Sebanyak 62 item atau buku ditemukan

Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Hindu Pada Anak Usia Dini

Proses internalisasi nilai karakter Hindu pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Jambe Kumara Kabupaten Gianyar dilakukan oleh pihak sekolah melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan (modeling), pengembangan budaya sekolah serta kegiatan ekstra kurikuler. Hambatan yang dihadapi oleh guru PAUD dalam menginternalisasikan nilai karakter Hindu pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Jambe Kumara adalah (1) Faktor internal meliputi faktor fisiologis dan biologis serta faktor psikologis, (2) Selain faktor internal, faktor eksternal juga dapat mempengaruhi proses penerapan karakter Hindu pada anak. Faktor eksternal yang mempengaruhi internalisasi nilai karakter yaitu faktor dari keluarga, faktor lingkungan pendidikan dan faktor lingkungan masyarakat. Upaya untuk mengatasi hambatan yang dihadapi guru PAUD dalam menginternalisasikan nilai karakter Hindu pada anak usia dini yaitu dengan pengembangan kultur sekolah (caring community) dan pengembangan pendidik yang profesional. Dampak internalisasi nilai karakter Hindu pada anak usia dini Taman Kanak-Kanak Jambe Kumara Kabupaten Gianyar yaitu (1)Terbentuknya karakter anak usia dini yang religius (sraddha), (2)Terbentuknya karakter anak usia dini yang disiplin (yoga sadhana), (3) Terbentuknya karakter anak usia dini yang mandiri (rtvig rtvijam), (4) Terbentuknya karakter anak usia dini yang ramah tamah (samiksantam).

Pendidikan karakter juga bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, ...

DASAR-DASAR MICRO TEACHING

Micro Teaching merupakan pelatihan yang dilakukan oleh calon guru atau guru untuk dapat melatih atau menngembangkan kemampuan mengajarnya. Seperti diketahui bersama, bahwa ilmu tanpa amal maka akan hanya seperti pohon yang tak berbuah. Maksudnya teori akan dapat diafahami dan memberikan manfaat jika bisa dipraktekkan dengan baik. Nah melalui Micro Teaching, teori Micro Teaching merupakan pelatihan yang dilakukan oleh calon guru atau guru untuk dapat melatih atau menngembangkan kemampuan mengajarnya. Seperti diketahui bersama, bahwa ilmu tanpa amal maka akan hanya seperti pohon yang tak berbuah. Maksudnya teori akan dapat diafahami dan memberikan manfaat jika bisa dipraktekkan dengan baik. Nah melalui Micro Teaching, teori.

... yang sesuai untuk mengatasi perilaku tersebut dan menjadikan mereka target dalam program remedial, bekerja sama dengan mitra dan konselor, memilih perilaku peserta didik yang harus diubah dan memberikan berbagai variasi penguatan.

Teori Akuntansi Berdasarkan Pendekatan Syariah

Praktik akuntansi di sebuah negara dikembangkan secara sengaja untuk mencapai tujuan sosial tertentu. Di Indonesia, perkembangan praktik akuntansi diwarnai oleh praktik akuntansi yang berdasarkan pada nilai islam, yang dikenal sebagai akuntansi syariah. Konsep syariah dalam akuntansi merupakan refleksi dari ajaran islam yang menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk dalam konsep ekonomi, dan akuntansi. Perkembangan akuntansi syariah merupakan bagian dari dinamika perkembangan teori akuntansi sesuai dengan kondisi sosial masyarakat indonesia yang sebagian besar adalah penduduk yang beragama islam. Konsekuensi logis dari kondisi sosial ini adalah kesediaan pemerintah untuk mengakomodir konsep akuntansi yang sesuai dengan kondisi masyarakat islam, yaitu konsep akuntansi dilihat dari sudut pandang islami. Praktik akuntansi syariah di Indonesia telah berkembang pesat, dan mendapat respon yang positif dari masyarakat dan pemerintah. Salah satu respon dari pemerintah adalah adanya standar yang menjadi guidance bagi lembaga keuangan syariah. Di balik praktik akuntansi yang telah berkembang saat ini, baik akuntansi secara konvensional maupun syariah sebenarnya ada gagasan yang mendasari praktik-praktik tersebut berupa asumsi-asumsi dasar, konsep, penjelasan, deskripsi, dan penalaran yang membentuk bidang pengetahuan teori akuntansi (suwardjono, 2005). Oleh karena itu perlu penjelasan lebih mengenai berbagai asumsi-asumsi dasar yang mendasari praktik akuntansi syariah di Indonesia. Untuk memahami dan menjelaskan praktik akuntansi syariah yang diterapkan Indonesia, diperlukan teori akuntansi yang menggunakan pendekatan akuntansi syariah. Gagasan yang melandasi praktik akuntansi syariah sangat berbeda dengan gagasan yang mendasari praktik akuntansi konvensional, sehingga perlu penjelasan mengenai mengapa praktik akuntansi syariah di indonesia berjalan seperti sekarang ini, bagaimana perlakuan-perlakuan terhadap aset, utang, dan kewajiban secara syariah, dan adakah model-model alternatif sebagai jawaban atas masalah-masalah yang muncul dalam praktik akuntansi syariah .

