Sebanyak 759 item atau buku ditemukan

Pendidikan Kedewasaan dalam Perspektif Psikologi Islami

Dalam mendidik kedewasaan spiritual Abdullah Nashih Ulwan mengemukakan sumber pengetahuan diantaranya melalui berita yang benar (khabar shadiq). Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud mengemukakan sumber ilmu pengetahuan dapat memalui berbagai saluran, yaitu: pancaindera (al-hawass al-khamsah), akal pikiran sehat (al-aql al-salim), berita yang benar (al-khabar al-shadiq), dan intuisi (ilham). ‘[1] Hakekat pendidikan Abdullah Nashih Ulwan tidak mensyaratkan pelaksanaannya melalui lembaga sekolah, dan lebih menekankan peran orang tua..[2]Menurut Wan Mohd. Nor Wan Daud, pendidikan dalam menanamkan ilmu tidak memisah-misahkan pelaksanaannya melalui pendidikan formal, informal dan nonformal. Dalam budaya ilmu semua acara pendidikan adalah formal dari segi sikap, peranan pendidik dan siswa.[3] Buku yang di tulis oleh Dr. dr. M. Nurhadi,M.Kes ini mengulas tuntas pemikiran, konsep dan teori pendidikan kedewasaan Abdullah Nashih Ulwan dengan jelas dan padat, semoga dapat dijadikan model dalam mempersiapkan manusia dewasa yang baik dan seimbang sebagaimana tujuan pendidikan. [1] Adian Husaini et.al., Filsafat Ilmu, hlm. xviii-xix. [2] Zakiah Daradjat, dkk., Ilmu Pendidikan Islam, hlm. 35. [3] Wan Mohd Nor Wan Daud, Penjelasan Budaya Ilmu, hlm. 56.

Faktor asasi yang mempersiapkan anak secara spiritual, sosial dan dakwah,
adalah mengikat anak mengerti tanggung jawab dakwah dan segala upaya
untuk meninggikan agama Allah. Karena, akan tumbuh dalam diri anak ruh
dakwah, ...

Metode Menyusun Proyeksi Siswa dalam Perencanaan Pendidikan

―Metode Menyusun Proyeksi Siswa dalam Perencanaan Pendidikan‖ ini merupakan salah satu bahan dalam menyusun perencanaan pendidikan. Dengan menggunakan sumber data yang telah ada, seperti Buku Profil Pendidikan Provinsi atau ...

Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer

Computer Assisted Language Learning

Materi buku ini terdiri dari enam bab yang meliputi gambaran tentang CALL, model pembelajaran CALL, pengajaran era digital, perangkat penulisan CALL, evaluasi aplikasi CALL dan terakhir desain dan pengembangan CALL. Semua pembahasan dideskripsikan dengan sistematis dan mudah sehingga para pemula pun dalam dunia digital akan mudah mengikuti pembahasanpembahasan materi tersebut.

Materi buku ini terdiri dari enam bab yang meliputi gambaran tentang CALL, model pembelajaran CALL, pengajaran era digital, perangkat penulisan CALL, evaluasi aplikasi CALL dan terakhir desain dan pengembangan CALL.

Program Latihan Koordinasi Sensomotorik Bagi Anak Usia Dini Dan Anak Berkebutuhan Khusus

Orang tua harus memperhatikan kemampuan sensomotorik pada anak sejak dini. Salah satu cara mudah melatih sensomotorik anak adalah lewat bermain. Kemampuan sensorik anak bisa dilatih semenjak dini melalui beragam kegiatan, salah satunya adalah dengan bermain. Mainan tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, namun dapat membantu anak mengeksplor bakat dan minat anak sekaligus mengembangkan berbagai kemampuan penting seperti motorik, sensorik, kreativitas, serta kemampuan sosial emosional. Adapun fungsi mainan edukatif diperlukan dalam proses perkembangan kemampuan sensorik anak dan menjadi bekal untuk mempersiapkan kecenderungan anak untuk merasa bosan atau takut terhadap suatu hal. Para orang tua dapat memberi jenis mainan yang sesuai dengan jenis kegiatan, usia, dan kemampuan anak untuk mendapatkan hasil yang optimal hingga tahap krusial perkembangan anak. Melalui buku ini, diharapkan orang tua dan guru khususnya, dapat menambah referensi mengenai berbagai macam aktivitas sensomotorik dalam rangka meningkatkan kemampuan sensomotorik pada anak yang menjadi investasi sepanjang hayatnya sehingga dapat mencapai tugas perkembangannya secara optimal.

Orang tua harus memperhatikan kemampuan sensomotorik pada anak sejak dini.

Pengantar Teknologi Informasi

KATA PENGANTAR Teknologi Informasi atau Information technology adalah
pengertian umum untuk berbagai jenis teknologi tersedia yang tujuan membantu
manusia untuk menjalani hidup dengan lebih mudah dan lebih baik dalam ...

Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial

Buku ini terdiri dari 8 Bab, yang diantaranya merangkum mengenai kondep dasar metodologi penelitian, data, kerangka penelitian, hipotesis, populasi dan sampel, instrumen penelitian, teknik analisis, serta uraian mengenai hubungan antara tiap bab di dalam suatu karya ilmiah. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing

(Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi)

Buku ini menyajikan sebuah fakta empiris tentang dunia pendidikan saat ini terutama PAUD. Sebagai pendidik yang mengajar matakuliah PAUD penulis mencoba tuangkan dalam buku yang berjudul Profesionalisme guru PAUD menuju NTB Bersaing. Ini semua merupakan langkah maju penulis mengembangkan inspirasi dengan tuntutan menambah referensi bagi pembaca. Dalam rangka memenuhi kebutuhan di Perguruan Tinggi, penerbitan buku Profesional Guru PAUD Menuju NTB Bersaing sangat dibutuhkan, karena buku ini merupakan salah satu referensi dalam dunia pendidikan terkini. Buku ini memuat tentang konsep guru PAUD yang professional yang menarik untuk dibaca. Buku ini diharapkan sebagai pegangan atau pelengkap ilmu pendidikan terutama pada pendidikan anak usia dini khususnya di Kota Mataram. Melalui konsep dunia pendidikan Anak Usia Dini yang disajikan dalam buku ini diharapkan dapat membantu para pendidik dan pembaca yang memahami tentang pendidikan anak usia dini. Buku ini ramu oleh penulis dengan harapan bisa berguna bagi para pendidik pada anak usia dini.

Itulah yang disebut guru PAUD yang profesional. Keempat kompetensi tersebut sudah mencakup sekian banyak tugas-tugas untuk menjadi seorang guru PAUD yang profesional dan memiliki karakter kuat. Ternyata menjadi guru PAUD tidak boleh ...

Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing

Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi

Buku ini menyajikan sebuah fakta empiris tentang dunia pendidikan saat ini terutama PAUD. Sebagai pendidik yang mengajar matakuliah PAUD penulis mencoba tuangkan dalam buku yang berjudul Profesionalisme guru PAUD menuju NTB Bersaing. Ini semua merupakan langkah maju penulis mengembangkan inspirasi dengan tuntutan menambah referensi bagi pembaca. Dalam rangka memenuhi kebutuhan di Perguruan Tinggi, penerbitan buku Profesional Guru PAUD Menuju NTB Bersaing sangat dibutuhkan, karena buku ini merupakan salah satu referensi dalam dunia pendidikan terkini. Buku ini memuat tentang konsep guru PAUD yang professional yang menarik untuk dibaca. Buku ini diharapkan sebagai pegangan atau pelengkap ilmu pendidikan terutama pada pendidikan anak usia dini khususnya di Kota Mataram. Melalui konsep dunia pendidikan Anak Usia Dini yang disajikan dalam buku ini diharapkan dapat membantu para pendidik dan pembaca yang memahami tentang pendidikan anak usia dini. Buku ini ramu oleh penulis dengan harapan bisa berguna bagi para pendidik pada anak usia dini.

Pedoman Akademik PAUD/RA Darul Fikri Kota Tanjungbalai

Dalam sebuah manajemen dikatakan berhasil jika seluruh sistem dan stakeholder di dalamnya berproses dan bekerja pada satu tujuan. Artinya, untuk mencapai tujuan yang dimaksud maka dibutuhkan keterpaduan baik dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) sistem manajemen itu sendiri. Oleh sebab itu, kami menyadari bahwa dalam konsep pendidikan islam terpadu, keterpaduan adalah sebuah keniscayaan dalam pengelolaan pendidikan itu sendiri. Keterpaduan yang dimaksud dalam hal ini adalah penerapan proses pendidikan yang sejalan antara pihak sekolah dengan keluarga. Iklim yang dibangun sekolah harus sama dengan di rumah. Dengan demikian, proses pendidikan akan berjalan secara optimal dan wujud dari hasilnya juga akan sesuai dengan yang diharapkan. Pedoman Akademik PAUD/RA Darul Fikri Kota Tanjungbalai ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Pedoman Akademik PAUD/RA Darul Fikri Kota Tanjungbalai ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Filsafat Ilmu

Hakikat Mencari Pengetahuan

Ketika pertama kali saya mengikuti mata kuliah Filsafat Ilmu di IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2008. Makalah pertama yang tampil dengan judul Mengapa Filsafat Ilmu? Rekan kelas saya yang pertama kali presentasi, namanya Muhammad Zein, alumnus S.1 IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Strata satunya jurusan Filsafat. Dalam makalahnya menjelaskan bahwa Judul di atas merupakan judul yang dapat menjadi dasar berpijak dari mata kuliah Filsafat Ilmu. Judul yang pendek dan sederhana: mengapa filsafat ilmu? Pertanyaan tersebut membutuhkan jawaban yang luas, karena berkaitan dengan sumber pengetahuan. Jika anda ditanya: apa, siapa, kapan atau di mana. Anda dapat menjawabnya dengan satu kata, tetapi ketika ditanya: mengapa? Untuk memulai menjawabnya saja kita harus "memutar" otak: kanan dan kiri agar bisa mengetahui darimana akan memulai menjawabnya.

Ketika pertama kali saya mengikuti mata kuliah Filsafat Ilmu di IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2008. Makalah pertama yang tampil dengan judul Mengapa Filsafat Ilmu?