Sebanyak 130 item atau buku ditemukan

Inspirasi Praktik Baik Pendidikan Karakter Berbasis Kelas dan Komunitas

Merdeka Belajar dalam Komunitas Moral yang Ramah

Belajar akan efektif bila ada suasana kemerdekaan belajar dan didukung dengan budaya sekolah yang ramah. Dua kondisi ini menjadi satu paket dalam pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. Kemerdekaan adalah dasar bagi pertanggungjawaban individu terhadap proses pendidikan yang dilakukannya. Dengan diberi kemerdekaan belajar, peserta didik dapat bertumbuh dengan lebih natural sesuai dengan minta, bakat dan talenta yang dimiliki. Merdeka Belajar mendekatkan aspirasi individu pada cita-cita masa depannya. Merdeka belajar akan berhasil bila keseluruhan proses pembelajaran mencerminkan semangat autentik dan menimba ilmu pengetahuan. Untuk menimba ilmu, individu tidak bisa melakukannya sendiri. Ada saatnya ia bekerja secara mandiri, ada pula dalam sebuah kolaborasi. Kadang satuan pendidikan perlu menengok keluar sekolah untuk membangun komunikasi dan kolaborasi dengan masyarakat untuk meningkatkan kualitas individu sebagai pemelajar. Dengan pendekatan pedagogis yang baik serta kolaborasi dengan pemangku kepentingan yang lebih luas, pendidikan karakter akan berjalan secara lebih efektif. Kelas dan komunitas merupakan bagian integral yang menjadi konteks dan latar bagi pendidikan karakter. Bila belajar itu sendiri tidak lain adalah memungut pengalaman berharga dalam kehidupan, dan pengalaman ini hanya dapat ditemukan dalam kebersamaan maupun komunitas, maka komunitas yang menjadi dasar budaya sekolah menjadi tempat strategis pembentukan karakter. Ruang kelas, seluruh warga sekolah, flora dan fauna di sekitar sekolah, budaya lokal, dan kebajikan tokoh masyarakat, menjadi sumber pembelajaran dan pembentukan karakter tidak kunjung henti. Buku ini menawarkan khasanah kekayaan itu melalui inspirasi-inspirasi praktik baik baik dalam pembelajaran dan kolaborasi yang autentik dan sudah teruji di satuan pendidikan.

Belajar akan efektif bila ada suasana kemerdekaan belajar dan didukung dengan budaya sekolah yang ramah.

Nilai Dasar Logo Konseling

Buku ini memuat pemikiran penulis mengenai nilai dasar logo konseling yang merupakan perspektif teoretis terhadap konseling makna hidup yang bersumber pada spiritual dalam rangka meningkatkan kesadaran diri, penerimaan diri, ketegasan diri, tujuan hidup, tanggung jawab diri, integritas diri untuk menemukan makna dan tujuan hidup serta penghargaan atas dirinya. Nilai dasar logo konseling merupakan suatu proses pendidikan yang signifikan dan efektif karena memiliki: (1) nilai-nilai sikap sebagai sumber kekuatan menyikapi kondisi dan masalah yang dialami; (2) model Logo Konseling untuk Memperbaiki Low Spiritual Self-Esteem; (3) kompetensi dan integritas diri untuk mengeksplorasi nilai-nilai sikap; (4) penerimaan dan ketegasan diri untuk mengembangkan keyakinan inti seimbang dan asumsi berpikir positif; (5) transendensi diri untuk melakukan transformasi nilai dan modifikasi sikap; (6) realisasi makna yang berhubungan dengan pengendalian dan pengembangan diri untuk memperoleh healthy spiritual self-esteem dan menemukan meaning of life.

Nilai dasar logo konseling merupakan suatu proses pendidikan yang signifikan dan efektif karena memiliki: (1) nilai-nilai sikap sebagai sumber kekuatan menyikapi kondisi dan masalah yang dialami; (2) model Logo Konseling untuk Memperbaiki ...