akuntansi yang menjadi acuan bagi lembaga keuangan syariah dalam praktik akuntansi syariah. Salah satu standar akuntansi syariah yang pertama kali muncul di Indonesia adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Perbankan Syariah yang ...

Aplikasi Akuntansi Keuangan

Studi Kasus PT. Anugerah Lestari

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat yang berminat untuk mempelajari dan memahami perlakuan akuntansi perusahaan manufaktur berbasis siklus. Buku ini membahas perlakuan akuntansi untuk transaksi bisnis perusahaan manufaktur, mulai dari analisis transaksi, penjurnalan transaksi ke dalam jurnal khusus dan jurnal umum, posting ke buku besar, penyusunan neraca saldo, pembuatan jurnal penyesuaian, penyusunan kertas kerja, penyusunan laporan keuangan, pembuatan jurnal penutup, dan neraca saldo setelah penutupan dengan memperhatikan pokok bahasan dalam mata kuliah Intermediate Accounting.

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat yang berminat untuk mempelajari dan memahami perlakuan akuntansi perusahaan manufaktur berbasis siklus.

PERENCANAAN PARTISIPATIF DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELOMPOK WANITA TANI

Buku ajar ini adalah merupakan hasil kegiatan pendampingan masyarakat pada Skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Sesuai dengan Kontrak Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2019 dengan judul kegiatan “Kelompok Wanita Tani Desa Sereang Kabupaten Sidenreng Rappang Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional”. Buku ajar ini diperuntukkan untuk kalangan mahasiswa, dosen, juga bagi yang gemar membaca di semua kalangan. Buku bahan ajar ini terbit berkat dukungan dari beberapa pihak, olehnya itu kami sangat berterima kasih kepada Bapak Dr. H. Jamaluddin, S.Sos., M.Si. (Rektor Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang), beserta seluruh teman-teman dosen dan staf Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga buku ajar ini dapat diterbitkan.

, M.Si. (Rektor Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang), beserta seluruh teman-teman dosen dan staf Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga buku ajar ini dapat diterbitkan.

Gizi Kerja

Dalam usaha untuk meningkatkan derajat kesehatan pekerja, diperlukan manajemen yang baik untuk mengelola kesehatan pekerja. Salah satunya ditinjau dari sisi gizi dan kesehatan. Gizi berperan penting dalam memenuhi kebutuhan fisiologis sehingga dengan terpenuhinya kebutuhan tersebut, harapannya pekerja dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari tanpa ada gangguan kesehatan yang berarti. Tempat kerja merupakan tempat yang paling optimal untuk dilakukannya intervensi gizi. Alasannya ialah karena sebagian besar orang menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja. Intervensi bisa dilakukan mulai dari memberikan asupan gizi yang sesuai kebutuhan pekerja. Selain itu, perlu dilakukan pemantauan terhadap status gizi dan dampaknya terhadap kesehatan pekerja. Pengetahuan mengenai ilmu gizi sangat penting bagi mahasiswa dan praktisi gizi dan kesehatan, khususnya pemerhati di bidang gizi di tempat kerja. Selain itu, para pemegang kebijakan di perusahaan juga dapat menggunakannya sebagai pedoman bagaimana menyusun sistem pemenuhan gizi di tempat kerja sesuai sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Selain itu, para pemegang kebijakan di perusahaan juga dapat menggunakannya sebagai pedoman bagaimana menyusun sistem pemenuhan gizi di tempat kerja sesuai sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Aspek Hukum Kewirausahaan

Aspek Hukum Kewirausahaan

Seperti disampaikan oleh penulis buku ini bahwa di Indonesia, entrepreneurial skill perlu dikembangkan untuk menekan sekecil mungkin tingkat kemiskinan, karena dengan mengandalkan investor asing untuk membuka lapangan kerja tidaklah cukup. Salah satu cara atau jalan terbaiknya adalah mengandalkan sektor pendidikan dalam mengubah pola pikir lulusannya dari orientasi mencari kerja menjadi mencetak lapangan kerja sendiri alias menjadi wirausahawan mandiri.

