Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

Kumpulan Essai Karya Tulis Ilmiah Sebagai Sarana Generasi Z menjawab tantangan global

Puji syukur kehadirat Allah SWT, kami panjatkan atas segala kasih sayangnya dan nikmatnya sehingga kami dapat membuat buku kumpulan essai karya tulis ilmiah dengan tema "Karya Tulis Ilmiah Sebagai Sarana Generasi Z menjawab tantangan global" dan kami selaku yang menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah berharap hal ini dapat memotivasi generasi muda untuk terus berkarya menebarkan banyak kebermanfaatan melalui tulisan, terkhusus juga dapat menjadi karya yang dapat dibanggakan oleh para penulis.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, kami panjatkan atas segala kasih sayangnya dan nikmatnya sehingga kami dapat membuat buku kumpulan essai karya tulis ilmiah dengan tema "Karya Tulis Ilmiah Sebagai Sarana Generasi Z menjawab tantangan global ...

Manajemen Pengembangan Keprofesian Guru Berbasis Produk Karya Tulis Ilmiah

Profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam UndangUndang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Hal ini dikarenakan guru merupakan tenaga profesional yang mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan sangat penting dalam mencapai visi pendidikan nasional. Terkait dengan amanat undang-undang tersebut guru yang profesional wajib melakukan kegiatan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan

A. Konsep Produk Riset Guru Kualitas Kinerja Guru dalam tugas penelitian dikutip dari Arif Rachman (1997) bahwa penelitian yang berkualitas memenuhi syarat dari beberapa aspek penelitian, yakni: Permasalahan dengan latar belakangnya, ...

Bahasa Indonesia Reseacrh Kaidah, Strategi, dan Teknik Menulis Karya Ilmiah

Penulis mengawali pembahasan dengan materi konsep dasar bahasa. Kita akan mengetahui secara komprehensif terkait hakikat bahasa, sejarah perkembangan bahasa, sejarah linguistik terapan, dan objek linguistik terapan. Sebagai kajian pelengkap, penulis menambahkan pembahasan tentang hubungan linguistik dengan pembelajaran. Sebagaimana kita ketahui, bahasa terdiri dari kumpulan kata yang masing-masing mempunyai makna. Kumpulan kata ini telah disusun secara alfabetis oleh ahli bahasa, kemudian dibukukan menjadi kamus beserta penjelasan artinya. Kamus ini pada akhirnya menjadi pegangan saat kita akan mengungkapkan gagasan dalam bentuk bahasa. Berhubungan dengan hal di atas, gagasan yang diungkapkan melalui bahasa harus disusun dengan aturan yang tepat. Kita harus memilih dan menyusun kata-kata sesuai dengan aturan bahasa. Seperangkat aturan bahasa inilah yang kemudian dikenal dengan tata bahasa. Dalam buku ini, kita akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kebahasaan, terutama penggunaan bahasa dalam penulisan karya tulis ilmiah. Melalui buku ini, pembaca diharapkan menjadi mahir dalam penulisan karya ilmiah, khususnya dalam menulis laporan tugas akhir akademik seperti skripsi, tesis, dan disertasi. Semoga buku ini menjadi inspirasi pembaca dalam meningkatkan produktivitasnya menulis karya tulis ilmiah.

Penulis mengawali pembahasan dengan materi konsep dasar bahasa.

Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa SD/MI

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI. Dalam pengajaran komponen bahasa kosa kata (mufradat) maupun tata bahasa (qawaid) kita harus mengerti terlebih dahulu bagaimana karakteristik siswa yang akan kita ajar, dan materi yang akan diajarkan haruslah menarik. Dalam pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing pertama yang diperkenalkan kepada siswa, guru adalah model yang ditiru siswa dalam menggunakan bahasa arab. Oleh karena itu, keterampilan bahasa lisan dan keterampilan tulisan dalam pembelajaran bahasa arab harus diajarkan untuk menghindari salah pengertian dan juga untuk memberi kesempatan seluasluasnya kepada siswa untuk mengunakan bahasa arab.

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI.

