Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

RISET KUALITATIF PUBLIC RELATIONS

Humas atau yang juga dikenal sebagai Public Relations (PR), merupakan peran yang sering dianggap semu di dalam sebuah perusahaan. Manajemen perusahaan seringkali menyangsikan adanya peran PR, bahkan kerap dianggap memiliki peran yang sama seperti bagian pemasaran (marketing). Sehingga kerancuan peran PR di Indonesia ini kemudian banyak yang tidak membuat divisi PR di dalam struktur organisasi dan maksimalisasi peran komunikasi di dalamnya. PR adalah proses komunikasi strategis untuk membangun hubungan harmonis timbal-balik antara oranisasi dengan publiknya. Adapun PR merupakan bagian dari fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisas. Sebagai fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan-kebijaksanaan dan prosedur-prosedur seorang individu atau sebuah organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan menjalankan suatu program untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan dari masyarakat. Sehingga dari sini PR adalah fungsi manajemen strategis yang melakukan upaya peningkatan hubungan baik antara organisasi dengan publiknya melalui penumbuhan serta pengembangan saling pengertian.

Humas atau yang juga dikenal sebagai Public Relations (PR), merupakan peran yang sering dianggap semu di dalam sebuah perusahaan.

Hukum, Etika, dan Kebijakan Media (Regulasi, Praktik, dan Teori)

Media massa memang bukan tuntunan hidup tapi tidak dapat dipungkiri lagi jika media massa menjadi bagian hidup, bahkan tanpa disadari terkadang isi media massa mampu memprovokasi hati manusia untuk intim dengannya. Tidak ada yang salah dalam hal ini, sepanjang isi media yang beragam itu sehat. Ibarat mengonsumsi makanan, akal budi dan hati nurani manusia juga membutuhkan ‘makanan’ yang kandungan nilai kemanusiaan dan kebudayaannya tinggi sehingga mampu untuk kebutuhan interaksi sosial manusia yang ideal. Ketika media menjadi bagian kehidupan manusia. Maka sudah sepatutnya media massa mentransformasikan nilai kemanusiaan dan nilai kebudayaan yang luhur. Sekarang hal ini seolah menjadi utopia, ketika melihat tindak tanduk media massa yang mengejar profit baik itu materi serta keuntungan buat pencitraan atau penanaman idealisme tertentu.

Buku Hukum, Etika, dan Kebijakan Media (Regulasi, Praktik, dan Teori) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.