Sebanyak 9712 item atau buku ditemukan

Akidah Islam Menurut Empat Madzhab

Dalam Islam, perbedaan dalam masalah akidah sejatinya merupakan hal tabu dan dilarang. Berbeda halnya dengan permasalahan fikih yang meniscayakan toleransi dalam perbedaan pendapat, selama masih bersandar kepada dalil-dalil sahih lagi kuat. Banyak dari kita yang menganggap bahwa perbedaan pendapat fikih di antara empat madzhab fikih Islam, dibarengi dengan pemahaman dan keyakinan akidah yang berbeda-beda. Bahkan parahnya lagi, tidak sedikit yang menyimpang dari akidah yang dianut oleh keempatnya. Padahal, para imam itu memiliki akidah yang sama; yaitu akidah Ahlu Sunnah wal Jama'ah, biarpun pendapat fikih mereka acapkali berbeda. Namun yang sangat disayangkan adalah mayoritas kaum muslimin tidak mengetahui hal ini. Akidah imam empat madzhab; Abu Hanifah, Malik, Asy-Syafi'i, dan Ahmad adalah sebagaimana ditegaskan Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad, sesuai dengan apa yang menjadi pegangan para sahabat dan tabi'in. Tidak ada perbedaan diantara mereka dalam masalah ushuluddin (pokok agama). Sungguh perbedaan fikih di antara para imam fikih tidak lantas membuat akidah dan keyakinan mereka pun berselisihan. Bagaimanakah akidah dan keyakinan yang mereka anut? Jawabannya ada didalam buku ini. - Pustaka Al-Kautsar Publisher -

Pemikiran ini –meski benar– namun tertutupi oleh pemikiran lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu permasalahan-permasalahan akidah, politik dan akhlak yang disampaikan oleh fuqaha dan memiliki ikatan erat dengan pemikiran fikih para ...

Akidah Salaf Vs Ilmu Kalam Jilid 2

Akidah Al-Khurasaniyyah #2

Buku ini adalah Jilid Kedua dari Akidah Salaf Vs Ilmu Kalam didalam buku in akan lebih dijelaskan tentang isu-isu akidah dan keislaman yang sering dihembuskan oleh kaum liberal dan sekuler masa kini hanyalah merupakan kelanjutan dari apa yang dihembuskan oleh aliran ahli kalam sebelumnya. dijabarkan oleh Syaikh Abdul Aziz marzuq Ath-Tharifi dengan gamblang akar konflik penyimpangan akidah di dunia Islam serta debat antara ulama salaf dan ahli kalam dalam berbagai tema.

Dalam buku ini, penulis Syaikh Abdul Aziz Marzuq Ath-Tharifi memaparkan dengan gamblang akar konflik penyimpangan akidah di dunia Islam serta debat antara ulama salaf dan ahli kalam dalam beragam tema, seperti; Apakah iman bertambah dan ...

MUTIARA AKIDAH & IBADAT

MUTIARA AKIDAH DAN IBADAT memuatkan persoalan kon temporari yang kerap timbul sejak akhir-akhir ini. Buku ini disediakan dalam dua bahagian iaitu akidah dan ibadat.Soalan yang dimuatkan tidaklah merangkumi kedua-dua topik secara terperinci, namun ia menjurus kepada soalan yang dipilih dan kerap diutarakan. Di setiap bahagian, ada disertakan penerangan ringkas sebagai panduan agar dapat difahami dengan lebih jelas dan sempurna. Hampir semua jawapan disertakan dengan dalil dan nas sandarannya supaya pembaca lebih menyedari akan ketepatan setiap huraian yang diberikan.

MUTIARA AKIDAH DAN IBADAT memuatkan persoalan kon temporari yang kerap timbul sejak akhir-akhir ini.

