Sebanyak 76 item atau buku ditemukan

SEJARAH GEREJA INDONESIA

Segala Puji Syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa atas terbitnya buku yang berjudul Sejarah Gereja Indonesia. Buku membahas tentang Hakekat Sejarah Gereja Indonesia; Pra Sejarah Gereja Indonesia; Sejarah Gereja Nestorian Indonesia; Perkembangan Gereja Katolik di Indonesia; Sejarah Gereja Calvinis di Indonesia; Perkembangan Gereja Calvinis di Indonesia; Sejarah Indische Kerk di Indonesia; Sejarah Gereja Lutheran di Indonesia; Sejarah Gereja Karismatik di Indonesia; Sejarah Gereja Indonesia Tahun 1930; Perkembangan Gereja Masa Kini. Semoga Buku Sejarah Gereja Indonesia ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Kiranya kasih Allah Yang Maha Kuasa selalu menyertai kita semuanya.

Buku membahas tentang Hakekat Sejarah Gereja Indonesia; Pra Sejarah Gereja Indonesia; Sejarah Gereja Nestorian Indonesia; Perkembangan Gereja Katolik di Indonesia; Sejarah Gereja Calvinis di Indonesia; Perkembangan Gereja Calvinis di ...

Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter

Judul : Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter (Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen) Penulis : Dr. Agusthina Siahaya, M.Th Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 88 Halaman No ISBN : 978-623-6233-26-9 Dr. Agustina Ch. Kakiay, M.Si (Rektor IAKN Ambon) Tuntutan dunia internasional terhadap tugas guru memasuki abad ke-21 tidaklah ringan. Guru diharapkan mampu dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang bertumpu dan melaksanakan empat pilar belajar yang dianjurkan oleh Komisi Internasional UNESCO untuk Pendidikan, hal ini didasari bahwa Pendidikan merupakan komunikasi terorganisasi dan berkelanjutan yang dirancang untuk menumbuhkan kegiatan belajar pada diri peserta didik (education as organized and sustained communication designed to bring about Learning). Learning to be merupakana pendidikan seharusnya memberikan bekal kemampuan untuk mengembangkan diri. Proses belajar memungkinkan terciptanya peserta didik yang mandiri, memiliki rasa percaya diri, mampu mengenal dirinya, pemahaman diri, aktualisasi diri atau pengarahan diri, memiliki kemampuan emosional dan intelektual yang konsisten, serta mencapai tingkatan kepribadian yang mantap dan mandiri. Bahan ajar interaktif berbasis karakter menjadi salah satu media yang relevan untuk dimanfaatkan oleh tenaga pendidik dalam proses pembelajaran abad-21, karena sesuai dengan karakteristik generasi milenial. Bahan ajar interaktif merupakan bahan ajar yang bersifat aktif dengan desain tertentu agar dapat melakukan perintah balik kepada pengguna (siswa) untuk melakukan aktifitas sehingga siswa terlibat interaksi dua arah dengan bahan ajar yang sedang dipelajari. Buku bahan ajar interaktif tepat digunakan sebagai refferensi bagi tenaga pendidik (guru, dosen, praktisi, peneliti) dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif secara kusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, karena buku ini merupakan hasil konversi penelitian.

Judul : Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter (Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen) Penulis : Dr. Agusthina Siahaya, M.Th Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 88 Halaman No ISBN : 978-623-6233-26-9 Dr. Agustina Ch. ...

Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun perguruan tinggi. Sikap, karakter, serta kecenderungan personal generasi muda usia sekolah ini berperan besar dalam munculnya berbagai isu problem belajar di sekolah mulai dari motivasi, bahan ajar, dan media ajar. Sebagai contoh problem motivasi belajar siswa khususnya Generasi Z kerap dijumpai karena derasnya gempuran media sosial berikut segenap atributnya seperti influencer, gamer, youtuber dan sebagainya. Banyak anak-anak sekolah lebih termotivasi mendapatkan popularitas seperti role model mereka masing-masing di media sosial dibanding prestasi akademik karena umumnya penggiat media sosial memang tidak mengangkat tema akademis. Hal tersebut pada dasarnya bukan hal yang bersifat negatif mengingat di era digital ini bahkan keterampilan mengelola media sosial dapat menjadi aset yang sangat berharga. Akan tetapi, hal ini banyak disalah artikan oleh Generasi Z sehingga menurunkan motivasi belajar dan menimbulkan problem bagi sekolah, guru, maupun orangtua.

Adanya tatanan dunia baru dalam era digital ini agaknya memengaruhi sikap, karakter, serta kecenderungan personal bahkan psikologis generasi muda yang sebagian besar berada pada usia sekolah baik pada level dasar, menengah, atas maupun ...

PENGEMBANGAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN dalam Tinjauan Polkumeksosbud

Kajian Pengembangan Kebijakan Pendidikan, sudah banyak dilakukan, namun khusus mengkaji dalam tinjauan politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya, perlu dipertajam lagi. Buku ditangan pembaca ini merupakan hasil gagasan dari mahasiswa kandidat Doktor Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2020/2021. Buku ini memuat kajian tentang (1) pengembangan kebijakan pendidikan, metode dan strategi pengembangan kebijakan pendidikan, (2) Dimensi ekonomi, meliputi konsep, isu-isu ekonomi, dan pengembangan kebijakan pendidikan dalam perspektif ekonomi, (3) Dimensi hukum meliputi konsep, isu-isu hukum dan pengembangan kebijakan pendidikan dalam perspektif hukum dan regulasi, (4) Dimensi politik dalam pengembangan kebijakan pendidikan, meliputi konsep politik pendidikan, isu-isu dan pengembangan kebijakan pendidikan dalam prespektif politik, dan (5) Dimensi sosial budaya dalam pengembangan kebijakan pendidikan, meliputi konsep perubahan sosial budaya, isu-isu sosial budaya dan pengembangan kebijakan pendidikan dalam perspektif sosial budaya. Buku ini layak dimiliki, dibaca, menjadi pegangan dan referensi utamanya bagi mahasiswa, guru, pengamat, peneliti, dosen, ilmuwan, pengambil kebijakan pendidikan, dan pihak yang konsen dalam kebijakan pendidikan di Indonesia. Selamat membaca..

Kajian Pengembangan Kebijakan Pendidikan, sudah banyak dilakukan, namun khusus mengkaji dalam tinjauan politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya, perlu dipertajam lagi.

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TEORI DAN PRAKTIK DENGAN QUANTUM GIS

Bismillahirrohmannirrohiim, Puji syukur kita panjatkan pada Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Berkat limpahan karunia-Nyalah penulis dapat menyelesaikan buku ke 2 (dua) ini tentang SIG dengan judul Sistem Informasi Geografis Teori dan Praktik dengan Quantum GIS. Adapun isi buku ini membahas QGIS Cloud, Membuat Web GIS Tanpa Coding, dan Mengambil Data Vector Peta OSM Online dengan Quantum GIS 3.12.2. Selanjutnya shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad SAW. Dalam buku ini penulis menerangkan teori Sistem Informasi Geografis dan cara instalasi software Quantum GIS, cara mengubah simbol, mengubah warna dan menggambar vektor, titik, garis dan polygon. Buku ini disusun bagi untuk orang yang ingin belajar Sistem Informasi Geografis. Sesuai judulnya, buku ini ditujukan bagi para pemula yang mau belajar teori Sistem Informasi Geografis dan Quantum Gis dan disusun dengan bahasa sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Dengan harapan setibanya buku ini di tangan pembaca dapat menginspirasi pembaca untuk dapat membuat pemetaan GIS dengan Software Quantum Gis. Penulis sangat membuka diri atas kritik dan sarannya yang bersifat membangun.

Namun, beberapa sistem yang memungkinkan pengguna untuk menangkap data di busur/node struktur data topologi. Struktur data arc/node mengharuskan digitizer yang mengidentifikasi node. Data capture dalam pendekatan arc/node membantu untuk ...

Manajemen Pemasaran

UMKM Dan Digital Sosial Media

Buku ini merupakan buah pemikiran dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan selama tahun 2020 dengan pendanaan yang berasal dari DRPM Dikti. Adapun buku ini menguraikan mengenai bagaimana perbaikan kualitas dan produksi UMKM, termasuk di dalamnya bagaimana mengembangkan produk dan kualitas produk serta mengukur kualitas produk dan impilkasi dari kualitas produk itu sendiri bagi kemajuan UMKM. Manajemen Pemasaran: UMKM Dan Digital Sosial Media ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Contoh penggunaan media konvensional sebagai media pemasaran adalah toko dan pameran produk. Gambar 4.6 Gambar 4.6 Contoh Pameran Produk Batik di Mall (www.finance.detik.com) 5. E-Commerce, adalah suatu media perdagangan tidak langsung ...

Pengembangan Bisnis Pariwisata dengan Media Sistem Informasi

Berbagai perubahan penting di industri pariwisata secara otomatis ikut memengaruhi perkembangan kepariwisataan itu sendiri, mulai dari industri pariwisata sampai kepada segala aktivitas yang ada di dalamnya. Perkembangan pariwisata yang senantiasa berkembang secara dinamis juga ikut mendorong kehadiran buku ini. Buku ini menjelaskan mengenai defi nisi dari kepariwisataan, pentingnya industri pariwisata, usaha, dan jasa pariwisata, sampai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pariwisata. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi membawa pengaruh yang sangat signifi kan terhadap perkembangan pariwisata. Alasan itulah yang mendasari buku ini membahas teknologi informasi dan komunikasi dalam kepariwisataan.

Berbagai perubahan penting di industri pariwisata secara otomatis ikut memengaruhi perkembangan kepariwisataan itu sendiri, mulai dari industri pariwisata sampai kepada segala aktivitas yang ada di dalamnya.

