Sebanyak 4058 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MANUSIA, DATA DAN ANALISIS)

Dalam menjalankan sebuah kegiatan baik itu perusahaan, lembaga, organisasi, komunitas atau lainnya dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya masing-masing. Tak hanya itu dalam menjalankan suatu kegiatan di perusahaan yang juga perlu diperhatikan. Salah satunya adalah bagaimana memanajemen sumber daya manusia (SDM) tersebut agar kegiatan yang akan dijalankan berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal. Manajemen sumber daya manusia ini merupakan suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan atau semua tenaga kerja yang menopang seluruh aktivitas dari organisasi, lembaga atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

... berdaya saing dengan perusahaan lain karena memiliki sumber daya manusia yang kurang berkompeten (Nuryanta, 2008). B ... Human Resource Management (Priyono & Marnis, 2016), perencanaan SDM atau perencanaan tenaga kerja adalah suatu ...

Studi Kelayakan Bisnis

Buku "Studi Kelayakan Bisnis" ini dirancang sebagai panduan komprehensif bagi siapa saja yang ingin memahami proses evaluasi dan analisis kelayakan sebuah usaha atau proyek bisnis. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, melakukan studi kelayakan sebelum memulai sebuah usaha adalah langkah krusial yang dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan sebuah bisnis. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam studi kelayakan, mulai dari analisis pasar, aspek teknis dan operasional, hingga aspek keuangan dan risiko. Pembaca akan diperkenalkan dengan metode dan teknik yang digunakan untuk mengevaluasi kelayakan bisnis, termasuk cara melakukan proyeksi keuangan, analisis SWOT, dan evaluasi risiko. Selain itu, buku ini juga menyediakan contoh-contoh kasus nyata yang memberikan gambaran praktis tentang bagaimana studi kelayakan diterapkan dalam berbagai jenis industri. Dengan penjelasan yang jelas dan disertai dengan contohcontoh yang relevan, buku ini membantu pembaca untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih terinformasi dalam memulai atau mengembangkan bisnis. Melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang studi kelayakan bisnis, pembaca dapat meminimalisir risiko dan memaksimalkan potensi kesuksesan usaha.

... kelayakan bisnis= Business feasibility study. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=KAACEAAAQB AJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=studi+kelayakan+bisnis&ots=-5RB- SbEAv&sig=V5ki8WUVxi5VwvfCO0QKyET3y3M Kotler, P., & Keller ...

KONTRIBUSI EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI

Kontribusi ekonomi syariah dalam pembangunan ekonomi dapat dilihat melalui peningkatan inklusi keuangan, penciptaan lapangan kerja, dan pengurangan kemiskinan, yang merupakan tujuan utama dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Selain itu, ekonomi syariah juga mendorong investasi yang berorientasi pada kemaslahatan bersama dan memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Dengan demikian, ekonomi syariah tidak hanya sebagai sistem keuangan alternatif tetapi juga sebagai instrumen penting yang mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan adil bagi seluruh masyarakat.

... Monetary System (Menuju Sistem Moneter yang Adil), Islam and the Economic Challenge (Islam dan Tantangan Ekonomi), The Future of Economics ... Islam dengan ekonomi kapitalisme 22 | Kontribusi Ekonomi Syariah.

Filsafat Pendidikan Islam Jilid I

Buku Filsafat Pendidikan Islam ini membahas secara lebih dalam mengenai konsep pendidikan Islam yang tidak hanya berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunah, namun Islam juga menghendaki adanya keterlibatan umat dalam mengawal perkembangan dan kebenaran suatu ilmu. Buku ini menguraikan metode-metode dalam pendidikan Islam hingga evaluasi dalam pendidikan Islam yang sangat penting guna memecahkan segala permasalahan dalam pendidikan berlandaskan norma-norma yang berlaku dalam agama Islam. Islam sebagai agama dan sekaligus sebagai sistem peradaban mengisyaratkan pentingnya pendidikan. Sebagai induk ilmu pengetahuan, filsafat banyak berperan dalam memberikan alternatif-alternatif atau membantu memecahkan masalah dan memberikan pengarahan dalam dunia pendidikan, salah satunya dalam pendidikan Islam.

