Sebanyak 69 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan

Penerapan manajemen pendidikan agar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien, maka proses manajemen pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, karena bagaimanapun sekolah merupakan suatu sistem yang di dalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara baik, sekolah tanpa didukung proses manajemen yang baik, boleh jadi hanya akan menghasilkan kesemerautan lajunya organisasi, yang pada gilirannya tujuan pendidikan pun tidak akan pernah tercapai secara semestinya. Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Bab 2 Manajemen Kurikulum Bab 3 Biaya Pendidikan Bab 4 Manajemen Kurikulum Bab 5 Evaluasi Bab 6 Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan Bab 7 Pengembangan Kompetensi Bab 8 Pengembangan Kurikulum Bab 9 Pemasaran Manajemen Pendidikan Bab 10 Manajemen Pendidikan Di Era Digital

Penerapan manajemen pendidikan agar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien, maka proses manajemen pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, karena bagaimanapun sekolah merupakan suatu sistem yang di ...

Alquran dan Sains

Isi buku mencakup tentang penciptaan alam semesta, bintang di ruang angkasa, laut dan atmosfer bumi, penciptaan makhluk hidup, keteraturan alam semesta, Ilmu dan teknologi modern, penyakit dan penyebabnya, ilmu kesehatan, dan peristiwa kiamat dalam pandangan sains. Membaca buku ini akan membuka wawasan bahwa Alquran mendahului sains dalam menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di alam semesta. Beberapa ayat mungkin sulit dipahami saat Alquran diturunkan, namun dapat mudah dipahami ketika ilmu pengetahuan sudah sangat berkembang. Bahkan Alquran mengandung ayat-ayat yang dapat dikaji untuk dapat mengembangkan ilmu dan teknologi pada masa depan. Pengkajian ayat-ayat Alquran secara saksama akan memberikan pemahaman lebih luas tentang alam semesta dan keteraturannya dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah. Buku ini ditujukan bagi siswa, mahasiswa, dan guru sebagai kajian untuk mempelajari sains dan keterkaitannya dengan ayat-ayat Alquran. Buku ini dapat dijadikan sebagai buku referensi dalam mata kuliah Alquran dan Sains di beberapa Universitas Islam, maupun bagi masyarakat umum yang ingin mendalami keterkaitan antara Alquran dan Sains.

Buku ini dapat dijadikan sebagai buku referensi dalam mata kuliah Alquran dan Sains di beberapa Universitas Islam, maupun bagi masyarakat umum yang ingin mendalami keterkaitan antara Alquran dan Sains.

Islam dan nasionalisme Indonesia

Thoughts of Islamic leaders on Indonesian nationalism, 1920-1950.

Robert J . Myers , dari Universitas Chicago , dalam disertasi yang ditulisnya Juni
1959 berjudul The Development of Indonesian Socialist Party mengatakan
bahwa Natsir memberikan presentasi dengan imbauan - imbauan yang moderat
.

Benih-benih Islam radikal di masjid

studi kasus Jakarta dan Solo

On radical Islamic movement in mosques; case study in Jakarta and Solo, Indonesia.

Singkatnya , berbagai gerakan tersebut tidak diragukan memperjuangkan
agenda yang berbeda dengan pemahaman mayoritas masyarakat Islam
Indonesia yang berhaluan moderat - yang tidak mudah memandang yang lain
sebagai “ salah ...

Konservasi pesisir dalam perspektif studi Islam

On management of marine resources conservation from Islamic perspectives in coastal zones of Boalemo and Pohuwato Regencies, Gorontalo Province, Indonesia.

On conservation of coastal resources from Islamic perspectives in Boalemo and Pohuwato Regencies, Gorontalo Province, Indonesia.

Stimulasi Kecerdasan Anak Menggunakan TI

Perkembangan Teknologi Informasi telah membawa kita pada tahapan pengalaman yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya. Gambar, suara, animasi, dan video membuat TI semakin dinamis. Agaknya hal ini juga disadari oleh para pemikir-pemikir di dunia pendidikan dan mencoba menerapkannya di dunia pendidikan. Sehingga anak-anak dapat belajar tentang sesuatu hal, tanpa merasa sedang mengikuti pelajaran. Semuanya bisa dibuat having fun, dengan animasi ataupun permainan dengan skenario tertentu. Alhasil pelajaran tidak lagi menjadi berat. Bagi siswa yang kesulitan mengikuti pelajaran-pelajaran dengan imajinasi, akan lebih dimudahkan dengan ilustrasi-ilustrasi di dalam program-program tersebut. Anda akan diajak untuk menelusuri pemanfaatan Teknologi Informasi yang cocok untuk anak-anak dan masing-masing kebutuhannya pada usia tertentu. Dengan begitu, kita bisa menentukan permainan seperti apa yang sebaiknya dimainkan oleh putra-putri kita? Permainan seperti apa yang cocok untuk mempelajari suatu hal? Serta bagaimana sikap kita selama anak-anak memainkan permainan di dalamnya? Sehingga pemanfaatannya bisa lebih dioptimalkan untuk menstimulasi kecerdasan anak. Buku ini sangat cocok untuk orang tua, pendidik, maupun pemerhati anak-anak.

