Sebanyak 1354 item atau buku ditemukan

Gerakan Abolisionis dan Sejarah Perbudakan di Zaman Kuno

Perbudakan terjadi di peradaban setua Sumeria, serta di hampir setiap peradaban kuno lainnya, termasuk Mesir kuno, Tiongkok kuno, Kekaisaran Akkadia, Asyur, Babilonia, Persia, Yunani kuno, India kuno, Kekaisaran Romawi, Kekhalifahan Islam Arab dan Kesultanan, Nubia dan peradaban pra-Kolombia di Amerika. Perbudakan kuno merupakan campuran dari perbudakan hutang, hukuman atas kejahatan, perbudakan tawanan perang, pengabaian anak, dan kelahiran anak-anak budak menjadi budak.

Perbudakan terjadi di peradaban setua Sumeria, serta di hampir setiap peradaban kuno lainnya, termasuk Mesir kuno, Tiongkok kuno, Kekaisaran Akkadia, Asyur, Babilonia, Persia, Yunani kuno, India kuno, Kekaisaran Romawi, Kekhalifahan Islam ...

Pergerakan Abolitionis dan Sejarah Perbudakan di Zaman Kuno

Perhambaan berlaku dalam peradaban setua Sumer, begitu juga di hampir semua peradaban kuno yang lain, termasuk Mesir kuno, China kuno, Empayar Akkadian, Asyur, Babylonia, Parsi, Yunani kuno, India kuno, Empayar Rom, Khalifah Islam Arab dan Kesultanan, Nubia dan tamadun pra-Columbia di Amerika. Perhambaan kuno mewakili campuran hutang-hamba, hukuman atas kejahatan, perbudakan tawanan perang, pembuangan anak, dan kelahiran anak-anak hamba kepada hamba.

Perhambaan berlaku dalam peradaban setua Sumer, begitu juga di hampir semua peradaban kuno yang lain, termasuk Mesir kuno, China kuno, Empayar Akkadian, Asyur, Babylonia, Parsi, Yunani kuno, India kuno, Empayar Rom, Khalifah Islam Arab dan ...

Sejarah Perhambaan: Dari Zaman dahulu hingga Kolonialisme Sepanyol di Amerika

Sejarah perbudakan merangkumi banyak budaya, kebangsaan, dan agama dari zaman kuno hingga sekarang. Walau bagaimanapun, kedudukan sosial, ekonomi, dan undang-undang hamba telah sangat berbeza dalam sistem perhambaan yang berlainan pada masa dan tempat yang berbeza. Bukti perbudakan mendahului catatan bertulis; amalan ini telah wujud dalam kebanyakan budaya jika tidak. Perhambaan berlaku dalam peradaban setua Sumer, begitu juga di hampir semua peradaban kuno yang lain, termasuk Mesir kuno, China kuno, Empayar Akkadian, Asyur, Babylonia, Parsi, Yunani kuno, India kuno, Empayar Rom, Khilafah Islam Arab dan Kesultanan, Nubia dan tamadun pra-Columbia di Amerika. Perhambaan kuno mewakili campuran hutang-perbudakan, hukuman atas jenayah, perbudakan tawanan perang, pembuangan anak,dan kelahiran anak hamba.

Sejarah perbudakan merangkumi banyak budaya, kebangsaan, dan agama dari zaman kuno hingga sekarang.

Menemukan sejarah

wacana pergerakan Islam di Indonesia

History of Islamic movement in Indonesia.

wacana pergerakan Islam di Indonesia Ahmad Mansur Suryanegara. dunia yang
pertama ... Dr. J.M. Romein , Aera Eropa , Peradaban Eropa sebagai
penyimpangan dari Pola Umum , terjemahan Noer Toegiman , Bandung , 1956 ,
hlm . 106 .

