Sebanyak 759 item atau buku ditemukan

Etika Profesi Guru

Etika berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. Etika akan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulan manusia di dalam kelompok sosialnya. Dalam pengertiannya yang secara khusus dikaitkan dengan seni pergaulan manusia, etika ini kemudian dituangkan dalam bentuk aturan tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada, dan pada saat yang dibutuhkan akan bisa difungsikan sebagai alat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara logika umum dinilai menyimpang dari kode etik. Etika Profesi Guru ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Etika Profesi Guru ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Sikap Dan Kinerja Guru Profesional

Menjadi guru, adalah tugas dan panggilan tertinggi seorang manusia. Guru telah berjuang untuk selalu memperbaiki kualitas pendidikan. Guru menjadikan wajah pendidikan sebagai senyum yang menghiasi bangsa, guru menjadikan wajah pendidikan kita sebagai penyejuk kondisi bangsa. Guru telah mengabdikan dirinya dengan baik, untuk melahirkan anak didik yang bisa menjadi tumpuan harapan bangsa. Oleh karenanya peran guru ini sangatlah mulia, guru berada pada garda terdepan karena gurulah yang melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas dan cakap serta kreatif untuk membangun suatu bangsa. Guru yang dalam melaksanakan tugasnya secara profesional akan dapat memberikan output pendidikan yang hebat dan bermartabat.

Permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan profesional para guru melaksanakan pembelajaran dapat digolongkan ke dalam dua macam, yaitu permasalahan pada diri guru itu sendiri (internal), dan permasalahan yang ada di luar ...

Guru Profesional Bukan Guru Abal-Abal

Kualitas pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan kualitas guru, karena guru merupakan ujung tombak pendidikan. Abad 21 yang dihadapkan pada sejumlah tantangan, antara lain cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan komunikasi, serta perubahan yang sangat dinamis dan sulit diprediksi. Dunia menjadi sebuah wilayah yang tanpa batas. Berdasarkan kepada hal tersebut maka, SDM yang berkualitas mutlak menjadi modal utama. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan guru-guru yang profesional. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 mengamanatkan pentingnya guru memiliki empat dimensi kompetensi, yaitu (1) kompetensi pedagodik, (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetensi profesional. Menjadi sosok guru profesional tentunya memerlukan proses yang relatif panjang melalui pendidikan calon guru selama waktu tertentu. Buku ini merupakan sebuah bunga rampai artikel-artikel pendidikan yang diharapkan dapat menambah wawasan guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Salah satu karakter seorang guru profesional adalah selalu menjadi insan pembelajar, menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan. Mental pembelajar dan wawasan yang dimiliki oleh guru akan menjadikannya seperti telaga yang tidak pernah kering, terus mengalirkan ilmu pengetahuan kepada para peserta didiknya.

Pasca arus reformasi, bermunculan beragam organisasi profesi guru. Keberadaan organisasi profesi guru merupakan amanat Undangundang Nomor 14 tahun 2005 Guru dan Guru. Pada pasal 41 UUGD menyatakan (1) Guru membentuk organisasi profesi ...

Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah

Profesionalisme berasal dari kata profesi. Istilah profesi, berasal dari kata Profession mengandung arti sama dengan occupation yaitu suatu pekerjaan yang memerlukan keahlian yang diperoleh melalui pendidikan atau latihan khusus. Dalam pengertian lain profesi adalah kedudukan atau jabatan yang memerlukan ilmu pengetahuan dan keterampilan khusus yang diperoleh melalui pendidikan yang bersifat teoritis dan praktek yang dapat diuji kebenarannya.

harus berkualitas, sehingga bila pada sebuah lembaga pendidikan ratarata peserta didiknya kurang berkualitas maka ada indikasi bahwa para guru yang mengajar pada sekolah tersebut kurang profesional atau belum dikatakan sebagai guru ...

Guru Sebagai Profesi

Era global yang dicirikan persaingan bebas dengan berlatar pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi, pada satu sisi merupakan suatu tantangan bagi kehidupan masa depan, namun pada sisi yang lain juga merupakan harapan dan sekaligus ancaman bagi seluruh bangsa yang tidak siap menghadapinya. Agar bisa survive dalam menapaki era ini, prasyarat mutlak yang harus dipenuhi adalah kemampuan berkompetensi dengan bekal keunggulan kompetitif. Upaya peningkatan sumber daya manusia kemudian menjadi wacana yang mendesak untuk direalisasikan.

Seorang guru profesional hendaknya mampu beradaptasi terhadap dinamika bidang pendidikan di Indonesia. Untuk menghadapi dinamika tersebut, seorang guru profesional tidak hanya tinggal diam dan berpasrah diri.

Mendongkrak Profesionalisme Guru Di Daerah Tertinggal

Buku “Mendongkrak Profesionalisme Guru di Daerah Tertinggal” (Sebuah Inovasi Pengelolaan Pembelajaran) yang menyuguhkan cara pengelolaan pembelajaran khusus di daerah tertinggal yang dengan segala keterbatasannya memerlukan sebuah penanganan khusus dalam mengelola sumber daya manusia yang ada. Inovasi pengelolaan pembelajaran yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) yaitu Lesson Study yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh guru mata pelajaran yang berbeda dalam satu sekolah. Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dengan demikian, Lesson Study bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan Lesson Study adalah membimbing para guru secara kolaboratif, pertamatama menganalisis masalah pembelajaran, baik dari aspek materi ajar maupun metode pembelajaran. Selanjutnya secara kolaboratif pula para guru mencari solusi dan, merancang pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa. Langkah berikutnya, menerapkan pembelajaran di kelas oleh seorang guru, sementara guru yang lain sebagai observer (mengamati aktivitas siswa dan guru), dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi pasca pembelajaran untuk merefleksikannya. Jika prinsip-prinsip Lesson Study Berbasis Sekolah ini dilakukan secara sistemik dan berkelanjutan maka akan berdampak pada peningkatan profesionalisme guru yang bermuara akhir pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah Mendongkrak Profesionalisme Guru Di Daerah Tertinggal ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Jika prinsip-prinsip Lesson Study Berbasis Sekolah ini dilakukan secara sistemik dan berkelanjutan maka akan berdampak pada peningkatan profesionalisme guru yang bermuara akhir pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah Mendongkrak ...

Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia: Konsep dan Teknik Pembentukannya Berbasis Good Legislation

Tidak dapat dipungkiri, semakin dinamisnya pembentukan peraturan perundang-undangan yang seiring dengan kompleksitas persoalan yang perlu diatur dan diselesaikan melalui instrumen hukum di Indonesia dewasa ini, ikut dipengaruhi oleh adanya Undang-Undang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan (Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004 dan penggantinya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011) yang merupakan acuan yuridis-sistematis bagi pembentukan peraturan perundang-undangan. Undang-Undang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan ini bukan saja menjadi dasar kepastian hukum bagi jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia, tetapi juga ditentukan cara dan metode yang pasti, baku, dan standar yang mengikat semua lembaga yang berwenang membentuk peraturan perundang-undangan.

Pada akhir bagian penutup dicantumkan Lembaran Negara Republik Indonesia, Berita Negara Republik Indonesia, ... Penulisan frasa Lembaran Negara Republik Indonesia atau Lembaran Daerah ditulis seluruhnya dengan huruf kapital. 5.

Habituasi Dan Teknik Penulisan Laporan Aktualisasi Untuk CPNS Kementerian Perdagangan

Penulisan buku ini merupakan suatu proses dalam mendapatkan dan menyebarkan pengetahuan dan wawasan mengenai penanaman nilai-nilai dasar CPNS melalui proses habituasi pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Buku ini diharapkan mampu memberikan sumbangan wawasan dan keterampilan yang diperlukan para CPNS agar mampu melaksanakan dan melaporkan kegiatan aktualisasi yang merupakan rangkaian dari agenda habituasi dengan baik. Habituasi Dan Teknik Penulisan Laporan Aktualisasi Untuk CPNS Kementerian Perdagangan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Berselancar di media sosial menjadi rutinitas karena mereka mendapat reward berupa hilangnya rasa bosan dengan mendapat informasi atau berita baru, video lucu, dsb. Dengan pendekatan ini, agar mengurangi kebiasaan mengakses media sosial ...

Model Bauran Orientasi Strategi Berbasis Lingkungan Dalam Percepatan Peningkatan Kinerja UMKM

Model bauran orientasi strategi berbasis lingkungan dalam percepatan peningkatan kinerja UMKM merupakan hasil penelitian dalam skema PSNI 2018/19. Penulisan Model ini merupakan kepedulian peneliti kepada UMKM yang selama ini selalu dimarginalkan. UMKM merupakan unit usaha sebagai tulang punggung negara tetapi perhatian berbagai pihak masih kurang. Model ini disajikan dengan bahasa yang sederhana, singkat dengan tujuan agar mudah dipelajari dan digunakan untuk mengembangkan kinerja usahanya. Terdiri dari sepuluh bab diantaranya Pendahuluan, Variabel Model, E laborasi Model, Penyusunan Model, Feasibilitas Studi, Validalisme Model, Pelaksanaan Model, Evaluasi Pelaksanaan Model, Sosialisasi dan Desiminasi Model serta Penutup

Uji feasibilitas meliputi Layak dari perspektif pemasaran, layak dari perspektif teknis, layak dari perspektif finansial, layak dari perspektif Sumber daya Manusia (SDM) dan layak secara statistik. Masing-masing kelayakan akan dibahas ...

Sistem Manajemen Lingkungan: Perspektif Agrokompleks

Buku Sistem Manajemen Lingkungan: Kajian Pertanian adalah sebuah buku tentang impian setiap anak bangsa untuk mencapai kesejahteraan hidup yang lebih baik. Tujuannya adalah memberikan konsep-konsep yang dapat diterapkan dalam bidang pertanian. Buku ini diharapkan dapat digunakan dalam kuliah-kuliah di Perguruan Tinggi. Untuk mencapai impian ini, sektor pertanian dapat menjadi tumpuan sebagian besar masyarakat Indonesia, meskipun demikian sektor pertanian sampai saat ini belum dapat secara optimal memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia secara luas. Kasus yang sampai saat ini terjadi adalah masih tingginya ketergantungan impor sektor pertanian secara luas dan yang lebih memprihatinkan banyak produk-produk akhir yang diimpor justru bahan bakunya berasal dari Indonesia. Kondisi ini jelas memprihatinkan karena Indonesia sebagai negara agraris yang sebagian besar masyarakat bertumpu pada sektor pertanian sebagai mata pencariannya. Pada prinsipnya produk pertanian tidak ada yang tidak dapat dimanfaatkan apabila dilakukan dengan inovasi dan penggunaan teknologi secara maksimal sehingga diharapkan dapat tercipta nilai tambah (value added) dari produk pertanian dan tidak merusak lingkungan (zero waste). Buku Sistem manajemen lingkungan: perspektif agrokompleks ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Aktivitas bisnis hanya memiliki 2 fungsi dasar yaitu pemasaran dan inovasi sehingga inovasi dan pemasaran harus menjadi bagian dari manajemen lingkungan bila tidak ingin tersingkir dari pertimbangan bisnis.