Buku Filsafat Pendidikan Islam ini membahas secara lebih dalam mengenai konsep pendidikan Islam yang tidak hanya berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunah, namun Islam juga menghendaki adanya keterlibatan umat dalam mengawal perkembangan dan ...

Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Globalisasi telah menggeser pendidikan dari upaya mencerdaskan bangsa menjadi komoditas, sehingga nilai kebangsaan dan moralitas sering kali diabaikan. Indonesia menghadapi tantangan besar dari perubahan ini, yang menjadikan pendidikan lebih pragmatis dengan fokus pada penguasaan ilmu (scientia) tanpa memperhatikan nilai-nilai kebangsaan. Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan prinsip “trikon” (kontinyu, konvergen, konsentris) diyakini mampu mengatasi distorsi dalam pendidikan, menekankan internalisasi budaya agar peserta didik berkembang secara utuh dan tetap terhubung dengan identitas bangsa. Kurikulum Merdeka diimplementasikan untuk mengoptimalkan potensi siswa melalui pendekatan yang fleksibel. Guru diberikan keleluasaan memilih materi yang sesuai kebutuhan siswa, diharapkan menjadi penggerak untuk menciptakan lingkungan belajar inklusif dan adaptif terhadap teknologi. Prinsip Sekolah Ramah Anak juga diterapkan, memastikan hak siswa dalam lingkungan yang aman dan bebas kekerasan serta diskriminasi, sekaligus mendorong partisipasi aktif siswa. Buku Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar mengupas penerapan Kurikulum Merdeka di jenjang dasar sebagai respons terhadap tantangan global. Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara menjadi dasar buku ini, menggarisbawahi kemandirian dan pembentukan karakter sesuai nilai kebangsaan. Buku ini mencakup program sekolah ramah anak, profil pelajar Pancasila, dan pembelajaran sosial-emosional berbasis digital, serta pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Sebagai panduan lengkap, buku ini membantu pendidik memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka untuk membangun generasi yang berkarakter dan siap menghadapi tantangan global.

... Islam & Pendidikan , 14 ( 2 ) , 92–97 . Nasution , M. K. ( 2017 ) . Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Ilmiah ... sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah . Jurnal Ilmiah. Merdeka di Sekolah Dasar.

Isu-Isu Kontemporer Tentang Islam dan Pendidikan Islam

PASANG surut perjalanan Islam dan pendidikan Islam jelas tidak akan pernah lepas dari interaksi akumulasi dengan peradaban-peradaban di sekitar perkembangan Islam. Perkembangan Islam dan pendidikan Islam ini juga boleh dikatakan dijiwai oleh semangat normatif dan historis. Disebut normatif, karena perkembangan Islam dan pendidikan Islam umumnya dijiwai oleh ajaran agama yang sumbernya adalah Kitab Suci Al-Qur‘an dan as-Sunnah. Sementara historis, karena wujud respon terhadap berbagai persoalan hidup umat Islam di berbagai bidang kehidupan. Karena itu tantangan yang dihadapi oleh Islam dan pendidikan Islam di zaman kontemporer saat ini jelas jauh berbeda dan kompleks jika ingin membandingkannya dengan tantangan Islam dan pendidikan Islam di zaman klasik atau pertengahan, baik secara eksternal maupun internal. Terutama pendidikan Islam yang perlu didisain untuk menjawab tantangannya, baik pada sisi konsepnya, kurikulum, kualitas sumberdaya insaninya, lembaga-lembaga dan organisasinya, serta mengkonstruksinya agar dapat relevan. Isu-isu kontemporer seputar Islam dan pendidikan Islam inilah yang selanjutnya akan dibahas pada buku ini. Buku ini memuat 10 (sepuluh) esei penulis, yang masing-masing esei membawa isu-isu tertentu yang aktual untuk didiskusikan, yaitu: pertama, Perspektif Umat Islam Tentang Ilmu Agama dan Ilmu Umum: Dari Dikotomi ke Integrasi; kedua, Dikotomi Agama dan Ilmu dalam Sejarah Umat Islam dan Kemungkinan Pengintegrasiannya: Prospeknya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam; ketiga, Masjid dalam Lintasan Sejarah Umat Islam; keempat, Penyimpangan Seksual: Sebuah Interpretasi Teologi, Psikologi dan Pendidikan Islam; kelima, Hak-Hak Anak yang Dirampas: Kajian Terhadap Kasus Perdagangan dan Eksploitasi Anak dalam Sudut Pandang HAM dan Islam; keenam, Nilai-Nilai Pendidikan dalam Jihad; ketujuh, Sekolah Progresif: Relevansinya Bagi Sekolah Bercirikan Islam di Indonesia; kedelapan, Pendidikan Agama Islam Berwawasan Kearifan Lingkungan di Sekolah Dasar: Dasar, Signifikansi dan Implementasi; kesembilan, Pendidikan Karakter dalam Islam: Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah; kesepuluh, Neo-Modernisme Islam Nurchalish Madjid: Relevansinya dengan Pembaruan Pendidikan Islam.