Buku Pintar Akidah Islam

Buku ini membahas hal-hal mendasar yang wajib diketahui seorang muslim tentang ketuhanan dan kerasulan. Bahasan ini mencakup lima puluh topik penting (aqaid) yang harus dipahami. Kelimapuluh aqaid ini adalah 20 sifat wajib bagi Allah swt, 20 sifat mustahil bagi Allah swt, 1 sifat jaiz bagi Allah, 4 sifat wajib bagi Rasul, 4 sifat mustahil bagi Rasul, dan 1 sifat jaiz bagi Rasul. Kelimapuluh topik dijelaskan secara ringkas dan padat oleh Syeikh Ibrahim dalam buku ini secara argumentatif. Tidak hanya menggunakan basis argumen teks Quran Hadits (dalil naqli) saja, Syeikh Ibrahim juga menggunakan argumentasi rasio (dalil aqli) sehingga mudah dipahami. Pembahasan buku ini juga sangat padat. Karenanya, penerjemah menambahkan beberapa penjelasan agar bisa lebih mudah dicerna. Beberapa penjelasan penting disarikan dari syarah yang ditulis Syeikh Nawawi al-Bantani.

Pembahasan buku ini juga sangat padat. Karenanya, penerjemah menambahkan beberapa penjelasan agar bisa lebih mudah dicerna. Beberapa penjelasan penting disarikan dari syarah yang ditulis Syeikh Nawawi al-Bantani.

Akidah Salaf Vs Ilmu Kalam Jilid 1

Akidah Al-Khurasaniyyah #1

Buku ini berbicara tentang akar konflik akidah di Khurasan. Khurasan sendiri adalah sebuah kota tua di Persia. Kota ini menjadi pusat dan basis interaksi antara akidah salaf dengan ilmu kala (Filsafat). Akidah salaf diwakili oleh dua Ar-Razi, yaitu Abu Hatim ar-Razi dan Abu Zur'ah Ar Razi yang keduanya menerima akidah dari generasi sebelumnya, yaitu para sahabt, tabi'in, dan ulama-ulama salaf. Sementara ilmu kalam banyak terpengaruh Filsafat Yunani yang diwakili oleh aliran Murji'ah, Jahmiyah, Khawarij, Muktazillah, Rafidhah, dll. Dalam buku ini, penulis Syaikh Abdul Aziz Marzuq Ath-Tharifi memaparkan dengan gamblang akar konflik penyimpangan akidah di dunia Islam serta debat antara ulama salaf dan ahli kalam dalam beragam tema, seperti: Apakah iman bertambah dan berkurang, apakah Al-Qura'an makhluk, apakah surga dan neraka diciptakan, dimankah posisi surga dan neraka, apakah Allah bersemayam di atas Arasy, apakah Nabi melihat Allah di dunia, apakah Mizan, Shirat, Arasy, Telaga, Syafaat benar adanya. Juga, apakah siksa dan nikmat kubur dan kebangkitan benar adanya, wajibkah Taat kepada ulil amri, lalu bagaimana hukum belajar ilmu Kalam. siapa dan apa dengan paham Jahmiyah, Muktazilah, Murjiah, Khawarij, Rafidhah? serta beragam tema menarik lainnya. Isyu-isyu akidah dan keislaman yang sering dihembuskan oleh kaum liberal dan sekular masa kini hanyalah merupakan kelanjutan dari apa yang dihembuskan oleh aliran ahli kalam sebelumnya. tak pelak, buku ini layak Anda miliki.

Dalam buku ini, penulis Syaikh Abdul Aziz Marzuq Ath-Tharifi memaparkan dengan gamblang akar konflik penyimpangan akidah di dunia Islam serta debat antara ulama salaf dan ahli kalam dalam beragam tema, seperti; Apakah iman bertambah dan ...

Buku Pintar Akidah Ahlusunnah Waljamaah

Syekh Abdul Qadir al-Jailani mengupas langkah pertama seorang mukmin dalam menata kembali prinsip-prinsip keimanan dan keislamannya (dari tauhid, cinta Nabi, hingga hakikat akhirat) untuk ia terapkan dalam kehidupan. Selain itu, kita diperkenalkan kepada ragam aliran akidah (firqah) yang menyimpang dari ajaran Al-Quran dan sunnah. Dengan itu, kita bisa berhati-hati dalam menghadapi banyaknya aliran sesat dulu dan Sekarang. Ulasan Menyegarkan dan Menyadarkan Tentang Dasar-Dasar Iman Inilah pedoman ringkas mengenai dasar-dasar keimanan bagi kaum muslim berdasarkan pemahaman penganut Ahlussunnah Waljama‘ah dari ulama klasik yang disebut-sebut sebagai Sang Sultan Aulia. "Begitu ringkas, memang. Tapi, bab-bab pendek dalam buku ini kadang bak sepercik api yang mampu membakar keraguan di dada; kadang bak secercah cahaya yang membuat keyakinan di hati menyala-nyala. Diterbitkan oleh penerbit Serambi Ilmu Semesta" (Serambi Group)

