Sebanyak 41678 item atau buku ditemukan

Kepemimpinan Sekolah Transformatif

dalam buku ini, Dr. Raihani mendemonstrasikan pengetahuan yang luas dalam hal teori-teori kepemimpinan kontemporer, investigasi yang mendalam terhadap perkembangan teori kepemimpinan yang efektif, dan penguasaan metodologi yang tepat untuk penelitian ini. Buku ini relevan untuk mengetahui sejauhmana perubahan yang terjadi dalam hal kepemimpinan sekolah dan kebijakan yang ada dalam era reformasi serta otonomi daerah. Kita juga bisa mengetahui dengan jelas tentang praktik-praktik yang terjadi dalam hal manajemen yang berbasikan sekolah, tantangan yang dihadapi ataupun upaya yang dilakukan dalam rangka penguatan kapasitas sekolah di Indonesia.

dalam buku ini, Dr. Raihani mendemonstrasikan pengetahuan yang luas dalam hal teori-teori kepemimpinan kontemporer, investigasi yang mendalam terhadap perkembangan teori kepemimpinan yang efektif, dan penguasaan metodologi yang tepat untuk ...

Kepemimpinan Pendidikan

Teori dan Kebijakan

Sebagai suatu organisasi, lembaga pendidikan memerlukan tidak hanya seorang manajer untuk mengelola sumber daya lembaga pendidikan yang lebih banyak berkonsentrasi pada permasalahan anggaran dan persoalan administratif lainnya, tetapi juga memerlukan pimpinan yang mampu menciptakan sebuah visi dan semua komponen individu yang terkait dengan lembaga pendidikan. Kepemimpinan pada hakikatnya merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membina, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan orang lain agar dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemimpin perlu melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya mengarahkan orang-orang yang terlibat dalam organisasi yang dipimpinnya. Dengan kata lain tercapai atau tidak tujuan suatu organisasi sangat tergantung pada pimpinannya. Buku ini menyuguhkan teori, kebijakan, dan praktik kepemimpinan pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi. Di dalamnya dibahas: konsep pemimpin, gaya kepemimpinan, model kepemimpinan, kepemimpinan perempuan, etika kepemimpinan, manajemen konflik, kompetensi kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, pembentukan budaya sekolah, pelatihan kepala sekolah, pemilihan rektor, dan isu-isu kepemimpinan pendidikan. Pemahaman yang baik tentang teori kepemimpinan dapat membantu praktisi pendidikan dalam menjalankan amanah kekuasaan sebagai pemimpin, sehingga mampu mengembangkan sekolah atau kampus yang unggul, inovatif, dan berdaya saing. Kepemimpinan Pendidikan: Teori dan Kebijakan disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan, Prodi Manajemen/Administrasi Pendidikan, baik S-1, S-2, maupun S-3. Karenanya, buku ini sangat tepat menjadi rujukan utama bagi dosen dan mahasiswa Prodi Manajemen/Administrasi Pendidikan. Di samping itu, buku ini juga dapat dijadikan bacaan oleh pendiri dan pengurus yayasan, kepala sekolah, dan pimpinan perguruan tinggi. Sebagai suatu organisasi, lembaga pendidikan memerlukan tidak hanya seorang manajer untuk mengelola sumber daya lembaga pendidikan yang lebih banyak berkonsentrasi pada permasalahan anggaran dan persoalan administratif lainnya, tetapi juga memerlukan pimpinan yang mampu menciptakan sebuah visi dan semua komponen individu yang terkait dengan lembaga pendidikan. Kepemimpinan pada hakikatnya merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membina, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan orang lain agar dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemimpin perlu melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya mengarahkan orang-orang yang terlibat dalam organisasi yang dipimpinnya. Dengan kata lain tercapai atau tidak tujuan suatu organisasi sangat tergantung pada pimpinannya. Buku ini menyuguhkan teori, kebijakan, dan praktik kepemimpinan pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi. Di dalamnya dibahas: konsep pemimpin, gaya kepemimpinan, model kepemimpinan, kepemimpinan perempuan, etika kepemimpinan, manajemen konflik, kompetensi kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, pembentukan budaya sekolah, pelatihan kepala sekolah, pemilihan rektor, dan isu-isu kepemimpinan pendidikan. Pemahaman yang baik tentang teori kepemimpinan dapat membantu praktisi pendidikan dalam menjalankan amanah kekuasaan sebagai pemimpin, sehingga mampu mengembangkan sekolah atau kampus yang unggul, inovatif, dan berdaya saing. Kepemimpinan Pendidikan: Teori dan Kebijakan disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan, Prodi Manajemen/Administrasi Pendidikan, baik S-1, S-2, maupun S-3. Karenanya, buku ini sangat tepat menjadi rujukan utama bagi dosen dan mahasiswa Prodi Manajemen/Administrasi Pendidikan. Di samping itu, buku ini juga dapat dijadikan bacaan oleh pendiri dan pengurus yayasan, kepala sekolah, dan pimpinan perguruan tinggi. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

Kepemimpinan Pendidikan: Teori dan Kebijakan disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan, Prodi Manajemen/Administrasi Pendidikan, baik S-1, S-2, maupun S-3.

