Dalam era di mana teknologi menjadi tulang punggung peradaban manusia, pendidikan tidak bisa lagi berjalan sendiri.

Studi Kelayakan Bisnis

Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis

Studi kelayakan bisnis digunakan untuk mengukur peluang keberhasilan suatu usaha di masa mendatang. Melalui studi kelayakan, bisnis akan didirikan dengan mempertimbangkan latar belakang sejarah dan urgenitas bisnis, deskripsi produk atau jasa, rincian operasi dan manajemen, riset pemasaran, data keuangan, persyaratan hukum dan kewajiban pajak sehingga dapat dievaluasi oleh para stakeholder untuk mengambil keputusan pada langkah berikutnya. Tujuan dari adanya studi kelayakan bisnis meliputi kemudahan perencanaan dan rancangan bisnis, melancarkan pelaksanaan bisnis, memperkecil risiko kerugian, mempermudah pengawasan, dan mempermudah pengendalian. Buku ini membahas tuntas tentang studi kelayakan bisnis. Mulai dari filosofi studi kelayakan hingga tahapan studi kelayakan bisnis. Buku ini mengupas aspek-aspek yang menjadi faktor keberhasilan studi kelayakan bisnis, di antaranya aspek pasar dan pemasaran; aspek ekonomi dan lingkungan; aspek teknis dan teknologi; aspek keuangan; aspek manajemen; dan aspek yuridis. Dengan pembahasan yang menarik ditambah dengan latihan mandiri akan mempermudah pembaca untuk belajar sekaligus mempraktikkan studi kelayakan sebelum membangun sebuah bisnis. Bangun bisnis dengan realistis, manis, dan sukses.

Buku ini membahas tuntas tentang studi kelayakan bisnis. Mulai dari filosofi studi kelayakan hingga tahapan studi kelayakan bisnis.

Buku Ajar Fikih Muamalah

Fikih muamalah merupakan ilmu yang membahas mengenai aturan Allah yang wajib ditaati dan mengatur hubungan antar sesama manusia dalam kaitannya dengan kehartabendaan dalam bentuk transaksi yang modern atau kekinian. Untuk itu ilmu fikih muamalah ini bersifat urgent sebagai bahan ajar mahasiswa dan pemerhati ekonomi Islam dalam mempelajari ekonomi secara mendalam. Buku ini merupakan panduan komprehensif yang membahas prinsip-prinsip dasar dan aplikasi praktis fikih muamalah dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini mencoba membawa pembaca untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam konteks muamalah atau transaksi, bisnis, dan interaksi sosial. Secara terperinci, buku ini mengulas tentang Fikih dan Syariah dalam Islam, Konsep dan Prinsip Dasar Fikih Muamalah, Konsep Akad dalam Muamalah, Transaksi Ribawi dalam Fikih Islam, serta Hukum-hukum yang Berkaitan dengan Berbagai Transaksi dalam Muamalah, seperti Jual Beli, Gadai, Qiradh, Wadi’ah, Wakalah, Kafalah, dan Akad-akad Lainnya. Setiap konsep disertai dengan penjelasan yang mendalam, syarat-syarat yang harus dipenuhi, serta penerapannya dalam konteks nyata. Penulis tidak lupa memberikan tinjauan terhadap konteks kasus-kasus aktual atau kontemporer yang melibatkan muamalah, serta memberikan solusi berdasarkan prinsip-prinsip fikih muamalah. Dengan gaya penulisan yang mudah dipahami dan pendekatan yang sistematis, Buku Ajar Fikih Muamalah ini diharapkan dapat menjadi panduan yang berguna bagi mahasiswa, praktisi, akademisi, dan siapa pun yang tertarik untuk memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip fikih muamalah dalam kehidupan sehari-hari secara lebih mendalam.

Dengan gaya penulisan yang mudah dipahami dan pendekatan yang sistematis, Buku Ajar Fikih Muamalah ini diharapkan dapat menjadi panduan yang berguna bagi mahasiswa, praktisi, akademisi, dan siapa pun yang tertarik untuk memahami dan ...

Praktik Baik Moderasi Beragama Di Madrasah

Judul : Praktik Baik Moderasi Beragama Di Madrasah Penulis : Risna, Dharma Harfin, Nurdin, Isbawahyudin, Ihdiana, Sampara Halik, Nur Asti Sari, Kasmawati, Dina Maryani Z, Dian Fitri Nurmalasari, Sitti Aisyah Ona, Muh. Nurdin A.N., dan Irham Said Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 189 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-528-1 SINOPSIS Buku yang bertajuk “Praktik Baik Moderasi Beragama Di Madrasah” ini sebagai bentuk refleksi ide dan pelaksanaan moderasi beragama pada lingkup Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi, merupakan suplemen tambahan dari sekian banyaknya buku-buku yang membahas tentang “Moderasi Beragama”, terutama yang secara resmi diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Buku ini dimaksudkan sebagai referensi tambahan yang bersifat lebih praktikal bagi segenap pembaca, utamanya yang bekerja dalam lingkup pendidikan madrasah. Buku ini menyajikan bacaan yang lebih ringkas dan praktis dalam memahami pelaksanaan moderasi beragama di madrasah. Agar semakin mudah untuk dipahami oleh para pembaca, maka pada beberapa bagian dari buku ini, sengaja ditampilkan contoh-contoh kasus yang dikemas secara naratif namun mudah untuk dipahami. Sangat diharapkan buku ini dapat memberi penguatan pemahaman bagi guru tentang moderasi beragama dan bagaimana mengimplementasikannya dimadrasah. Penjelasan atau ulasan terkait semua itu, secara lebih mendalam tentang apa itu moderasi beragama, mengapa ia penting dalam konteks Indonesia, serta bagaimana strategi penguatan dan implementasinya secara khusus dimadrasah, dapat dibaca dalam buku ini.

Judul : Praktik Baik Moderasi Beragama Di Madrasah Penulis : Risna, Dharma Harfin, Nurdin, Isbawahyudin, Ihdiana, Sampara Halik, Nur Asti Sari, Kasmawati, Dina Maryani Z, Dian Fitri Nurmalasari, Sitti Aisyah Ona, Muh.

Strategi Dakwah di Era Digital: Menakar Peluang, Tantangan dan Solusinya

Buku "Strategi Dakwah di Era Digital: Menakar Peluang, Tantangan dan Solusinya" membahas bagaimana pesan dakwah dapat disampaikan secara efektif di era digital yang terus berkembang. Buku ini mengulas peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital dalam menyebarkan nilai-nilai agama, serta tantangan yang dihadapi dalam menghadapi berbagai platform dan konten yang bersaing. Dengan memberikan solusi praktis dan strategis, pembaca diajak untuk memahami cara mengoptimalkan dakwah di dunia digital agar tetap relevan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Buku "Strategi Dakwah di Era Digital: Menakar Peluang, Tantangan dan Solusinya" membahas bagaimana pesan dakwah dapat disampaikan secara efektif di era digital yang terus berkembang.