... agama Islam amat menekankan pentingnya merawat dan menjaga kelestarian lingkungan. Merusak lingkungan berarti telah ... sekolah, maupun di masyarakat. Maka, sangat mungkin sifat dan perilaku manusia yang doyan merusak lingkungan ...

PENGANTAR HUKUM ACARA PIDANA INDONESIA

Buku ini mendeskripsikan tentang berbagai referensi terkait Hukum Acara Pidana ditulis oleh para dosen dan praktisi yang pakar dibidang hukum pidana. Uraian materi yang dipaparkan dalam bab ini meliputi uraian umum, Konsep Dasar Hukum Acara Pidana, Proses Penyidikan, Penuntutan, Persidangan, Eksekusi Putusan Pengadilan, Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali, Mediasi dan Alternatif Penyelesaian Perkara Pidana, Penerapan Teknologi, Etika dan Profesionalisme, Tantangan dan Inovasi dalam Hukum Acara Pidana.

... pidana 1 tahun penjara atau 360 unit denda harian . Penyelesaian kasus pidana antara pelaku dan korban melalui kompensasi ini dikenal dengan istilah Tater - Opfer - Ausgleich ( TOA ) . Apabila TOA telah dilakukan , maka penuntutan ...

Pertanggungjawaban Korporasi Dalam Tindak Pidana Korporasi

Membaca buku ini akan nampak adanya kegalauan Penulis karya tulis buku ini antara harapan, optimisme dan kecemasan Penulis tentang ketidak pastian masa depan pertanggungjawaban korporasi, dan Korporasi sebagai subjek Hukum Pidana yang selama ini leluasa melakukan perbuatan melawan hukum, tetapi sulit dimintai pertanggungjawabannya di Psengadilan karena ketiadaan hukum acara yang mengatur. Masalah-masalah yang dibahas dalam buku ini, adalah 1. Bagaimana pelaksanaan pertanggung jawaban korporasi terkait tindak pidana korupsi? 2. Bagaimana implementasi pertanggung jawaban korporasi terkait tindak pidana korupsi dalam mewujudkan kepastian hukum?

Membaca buku ini akan nampak adanya kegalauan Penulis karya tulis buku ini antara harapan, optimisme dan kecemasan Penulis tentang ketidak pastian masa depan pertanggungjawaban korporasi, dan Korporasi sebagai subjek Hukum Pidana yang ...