Hukum Asuransi di Indonesia

Buku Hukum Asuransi di Indonesia memaparkan Sejarah dan Perkembangan Asuransi, Usaha Perasuransian, Perasuransian dan pengaturannya. Usaha dan perusahaan perasuransian, Perjanjian pada umumnya, Perjanjian Reasuransi, Objek-objek Asuransi, Asuransi Jiwa, Asuransi Kerugian, Asuransi Syariah, dan Asuransi Sosial atau Jaminan Sosial, serta Undang-Undang Perasuransian dan Peraturan-peraturannya yang berlaku. Pada bagian akhir buku ini dilampirkan juga Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014. Buku ini tidak hanya cukup dipelajari saja akan tetapi perlu dimengerti dan dapat dipraktikkan melalui belajar kelompok dengan pola proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa (student learning centre). Setiap bab dalam buku ini dilengkapi evaluasi dan studi kasus yang mengarahkan pembaca untuk menganalisis dan menemukan solusi kasus berdasarkan teori-teori yang ada. Pembaca diharapkan mencari gap-gap antara teori dan praktik atau dassein dan dassolen melalui contoh kasus. Analisis dan solusi kasus terkini dikupas melalui teori-teori dan materi yang dipelajari mulai dari bab awal hingga akhir. Melalui buku ini terbentuk para kader muda mahasiswa/pembaca yang andal dan profesional dalam bidang Hukum Asuransi.

Buku Hukum Asuransi di Indonesia memaparkan Sejarah dan Perkembangan Asuransi, Usaha Perasuransian, Perasuransian dan pengaturannya.

Model Inovatif Logo Konseling Website

Model inovatif logo konseling website terdiri atas pengembangan model, kekuatan model, efektivitas model, esensi model, dan implementasi model. Tahap pengembangan model berorientasi pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk penanganan masalah harga diri spiritual rendah klien. Dalam perecanaannya, pendekatan ini terintegrasi dengan sumber daya manusia yang ada, dengan menekankan kolaborasi antara peneliti dengan mereka yang bertanggung jawab atas layanan konseling aktual klien. Kekuatan model mendeskripsikan dinamika perubahan perilaku klien yang buruk ke perilaku positif dan konstruktif. Efektivitas model mengindikasikan bahwa penggunaan program intervensi logo konseling website yang dikenakan pada klien menunjukkan peningkatan secara statistikal signifikan maupun praktikal signifikan. Selanjutnya, esensi model sebagai kerangka teoretis dan berpikir logo konseling website. Implementasi model sebagai pedoman pelaksanaan logo konseling website. Model inovatif logo konseling website sebagai gagasan dasar untuk menjembatani keterbatasan waktu dan tempat, media penghubung untuk keterbukaan, dan media komunikasi yang memudahkan klien untuk curhat dengan gadget mereka. Keterbatasan mobilitas fisik dan psikis klien menjadi penghambat untuk dilakukan sesi tatap muka sehingga melahirkan ide mengembangkan model inovatif logo konseling website. Stigma budaya terhadap perasaan dihakimi, rentan bagi klien yang menjadi korban pemerkosaan dan pelecehan seksual memilih melakukan konseling tanpa tatap muka. Keterbatasan, stigma, dan keengganan itu memunculkan pemikiran tentang upaya mengembangkan pendekatan logo konseling online yang inovatif, yang dapat diakses oleh semua kalangan sehingga bermanfaat bagi klien dan masyarakat luas. Pada era digital saat ini, keterbatasan waktu dan tempat antara konselor dan pribadi setiap individu yang bermasalah (klien) dapat diatasi. Model inovatif logo konseling website sebagai upaya dalam mengatasi keterbatasan mobilitas fisik dan psikis klien.

Teknik dan pendekatan yang dipakai, yaitu modifikasi sikap. Tujuannya untuk mengembangkan evaluasi diri seimbang dengan sasaran pencapaiannya, yakni tanggung jawab diri. Selanjutnya, pencapaian tanggung jawab diri menjadi kebutuhan ...

