Sebanyak 400 item atau buku ditemukan

Dasar-Dasar Evaluasi Hasil Pembelajaran Biologi

Buku ini merupakan revisi yang telah disusun sebelumnya untuk memudahkan mahasiswa sebagai calon guru Biologi dalam penguasaan materi yang ada di dalam buku ini dan memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan referensi materi perkuliahan untuk mata kuliah Evaluasi Pembelajaran khususnya mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, isi buku ini membahas tentang konsep dasar evaluasi hasil belajar, prosedur evaluasi hasil pembelajaran, penyususnan penilaian (asessment) teknik tes, analisis kualitas butir soal, pengolahan hasil evaluasi dan mencari nilai akhir.

Buku ini merupakan revisi yang telah disusun sebelumnya untuk memudahkan mahasiswa sebagai calon guru Biologi dalam penguasaan materi yang ada di dalam buku ini dan memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan referensi materi perkuliahan untuk ...

Desain Lintasan Belajar Matematika Realistik

Process oriented: desain pembelajaran berdasarkan rencana pembelajaran dan alat atau perangkat yang digunakan untuk membantu pembelajaran tersebut. Keunggulan dari desain rancangan diukur untuk digunakan secara praktis oleh pengguna. c.

Membuat Metode Pembelajaran dengan Adobe Flash CS6

Dalam buku ini terdapat beberapa soal kasus yang bertujuan untuk memberikan timbal balik kepada pembaca tentang materi yang telah dipelajari. selain itu, buku ini juga membahas bagaimana pengembangan multimedia yang baik dan penerapan pada obyek pembuatan multimedia pembelajaran, dimana pada nantinya mungkin pembaca dapat mengembangkan ke dalam multimedia pembelajaran yang lebih luas lagi.

Dalam buku ini terdapat beberapa soal kasus yang bertujuan untuk memberikan timbal balik kepada pembaca tentang materi yang telah dipelajari. selain itu, buku ini juga membahas bagaimana pengembangan multimedia yang baik dan penerapan pada ...

A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif

Untuk Guru, Dosen, dan Mahasiswa

Metode Pembelajaranmemiliki peran yang sangatpenting dalampraktik belajar dan pembelajaran, karenadengan metodepembelajaranpesertadidik dapatdiarahkan padakualitaspembelajaran yangefektif dan bermakna. Metodepembelajaranyangefektifdaninovatif adalahmetodepembelajaran yang memilikilandasan teoritik yang humanistik,lentur, adaptif, berorientasi kekinian, memilikisintakpembelajaranyang sederhana,mudah dilakukan, dapat mencapaitujuan, dan hasilbelajaryangoptimal. Metodepembelajaran juga dapat diartikan sebagai cara, contoh,ataupunpola, yangmempunyai tujuan menyajikan pesankepadapeserta didik yang harusdiketahui,dimengerti,dandipahami,yaitudengancaramembuatsuatu pola ataucontohdenganbahan-bahanyang dipilih olehpendidik sesuai denganmateri yang diajarkan dandenganpengelolaan kelas yang baik. Bukuinisangat diperlukanbagi guru, dosen, mahasiswa,kepalasekolah,dan pengawassekolah, serta pengamatdan pemerhatipendidikan,sebagaipanduanataureferensi dalamkegiatanpembelajaran,sesuaidengankondisi yang akandihadapinyadilapangan.

Metode Pembelajaranmemiliki peran yang sangatpenting dalampraktik belajar dan pembelajaran, karenadengan metodepembelajaranpesertadidik dapatdiarahkan padakualitaspembelajaran yangefektif dan bermakna.

Peningkatan Peran Perguruan Tinggi di Bidang Informasi dan Teknologi

Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat di Wilayah Perbatasan dalam Rangka Ketahanan Nasional

Buku ini disusun untuk membantu para pembaca, khususnya dalam kaitanya dengan pemahaman terkait peningkatan peran perguruan tinggi di bidang informasi dan teknologi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan dalam rangka ketahanan nasional. Konsepsi tersebut dijabarkan ke dalam strategi-strategi yang ditetapkan untuk mensuseskan kebijakan tersebut kemudian diuraikan ke dalam langkah-langkah lebih kongkret sebagai upaya nyata. Dengan demikian, permaslahan di dalam peningkatan peran perguruan tinggi di bidang informasi dan teknologi dapat memberikan kontribusi maksimal dalam meningkatkan sumber daya manusisa. Pada akhirnya, hal tersebut mempengaruhi ketahanan nasional.

Buku ini disusun untuk membantu para pembaca, khususnya dalam kaitanya dengan pemahaman terkait peningkatan peran perguruan tinggi di bidang informasi dan teknologi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan dalam rangka ...

