Penggunaan metode statistik untuk data kategorik telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Terutama di bidang biomedis dan ilmu sosial. Disadari bahwa pendekatan data kontinu seringkali tidak tepat untuk diaplikasikan pada data kategorik. Buku ini menyajikan metode yang penting untuk menganalisis data kategorik. Secara ringkas, uji chi-kuadrat memainkan peranan penting dalam analisi data kategorik. Buku ini membantu analisis data yang berkaitan dengan respon kategorik yang banyak ditemukan di bidang: sosial, perilaku, biomedis, kesehatan masyarakat, pemasaran, pendidikan, biologi, pertanian, dan industri. Buku ini dimulai dengan dasar-dasar inferensi pada tabel kontingensi. Kemudian dilanjutkan dengan (1) regresi logistik, (2) regresi logistik multi-nomial, (3) model Poisson untuk respon cacah, (4) model loglinear untuk tabel kontingensi, (5) Generalized Linear Model, (6) dasar-dasar pemrograman software R. [Dr. Jaka Nugraha, Universitas Islam Indonesia, Penerbit Deepublish, statistik, analisis data, data kategorik, program software R]
Panduan ini memuat tentang penyusunan proposal skripsi, penyusunan skripsi, bimbingan skripsi, seminar proposal, sidang skripsi, laporan skripsi. Diharapkan panduan ini dapat menjadi referensi bagi mahasiswa, dosen pembimbing, serta pihak lain yang berkepentingan mengenai penyelesaian skripsi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMTAS. Semoga panduan ini bermanfaat bagi semua pihak, menjadi bagian dari perjuangan merealisasikan visi dan misi UMTAS menjadi perguruan tinggi yang Unggul, Islami, dan Terkemuka.
Secara garis besar isi buku ini mengenai analisis pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, proses pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam, strategi pembelajaran melalui Pendekatan Saintifik, analisis dan pengembangan kompetensi sikap spiritual peserta didik dalam konteks Kurikulum 2013 yang terdapat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, pengembangan motivasi pembelajaran bagi peserta didik. Semoga dengan hadirnya buku ini dapat memberikan referensi yang begitu jelas bagi para akademisi, terlebih bagi para pendidik yang mengampu tugas di sekolah maupun madrasah. Tidak lupa buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan para pendidik dan para akademisi untuk mencapai kompetensi yang diharapkannya bagi peserta didik yang menjadi binaannya masing-masing, yang telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Sehingga dengan demikian, buku ini layak di baca insan akademik dalam menambah wawasan khasanah keilmuan pendidikan dalam memberikan asupan pengetahuan kepada peserta didik supaya menjadi pribadi yang labih baik lagi. Tujuan dasar buku ini adalah menciptkan dan mewujudkan kesadaran pentingnya pendidikan bagi warga Negara Indonesia terutama pendidikan berbasis agama Islam agar terwujudnya nuansa ilmu pengetahuan di lingkungan sekolah dan madrasah sebagai salah satu wujud mendidik, membimbing, dan mencerdaskan anak bangsa.
Secara garis besar isi buku ini mengenai analisis pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, proses pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama ...
Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, syajaratun (dibaca syajarah), diartikan sebagai pohon kayu. Kata ini menunjukkan sifat, bentuk kejadian,perkembangan atau pertumbuhan tentang ihwal peristiwa yang terjadi secarakesinambungan (kontinuitas). Selain itu, ada pula pakar yang menyatakanbahwa istilah syajarah seperti dikemukakan di awal tidak sama dengan maknasejarah sebagaimana dimaksud dalam ilmu sejarah, sebab sejarah tidak hanyadapat dimaknai seperti halnya pohon keluarga, asal usul atau silsilah dari kajiansejarah.