Perlindungan Hukum Terhadap Anak dan Perempuan

Sekarang tidak tepat, kalau mengatakan perempuan makhluk yang lemah. Persamaan hak dan kewajiban didasarkan perbedaan  jenis  kelamin  sudah  tidak  lagi  relevan. Kita lihat kaidah hukum kita.   Manusia berperilaku dalam masyarakat harus sesuai dengan kaidah-kaidah sosial. Dengan kaidah sosial ini  menjadi pedoman perilaku atau sikap bagi setiap warga masyarakat, mana yang seyogyanya dilakukan dan yang tidak dilakukan, yang dilarang atau yang dianjurkan.  Ini   terdiri  dari  kaidah/norma  agama , kaidah  kesusilaan,  kaidah  sopan-santun, dan  kaidah hukum. Jadi hukum hanyalah salah satu dari kaidah sosial, yang merupakan peraturan mengenai perilaku orang dalam kehidupan bermasyarakat, yang dibuat oleh organisasi/lembaga yang mempunyai otoritas/kewenangan, dalam bentuk tertentu, dengan sanksi yang lebih tegas dan berlakunya dapat dipaksakan. Kaidah hukum diberlakukan untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat. Lengkapnya terkait dengan fungsi primer hukum, yakni melindungi rakyat dari bahaya  dan tindakan yang dapat merugikan dan menderitakan hidupnya dari orang lain, masyarakat maupun penguasa. Di samping itu, berfungsi pula untuk memberikan keadilan serta   menjadi sarana untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Perlindungan, keadilan, dan kesejahteraan tersebut ditujukan pada subjek hukum yaitu pendukung hak dan kewajiban, tidak terkecuali kaum perempuan. Di dalam masyarakat, kaum perempuan mempunyai kedudukan pada posisi tertentu dalam suatu susunan kemasyarakatan. Kedudukan tersebut merupakan suatu wadah yang berisi hak-hak dan kewajiban-kewajiban sebagai peranan.  Di sini perempuan memiliki kedudukan sekaligus sebagai pemegang peran dalam masyarakat. Peranan ini mengalami dinamika yang berkembang sesuai dengan perkembangan dan perubahan masyarakat.

... perempuan dan anak. “Kita juga tengah mempersiapkan agar perempuan kita makin banyak di legislatif. Itu bagian tugas kami. Semakin banyak, itu akan menjawab persoalan perempuan dan ... Perlindungan Hukum Terhadap Anak dan Perempuan.

Perlindungan Hukum Terhadap Anak dan Perempuan - Rajawali Pers

Sekarang tidak tepat, kalau mengatakan perempuan makhluk yang lemah. Persamaan hak dan kewajiban didasarkan perbedaan jenis kelamin sudah tidak lagi relevan. Kita lihat kaidah hukum kita. Manusia berperilaku dalam masyarakat harus sesuai dengan kaidah-kaidah sosial. Dengan kaidah sosial ini menjadi pedoman perilaku atau sikap bagi setiap warga masyarakat, mana yang seyogyanya dilakukan dan yang tidak dilakukan, yang dilarang atau yang dianjurkan. Ini terdiri dari kaidah/norma agama , kaidah kesusilaan, kaidah sopan-santun, dan kaidah hukum. Jadi hukum hanyalah salah satu dari kaidah sosial, yang merupakan peraturan mengenai perilaku orang dalam kehidupan bermasyarakat, yang dibuat oleh organisasi/lembaga yang mempunyai otoritas/kewenangan, dalam bentuk tertentu, dengan sanksi yang lebih tegas dan berlakunya dapat dipaksakan. Kaidah hukum diberlakukan untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat. Lengkapnya terkait dengan fungsi primer hukum, yakni melindungi rakyat dari bahaya dan tindakan yang dapat merugikan dan menderitakan hidupnya dari orang lain, masyarakat maupun penguasa. Di samping itu, berfungsi pula untuk memberikan keadilan serta menjadi sarana untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Perlindungan, keadilan, dan kesejahteraan tersebut ditujukan pada subjek hukum yaitu pendukung hak dan kewajiban, tidak terkecuali kaum perempuan. Di dalam masyarakat, kaum perempuan mempunyai kedudukan pada posisi tertentu dalam suatu susunan kemasyarakatan. Kedudukan tersebut merupakan suatu wadah yang berisi hak-hak dan kewajiban-kewajiban sebagai peranan. Di sini perempuan memiliki kedudukan sekaligus sebagai pemegang peran dalam masyarakat. Peranan ini mengalami dinamika yang berkembang sesuai dengan perkembangan dan perubahan masyarakat.

Sekarang tidak tepat, kalau mengatakan perempuan makhluk yang lemah.