Model Logo Konseling untuk Memperbaiki Low Spiritual Self -Esteem

Buku Model Logo Konseling ini meliputi substansi model dan pedoman pelaksanaan model logo konseling serta panduan pelatihan untuk memperbaiki low spiritual selfesteem, khususnya dalam eksplorasi diri klien, penerimaan diri, ketegasan diri, transendensi-diri, kesadaran diri, dan nilai-nilai sikap, yang terintegrasi dalam potensi diri, aktivitas diri, dan evaluasi diri, yang berguna bagi perubahan perilaku positif, yaitu dari low spiritual self-esteem ke healthy spiritual self-esteem. Substansi model merupakan kerangka teoretik dan kerangka berpikir model logo konseling. Pedoman pelaksanaan dan panduan pelatihan merupakan implementasi model dan teknik pelaksanaan program intervensi logo konseling untuk memperbaiki permasalahan perkembangan dan dimensi low spiritual self-esteem, dalam rangka meningkatkan nilai-nilai sikap, kompetensi, dan integritas diri, penerimaan dan ketegasan diri, transendensi diri dan realisasi makna.

Buku Model Logo Konseling ini meliputi substansi model dan pedoman pelaksanaan model logo konseling serta panduan pelatihan untuk memperbaiki low spiritual selfesteem, khususnya dalam eksplorasi diri klien, penerimaan diri, ketegasan diri, ...

Naratif dan Pendidikan Manusia Berdaya dalam Filsafat Paul Ricoeur

Buku ini menjelaskan tentang penggunaan naratif di dalam pendidikan yang menunjukkan pemikiran Paul Ricoeur. Meskipun Paul Ricoer sangat sedikit menulis tentang pendidikan, filsafatnya mencakup banyak tema—dari teks, manusia, hingga etika—menawarkan perspektif baru bagi kedudukan naratif di dalam pendidikan. Buku ini sangat sesuai bagi kalangan akademisi berlatar belakang terkait. Dengan menganalisis Time and Narrative dan Oneself as Another sebagai sumber utama, serta mengintegrasikannya pada pemikiran Ricoeur yang lain tentang pendidikan, imajinasi, teks, perasaan, dan hasrat, penulis menyimpulkan fungsi fundamental naratif sebagai pembentuk identitas temporal, naratif, dan etis yang memberdayakan manusia untuk mencapai tujuan pendidikan.

Buku ini menjelaskan tentang penggunaan naratif di dalam pendidikan yang menunjukkan pemikiran Paul Ricoeur.

Fondasi Teori Manajemen

Sebuah Tinjauan Filosofis, Teoretis, Metodis, dan Praktis

Buku berjudul Fondasi Teori Manajemen ini ditulis dengan maksud untuk menjadi salah satu buku rujukan dalam perkuliahan di beberapa perguruan tinggi, khususnya pada program doktoral bidang ilmu manajemen dan manajemen pendidikan, di mana penulis berkesempatan untuk ikut ambil bagian menjadi staf pengajar pada program-program tersebut. Ilmu pengetahuan dibangun di atas teori-teori yang berhasil mengungkapkan berbagai masalah dalam bidang kehidupan manusia. Teori yang dibangun dalam ilmu pengetahuan tidak selalu harus merupakan sesuatu yang baru. Teori yang dibangun dapat merupakan penyempurnaan dari teori sebelumnya yang sudah ada atau teori ini dapat juga merupakan sanggahan atas teori yang telah diungkapkan sebelumnya yang dinilai kurang tepat. Teori merupakan proposisi hasil konstruksi pemikiran yang merupakan gambar akal budi untuk menjelaskan prinsip konstitutif suatu realitas tertentu. Untuk dapat mengungkapkan suatu teori, para ilmuan bekerja dalam suatu metode penelitian ilmiah yang disepakati dalam bidang keilmuan tersebut. Buku ini mencoba membahas secara sistematis mulai dari memahami konteks pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan filsafat yang dikaitkan dengan perkembangan ilmu manajemen. Selamat membaca!