Syekh Abdul Qadir al-Jailani mengupas langkah pertama seorang mukmin dalam menata kembali prinsip-prinsip keimanan dan keislamannya (dari tauhid, cinta Nabi, hingga hakikat akhirat) untuk ia terapkan dalam kehidupan.

Antologi kajian pemikiran Islam

abstrak hasil-hasil penelitian tahun 2006

Collection of abstracts of research report for the year 2006 conducted by Syarif Hidayatullah State Islamic University, Jakarta, Indonesia.

abstrak hasil-hasil penelitian tahun 2006 Syamsir Salam, Jaenal Arifin,
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. ... manusia belum
mengalami masa peradaban bahkan belum menerima agama Islam yang
rahmatan lil'alamin itu.

Pengembangan perangkat pembelajaran IPA bervisi sets dengan pendekatan savi

IPA merupakan pengetahuan hasil kegiatan manusia yang aktif dan dinamis tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yaitu teratur, sistematis, berobjek, bermetode dan berlaku secara universal (Suyoso, 1998:23) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan dan dihubungkan dengan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat, merupakan satu kesatuan yang dalam konsep pendidikan mempunyai implementasi agar anak didik mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking). Belajar IPA berdasarkan aktivitas berarti bergerak aktif secara fisik ketika belajar, dengan memanfaatkan indra sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh/pikiran terlibat dalam proses pembelajaran. (Meier 2002:90). Belajar tidak akan berhasil jika hanya menyuruh peserta didik untuk membaca ataupun menulis saja. Pembelajaran yang baik adalah dengan menggunakan multi indra yang menekankan dan mengoptimalkan semua alat indra pada tubuh manusia dan terintegrasi pendidikan karakter. Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan dan dapat berupa kegiatan intra kurikuler maupun ekstra kurikuler. Kegiatan intra kurikuler guru dapat mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter kedalam mata pelajaran dan pada kegiata ekstrakurikuler dilaksanakan di luar jam pelajaran. Batasan pendidikan karakter adalah membudayanya nilai karakter yang telah dikembangkan dan dilaksanakan sehingga peserta didik memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku seperti yang di amanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) yang bertujuan untuk berkembangnya peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggun jawab.

IPA merupakan pengetahuan hasil kegiatan manusia yang aktif dan dinamis tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yaitu teratur, sistematis, berobjek, bermetode dan berlaku secara universal (Suyoso, 1998:23) Ilmu ...

PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di sekolah dasar (SD) merupakan mata kuliah khusus yang muatan materinya berlandaskan sains serta kaitannya dengan proses-proses pemerolehan pendidikan sains. Pembelajaran ini di kemas sedemikian rupa guna memberikan arahan kepada pembaca cara merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran IPA SD dengan menggunakan metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran, media dan alat-alat bantu dalam pembelajaran IPA berdasarkan teori-teori IPA serta karakteristik pelajar dan pengajar. Dalam membelajarkan IPA di SD terlebih dahulu guru harus memahami karakteristik anak usia sekolah dasar. Buku "Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar" ini membahas tentang bagaimana memahami karakteristik anak usia sekolah dasar, yang dilanjutkan dengan memahami pendekatan pembelajaran IPA di SD, metode pembelajaran IPA di SD, strategi pembelajaran IPA di SD, serta evaluasi pembelajaran IPA di SD.

Keterampilan proses merancang penelitian dapat dikembangkan di SD/MI
diawali di kelas tinggi (IV, V, dan VI). Secara berurutan kegiatan merancang
penelitian minimal terdiri atas proses-proses IPA: (1) membuat
pertanyaanpertanyaan ...