Media Pembelajaran Bahasa Arab

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman. Sama halnya dunia pendidikan, seorang guru harus extra menguras otaknya guna memilah strategi atau metode yang cocok dan menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran. Agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan maka dalam hal ini media sangat berperan penting untuk menghidupkan suasana kelas. Pada awalnya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru yang berupa visual saja. Namun, seiring berjalannya waktu media kini semakin berkembang dan canggih mengikuti kemajuan zaman menjadi alat penyalur pesan yang menunjang PBM. Yang dulu hanya berupa visual, sekarang bisa ditemui media audio visual seperti film, televisi dan lain-lain.

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman.

Buku Kosakata Bahasa Prancis

Pendekatan Berbasis Topik

Buku kosakata ini berisi lebih dari 3000 kata dan frasa bahasa Prancis yang dikelompokkan berdasarkan topik untuk memudahkan Anda memilih hal yang harus dipelajari terlebih dahulu. Selain itu, bagian kedua buku ini berisi dua bagian indeks yang dapat digunakan sebagai kamus dasar untuk mencari kata dalam salah satu dari dua bahasa. Ketiga bagian tersebut menjadikan buku ini sumber daya yang sangat bermanfaat bagi pembelajar dari semua tingkat. Bagaimana cara menggunakan buku kosakata bahasa Prancis ini? Tidak yakin harus memulai dari mana? Kami sarankan Anda untuk memulai dengan bab kata kerja, kata sifat, dan frasa di bagian satu buku ini. Anda akan mendapatkan landasan yang kokoh guna belajar lebih lanjut dan memiliki cukup kosakata bahasa Prancis untuk komunikasi dasar. Kamus di paruh kedua buku ini dapat digunakan kapan saja untuk mencari kata-kata yang Anda dengar di jalan, kata-kata bahasa Prancis yang ingin Anda ketahui terjemahannya, atau sekadar untuk mempelajari beberapa kata baru sesuai urutan abjad. Kesimpulan: Buku kosakata telah ada selama berabad-abad dan, dengan banyaknya hal yang terjadi hingga era modern ini, buku kosakata mungkin dianggap ketinggalan zaman dan membosankan, tetapi sebenarnya sangat berguna. Dilengkapi kamus bahasa Prancis dasar, buku kosakata bahasa Prancis ini merupakan sumber daya yang bagus untuk mendukung Anda sepanjang proses pembelajaran dan sangat berguna pada saat internet tidak tersedia untuk mencari kata-kata dan frasa.

Ketiga bagian tersebut menjadikan buku ini sumber daya yang sangat bermanfaat bagi pembelajar dari semua tingkat. Bagaimana cara menggunakan buku kosakata bahasa Prancis ini? Tidak yakin harus memulai dari mana?

Buku Kosakata Bahasa Tagalog

Pendekatan Berbasis Topik

Buku kosakata ini berisi lebih dari 3000 kata dan frasa bahasa Tagalog yang dikelompokkan berdasarkan topik untuk memudahkan Anda memilih hal yang harus dipelajari terlebih dahulu. Selain itu, bagian kedua buku ini berisi dua bagian indeks yang dapat digunakan sebagai kamus dasar untuk mencari kata dalam salah satu dari dua bahasa. Ketiga bagian tersebut menjadikan buku ini sumber daya yang sangat bermanfaat bagi pembelajar dari semua tingkat. Bagaimana cara menggunakan buku kosakata bahasa Tagalog ini? Tidak yakin harus memulai dari mana? Kami sarankan Anda untuk memulai dengan bab kata kerja, kata sifat, dan frasa di bagian satu buku ini. Anda akan mendapatkan landasan yang kokoh guna belajar lebih lanjut dan memiliki cukup kosakata bahasa Tagalog untuk komunikasi dasar. Kamus di paruh kedua buku ini dapat digunakan kapan saja untuk mencari kata-kata yang Anda dengar di jalan, kata-kata bahasa Tagalog yang ingin Anda ketahui terjemahannya, atau sekadar untuk mempelajari beberapa kata baru sesuai urutan abjad. Kesimpulan: Buku kosakata telah ada selama berabad-abad dan, dengan banyaknya hal yang terjadi hingga era modern ini, buku kosakata mungkin dianggap ketinggalan zaman dan membosankan, tetapi sebenarnya sangat berguna. Dilengkapi kamus bahasa Tagalog dasar, buku kosakata bahasa Tagalog ini merupakan sumber daya yang bagus untuk mendukung Anda sepanjang proses pembelajaran dan sangat berguna pada saat internet tidak tersedia untuk mencari kata-kata dan frasa.