Sekarang, orangtua lebih memperhatikan tumbuh-kembang anak. Mungkin
karena sudah banyak buku-buku dan seminar tentang parenting. Tentu saja hal
ini bagus dan perlu diapresiasi. Namun kemudian muncul “sindrom” rasa
bersalah.

Kiat Menulis Karya Ilmiah Berkualitas

Buku ini ditujukan bagi dosen, guru, mahasiswa, dan siswa yang berminat menghasilkan karya tulis ilmiah berupa artikel hasil penelitian, makalah, buku teks, buku ajar, modul, dan best practices. Isi buku mencakup tentang Jenis dan Struktur Karya Ilmiah, Strategi dan Aturan Menulis, Menulis Laporan Penelitian, Menulis Artikel Ilmiah, Menulis Buku dan Modul, Menulis Best Practices, Tinjauan Ilmiah, dan Karya Inovatif Guru. Buku ini akan sangat membantu mahasiswa dalam menulis skripsi atau tesis, mulai dari menulis proposal sampai laporan penelitian. Beberapa strategi dan kiat dipaparkan secara sederhana agar mudah dipahami dan diikuti. Penulis juga memberikan beberapa contoh tulisan dan memaparkan kesalahan yang umum dibuat dalam sebuah karya tulis. Di akhir tiap bab diberikan program latihan menulis yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi pemula. Membaca buku ini akan membuka wawasan dan memperdalam pengetahuan teknis tentang penulisan karya ilmiah. Beberapa contoh karya ilmiah yang diberikan pada bagian lampiran dapat menjadi bahan pelajaran bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah untuk membuat karya pengembangan profesi yang berkualitas

Buku ini ditujukan bagi dosen, guru, mahasiswa, dan siswa yang berminat menghasilkan karya tulis ilmiah berupa artikel hasil penelitian, makalah, buku teks, buku ajar, modul, dan best practices.

Sosiologi Agama: Memahami Perkembangan Agama dalam Interaksi Islam

Secara doktrinal, agama bersifat permanen yang tidak bisa berubah sekalipun terjadi perubahan sosial. Akan tetapi, begitu agama menjadi milik manusia maka tidak bisa dihindari terjadinya tiga aktivitas manusia, yaitu pemahaman, penghayatan, dan pengamalan terhadap agama. Dengan demikian, makna agama yang laten muncul dalam berbagai bentuk baik interpretasi maupun aktualisasi sebagai wujud dari manifes agama. Selanjutnya, agama yang telah diolah manusia sebagai dasar yang membentuk pandangan dunia (world view), maka agama telah berubah posisi dari kebenaran yang absolut menjadi kebenaran yang relatif. Akan tetapi, sering manusia tidak menyadari hal tersebut sekalipun yang mereka sebut kebenaran absolut ajaran agama hanyalah terbatas pada sejumlah simbol sebagai hasil pemahaman. penghayatan, dan pengamalan ajaran agama. Sikap yang demikian cenderung melahirkan konflik di kalangan umat beragama bukan hanya konflik yang bersifat eksternal yaitu antar-umat yang berbeda agama, melainkan juga intemal yaitu antar-penganut dalam satu agama. Tetapi dalam pemahaman agama yang didasari solidaritas spiritualitas, maka perbedaan agama tidak menghalangi mereka untuk hidup dalam suasana ukhuwah antara satu dengan lainnya. Dari fakta sosial, kelihatan bahwa agama dalam persepsi manusia adalah suatu subsistem sosial di antara sekian banyak subsistem sosial lainnya, seperti politik, ekonomi, pendidikan, dan hukum. Dalam kaitan itu, karena agama telah larut berinteraksi dalam berbagai kehidupan sosial, maka agama juga tidak bisa dihindari terlibat dalam proses interaksi dengan berbagai subsistem tersebut. Sebagai hasil dari interaksi itu, maka tidak bisa dihindari terjadinya berbagai realitas saling memengaruhi antarsubsistem sosial. Di antara wujud dari proses interaksi itu adalah muncul gagasan untuk melakukan pemurnian dan pembaruan terhadap interpretasi agama. Pemurnian diperlukan untuk menyaring laten agama dari manifes agama. Demikian juga pembaruan diperlukan untuk mendorong posisi agama sebagai landasan etos kerja menuju kehidupan beragama yang dinamis, kreatif, dan inovatif. Demikianlah pentingnya agama bagi kehidupan manusia dan juga pentingnya subsistem sosial memperkaya pemahaman. penghayatan, dan pengamalan terhadap ajaran agama.

Secara doktrinal, agama bersifat permanen yang tidak bisa berubah sekalipun terjadi perubahan sosial.