Sebanyak 1857 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Pengantar Ilmu Ekonomi Teori dan Aplikasi

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Sebagai contoh, seseorang yang ingin membeli barang kebutuhan dipasar. Contoh yang lain adalah seseorang mengalokasikan pendapatan untuk kehiduan sehari-hari. Aktivitas membeli aset juga adalah contoh yang berhubungan dengan ilmu ekonomi. Definisi ilmu ekonomi yang lain adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menggunakan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan tingkat kepuasan yang maksimal, dan bagaimana perusahaan memilih kombinasi input serta besaran jenis komoditas yang diproduksi, kemudian menyalurkan bermacam komoditas tersebut ke konsumen akhir untuk dimanfaatkan nilai gunanya. Sadono Sukirno berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak pembangunan sumber daya yang terdiri atas sumber daya alam dan sumber daya manusia.

... permintaan = perubahan harga = jumlah permintaan awal = harga awal Dari berbagai koefisien elastisitas permintaan sebagaimana dihasilkan oleh rumus diatas , dapat dirincikan macam - macam elastisitas permintaan sebagai berikut . a ...

Policy Analysis And Modeling Of The Global Economy: A Festschrift Celebrating Thomas Hertel

This volume honors the extraordinary career of Thomas Hertel. It also celebrates the 25th anniversary of the founding of the Global Trade Analysis Project (GTAP) by Prof. Hertel. All of those contributing to this volume, including Prof. Hertel's students and colleagues, have benefitted in some ways from the selfless professional generosity and dedication to scientific public goods that have been hallmarks of his career.The book examines the history of the GTAP project, the scientific contributions of Prof. Hertel, and the general application of computational modeling to global economic policy analysis. The applications in the volume, reflecting the broad contributions made by the GTAP community to global policy analysis, range from the impact of globalization on employment to the sustainability impacts of economic integration.

This volume honors the extraordinary career of Thomas Hertel. It also celebrates the 25th anniversary of the founding of the Global Trade Analysis Project (GTAP) by Prof. Hertel. All of those contributing to this volume, including Prof.

Perilaku dan Budaya Organisasi

Dari berbagai fenomena pengelolaan sumber daya manusia (tenaga kerja), perilaku dan budaya menjadi faktor fundamental dalam implementasi visi dan misi organisasi. Betapapun hebatnya kompetensi tenaga kerja yang dimiliki, namun apabila tidak selaras dengan pondasi kultural organisasi, maka akan banyak terjadi ketidakpuasan dan turnover di tempat kerja. Berdasarkan fenomena di atas, maka buku ini disusun untuk menjawab permasalahan pengelolaan perilaku dan budaya organisasi dengan cara menghadirkan suatu pemahaman komprehensif dasar yang tidak hanya bersifat teoritis namun juga praktis. Materi yang tersaji dalam buku ini berisikan berbagai kajian kompleksitas manajemen keorganisasian khususnya di bidang perilaku dan budaya yang sering ditemui oleh para pengelola organisasi, baik pelaku bisnis maupun karyawan. Setiap pembahasan materi di dalamnya merupakan kumpulan pemikiran luar biasa yang dituangkan oleh para ahli yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi. Terdapat 14 bab, yaitu: Kepribadian dan Sikap Individu dalam Organisasi; Visi, Misi, dan Nilai-nilai Organisasi; Tantangan Organisasi di Era VUCA; Kecerdasan Emosi di Lingkungan Kerja; Manajemen Konflik Organisasi; Pengelolaan Stres Kerja; Manajer dan Orientasi Kepemimpinan; Etika dan Komunikasi Bisnis; Reward dan Punishment; Kreativitas dan Inovasi Organisasi; Motivasi Karyawan; Komitmen Organisasi; Kepuasan dan Prestasi Kerja; Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kerja.

Berdasarkan fenomena di atas, maka buku ini disusun untuk menjawab permasalahan pengelolaan perilaku dan budaya organisasi dengan cara menghadirkan suatu pemahaman komprehensif dasar yang tidak hanya bersifat teoritis namun juga praktis.

MODEL-MODEL PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

Sebuah perusahaan yang hebat tentu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat pula. Pada masa sekarang ini, persaingan bisnis semakin ketat, maka produktivitas SDM harus ditingkatkan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Untuk itu, program pelatihan dan pengembangan SDM harus dilaksanakan agar dapat mengatasi permasalahan ini. Pelatihan SDM merupakan usaha yang dilakukan untuk membentuk personal yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja, dan loyalitas kerja kepada suatu perusahaan atau pun organisasi. SDM yang berkualitas akan membantu perusahaan untuk lebih berkembang dan mencapai tujuan perusahaan. Pelatihan dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam sebuah organisasi perusahaan adalah upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan kerja karyawan sehingga menghasilkan produk dan layanan dengan kualitas setinggi mungkin dengan target yang telah direncanakan. Program ini sangat erat kaitannya dengan upaya yang terstruktur, sistematis, bertujuan untuk mencapai penguasaan keahlian (skill) dan kemampuan pada bidang kerja, pengetahuan seputar bidang pekerjaan yang tengah digeluti oleh seorang karyawan, dan soft skills para pegawai dan karyawan. Oleh karenanya, karyawan sebagai aset perusahaan harus mendapatkan kesempatan untuk dapat mengikuti pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (Human Resource Development), sehingga setiap karyawan dalam sebuah perusahaan dapat menemukan dan mengeluarkan potensi yang ada pada diri dirinya yang mungkin masih terpendam. Dengan melakukan pelatihan dan pengembangan secara berkala, anda dapat memastikan bahwa SDM yang anda miliki memiliki kualitas yang semakin baik. Dengan kualitas dan manajemen SDM yang semakin baik, perusahaan anda dapat semakin maju dan berkembang. Selain itu, anda juga harus memastikan keuangan bisnis memiliki kondisi yang baik dan stabil. Dengan keuangan yang baik, perusahaan dapat lebih mudah berkembang.

Sebuah perusahaan yang hebat tentu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat pula.

Kewirausahaan Berbasis UMKM

Kegiatan wirausaha berbasis UMKM memberikan kontribusi bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Selain sebagai jaring pengaman masyarakat berpenghasilan rendah, UMKM nyatanya juga membantu pemerintah dalam memperluas kesempatan dan penyerapan tenaga kerja. Namun demikian masih banyak masyarakat yang kurang memahami bagaimana cara berwirausaha, mulai dari persiapan usaha, bentuk pengelolaan, hingga beberapa aspek legalitas usaha yang perlu diperhatikan. Menjawab hal di atas, maka buku ini hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar kewirausahaan dalam lingkup UMKM dengan pembahasan yang lugas dan mudah dipahami. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 15 bab yang saling terhubung, yaitu: Pengenalan Kewirausahaan dan UMKM; Analisis Pasar dan Pemahaman Pelanggan; Menyusun Perencanaan Bisnis; Manajemen Sumber Daya Modal dan Kerja; Pemasaran dan Promosi untuk UMKM; Dasar Manajemen Produksi dan Operasional; Dasar-dasar Manajemen Keuangan; Pembuatan Produk dan Inovasi; Manajemen Risiko dan Mitigasi; Pemanfaatan Website dan E-Commerce; Pengembangan Kompetensi Kewirausahaan; Pengembangan Bisnis dan Ekspansi Pasar; Networking dan Kerjasama Bisnis; Legalitas dan Perlindungan Hukum untuk UMKM; Pemberdayaan Ekonomi dan Perempuan dalam UMKM.

Kegiatan wirausaha berbasis UMKM memberikan kontribusi bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Pengantar Bisnis (Respons Dinamika Era Digital)

Sebagian besar aktivitas bisnis kini tengah bergeser dari metode konvensional-tradisional ke arah bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi digital yang semakin mudah diakses oleh siapapun dan di manapun. Hal ini membuat para pelaku bisnis perlu merespon dan beradaptasi dengan dinamika tersebut. Menjawab fenomena di atas, maka buku ini hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar bisnis yang dibekali dengan pendekatan teknologi dan informasi digital. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 16 bab yang saling terhubung, yaitu: Konsep dan Teori-teori Bisnis; Etika dan Perilaku Bisnis; Konsep Studi Kelayakan Bisnis; Manajemen Risiko Bisnis Umum; Transformasi Bisnis ke Sistem Digital; Peluang dan Pemanfaatan Digitalisasi Bisnis; Rantai Pasokan Digital; Internet of Things (IoT) dalam Bisnis; Website dan Media Sosial; Mobile Business; E-Commerce; Pembayaran Digital; Konsep Dasar Cloud Computing; Mengenal Cybersecurity; Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI); Evaluasi Kinerja Bisnis.

Sebagian besar aktivitas bisnis kini tengah bergeser dari metode konvensional-tradisional ke arah bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi digital yang semakin mudah diakses oleh siapapun dan di manapun.

Koperasi Syariah : Panduan dalam Tata Kelola Koperasi Syariah yang Ungul

Judul : Koperasi Syariah : Panduan dalam Tata Kelola Koperasi Syariah yang Ungul Penulis : Wahyu Hidayat,SE.I,ME.Sy Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 101Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-472-7 SINOPSIS Koperasi Syariah merupakan sebuah bentuk badan usaha yang didirikan untuk memberikan layanan bagi anggotanya baik dalam bentuk Simpanan maupun Pembiayaan sesuai prinsip syariah. Didalam pengoperasionalannya diperlukan panduan yang tepat. Buku ini terdiri dari Sembilan BAB dimana setiap babnya memiliki pembahasan khusus yang saling memiliki hubungan erat didalam mewujudkan koperasi syariah yang unggul. Koperasi syariah yang unggul disini digambarkan bukan hanya memiliki kinerja usaha yang baik dengan predikat sehat, namun juga dengan tata Kelola yang baik sesuai dengan prinsip GCG. Secara umum buku ini membahas tentang ruang linkup perkoperasian dan koperasi syariah pada khususnya, proses pendirian koperasi syariah, produk funding dan financing koperasi syariah. Selain itu buku ini juga memberikan bekalan bagi masyarkat yang ingin mendirikan maupun mengoperasionalkan koperasi syariah dengan menghadirkan pembahasan tentang bentuk pendayagunaan /pemberdayaan dana Maal pada Koperasi Syariah, penentuan target pasar dan konsep pembinaan anggota koperasi syariah, strategi memasarkan produknya, cara mengelola koperasi secara baik sesuai konsep GCG dan self assasment sebagai bentuk mitigasi resiko. Diharapkan setelah membaca buku ini, para pembaca mampu mengoperasionalkan koperasi syariah dengan baik, aman secara syar’I, aman secara regulasi dan aman secara NKRI, serta menghadirkan kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