RINDU PENDIDIKAN DAN KEPEMIMPINAN M. NATSIR

Bila kita menyusuri perjalanan sejarah bangsa ini, kita akan bertemu dengan sederetan nama tokoh-tokoh nasional yang sungguh sangat membanggakan. Bukan hanya karena jasa mereka yang telah mencurahkan seluruh waktu hidupnya bagi kemaslahatan negeri, tetapi pemikiran, perkataan,dan perbuatannya sungguh layak diteladani. Keteladanan kepemimpinan pun saat ini terasa kering dan hambar. Hampir di setiap sendi kehidupan,kita tak lagi mampu menemukan suri teladan yang pantas dicontoh dan dikagumi, padahal bangsa ini telah berpuluh-puluh tahun merdeka dari penjajahan. Ketika kondisi ini yang terjadi, sungguh arif bila kita mencarinya dari perjalanan sejarah bangsa besar ini. Di sana kita akan menemukan sosok-sosok pemimpin yang hebat. Pemimpin yang menjadikan waktu dan hidupnya sebagai pengabdian bagi masyarakat. Kekaguman dan kerinduan penulis kepada M. Natsir mengantarkannya untuk menggali pemikiran dan sepak terjang beliau khususnya dalam bidang pendidikan kepemimpinan. Sebuah upaya yang amat sangat relevan di tengah keringnya teladan dari perilaku para pemimpin yang ada saat ini. Semoga buku ini dapat menambah kekuatan sekaligus solusi bagi kita dalam membangun sistem pendidikan formal dan informal yang membanggakan, yang dari sana akan lahir calon calon pemimpin masa depan negeri ini yang mampu membawa bangsa ini maju, unggul, dan menyejahterakan. Buku persembahan Republika Penerbit [Republika, bukurepublika, Penerbit Republika, guru, sekolah]

Bila kita menyusuri perjalanan sejarah bangsa ini, kita akan bertemu dengan sederetan nama tokoh-tokoh nasional yang sungguh sangat membanggakan.

Kepemimpinan Kepala Sekolah : Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam

Seorang pemimpin adalah inspirator perubahan dan visioner, yaitu memiliki visi yang jelas dalam mengelola organisasi atau sekolah yang dipegang. Secara sederhana bahwa pemimpin adalah orang yang memegang kendali terhadap semua persoalan yang tengah dihadapi, sebuah lembaga pendidikan bisa mengukur keberhasilan sangat bergantung dari cara pengelolaan seorang pemimpin. Maka dari itu, untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkan kolaborasi dari pemimpin pendidikan atau kepala sekolah dengan guru terutama dalam meningkatkan etos kerja guru, karena proses untuk mencapai tujuan tersebut sangat dibutuhkan kekompakan visi misi, kekompakan pandangan dan kerja sama yang baik anatara kepala sekolah dengan guru. Meilhat dari beberapa rujukan refernsi buku tentang peningkatan etos kerja guru pendidikan agama islam yang kaitan langsung dengan strategi kepemimpinan kepala sekolah sangat minim ketersediaanya. Maka hadirnya buku ini sebagai salah satu solusi untuk menjawab kekurangan dari ketersediaan buku etos kerja guru pendidikan agama Islam. Buku ini akan mengupas tentang gaya, strategi dan peran kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan fungsinya dalam meningkatkan etos kerja guru pendidikan agama islam. Di samping itu, buku ini mengupas tentang tugas dan dan tanggung jawab guru. Buku ini sangat cocok untuk kepala sekolah dan juga guru sebagai konsep dasar dalam mengelola lembaga pendidikannya untuk meningkatkan etos kerja guru pendidikan agama islam.

Buku ini akan mengupas tentang gaya, strategi dan peran kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan fungsinya dalam meningkatkan etos kerja guru pendidikan agama islam.

Surat Kabar Pemimpin Belajar 6: Komunitas Memberdayakan Sekolah/Madrasah

Surat Kabar Pemimpin Belajar edisi ke-6 ini mengangkat topik “Komunitas Memberdayakan Sekolah/Madrasah”. Topik ini merupakan turunan dari tema besar Temu Pendidik Nusantara X, yaitu “Tumbuh Berkelanjutan: Perubahan Pendidikan Melampaui Ruang Kelas”. Topik “Komunitas Memberdayakan Sekolah/Madrasah” mengangkat cerita praktik baik kepemimpinan di tingkat sekolah/madrasah dalam mendengarkan, melibatkan, dan memberi peran pada komunitas di luar sekolah/madrasah dalam pembelajaran dan pendidikan. Topik ini mencakup, tapi tidak terbatas pada, meminta komunitas memberi usulan program sekolah/madrasah, melibatkan komunitas dalam menilai kinerja sekolah/madrasah, atau melibatkan komunitas dalam pelaksanaan pembelajaran.

