Moderasi beragama adalah jalan penting bagi Indonesia untuk mencapai cita-cita dan tujuan besar yang digariskan oleh para pendahulu bangsa ini. Kementerian Agama RI bahkan sudah menetapkan peta jalannya. Buku yang dihadirkan kali ini mencoba mengulik moderasi beragama dalam perspektif Hindu. Bagaimana Hindu memandang toleransi, anti kekerasan, komitmen kebangsaan, dan penerimaan terhadap tradisi lokal. Dalam buku inijuga disuguhkan bagaimana sastra dan susastra Hindu mengurai masalah-masalah tersebut. Bagi pembaca yang ingin menekuni kajian tentang moderasi beragama, khususnya dari sudut pandang Hindu perlu memelajari buku ini. Semoga buku ini bisa pegangan dan bahan literasi terkait moderasi beragama di Indonesia.
Lembaga pendidikan Islam merupakan tempat yang sangat vital bagi proses transmisi pengetahuan dan transmutasi kultur keberagamaan. Di tengah gencarnya upaya pemerintah dalam mempromosikan narasi diplomatik sebagai model negara Muslim demokratis, yang menjunjung tinggi nilai-nilai pluralisme agama dan toleransi, maka eksistensi dan peran lembaga pendidikan Islam semakin tidak bisa dinafikan. Karena itulah, hadirnya buku hasil kajian Sdr. Nur Kafid ini sangat penting. Selain dapat memperkaya rujukan bagi kajian keislaman Indonesia kontemporer, juga dapat menjadi inspirasi bagi upaya penguatan kultur keberagamaan moderat di lingkungan pendidikan. ÑProf. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjend Pendis, Kemenag RI Buku ini merupakan hasil pergulatan akademik penulis di tengah kecenderungan semakin menguatnya paham, sikap dan perilaku keberagamaan yang intoleran hingga radikal-ekstrem di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda muslim. Untuk itu, hadirnya buku ini sangatlah penting untuk dijadikan sebagai rujukan bagi para akademisi maupun praktisi yang konsen dalam bidang kajian keislaman, terutama yang berkelindan dengan tren keberagamaan generasi muslim milenial. ÑProf. Dr. Zulkifli, MA. Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Kaum muda dan dunianya selalu jadi topik menarik. Apalagi ekspresi keagamaan mereka. Dalam konteks moderasi beragama juga begitu, implementasinya pada generasi muda perlu diperhatikan seperti yang dirangkum di buku ini. Menyambut kehadiran buku ini, saya memiliki optimisme kuat. Bahwa ini merupakan perkembangan menarik dan menggembirakan tentang keberlanjutan moderasi beragama di Indonesia. ÑSavic Ali Ketua PBNU dan Founder Islami.co
Satu keniscayaan moderasi dan multukultural menjadi solusi bersama untuk dipertimbangkan dalam membangun keberagamaan di Indonesia. Banyaknya agama, ras, dan suku menjadi pertimbangan penting dalam mengambil dua pola tersebut sebagai pijakan kehidupan beragama di negara Indonesia. Meski tawaran itu menarik untuk terciptanya harmonisasi antaranak bangsa, tetapi belum semuanya mampu menerimanya dengan lapang dada, terutama para agamawan yang masih mempertahankan pola lama, tidak mau bergeser dari tradisi lama menuju tradisi baru. Kajian keilmuan tentang moderasi dan multikulturalisme sebenarnya sudah lama didengungkan, tetapi sampai sejauh ini belum tuntas. Tidak sedikit orang-orang beragama yang memicingkan mata ketika mendengar moderasi beragama, karena dianggap berseberangan dengan agamanya atau jika tidak demikian dianggapnya sebagai bentuk kebablasan dalam beragama. Paling sederhana, jika ada tokoh muslim masuk gereja untuk kepentingan diskusi atau apalah yang tidak berbau ibadah mahdhah dianggap sebagai tindakan yang tidak pantas. Cara pandang demikian berarti menunjukkan bahwa moderasi belum tuntas di kalangan masyarakat muslim. Buku ini merupakan bagian dari diskusi kecil yang diprakarsai oleh DMI Kabupaten Tuban, harapannya buku ini bisa memunculkan sikap dan pemikiran tentang pentingnya moderasi islam untuk bisa dijaga dan dihidupkan dalam kehidupan beragama, bernegera dan berbangsa, agar moderasi islam di Indonesia bisa lebih kuat dan harmonis sebagai bagian dari misi Islam Rahmatan lil ‘Alamiin.
Ekstremisme, radikalisme, ujaran kebencian, hingga retaknya hubungan antar umat beragama, merupakan problem yang dihadapi bangsa kita saat ini. Moderasi beragama mengajarkan cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri sehingga menjadikan Islam sebagai Rahmatan Lil ‘alamin. Sebuah buku yang berjudul Pendidikan Moderasi Beragama akan mengajak pembaca untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama secara moderat yakni dengan mengambil jalan tengah, tidak ekstrem, radikal maupun anarkis. Untuk memahami lebih jauh tentang Pendidikan Moderasi Beragama bacalah buku ini.
Sebuah buku yang berjudul Pendidikan Moderasi Beragama akan mengajak pembaca untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama secara moderat yakni dengan mengambil jalan tengah, tidak ekstrem, radikal maupun anarkis.
Buku yang ada dihadapan pembaca sekarang ini merupakan buku hasil penelitian yang didanai oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dalam program Litapdimas Tahun 2022 Klaster Penelitian Antar Perguruan Tinggi. Tujuan penulisan buku ini tidak lain ialah ingin memberikan sebuah inovasi baru tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan moderasi beragama. Kenapa harus moderasi beragama?. Kita tahu bahwa moderasi beragama saat ini menjadi penting untuk dikaji dan disebarluaskan, khususnya pada bangsa Indonesia memiliki ragam agama yang diakui dalam perundang-undnagan. Moderasi beragama yang dimaksud adalah moderasi di dalam pemikiran dan pelaksanaan ajaran agama atau moderasi sikap dan perilaku keberagamaan yang dipraktikkan oleh umat beragama. Cara seseorang beragama harus selalu didorong ke jalan tengah, atau harus senantiasa dimoderasi, karena ia bisa berubah menjadi ekstrem, tidak adil, bahkan berlebih-lebihan. Dengan demikian, salah satu kunci daripada moderasi adalah sikap tidak berlebih- lebihan. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah harus mengakomodir perjalanan moderasi bergama bagi pemeluknya karena melalui Pendidikan inilah kita bisa memberikan sosialisasi sekaligus filter tentang hadirnya paham-paham radikalisme agama dan juga paham liberalism agama. Terlebih saat ini kedua paham tersebut mudah sekali tersebar di media-media online. Semoga dengan hadirnya buku ini mampu memberikan tambahan informasi tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan moderasi beragama baik secara teoritik, ataupun praktiknya dalam kehidupan sehari-hari.
Buku yang ada dihadapan pembaca sekarang ini merupakan buku hasil penelitian yang didanai oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dalam program Litapdimas Tahun 2022 Klaster Penelitian Antar Perguruan Tinggi.
Buku "Penguatan Literasi Digital: Menguasai Dunia Literasi di Era Digitalisasi" membahas berbagai aspek penting dalam memahami dan menguasai teknologi dan internet dengan bijak. Buku ini membahas topik-topik seperti keamanan digital, etika digital, kreativitas digital, dan kolaborasi di dunia maya. Dalam buku ini, pembaca akan belajar tentang strategi pencarian yang efektif, cara membaca dan menulis di dunia digital, dan cara mengekspresikan diri melalui teknologi. Pembaca juga akan belajar tentang bagaimana menjaga keamanan dan privasi online, serta bagaimana menjadi warga dunia maya yang bertanggung jawab dan menghargai hak cipta dan kekayaan intelektual orang lain. Buku ini cocok untuk siapa saja yang ingin menguasai literasi digital, baik itu untuk keperluan pribadi atau profesional. Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh-contoh yang relevan dan bermanfaat. Pembaca akan dipandu untuk menjadi pahlawan literasi digital dengan menguasai dunia literasi di era digitalisasi.
Buku "Penguatan Literasi Digital: Menguasai Dunia Literasi di Era Digitalisasi" membahas berbagai aspek penting dalam memahami dan menguasai teknologi dan internet dengan bijak.