Sebanyak 4474 item atau buku ditemukan

Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam

Sebagai makhluk yang bergelut di bidang ekonomi (homo economicus), manusia baik secara personal maupun kolektif dalam memenuhi kebutuhan hidup, dihadapkan pada keinginan-keinginan yang tidak terbatas pada satu sisi dan sumber-sumber yang terbatas pada sisi yang lain. Sebagai bagian integral aktivitas manusia, kegiatan-kegiatan ekonomi (economic transactions) tak dapat dielakkan, guna memenuhi kebutuhan hidup itu dan dalam rangka menjalankan tanggung jawab manusia sebagai pihak yang berpartisipasi aktif dalam peningkatan taraf hidup manusia baik secara individu maupun kolektif. Menurut konsep Islam, keterlibatan manusia dalam aktivitas ekonomi tidak semata untuk pemenuhan kebutuhan yang bersifat fisik, tetapi juga dengan pembinaan komunikasi positif, perilaku mutualis mutandis (saling menguntungkan), realisasi keadilan, dan perilaku tidak saling merugikan perlu dikembangkan dalam aktivitas ekonomi. Hal ini dikarenakan, peredaran perekonomian akan lancar bila didukung dengan laju ekonomi tinggi yang dibarengi nilai-nilai luhur sehingga dapat memberikan nilai manfaat dan kemaslahatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Islam menekankan agar aktivitas ekonomi dimaksudkan tidak semata-mata sebagai alat pemuas keinginan (syahwat), tetapi lebih pada upaya pencarian kehidupan berkeseimbangan (dunia-akhirat) disertai perilaku positif dengan berbuat baik dan bukan perilaku destruktif dengan berbuat kerusakan di muka bumi. Dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, manusia dianjurkan supaya waspada dan menahan diri dari perilaku destruktif itu antara lain dengan cara bersabar. Buku ini mencoba mengetengahkan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang berisi konsep, paradigma, dan nilai-nilai universal ekonomi Islam dalam rangka menjaga kepentingan dan kebutuhan serta menciptakan kesejahteraan umat manusia melalui dimensi religi demi tercapainya equilibrium (keseimbangan) kehidupan dan terjaganya kemaslahatan umat manusia dengan meninggalkan praktik-praktik ekonomi yang menyimpang. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

Buku ini mencoba mengetengahkan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang berisi konsep, paradigma, dan nilai-nilai universal ekonomi Islam dalam rangka menjaga kepentingan dan kebutuhan serta menciptakan kesejahteraan umat manusia melalui dimensi ...

Islam dan Peradaban Melayu

Buku ini berusaha menjelaskan bagaimana Islam memberikan peranan yang besar dalam perkembangan peradaban di tanah Melayu. Walaupun sebelumnya dikawasan ini sudah berkembang suatu kebudayaan yang sangat kuat (Hindu-Budha) dan sudah cukup mengakar dan melahirkan berbagai macam budaya. Islam sebagai agama pengganti dan masuk setelah Hindu-Budha kemudian memberikan kemajuan yang lebih terhadap peradaban Melayu yang terasimilasi dan terakulturasi dengan budaya yang ada, akan tetapi tidak merusak kaidah inti dari agama Islam tersebut.

Islam sebagai agama pengganti dan masuk setelah Hindu-Budha kemudian memberikan kemajuan yang lebih terhadap peradaban Melayu yang terasimilasi dan terakulturasi dengan budaya yang ada, akan tetapi tidak merusak kaidah inti dari agama Islam ...

FILSAFAT BARAT, ALIRAN DAN KONTRIBUSI PEMIKIRAN PARA FILSUF

Banyak para tokoh ilmuan yang terjun dalam dunia filsafat mulai dari abad klasik maupun abad modern, bahkan diantara mereka juga memberikan pengaruh terhadap masa setelahnya. Mereka telah membuka jendela berfikir bagi generasi setelahnya dengan hasil dari ide-ide yang mereka kemukakan. Dan hasil dari buah pemikiran mereka, mengantar manusia untuk terus berfikir terhadap kebenaran yang mereka sampaikan. Dibuku ini akan disuguhkan tentang aliran-aliran yang terdapat dalam ilmu filsafat dan kontribusi para filsuf dalam mengomentari sebuah permasalah yang terjadi di alam semesta ini.

... ekonomi klasik Adam Smith dan David Ricardo yang telah meletakkan dasardasar labor theory of Shadow sebagai jawaban atas pertanyaan dari manakah datangnya nilai itu dan menurunnya nilai suatu barang yang terletak dalam jumlah tenaga ...

Cash Waqf Link Sukuk (CWLS): Persepsi dan Preferensi Investor Sosial

Buku monograf yang berjudul “Cash Waqf Link Sukuk (CWLS): Persepsi Dan Preferensi Investor Sosial ini diharapkan dapat menjadi transfer knowledge bagi setiap pihak yang membacanya karena diselesaikan melalui kajian dan penelitian yang telah dilaksanakan

Buku monograf yang berjudul “Cash Waqf Link Sukuk (CWLS): Persepsi Dan Preferensi Investor Sosial ini diharapkan dapat menjadi transfer knowledge bagi setiap pihak yang membacanya karena diselesaikan melalui kajian dan penelitian yang ...

PEMASARAN DIGITAL EKONOMI KREATIF USAHA IBU RUMAH TANGGA

Kita sudah sering membaca bahwa sejarah digital telah meningkat drastis. Teknologi telah tertanam kuat dalam cara kita menjalani kehidupan sehari-hari, tidak hanya memengaruhi cara kita menjalani hidup, tetapi juga cara kita menjalankan pekerjaan. Perbincangan Economist Intelligence Unit sangat menarik karena teknologi telah mengubah cara bisnis dan organisasi beroperasi. Topik teknologi telah menjadi topik hangat dalam banyak diskusi di hampir semua industri. Dalam buku ini, penulis secara singkat membahas tiga teknologi utama dan dampaknya terhadap bisnis. Ada juga beberapa indikasi mengapa penting bagi masyarakat umum untuk terus menggunakan teknologi ini di masa mendatang. Penggunaan teknologi mobile telah menjalankan bisnis dengan lebih baik, transformasi bisnis telah diubah oleh teknologi seluler menjadi lebih sukses (Dash, et al., 2021). Demikian dengan Astuti, et al., (2020); dan C. Smith, et al., (2018) menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi mobile dapat membantu industri meningkatkan kesetiaan, kegembiraan, produktifitas, serta kreatifitas staf.

Kita sudah sering membaca bahwa sejarah digital telah meningkat drastis.

Pemasaran Kreatif Untuk Segala Bisnis

Pemasaran modern saat ini menjadikan kepuasan pelanggan sebagai orientasi yang menjadi pilar utama dalam menjalankan bisnis untuk mewujudkan tujuan perusahaan dalam memperoleh laba. Pelanggan yang terpuaskan oleh perusahaan menjadi aset besar untuk kelangsungan hidup perusahaan sehingga perlu dilakukan pengelolaan terhadap kualitas pelayanan yang ditawarkan untuk memenuhi kepu[1]asan pelanggan. Kualitas pelayanan yang dikelola secara baik akan memberikan hasil yang baik untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Buku ini baik sebagai acuan untuk memahami pemasaran kreatif yang mengandung isi: pemasaran holistik dalam industri jasa; pengukuran kinerja perusahaan dengan balanced scorecard; electronic commerce; after sales service; membangun kepercayaan; personal branding; tantangan pemasaran abad 21; strategi pemasaran WOM; value creation; direct marketing; endorsement; inovasi produk dan competitiveness; komitmen terhadap pelanggan; marketing communication; marketing entrepreneur; mitra bisnis; digital marketing (pemasaran digital); advertising (periklanan); perilaku konsumen; personal selling; relationship marketing; brand dan branding; corporate social responsibility (CSR); e-government; etika bisnis; kepuasan konsumen; manajemen diri; syarat untuk sukses; manajemen karier; manajemen pengetahuan; manajemen talenta; manajemen waktu; menghargai waktu; intellectual capital; dan strategi pemasaran bisnis ritel. Pemasaran Kreatif Untuk Segala Bisnis ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pemasaran Kreatif Untuk Segala Bisnis ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Perencanaan Keuangan Personal

Pengelolaan keuangan masih menjadi kesulitan bagi sebagian orang. Sirkulasi keuangan yang tidak terstruktur dapat mengakibatkan ketidakseimbangan kas. Oleh sebab itu, diperlukan perencanaan yang jelas agar tujuan keuangan dapat tercapai dengan baik. Buku ini berupaya membantu perencanaan keuangan secara kompleks mulai dari perpajakan, utang dan tabungan, asuransi, investasi, hingga perencanaan warisan.

Pengelolaan keuangan masih menjadi kesulitan bagi sebagian orang.