Surat Kabar Pemimpin Belajar edisi ke-6 ini mengangkat topik “Komunitas Memberdayakan Sekolah/Madrasah”.

Surat Kabar Pemimpin Belajar 05 - Suara Murid, Arah Sekolah

Surat Kabar Pemimpin Belajar edisi ke-5 ini mengangkat topik “Suara Murid, Arah Sekolah”. Topik ini merupakan turunan dari tema besar Temu Pendidik Nusantara X, yaitu “Tumbuh Berkelanjutan: Perubahan Pendidikan Melampaui Ruang Kelas”. “Suara Murid, Arah Sekolah” mengangkat pentingnya sekolah/madrasah mendapatkan dan menggunakan kepemimpinan murid dalam memengaruhi pengembangan sekolah/madrasah. Topik ini mencakup, tapi tidak terbatas pada, pelibatan murid dalam pengambilan keputusan sekolah/madrasah, pelibatan murid dalam mendesain ruang atau area belajar, atau melibatkan murid dalam membangun budaya sekolah/madrasah.

Surat Kabar Pemimpin Belajar edisi ke-5 ini mengangkat topik “Suara Murid, Arah Sekolah”.

Pemimpin transformasional di lembaga pendidikan Islam

menggerakkan orang melakukan perubahan kelembagaan

On leadership according to Islam and its implementation in Islamic educational institutions with reference to Indonesia.

Surat Kabar Pemimpin Belajar 004 - Pemimpin yang Menyukseskan Pembelajaran Berbasis Proyek

Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan. Dukungan dalam bentuk kumpulan praktik baik kepemimpinan pendidikan yang praktis, terbukti dan merdeka belajar. Topik perencanaan proyek pembelajaran mencakup praktik yang memfasilitasi guru menerjemahkan kurikulum satuan pendidikan menjadi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian projek pembelajaran lintas pelajaran. Cakupan tersebut bisa meliputi tapi tidak terbatas pada identifikasi cakupan pembelajaran, penentuan asesmen, menyusun strategi pembelajaran, penentuan sumber belajar dan perencanaan kegiatan belajar. Topik refleksi dan pengembangan mencakup praktik yang memfasilitasi guru, tenaga kependidikan dan warga sekolah dalam melakukan refleksi pengelolaan kurikulum satuan pendidikan sebagai dasar dalam melakukan perbaikan dan pengembangan kurikulum satuan pendidikan. Cakupan tersebut bisa meliputi tapi tidak terbatas pada pengumpulan data hasil belajar, refleksi berkala, pengumpulan umpan balik, analisis data hasil belajar, perbaikan dan pengembangan kurikulum satuan pendidikan.

Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan.

Surat Kabar Pemimpin Belajar 002 - Menghidupkan Visi Satuan Pendidikan melalui Komunikasi dan Pelibatan Komunitas

Topik yang akan kita bahas dalam edisi kali ini adalah Penguatan Visi Satuan Pendidikan. Topik ini mencakup praktik yang memfasilitasi satuan pendidikan mempunyai visi yang jelas dan kontekstual. Cakupan tersebut bisa meliputi tapi tidak terbatas pada pemetaan potensi & aspirasi, refleksi visi, perumusan visi, komunikasi visi, penerjemahan visi, pelibatan komunitas dan lainnya. Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan. Dukungan dalam bentuk kumpulan praktik baik kepemimpinan pendidikan yang praktis, terbukti dan merdeka belajar. Isi tidak sepenuhnya mewakili pandangan redaksi.

Topik yang akan kita bahas dalam edisi kali ini adalah Penguatan Visi Satuan Pendidikan. Topik ini mencakup praktik yang memfasilitasi satuan pendidikan mempunyai visi yang jelas dan kontekstual.

Surat Kabar Pemimpin Belajar 001

Bergerak Tingkatkan Kapasitas Sekolah

Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan. Dukungan dalam bentuk kumpulan praktik baik kepemimpinan pendidikan yang praktis, terbukti dan merdeka belajar. Topik yang dibahas dalam edisi kali ini adalah Peningkatan Kapasitas. Topik ini mencakup praktik yang memfasilitasi kesiapan guru, tenaga kependidikan, dan warga sekolah dalam melaksanakan kurikulum yang memberdayakan konteks. Cakupan tersebut bisa meliputi tapi tidak terbatas pada pelatihan, mentoring, coaching, sosialisasi, manajemen perubahan, pengenalan potensi lokal, pelibatan komunitas dan lainnya.

Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan.