Sebanyak 19652 item atau buku ditemukan

Filsafat dan Teori Pendidikan : Pembelajaran Matematika untuk Berfkir Kritis dan Kreatif

Judul : Filsafat dan Teori Pendidikan : Pembelajaran Matematika untuk Berfkir Kritis dan Kreatif Penulis : Rani Darmayanti, Tobroni, dan Joko Widodo Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 180 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-505-211-3 No. E-ISBN : 978-623-505-212-0 (PDF) SINOPSIS Buku ini membahas dasar-dasar teori filsafat dalam konteks pendidikan matematika, memberikan perspektif mendalam tentang bagaimana filosofi dapat memengaruhi pemahaman dan pengajaran kita tentang matematika. Pembaca dikenalkan dengan konsep penting seperti instrumentalisme, konstruktivisme, dan realisme matematika setelah penulis menjelaskan landasan filosofis yang mendasari pendekatan pendidikan matematika. Pembaca diajak untuk melihat matematika sebagai disiplin yang diperkaya oleh berbagai perspektif filosofis daripada hanya kumpulan rumus dan teknik. Buku ini juga membahas bagaimana teori filsafat dapat diterapkan dalam pembelajaran dan pengajaran matematika. Penulis meneliti berbagai cara di mana pendekatan konstruktivis dan sosio-konstruktivis dapat diterapkan dalam desain kurikulum, metode pengajaran, dan evaluasi hasil belajar. Dibahas juga peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan filosofi. Buku ini tidak hanya membahas teori filsafat secara konseptual, tetapi juga memberikan studi kasus dan contoh praktis untuk membantu pembaca memahaminya dengan lebih baik. Oleh karena itu, buku ini akan menjadi sumber daya yang bermanfaat bagi pendidik matematika yang ingin memperkuat praktik pengajaran mereka dengan basis filosofis yang teguh.

... Philosophy and Mathematics: Toward a General Theory of Reality. A Course of Philosophy and Mathematics: Toward a General Theory of Reality, 1–492. Lari, T. (2024). What counts as relevant criticism? Longino's critical contextual ...

Kupas Tuntas Filsafat Ilmu Pengetahuan

Sebuah Pengantar Komprehensif untuk Pemula dan Umum

Dalam rangka memahami ilmu pengetahuan secara utuh, kritis, rasional, dan menyeluruh, perspektif filsafat menjadi penting digunakan. Dan inilah kemudian yang dikenal sebagai filsafat ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, filsafat ilmu pengetahuan adalah memandang (mempelajari) ilmu pengetahuan dalam perspektif filosofis. Buku ini secara gamblang menjelaskan filsafat ilmu pengetahuan secara detail dan komprehensif, mulai dari pengertian, sejarah, dasar-dasar ilmu pengetahuan, logika (sebagai metode berpikir kritis), hingga persoalan etika dan estetika ilmu pengetahuan. Tidak lupa, untuk melengkapi khazanah pengetahuan seputar filsafat ilmu pengetahuan, dibahas pula mengenai filsafat ilmu pengetahuan dalam dunia Islam. Ditutup dengan penjelasan ringkas (meliputi pengertian dan objek kajian) beberapa cabang filsafat, seperti filsafat sains, filsafat bahasa, filsafat politik, filsafat komunikasi, filsafat sosial, filsafat psikologi, filsafat pendidikan, filsafat pendidikan Islam, filsafat hukum, filsafat hukum Islam, filsafat Pancasila, dan lain-lain.

Dalam rangka memahami ilmu pengetahuan secara utuh, kritis, rasional, dan menyeluruh, perspektif filsafat menjadi penting digunakan.

Filsafat Umum: Upaya untuk Lebih Mengenal & Memahami Filsafat Lebih Awal

Pembahasan filsafat tidak dapat dilepaskan dari sejarah yang panjang tentang pergulatan pemikiran manusia tentang jagad semesta (kosmos) sejak Era Yunani Kuno. Pergulatan itu melahirkan pertanyaan dasar yang harus tuntas dijawab. Immanuel Kant (1724–1804) mengawalinya dengan tiga pertanyaan dasar, yaitu: apa yang kita ketahui? apa yang kita harapkan?, dan apa yang kita lakukan?. Pertanyaa-pertanyaan itu menjadi wilayah dalam kajian filsafat, tentang ada (ontologi), pengetahuan (epistemologi), dan nilai (aksiologi).

Pembahasan filsafat tidak dapat dilepaskan dari sejarah yang panjang tentang pergulatan pemikiran manusia tentang jagad semesta (kosmos) sejak Era Yunani Kuno.

FILSAFAT UMUM

Berbicara tentang filsafat umum tidakterlepas dari pikiran pokok atau gagasan suatu wacana. Perkara umum adalah pintu masuk sebelum menuju ke pintu yang lebih khusus terlepas apapun itu bidangnya. Ibarat dokter umum dan spesialis, keduanya berbeda, namun memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Secara kualitas, dokter umum mengetahui pengobatan dasar dari banyak penyakit. Sementara dokter spesialis mengetahui lebih mendalam pengobatan dari bidang tertentu saja. Seseorang yang ingin memasuki wilayah khusus dalam bidang ilmu, standarisasinya harus melalui bidang umumnya terlebih dahulu.

Berbicara tentang filsafat umum tidakterlepas dari pikiran pokok atau gagasan suatu wacana.