Buku berjudul Fondasi Teori Manajemen ini ditulis dengan maksud untuk menjadi salah satu buku rujukan dalam perkuliahan di beberapa perguruan tinggi, khususnya pada program doktoral bidang ilmu manajemen dan manajemen pendidikan, di mana ...

Aktivitas Fisik Motorik dan Pengembangan Kecerdasan Majemuk Usia Dini

Peran pendidikan sangat menentukan keberhasilan pembangunan nasional. Pendidikan dapat menjadi sarana intervensi kehidupan dan agen pembaru untuk meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa. Memperhatikan peran yang begitu besar tentang fungsi pendidikan, maka bukan hal yang berlebihan apabila seseorang menggantungkan harapannya pada sektor pendidikan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada pada peserta didik. Berdasarkan hal tersebut sudah selayaknya apabila setiap warga negara, termasuk usia dini, memperoleh pendidikan. Pendidikan berlangsung seumur hidup, mulai dari dalam kandungan sampai meninggal dunia, dengan kata lain pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan diselenggarakan baik melalui pendidikan formal, nonformal, maupun secara informal. Dari ketiga jalur tersebut semuanya mengarah pada peningkatan kualitas seseorang. Buku ini dibuat sebagai bahan referensi dan memberikan dasar-dasar teoretis dan praktis kepada para guru, pemerhati, peneliti, pelatih, dan konsultan tumbuh kembang anak untuk merencanakan dan selanjutnya melaksanakan kegiatan melalui aktivitas fisik dalam rangka memberikan stimulasi pengembangan potensi-potensi, termasuk kecerdasan majemuk pada anak usia dini. Masa usia dini merupakan masa keemasan. Masa ini merupakan masa yang paling cepat untuk menerima stimulus, terlebih dengan metode beraktivitas yang tepat, yaitu dengan model bermain. Dunia anak adalah dunia bermain. Terdapat banyak jenis dan macam aktivitas dengan model bermain yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan potensi yang ada pada anak, yang salah satunya adalah dengan beraktivitas fisik secara sirkuit dan estafet. Untuk itu, buku ini memuat serangkaian kegiatan fisik yang dikemas dalam bentuk permainan yang terdiri atas sembilan pos kegiatan yang berbeda antara pos satu dan pos lainnya.

Tempat-tempat yang relevan untuk belajar anak-anak harus mencakup lingkungan yang sesuai untuk meningkatkan pertumbuhan fisik, ... disiplin) dan kemampuan untuk mengalisis, 46 Bab III Model Mengajar melalui Aktivitas Fisik Anak Usia Dini.

Bagaimana mempertimbangkan artikel opini untuk media massa

Editorials, study and teaching; journalism, editing; papers of a workshop.

Editorials, study and teaching; journalism, editing; papers of a workshop.

Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran Inklusi Sekolah Dasar ini merupakan sumber rujukan bagi para peneliti, mahasiswa calon guru, maupun para guru yang akan mengimplentasikan pembelajaran inklusi di kelas. Kehadiran buku ini memberikan suatu wacana dan arah tentang langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum dengan paradigma inklusif. Langkah-langkah dimulai dengan asesmen kondisi peserta didik untuk menemukan kebutuhan belajarnya, serta penentuan kompetensi yang dicapai dan rumusan tujuan melalui indikator capaian belajar, penentuan materi, metode, sumber belajar, media belajar, serta evaluasi belajar dengan mengakomodasi peserta didik yang beragam. Untuk itu, kehadiran buku ini wajib dibaca, dikaji, dan dipergunakan oleh semua pihak yang peduli terhadap pendidikan yang benar dan yang ramah untuk semua anak, serta tidak diskriminatif.

Buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran Inklusi Sekolah Dasar ini merupakan sumber rujukan bagi para peneliti, mahasiswa calon guru, maupun para guru yang akan mengimplentasikan pembelajaran inklusi di kelas.