Sebanyak 7744 item atau buku ditemukan

Psikologi Pendidikan

Pedoman Untuk Guru dan Ibubapa

Pendidikan merupakan suatu tugas yang mencabar. Baik sebagai guru di sekolah mahupun ibubapa di rumah, tugas mendidik dilihat sebagai suatu tanggungjawab. Justeru adakalanya menyebabkan kita terlepas pandang dengan melihat tugas mendidik hanyalah berlaku di sekolah sahaja. Oleh itu aktiviti meningkatkan pengetahuan, kefahaman dan kemahiran mendidik dianggap hanya perlu dilakukan oleh guru di sekolah. Buku ini menjelaskan mengapa setiap individu sebenarnya merupakan pendidik. Samada sebagai guru di sekolah, ibubapa di rumah, mahupun ahli masyarakat, kita semua perlu sentiasa berusaha menambah pengetahuan, meningkatkan kefahaman dan kemahiran dalam mendidik. Tanpa usaha meningkatkan kefahaman dan kemahiran maka proses mendidik anak-anak didik kita lebih menjurus kepada ‘trial and error’ dan merugikan. Dalam buku ini perbincangan tentang teori, kaedah, strategi dan pendekatan psikologi dalam mendidik telah dilakukan dengan membandingkannya dengan pengalaman-pengalaman seharian. Penulis telah dengan sengaja membandingkan pengalaman-pengalaman seharian yang beliau lalui baik sebagai guru di sekolah atau pensyarah di pusat pengajian tinggi mahupun sebagai bapa di rumah supaya kefahaman dan penguasaan kemahiran mendidik dapat difahami dengan lebih mudah. Menjadi harapan penulis supaya buku ini dijadikan sebagai rujukan tambahan berkenaan dengan proses memahami dan meningkatkan kemahiran mendidik dalam kalangan kita semua. Amiin.

Sebab itubila bercerita tentang psikologi pendidikan kita akan memahaminya
sebagai suatu proses pengaplikasian ilmu psikologi dalam pendidikan yang
boleh menyumbang kepada pemahaman dan pengamalan dalam proses
pendidikan.

Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan

Perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk Psikologi dan Pendidikan, tidak terlepas dari pelaksanaan penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Salah satu tahapan dalam penelitian kuantitatif adalah menganalisis data yang diperoleh dari lapangan penelitian untuk membuktikan hipotesis-hipotesis yang diajukan. Pada tahapan ini pemahaman tentang Statistika Inferensial berperan penting sehingga peneliti dapat melakukan penarikan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Alur di dalam buku ini memadukan konsep dan aplikasi beragam teknik pengujian hipotesis, baik dengan Statistika Parametrik maupun dengan Statistika Nonparametrik yang merupakan bagian-bagian dari Statistika Inferensial. Buku ini bertujuan membantu mahasiswa, khususnya dalam bidang Psikologi dan Pendidikan, serta pihak lain yang melakukan penelitian kuantitatif untuk dapat memahami dan menentukan teknik uji hipotesis yang tepat. Dengan demikian, kesimpulan penelitian yang dihasilkan akan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk Psikologi dan Pendidikan, tidak terlepas dari pelaksanaan penelitian kuantitatif maupun kualitatif.

Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran

Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada. Karena dengan mempelajari dan mendalami dengan seksama, kita akan terbawa arus, menjadikan hidup kita akan teratur dipengaruhi oleh mindset apa yang sedang kita baca, kita pikirkan dan kita rasakan, sehingga menjadi habbit, yakni tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang, baik itu sadar ataupun tidak sadar, akan menjadi kebiasaan dalam hidup.

Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada.

Pengantar Ilmu Pendidikan

Pengantar Ilmu Pendidikan PENULIS: Muhammad Arifin ISBN: 978-623-229-027-3 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 200 halaman Sinopsis: Di dalam buku ini penulis menyajikan beberapa sub bahasan yang berkaitan tentang ilmu pengetahuan seputar pendidikan. Bab pertama, membahas tentang pendidik, kualifikasi pendidik, dan seluk-beluknya. Bab kedua, membahas tentang peserta didik dan karakteristiknya. Bab ketiga, membahas tentang belajar dan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas sebagai aktivitas belajar. Bab keempat, membahas tentang seni dalam pembelajaran diantaranya sumber dan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menunjang keterempailan belajar bagi para peserta didik dan keterampilan mengajar bagi pendidik itu sendiri. Bab kelima, membahas tentang kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Perlunya seorang pendidik dalam arti pengajar mengetahui karakteristik peserta didik yang sifatnya beragam, artinya guru dituntut tidak hanya mampu untuk mentransfer ilmu pengetahuan yang diampunya saja, melainkan sangat diharapkan untuk mampu mendobrak potensi peserta didik yang memiliki keunikan-keunikan sendiri yang dimilikinya, bagaimana untuk menunjang keterampilan berpikir secara merata. Oleh karena itu, dengan hadirnya buku sederhana ini yang telah dirampungkan oleh penulis, semoga dapat memberikan sedikit pengetahuan secara bersama. Dan semoga mendapatkan keberkahan dari Allah swt. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pengantar Ilmu Pendidikan PENULIS: Muhammad Arifin ISBN: 978-623-229-027-3 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 200 halaman Sinopsis: Di dalam buku ini penulis menyajikan beberapa sub bahasan yang berkaitan tentang ilmu ...