Sebanyak 99 item atau buku ditemukan

FIKIH FILANTROPI Studi Komparatif Atas Tafsir Fi Sabilillah Muhammadiyah Dan Nahdlatul

Buku dengan judul “Fikih Filantropi: Studi Komparatif Atas Tafsir Fi Sabilillah Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama” berisi tentang sejarah perkembangan filantropi Islam di Indonesia, khususnya mengenai ajaran, interpretasi, anjuran, dan ijtihad ulama. Diskursus pemikiran fikih yang berkaitan dengan filantropi dalam organisasi keagamaan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama

Buku dengan judul “Fikih Filantropi: Studi Komparatif Atas Tafsir Fi Sabilillah Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama” berisi tentang sejarah perkembangan filantropi Islam di Indonesia, khususnya mengenai ajaran, interpretasi, anjuran, dan ...

Intellectual Studies on Islam

Essays Written in Honor of Martin B. Dickson

Rahma himself was hired by the prominent Nayman amir and one of the great
patrons of the latter part of the century , " Abd al - Karim Bi the son of Khusraw Bi ,
when Abd alKarim became governor of Samarqand . But the latter was ...

Entrepreneurship (Kewirausahaan)

Buku ajar mata kuliah kewirausahaan (entrepreneurship) ini disusun dalam rangka melengkapi buku teks yang telah ada dan bersifat memandu mahasiswa untuk menguasai konsep-konsep Entrepreneurship (Kewirausahaan), menyusun proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan praktek bisnis sehingga mahasiswa semakin mudah mempelajarinya. Buku ajar ini berisi mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha, mengembangkan semangat wirausaha, membangun komitmen dalam berwirausaha, mengelola resiko bisnis, membangun visi dan misi bisnis, peluang bisnis, mengelola aspek-aspek pengelolaan bisnis (aspek manajemen, aspek organisasi, aspek pemasaran, aspek produksi, aspek pembiayaan (arus kas dan BEP), akuntansi usaha mikro/kecil (akuntansi usaha mikro/kecil dan laporan keuangan), permodalan (jenis modal dan sumber modal), proposal bisnis, mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan K 13.

Buku ajar mata kuliah kewirausahaan (entrepreneurship) ini disusun dalam rangka melengkapi buku teks yang telah ada dan bersifat memandu mahasiswa untuk menguasai konsep-konsep Entrepreneurship (Kewirausahaan), menyusun proposal Program ...

Paradigma resolusi konflik agraria

Agrarian law and alternative resolution on land conflict in Indonesia.

Agrarian law and alternative resolution on land conflict in Indonesia.

Globalization and Social Movements

Islamism, Feminism, and the Global Justice Movement

This clear and concise book examines social movements and transnational networks in the context of globalization in all its forms economic, political, cultural, and technological alike. Deftly combining nuanced theory with rich empirical examples, leading scholar Valentine M. Moghadam focuses especially on three transnational social movements Islamism, feminism, and global justice. Now updated to explore the European anti-austerity protests, the Arab Spring, and Occupy Wall Street, the book considers the ways in which these socio-political protests were affected especially by the role of young people and social networking media. The book also includes a new chapter on the democratic nature of social movements, or the ways in which social movements contribute to democratization at both national and global levels. Defining globalization as a complex process in which the movement of capital, peoples, organizations, movements, and ideas takes on an increasingly international form, the author shows how growing physical and electronic mobility has helped to create dynamic global social movements. Exploring the historical roots of Islamism, feminism, and global justice, the book also shows how these movements have been stimulated by relatively recent globalization processes. Moghadam examines similarities and differences among the three movements, along with internal differentiation within each. Her argument is informed by feminist, world-systems, world polity, and social movement theories in a seamlessly integrated framework that will be essential reading for all students of globalization."

The book also includes a new chapter on the democratic nature of social movements, or the ways in which social movements contribute to democratization at both national and global levels.

Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

Penilaian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Penilaian harus bersifat komprehensif dan holistik yang mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran. Penilaian dilakukan secara berkesinambungan untuk memperoleh informasi pembelajaran. Dalam melakukan penilaian guru harus memegang teguh prinsip-prinsip dalam standart penilaian otentik yakni keeping track, Checking up, Finding out, Summing up. Penilaian Otentik memiliki relavansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Guru bukan hanya dituntut untuk mengukur hasil kerja siswa tetapi juga proses belajar yang dilalui siswa. Diantara proses Penilaian Otentik ini dapat menggunakan berbagai jenis penilaian diantaranya adalah: 1) tes standart prestasi, 2) tes buatan guru, 3) catatan kegiatan, 4) catatan anekdot, 5) skala sikap, 6) catatan tindakan, 7) konsep pekerjaan, 8) tugas individu, 9) tugas kelompok atau kelas, 10) diskusi, 11) wawancara, 12) catatan pengamatan, 13) peta perilaku, 14) portofolio, 15) kuesioner, dan 16) pengukuran sosiometri. Penilaian Otentik mementingkan penilaian proses dan hasil sekaligus. Dengan demikian, seluruh tampilan siswa dalam rangkaian kegiatan pembelajaran dapat dinilai secara objektif, apa adanya, dan tidak semata-mata hanya berdasarkan hasil akhir (produk) saja. Buku “Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013" ini wajib dimiliki oleh praktisi pendidikan untuk mengetahui dan melaksanakan penilaian dengan lebih baik.

Buku “Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013" ini wajib dimiliki oleh praktisi pendidikan untuk mengetahui dan melaksanakan penilaian dengan lebih baik.

ILMU MEMAHAMI HADITS NABI ; Cara Praktis Menguasai Ulumul Hadits & Mustholah Hadits

Ilmu tentang seluk beluk Hadits Nabi tentu memiliki kedudukan yang penting dalam ranah Islam, sebagaimana pentingnya hadits itu sendiri. Sayangnya, orang yang memberikan perhatian kepadanya masih sangat sedikit, terlebih yang berkenan mendalaminya. Demikian pula, buku-buku tentang ilmu hadits juga masih jarang yang dipublikasikan. Buku ini menjadi sangat penting di tengah langkanya kajian tentang ulumul hadits dan mushthalah hadits. Terlebih, selain menguraikan secara sederhana dan sistematis, buku ini dilengkapi dengan berbagai skema dan contoh aplikatif sehingga memudahkan para pembaca untuk memahaminya. Disusun dengan bahasa yang enak dan cair, buku ini dapat menjadi pegangan para dosen maupun guru; membantu pemahaman para mahasiswa, siswa, santri, maupun masyarakat luas pada umumnya.

... hadits sebagai dasar istinbat sangat banyak , di antaranya ialah : Hadits - hadits yang berkaitan dengan problem yang sedang mereka. 21 Abu Zahwu , al - Hadis .. , op . cit . , hlm . 43 . 22 Abu Zahwu , al - Hadis Ibid . , hlm . 25 ...

Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif

Materi yang disajikan dalam buku ini memiliki keluasan tertentu, terutama bekenaan dengan dihadirkannya topik pemecahan masalah, berpikir kritis, kreativitas, penalaran matematik, teori kuantifikasi, barisan dan deret yang jauh lebih mendalam, disertai tantangantantangan berupa permasalahan untuk mengukur kemampuan matematik tingkat tinggi.

Materi yang disajikan dalam buku ini memiliki keluasan tertentu, terutama bekenaan dengan dihadirkannya topik pemecahan masalah, berpikir kritis, kreativitas, penalaran matematik, teori kuantifikasi, barisan dan deret yang jauh lebih ...