Seperti disampaikan oleh penulis buku ini bahwa di Indonesia, entrepreneurial skill perlu dikembangkan untuk menekan sekecil mungkin tingkat kemiskinan, karena dengan mengandalkan investor asing untuk membuka lapangan kerja tidaklah cukup.

Peran Kearifan Lokal Dan Modal Sosial Dalam Pengurangan Risiko Bencana Dan Pembangunan Pesisir

(Integrasi Kajian Lingkungan, Kebencanaan, dan Sosial Budaya)

Manajemen bencana merupakan bidang kajian yang mengalami perkembangan sangat cepat dalam dasawarsa terakhir. Salah satu studi tentang kebencanaan, yaitu dengan menggunakan pendekatan positivism. Pendekatan positivism terkait erat dengan tema tentang sosial budaya dan kemasyarakatan. Hal tersebut terutama dalam kaitannya dengan pola dan respons masyarakat terhadap situasi bencana yang mengancamnya (adaptive capacity) serta kemampuan masyarakat dalam melakukan penyesuaian-penyesuaian dan memberikan timbal baliknya dalam menghadapi fenomena-fenomena bencana. Buku ini berusaha memaparkan identifikasi kearifan lokal dari proses perilaku dan budaya masyarakat dalam kurun waktu yang panjang. Selain itu, buku ini juga berusaha menemu-kenali modal sosial yang ada di dalam masyarakat dalam kaitannya dengan pengelolaan lingkungan dan upaya pengurangan risiko bencana. Berbagai karakteristik fisik wilayah, kearifan, dan budaya lokal terkait dengan adaptasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan pesisir dan ancaman bencana di wilayah pesisir diulas secara lebih jelas. Secara lebih teknis, buku ini akan memaparkan dan menyajikan data-data, baik berupa data statistik maupun data secara keruangan, dalam kaitannya untuk memberikan gambaran dan penjelasan dalam konteks dinamika pesisir. Pada beberapa bab dan bagian akan dipaparkan data terkait data-data kependudukan, data sosial, data geografi, data-data lingkungan, dan lain sebagainya dengan menggunakan studi kasus suatu daerah. Studi kasus kawasan pesisir Demak dipilih dalam penjelasan dan pemaparan ini. Data kependudukan, data sosial, data potensi wilayah dalam lingkup wiayah pesisir Demak dipaparkan dengan menggunakan tabel, peraga diagram, peta, dan lain sebagainya. Selanjutnya, buku ini memaparkan contoh-contoh empiris hasil analisis secara terintegrasi dari modal sosial yang ada dalam masyarakat dalam kaitannya dengan pemanfaatan kapital tersebut untuk pembangunan berkelanjutan. Urgensi dari penulisan buku ini adalah memberikan berbagai informasi dan data kepada pemerintah daerah yang terkait dengan kearifan lokal dan modal sosial masyarakat tradisional untuk perencanaan pembangunan yang berkelanjutan. Selain itu, penulisan buku ini juga penting untuk pengembangan metode dalam riset-riset multidisiplin yang terintegrasi. Diharapkan pada akhirnya buku ini dapat memberikan tambahan referensi, pemahaman, dan pengetahuan kepada para mahasiswa, baik mahasiswa S-1, S-2, maupun S-3 yang akan melaksanakan penelitiannya. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Selain jumlah sekolah, banyaknya jumlah guru juga sangat penting sebagai
fasilitator untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jumlah guru di Kecamatan
Sayung meliputi 70 guru TK, 587 guru SD/MI, 354 guru SLTP/MTs, dan 206 guru
SMA ...

EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Buku ini berupa penjelasan antara Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam pembelajaran. Dalam Sistem pendidikan antara Evaluasi, Penilaian, Pengukuran secara sepintas tidak bisa dibedakan mempunyai arti yang sama. Padahal dalam dari Evaluasi, Penilaian, Pengukuran tapi maknanya berbeda. Penulis disini akan membahas satu persatu mengenai Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam dunia pendidikan. Semoga dengan adanya buku ini bisa bermanpaat terutama dalam bidang pendidikan.

Buku ini berupa penjelasan antara Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam pembelajaran.