Menapak jejak masa sejarah, Hindu, Budha dan Islam

lewat koleksi Museum Negeri Propinsi Jawa Tengah Ronggowarsito

Belum adanya negara - negara dengan ekonomi · maju di Indonesia memang
hanya didasarkan pada konsepsi bahwa ada suatu koreksi yang dekat antara
kemajuan ekonomi dan kemajuan peradaban . Kecuali mungkin di Jawa Barat
dan ...

Sejarah & eksistensi tasawuf di Kalimantan Barat

Penulisan buku ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh kedua peneliti, dengan judul, “Melacak Akar Sejarah dan Eksistensi Tasawuf di Kalimantan Barat”. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang bagaimana sejarah tasawuf di Kalimantan Barat; eksistensinya dan pengaruhnya pada kehidupan beragama masyarakat sejak awal penyebaran Islam hingga saat ini. Buku yang merupakan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pustaka dan kajian selanjutnya mengenai pola dakwah sufistik yang dikembangkan oleh para ulama di Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sejarah. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan penelusuran kepustakaan terlebih dahulu untuk menemukan bahan awal mengenai keberadaan tasawuf di Kalimantan Barat. Kemudian, peneliti melakukan pengamatan di berbagai markas pembelajaran tasawuf yang ada sekaligus melakukan wawancara kepada pimpinan/pengurus/jama’ah yang dapat ditemui di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode snowballing, dari satu tempat ke tempat yang lain. Data kepustakaan dipadukan dengan data lapangan, untuk kemudian dianalisis secara kritis mengenai keabsahan data yang terkumpul. Selanjutnya dilakukan penulisan kronologis sejarah tasawuf berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya secara bersamaan dengan penampilan (display data). Berdasarkan hasil penelusuran kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan, peneliti menemukan beberapa point penting mengenai sejarah dan eksistensi tasawuf di Kalimantan Barat sebagai berikut: 1) Eksistensi tasawuf diketahui sejak datangnya Syeikh Hussein al-Qadri di Negeri Matan, Ketapang; 2) Perkembangan Tasawuf dimulai sejak murid-murid Syeikh Ahmad Khatib Sambas pulang dari haji dan mengajarkan Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah. Ajaran Syeikh Ahmad Khatib Sambas melalui murid-muridnya ini tidak berlangsung lama, karena ketika mereka wafat, ajaran itu tidak banyak bisa dikembangkan lagi. Kemunculan tokoh-tokoh Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah dari luar Kalimantan Barat, cukup berhasil menumbuhkan kembali semangat bertasawuf, akan tetapi itu pun tidak berlangsung lama. Belakangan, muncul Syeikh Jayadi M. Zaini di Sambas, yang berusaha membangkitkan kembali kejayaan Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah; 3) Banyak tarekat-tarekat lain yang juga eksis dan berkembang di Kalimantan Barat, seperti: Tarekat Naqsyabandiyah Muzhariyah, Tarekat Haq Naqsyabandiyah, Tarekat Al-Mu’min, Tarekat Shiddiqiyah dan Tarekat Sammaniyah; 4) Keberadaan tarekat-tarekat di Kalimantan Barat memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kehidupan beragama masyarakat. Hal ini ditunjukkan oleh 3 (tiga) indikator, yaitu: Pertama, diterimanya Islam dengan baik di masyarakat yang sebelumnya sudah beragama; Kedua, sikap toleransi beragama yang tinggi di Kalimantan Barat; Ketiga, Islamisasi budaya leluhur yang masih berkembang dengan tanpa mengurangi nilai-nilai budaya yang ada.

Berdasarkan hasil penelusuran kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan, peneliti menemukan beberapa point penting mengenai sejarah dan eksistensi tasawuf di Kalimantan Barat sebagai berikut: 1) Eksistensi tasawuf ...

Teknologi Informatika Dengan Pendekatan Kontekstual

Buku ini mengulas tentang system teknologi Informatika dan buku ini di peruntukkan sebagai materi belajar anak dari tingkat dini samapai pada level mahasiswa atau pada bidang tersebut, terutama melengkapi kemampuan dan menjadikan perkembangan pada Teknologi Informatika. Sederhananya penegertian dari Teknologi Informasi adalah fasilitas - fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung dan meningkatkan kualitas bidang infomasi setiap lapisan masyaraka secara cepat dan berkualitas

Buku ini mengulas tentang system teknologi Informatika dan buku ini di peruntukkan sebagai materi belajar anak dari tingkat dini samapai pada level mahasiswa atau pada bidang tersebut, terutama melengkapi kemampuan dan menjadikan ...

DEGUNG KAWIH WANDA ANYAR

Alternatif Model dan Materi Pembelajaran Seni Tradisional Sunda

Buku ini merupakan pengembangan dari penelitian penulis dengan judul ”PENERAPAN MODEL Pembelajaran Gamelan Degung dengan Menggunakan Sistem TABUHAN Jatuhan DENGAN Teknik Dicaruk: Penelitian Quasi Eksperimen Proses Belajar Mengajar Gamelan Degung di SLTP Negeri 26 Bandung”. Hasil penelitian ini kemudian disempurnakan melalui penerapan langsung di SMP Negeri 2 Sukaraja serta SMK Bina Bangsa Kab. Tasikmalaya dalam kurun waktu tahun 2006 sampai 2017. Oleh sebab itu, proses penyusunan buku ini telah melewati beberapa implementasi kurikulum yaitu: kurikulum 94, kurikulum berbasis kompetensi (KBK), kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), dan terakhir Kurikulum 2013, sehingga materi dalam buku ini diharapkan bersifat fleksibel dan relevan dengan situasi serta kondisi kekinian dengan beberapa penyesuaian tentunya. Buku ini tidak dianjurkan dipergunakan langsung oleh siswa, melainkan diperuntukan bagi guru-guru baik SD, SLTP, SLTA, maupun mahasiswa terutama mahasiswa PGSD dan Pendidikan Seni. Bagi guru-guru dapat dijadikan salah satu rujukan model pembelajaran seni sekaligus sumber materi pelajaran dan pengembangan model. Sedangkan bagi mahasiswa selain bisa dijadikan sebagai referensi, juga dapat dipergunakan sebagai bahan kajian dalam rangka pengembangan model pembelajaran lainnya. Buku memuat konsep-konsep realitas dan harapan dalam pembelajaran seni, model-model pembelajaran seni secara umum dan mengerucut pada penggunaan salah satu model pembelajaran seni degung, serta implementasi model pembelajarannya dengan kajian analisis beberapa karya seni genre seni degung kawih wanda anyar. Contoh-contoh partitur disajikan dalam dua bentuk notasi yaitu notasi da-mi-na dan notasi balok musik Barat untuk membantu pembaca yang kurang memahami penulisan musik tradisi Sunda atau sebaliknya. Meskipun demikian, tidak dimaksudkan sebagai penyamaan antara dua budaya musik karena memang secara bunyi tidak sama antara keduanya. Tetapi, diharapkan dapat menjadi jembatan dalam mengasosiasikan bunyi nada agar lebih mudah dipahami. Harapan yang diusung melalui buku ini adalah para guru dapat kembali mengaktualisasikan kembali seni tradisional Sunda yang memang saat ini terasa mulai pudar eksistensinya di masyarakat. Hal ini seiring dengan salah satu fungsi pendidikan seni yang mengemban misi sebagai pengembang dan pelestari seni tradisi budaya Sunda. Kritik dan saran sangat diharapkan demi perbaikan-perbaikan isi buku ini, serta dengan segala kerendahan hati ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku ini, yang tidak bisa dirinci di sini.

Buku memuat konsep-konsep realitas dan harapan dalam pembelajaran seni, model-model pembelajaran seni secara umum dan mengerucut pada penggunaan salah satu model pembelajaran seni degung, serta implementasi model pembelajarannya dengan ...