Ketiga bagian tersebut menjadikan buku ini sumber daya yang sangat bermanfaat bagi pembelajar dari semua tingkat. Bagaimana cara menggunakan buku kosakata bahasa Tagalog ini? Tidak yakin harus memulai dari mana?

BAHASA INGGRIS SISTEM 52M Minggu ke-5

Buku Bahasa Inggris Sistem 52M menghadirkan kursus bahasa Inggris yang bisa dilakukan secara mandiri (di luar ruang kelas formal) dan individu (per orangan). Kursus dalam buku ini memuat berbagai macam tata bahasa dasar, percakapan, ungkapan-ungkapan, dan frasa atau kosakata yang paling sering digunakan dalam situasi kehidupan kita sehari-hari. Sesuai dengan namanya “52M”, pembaca diharapkan bisa mahir dalam bahasa Inggris dalam satu tahun (52 Minggu) dengan menggunakan buku ini secara tekun dan sabar per minggunya. Dalam mencapai tujuannya tersebut, metode penyajiannya pun disusun agar mudah dipahami orang Indonesia, termasuk cara pengucapannya yang unik. Hal ini penting terutama mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris sering kali dibunyikan tidak seperti apa yang tertulis (bunyi implisit), dan menghadirkan tantangan tersendiri bagi lidah orang Indonesia yang biasa mengenal bunyi-bunyian eksplisit dalam bahasa Indonesia. Herpinus Simanjuntak adalah penulis buku-buku belajar bahasa asing best-seller di Indonesia. Selain bahasa Inggris, Herpinus juga menguasai bahasa asing lain, seperti Jepang, Prancis, Spanyol, Jerman, dan lain-lain.

Herpinus Simanjuntak adalah penulis buku-buku belajar bahasa asing best-seller di Indonesia. Selain bahasa Inggris, Herpinus juga menguasai bahasa asing lain, seperti Jepang, Prancis, Spanyol, Jerman, dan lain-lain.

Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi

Ragam Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia laras, Bahasa Indonesia, Konsep Kalimat efektif, Konsep Penulisan–pun, pun, Konsep penulisan kata depan, Konsep ejaan, Konsep Arti kata dan istilah, Konsep Jenis paragraph, Konsep Jenis karangan, Konsep Inovasi dan kreativitas : teks akademik dan nonakademik, Konsep Penulisan karya ilmiah, Konsep Menulis artikel ilmiah, Kutipan dan Daftar Pustaka

Ragam Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia laras, Bahasa Indonesia, Konsep Kalimat efektif, Konsep Penulisan–pun, pun, Konsep penulisan kata depan, Konsep ejaan, Konsep Arti kata dan istilah, Konsep Jenis paragraph, Konsep Jenis karangan, ...

Bahasa Indonesia Era Digital : Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum. Mereka lebih mencintai bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi, padahal mereka sendiri belum mahir berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini akan berdampak pada pudarnya nasionalisme bangsa Indonesia, dan hilangnya bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, masyarakat Indonesia umumnya menguasai tiga bahasa di antaranya: bahasa ibu, bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Buku ini berusaha untuk menyegarkan kembali para pembacanya dengan menyuguhkan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, hingga pengaplikasian bahasa Indonesia. Penulis mengharapkan pembaca buku ini, dapat menemukan suatu pengetahuan dalam bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, bahasa Indonesia merupakan wujud kebudayaan masyarakat Indonesia yang diwakili dengan bahasa. Adanya bahasa membuat masyarakat Indonesia memiliki identitas diri yang jelas dan diakui di dunia internasional. Selain itu, buku ini juga berusaha menginformasikan kepada pembacanya aturan dasar dalam bahasa Indonesia yang sering kali diabaikan oleh penggunanya. Aturan tersebut berkaitan dengan penggunaan tanda baca, penulisan huruf kapital, kata baku, dan lain sebagainya. Sebagai pengguna bahasa yang baik, tentu kita harus menaati aturan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar perlu diimplementasikan sejak dini, supaya pengguna bahasa terbiasa dengan aturan yang baik dan benar.

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum.