
Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Hindu Pada Anak Usia Dini
Proses internalisasi nilai karakter Hindu pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Jambe Kumara Kabupaten Gianyar dilakukan oleh pihak sekolah melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan (modeling), pengembangan budaya sekolah serta kegiatan ekstra kurikuler. Hambatan yang dihadapi oleh guru PAUD dalam menginternalisasikan nilai karakter Hindu pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Jambe Kumara adalah (1) Faktor internal meliputi faktor fisiologis dan biologis serta faktor psikologis, (2) Selain faktor internal, faktor eksternal juga dapat mempengaruhi proses penerapan karakter Hindu pada anak. Faktor eksternal yang mempengaruhi internalisasi nilai karakter yaitu faktor dari keluarga, faktor lingkungan pendidikan dan faktor lingkungan masyarakat. Upaya untuk mengatasi hambatan yang dihadapi guru PAUD dalam menginternalisasikan nilai karakter Hindu pada anak usia dini yaitu dengan pengembangan kultur sekolah (caring community) dan pengembangan pendidik yang profesional. Dampak internalisasi nilai karakter Hindu pada anak usia dini Taman Kanak-Kanak Jambe Kumara Kabupaten Gianyar yaitu (1)Terbentuknya karakter anak usia dini yang religius (sraddha), (2)Terbentuknya karakter anak usia dini yang disiplin (yoga sadhana), (3) Terbentuknya karakter anak usia dini yang mandiri (rtvig rtvijam), (4) Terbentuknya karakter anak usia dini yang ramah tamah (samiksantam).
- ISBN 13 : 6239301191
- ISBN 10 : 9786239301194
- Judul : Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Hindu Pada Anak Usia Dini
- Pengarang : Ni Wayan Arsini, Ni Komang Sutriyanti, Ni Komang Sutriyanti, Ni Komang Sutriyanti, Ni Komang Sutriyanti,
- Kategori : Art
- Penerbit : Yayasan Gandhi Puri
- Bahasa : id
- Tahun : 2020
- Halaman : 161
- Google Book : http://books.google.co.id/books?id=E8jrDwAAQBAJ&dq=intitle:pendidikan+akhlak+anak+usia+dini&hl=&source=gbs_api
-
Ketersediaan :
Pendidikan karakter juga bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, ...