Kebangkitan UMKM Melalui Inovasi Geoproduk Berbasis Geodiversity & Kearifan Lokal

Indonesia dengan karakteristik alam dan lingkungannya yang sangat beragam, memiliki tiga konsep pemanfaatan sumber daya alam yang berlandaskan perlindungan alam, yaitu ekowisata, geowisata, dan taman bumi (geopark). Geopark merupakan konsep yang terbaik saat ini, karena mampu mengintegrasikan seluruh sumber daya alam di sekitar lokasi yang memiliki keunikan geologi dengan tujuan, yaitu perlindungannya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. UMKM sebagai komunitas yang ada dan penting dalam geopark mengembangkan geoproduk berdasarkan geodiversity dan kearifan lokal memiliki kekuatan untuk bangkit dari krisis-krisis yang terjadi. Geoproduk merupakan produk atau jasa yang memiliki keunikan juga ramah lingkungan dan berada dalam lingkungan geopark. Buku ini memberikan gambaran tentang definisi geoproduk, ciri-ciri geoproduk, proses pembuatannya, model bisnis, rantai nilai, manajemen risiko UMKM, dan strategi pemasaran bagaimana geoproduk bisa menjadi unggulan bagi UMKM di Indonesia. Contoh kasus UMKM geoproduk ditampilkan dalam bentuk narasi mulai dari geoproduk yang ada di geopark Indonesia, hingga geoproduk yang ada di geopark negara-negara lain yang masuk ke dalam UNESCO Global Geoparks (UGG).

Indonesia dengan karakteristik alam dan lingkungannya yang sangat beragam, memiliki tiga konsep pemanfaatan sumber daya alam yang berlandaskan perlindungan alam, yaitu ekowisata, geowisata, dan taman bumi (geopark).

TRANSFORMASI BUDAYA PEMBELAJARAN ERA KENORMALAN BARU PASCA COVID-19

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio Lekahena, Theopany P.Th, Rampisela, S.Psi., M.Ed, Mersya Rikumahu, Tifanny Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 120 Halaman ISBN : 978-623-68722-9-1 Sinopsis Buku Transformasi Budaya Pembelajaran Situasi saat ini telah mempercepat implementasi pendidikan abad-21 sebagai tuntutan era insdustri 4.0. Kehadiran Covid-19 menuntut para pendidik, peserta didik bahkan orang tua harus bisa memanfaatkan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar, karena pembelajaran online dianggap sebagai alternative terbaik dalam pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran online akan efektif jika para penggunanya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Inilah yang dialami oleh banyak para pendidik yang berada di daerah-daerah yang jarang bahkan tidak pernah menikmati kegiatan workshop. Mereka mengeluh karena punya android, laptop tetapi tidak paham untuk memanfaatkannya dalam mendukung proses pembelajaran terlebih saat situasi covid-19. Jangan tanyakan ini tugas siapa? Jangan tanyakan ini tanggung jawab siapa? Jangan tanyakan ini salah siapa? Yang harus kita lakukan adalah bagaimana solusinya dan bertindaklah. Buku ini hadir sebagai wujud nyata dari setiap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen bersama mahasiswa. Buku ini secara spesifik mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan PKM pada masa Pandemi Covid-19 dan Era Industri 4.0. Mulai dari Analisis, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, bahkan sampai output yang dihasilkan. Dengan demikian, buku ini akan menjadi refferensi yang baik bagi para mahasiswa, dosen atau lembaga pendidikan tinggi lainnya dalam pelaksanaan kegiatan PKM.

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio ...

Buku Ajar Manajemen Kinerja Industri

Seiring dengan perkembangan kinerja sering diartikan hasil kerja atau prestasi kerja, meskipun sesungguhnya kinerja bermakna lebih luas, sebab bukan saja berbicara hasil kerja, akan tetapi juga termasuk didalam proses berlangsungnya. Sistem manajemen kinerja mengatur cara pimpinan menetapkan sasaran, memberikan bimbingan melalui coaching dan konseling didalam proses penetapan sasaran kinerja. Buku ini akan memberikan pengetahuan wawasan yang lebih bagaiamana strategi teori organisasi yang jelas dalam rangka mewujudkan tujuan Manajemen Kinerja Industri. Dalam buku ini berisikan tentang: BAB 1 tentang Definisi Manajemen Kinerja, Fungsi dan Alat, Tujuan dan Manfaat, Pengukuran Kinerja Pegawai, Membangun Kinerja. BAB2 2 Organisasi Sebagai Sistem, Tentangan Manajemen, Perencanaan Strategis, Sasaran, Mengembangkan, Komunikasi Kerja, Implementasi Strategis dan Manfaat, Perencanaan Evaluasi Kinerja. BAB 3 Pelaksanaan Kinerja, Tujuan dan Pelaksanaan Kinerja, Patokan Kinerja, Pemilihan Metode Pelaksanaan Kinerja, Rancangan Pelaksanaan Kinerja. Dsb

Seiring dengan perkembangan kinerja sering diartikan hasil kerja atau prestasi kerja, meskipun sesungguhnya kinerja bermakna lebih luas, sebab bukan saja berbicara hasil kerja, akan tetapi juga termasuk didalam proses berlangsungnya.