KONTRIBUSI ORANG TUA SISWA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI

KONTRIBUSI ORANG TUA SISWA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI

KONTRIBUSI ORANG TUA SISWA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI

DESAIN DAN IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING

Integrasi Teknologi dan Pedagogi

Blended learning mulai dikenal setelah ditemukan kelemahan pada pertemuan tatap muka dan kelemahan pada online learning oleh Bersin pada penelitiannya tahun 2004. Selanjutnya, dikembangkan pembelajaran yang mengombinasikan pertemuan tatap muka dan online learning yang kemudian dikenal dengan istilah blended learning. Blended learning dikembangkan dengan berbagai model, yaitu face-to-face driver model, rotation model, flex model, online lab model, self-blend model, dan driver model online. Pada setiap model tersebut, metode diskusi masiv digunakan oleh pendidik dalam memfasilitasi pembelajar untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode diskusi dalam blended learning ini diterapkan mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Metode diskusi dipilih dalam blended learning karena memiliki rangkaian aktivitas belajar yang memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk terlibat secara aktif. Dalam perspektif pembelajar Abad 21, pembelajaran seharusnya bersifat konstruktivis yang bermakna bahwa dengan partisipasi pembelajar secara aktif pada setiap kegiatan yang relevan dengan tujuan pembelajaran dapat membantu pembelajar membangun pengetahuan dan pengalaman baru. Buku yang ada pada tangan pembaca saat ini, memaparkan konsep, prinsip, dan prosedur berdiskusi, dan formulasi standar kualitas diskusi dalam blended learning. Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian selama 2 tahun yang didukung oleh artikel ilmiah yang relevan baik nasional maupun internasional. Buku ini sangat bermanfaat bagi pendidik dan pembelajar baik pada pendidikan dasar, menengah, dan tinggi sebagai upaya mengoptimalkan kegiatan diskusi dalam blended learning

Blended learning mulai dikenal setelah ditemukan kelemahan pada pertemuan tatap muka dan kelemahan pada online learning oleh Bersin pada penelitiannya tahun 2004.

Azas Teknik Kimia

Buku ini membahas mengenai prinsip dari perhitungan dalam Teknik Kimia. Buku ini juga menjelaskan aplikasi dari Industri kimia yang dapat dilihat dari contoh soal maupun soal latihan dan diperluas dalam lingkup teknik kimia yang mencakup bidang Bioteknologi, Teknik Lingkungan, dan Nanoteknologi. Bab awal menjelaskan mengenai konversi satuan SI ke AE ataupun sebaliknya. Pembahasan selanjutnya adalah mengenai Neraca Massa dan Neraca Energi. Pembahasan ini terbagi menjadi beberapa pembahasan dalam sistem steady-state, sistem unsteady-state, sistem terbuka, dan sistem tertutup. Penulis memberikan kemudahan untuk menggunakan buku ini dengan metode problem solving dan analisis data. Di awal pembahasan diberikan tujuan pembelajaran sehingga mahasiswa dapat mengetahui hal-hal yang menjadi poin penting dari pembahasan tertentu. Selanjutnya diberikan apersepsi sehingga mahasiswa lebih kontekstual memahami konsep dari prinsip dan perhitungan dalam Teknik Kimia. Selain itu, terdapat terdapat juga contoh soal yang membahas mengenai Konsep Neraca Massa dan Neraca Energi. Sebagai latihan, penulis juga menyajikan beberapa soal latihan sehingga mahasiswa dapat mengukur kemampuannya dalam memahami pembahasan.

Penulis mengajar mata kulian inti pada Program Studi Teknik Kimia salah satunya mata kuliah Azas Teknik Kimia. Beberapa pengalaman mengajar yang telah dilakukan salah satunya adalah penulis pernah mengikuti program Indonesia Mengajar ...

Akuntansi Syariah

Buku ini dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi para mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Akuntansi Syariah. Pembahasan yang ada dalam buku ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana, lugas, dan mudah dipahami, sehingga akan membantu para mahasiswa dalam mempelajarinya secara lebih cepat, mudah, dan praktis.

Reksa dana Syariah pendapatan tetap adalah reksa dana Syariah yang portofolio asetnya berbentuk efek Syariah pendapatan tetap. Dalam hal ini, manajer investasi akan mengalokasikan dana kelolaan investor dalam portofolio efek Syariah ...

Otonomi & Manajemen Keuangan Daerah

Edisi Terbaru

Buku Otonomi & Manajemen Keuangan Daerah Edisi Terbaru 2018 ini merupakan evolusi edisi sebelumnya dengan berbagai update dan penambahan konten yang substansial untuk menjaga relevansinya dengan kondisi saat ini. Dalam edisi terbaru ini, dibahas esensi manajemen keuangan pemerintah daerah dalam bingkai otonomi daerah dan desentralisasi fiskal. Paradigma baru manajemen keuangan sektor publik seperti good governance, value for money, dan economic inclusiveness, dibahas secara lebih mendalam sebagai pedoman bagi pemerintahan daerah dalam mengelola keuangan daerah sebagaimana yang seharusnya. Dengan demikian, diharapkan desentralisasi fiskal dan otonomi daerah benar-benar dapat menjadi alat yang ampuh untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Buku ini merupakan kristalisasi pemikiran dari sumber-sumber yang kredibel dan pengalaman penulis selama berkarir sebagai akademisi dan birokrat sehingga cocok digunakan sebagai bahan pembelajaran, diskusi, dan referensi untuk mendalami isu otonomi daerah dan manajemen keuangan daerah di Indonesia.

18) tidak hanya menyinggung mengenai konsep akuntabilitas publik, tetapi juga konsep akuntabilitas manajerial. ... 19) menggambarkan hal ini sebagai “rangkaian hubungan pelaporan”, melalui staf pemerintah daerah kepada atasannya, ...