Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Memahami Maqashid Al-Syari’ah Perspektif Khaled M. Abou El Fadl dan Jasser Auda

Pembicaraan tentang Maqashid al-Syari’ah atau tujuan hukum Islam senantiasa menarik dan penting untuk dibahas, karena menuntut untuk selalu update seiring dengan kemajuan kehidupan modern dan tuntutan perkembangan zaman. Maqashid al-syari’ah terdiri dari dua kata, maqashid dan syari’ah. Kata maqashid merupakan bentuk jama’ dari maqshad yang berarti maksud dan tujuan, sedangkan syari’ah mempunyai pengertian hukum-hukum Allah yang ditetapkan untuk manusia agar dipedomani untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Maka dengan demikian, maqashid al-syari’ah berarti kandungan nilai yang menjadi tujuan pensyariatan hukum atau tujuan-tujuan yang hendak dicapai dari suatu penetapan hukum. Buku ini ditulis dalam rangka memberikan sumbangan pemikiran secara umum terhadap hukum Islam atau fikih, lebih khusus pada tujuan hukum Islam atau maqashid syari’ah yang menjadi landasan hukum atau fikih Islam. Hal ini dikarenakan hukum Islam harus senantiasa tanggap terhadap persoalan kontemporer yang senantiasa terjadi di dunia modern saat ini dan meminta kepastian hukum. Memahami Maqashid Al-Syari’ah Perspektif Khaled M. Abou El Fadl dan Jasser Auda ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

lagi praktik fikih yang dikualifikasikan sebagai materi keyakinan.76 Sehingga jelas bahwa syariah memiliki keterkaitan yang lebih besar dengan wahyu Ilahi, sedangkan fikih merupakan produk akal manusia atau pengetahuan tentang ketentuan ...

Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam

Buku ini disusun dalam dua bagian: Bagian pertama, Teori dan Praktik Pendidikan Islam Kontemporer, yang terdiri dari: (1) Iqra; Peletak Dasar Pendidikan Islam; (2) Pendidikan Islam yang Mencerdaskan; (3) Konsep Pendidikan Islam Fazlur Rahman; (4) Pendidikan Islam dan Anak Difabel; dan (5) Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional dalam Pendidikan Islam. Bagian kedua, Pendidikan Islam Kontemporer dalam Kajian Psikologi Islam, yang terdiri dari: (1) Multiple Intelegensi dalam Pendidikan Islam: Sebuah Tawaran Membangun Kecerdasan Jiwa (an-nafs Intelligence); (2) Mengembangkan Karakter Anak Secara Qur’anik dan Profetik; (3) Psikologi Sufistik sebagai Basis Pendidikan Multikultural; (4) Nilai-Nilai Psikologi Pendidikan pada Perumpamaan dalam Al-Qur’an; dan (5) Urgensi Psikologi Lintas Agama dan Budaya dalam Pendidikan Islam. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Alivermana Wiguna, M.Ag.]

Buku Isu-isu kontemporer pendidikan Islam ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Alivermana Wiguna, M.Ag.]