Judul : Koperasi Syariah : Panduan dalam Tata Kelola Koperasi Syariah yang Ungul Penulis : Wahyu Hidayat,SE.I,ME.Sy Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 101Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-472-7 SINOPSIS Koperasi Syariah merupakan ...

Melawan Dinamika Kapitalisme dengan Hukum Ekonomi Kerakyatan

Sistem ekonomi di dunia kerap dilihat hanya menjadi dikotomi antara kapitalis dan sosialis Sebagian besar negara memilih salah satu di antaranya atau mengambil jalan tengah yang mencampurkan kedua sistem tersebut Banyak negara malah hanya mengikuti arus dominasi negara adidaya yang memiliki hegemoni ekonomi politik dalam percaturan dunia internasional Sejarah Indonesia menunjukkan fakta bahwa negara ini kerap terombang-ambing oleh kebingungan ideologi ekonomi Sebagian menyatakan ekonomi sebaiknya diserahkan pada pasar, sebagian lain menyatakan harus dikontrol negara Kebanyakan lupa, founding fathers kita telah menyelesaikan pembahasan ini jauh hari ketika Indonesia merdeka Buku ini ditujukan guna mengembalikan kesadaran nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan Bahwa Indonesia memiliki Sistem Ekonomi Kerakyatan yang sudah tercantum dalam UUD 1945 dan karenanya wajib diterapkan dalam seluruh produk hukum ekonomi nasional Tidak boleh ada lagi undang-undang minyak bumi dan gas, undang-undang sumber daya air, undang-undang ketenagalistrikan, dan undang-undang menyangkut ekonomi yang dibatalkan karena melanggar Sistem Ekonomi Kerakyatan berdasarkan UUD 1945 Seluruh komponen rakyat wajib menjadi penjaga demokrasi ekonomi Indonesia.

Sistem ekonomi di dunia kerap dilihat hanya menjadi dikotomi antara kapitalis dan sosialis Sebagian besar negara memilih salah satu di antaranya atau mengambil jalan tengah yang mencampurkan kedua sistem tersebut Banyak negara malah hanya ...

MANAJEMEN PEMASARAN PADA INDUSTRI 5.0

Manajemen pemasaran adalah disiplin yang penting dalam industri apapun, termasuk dalam konteks Industri 5.0. Industri 5.0 mengacu pada era di mana teknologi seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), otomatisasi, dan digitalisasi berperan besar dalam mengubah cara bisnis beroperasi. Dalam rangka memaksimalkan manfaat dari mempelajari manajemen pemasaran dalam Industri 5.0, penting untuk tetap diperbarui dengan perkembangan terbaru dalam teknologi dan tren pemasaran. Pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar pemasaran, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, akan menjadi aset berharga dalam lingkungan bisnis yang terus berubah ini.

Manajemen pemasaran adalah disiplin yang penting dalam industri apapun, termasuk dalam konteks Industri 5.0.

Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi

Peluang dan Tantangan

Buku ini mengulas masalah global yang dihadapi negara di seluruh dunia: pemulihan sosial-ekonomi pasca pandemi COVID-19. Buku ini menawarkan kontribusi penulis dari berbagai sudut pandang untuk mengeksplorasi pemecahan masalah ekonomi pasca Pandemi di Indonesia. Kajian ini mencakup analisis di berbagai sektor bisnis yang terdampak pandemi, seperti perusahaan penerbangan, bidang investasi, perbankan, UMKM sampai dengan analisis kebijakan pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi serta peluang ekonomi digital pasca pandemi. Terlepas dari kenyataan bahwa buku ini hanya mengulas beberapa sektor dalam bidang ekonomi, gambaran dan tantangan baru ekonomi Indonesia pasca-COVID dapat diperoleh dengan membaca seluruh buku. Buku ini akan menarik bagi para akademisi dan praktisi di bidang ekonomi, khususnya mereka yang tertarik dengan kebangkitan ekonomi pasca-COVID di Indonesia.

Buku ini menawarkan kontribusi penulis dari berbagai sudut pandang untuk mengeksplorasi pemecahan masalah ekonomi pasca Pandemi di Indonesia.