Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Penyusunan Karya Tulis Ilmiah: Sebuah Teknik Menyusun Karya Tulis Ilmiah yang Efektif

Buku Penyusunan Karya Tulis Ilmiah: Sebuah Teknik Menyusun Karya Tulis Ilmiah yang Efektif memberikan panduan menyeluruh dalam membuat karya tulis ilmiah. Buku ini didesain sepraktis mungkin untuk memudahkan mahasiswa (khususnya mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), akademisi, dan praktisi dalam menyusun karya tulis ilmiahnya. Dari Modul 1 hingga Modul 12 pembaca dibimbing melalui pengantar yang mendalam tentang penyusunan karya tulis ilmiah, kewajiban profesional, dan konsep dasar penulisan ilmiah, serta mempelajari pentingnya menghindari plagiarisme dan memahami etika serta sistematika penulisan karya ilmiah. Buku ini juga mengulas praktik penilisan artikel jurnal, pengginaan aplikasi Mendeley untuk penulisan daftar pustaka, panduan menulis daftar pustaka dan kutipan, serta meningkatkan literasi informasi. Tak hanya itu, pembaca juga dibimbing dalam menentukan topik dan ide karya tulis ilmiah, menyesuaikan artikel dengan template yang tepat, hingga proses korespodensi dan pengiriman ke jurnal atau prosiding. Dengan pendekatan yang terstruktur dan praktis, buku ini menjadi sumber daya yang tak ternilai bagi mahasiswa, praktisi, maupun akademisi yang ingin menghasilkan karya tulis ilmiah berkualitas.

Buku Penyusunan Karya Tulis Ilmiah: Sebuah Teknik Menyusun Karya Tulis Ilmiah yang Efektif memberikan panduan menyeluruh dalam membuat karya tulis ilmiah.

MODEL PEMBELAJARAN IPA SD

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dan guru. Proses pembelajaran berlangsung antar komponen-komponen yang saling berkaitan satu sama lainnya dengan muatan tujuan pendidikan. Di dalam proses pembelajaran terdapat kegiatan interaksi antara guru-peserta didik dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Dalam proses pembelajaran diperlukan adanya peningkatan kualitas pendidikan yang merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan bangsa. Kualitas pendidikan memiliki arti bahwa lulusan pendidkan memiliki kemampuan yang sesuai, sehingga dapat memberikan kontribusi yang tinggi bagi pembangunan. Kualitas pendidikan, terutama ditentukan oleh proses dan hasil belajar mengajar. Untuk membantu siswa dapat belajar dengan baik, maka pembelajaran harus disusun semenarik mungkin, termasuk dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan yang merangsang siswa untuk aktif terlibat di dalamnya. Ada beberapa hal yang dapat digunakan guru dalam menjembatani pembelajaran supaya lebih menyenangkan dan tidak monoton, diantaranya penggunaan bahan ajar, media, metode, dan model pembelajaran. Model pembelajaran IPA yang sesuai untuk anak usia sekolah dasar adalah model pembelajaran yang menyesuaikan situasi belajar siswa dengan situasi kehidupan nyata di masyarakat. Siswa diberi kesempatan untuk menggunakan alat-alat dan media belajar yang ada di lingkungannya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dimaksudkan agar siswa memperoleh pemahaman yang mendalam tentang alam dan menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah.

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dan guru.