Sebanyak 58 item atau buku ditemukan

Memahami Istilah-istilah Ilmu Tajwid & Ilmu Qira’at

Diandra Kreatif

Wa ba'du (dan sesudahnya). Adapun judul risalah ini adalah Ta'rifat fi Isthilahat 'Ilma at-Tajwid wa al-Qira'at.Dan kami telah menghimpunnya dari beberapa kitab tajwid dan qira'at baik yang kecil maupun yang besar serta kami mengurutkannya menurut bab-bab sesuai dengan apa yang dibahas dengan maksud mempermudah mencari dan memahaminya terkhusus untuk para pembaca dan umumnya untuk siapapun yang sengaja perdalamnya.

Wa ba'du (dan sesudahnya).

Pengantar Manajemen Keuangan

Diandra Kreatif

Dalam membuat setiap keputusan keuangan harus dipertimbangkan trade off antara resiko dan keuntungan yang terikat pada setiap keputusan dan mempengaruhi nilai perusahaan ( Value of the firm ). Resiko dan profitabilitas ditentukan oleh skala perusahaan, jenis peralatan operasional, proporsi hutang dengan sumber pembiayaan, posisi likuiditas, dll. Resiko tinggi maka keuntungan juga tinggi atau sebaliknya. Buku ini menguraikan perihal manajemen keuangan secara singkat dari berbagai penyelesaian contoh kasus keuangan tidak hanya di Indonesia, namun juga di India dan amerika serikat. Penulis berharap agar kehadiran buku ini dapat menjadi literatur mata kuliah manajemen keuangan di perguruan tinggi, serta dapat digunakan oleh para pembaca secara luas yang ingin mempelajari manajemen keuangan perusahaan.

Dalam membuat setiap keputusan keuangan harus dipertimbangkan trade off antara resiko dan keuntungan yang terikat pada setiap keputusan dan mempengaruhi nilai perusahaan ( Value of the firm ).

Agama Anak-anak Bahasa Biografi Buku Teks Ekonomi Hobi dan Usaha Hukum & Perundangan Humor Kategori Lainnya Kesehatan Komik Komputer & Internet Kumpulan Cerpen Kumpulan Puisi Manajemen dan Bisnis Novel Parenting Pariwisata Pendidikan Psikologi Referensi dan Kamus Sains & Teknologi Sastra Sejarah & Budaya Sosial Politik True Story Buku Baru Buku Best Seller Buku Pilihan JUAL BELI ONLINE IBNU TAIMIYAH Sebuah Metode Istinbath Hukum Ibnu Taimiah tentang Menemukan Hukum Jual Beli Online

Diandra Kreatif

Berangkat dari aktifitas yang sering menjadi permasalahan di masyarakat luas bahkan tidak jarang menjadi perdebatan yang tak berujung. Pada dasarnya, jual beli merupakan sesuatu yang dibolehkan oleh Allah SWT . Akan tetapi, hal yang menarik untuk dikaji adalah bagaimana metode istinbath hukum Ibnu Taimiyah memandang hukum jual beli online. Buku ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode istinbath hukum Ibnu Taimiyah tentang akad serta implementasinya pada jual beli online. Dengan demikian, setidaknya yang selama ini menjadi titik masalah dapat terungkap dan dapat menjadi informasi ilmiah yang mencerahkan. Melalui teknik analisis kualitatif dari dari buku ini menghasilkan: Pertama, Ibnu Taimiyah memakai metode istinbath hukum yang hampir sama dengan mazhab Ahmad bin Hambal akan tetapi memiliki perbedaan dalam metode istinbath hukum. Dalam hal ini, Imam Ahmad bin Hambal memakai: (1) Nas yakni Alquran dan sunah, (2) Hadis mursal, (3) Hadis daif, (4) Fatwa sahabat,dan qiyas. Sementara itu, dalam Melakukan metode istinbath hukum Ibnu Taimiyah menggunakan: (1) Alquran, (2) Sunah, (3) ijma, (4) qiyas, (5) istisẖab, dan (6) maslaẖah al Mursalah. Kedua: Ibnu Taimiyah berpendapat kebolehannya bertransaksi dengan, (1) ijab dan kabul, (2) isyarat, (3) tulisan dan (4) jual beli serah terima (muathah). Jadi, hukum jual beli online boleh selagi tidak ada dalil yang mengharamkannya, serta tidak bertentangan dengan prinsip prinsip syariat Islam.

Berangkat dari aktifitas yang sering menjadi permasalahan di masyarakat luas bahkan tidak jarang menjadi perdebatan yang tak berujung.

Sains Untuk Anak

Elmatera

Sains adalah bagian dari kehidupan. Sains juga merupakan mata pelajaran di sekolah. Namun bukuini hadir dengan sesuatu yang berbeda. Buku ini mencoba menghadirkan pertanyaan-pertanyaan seputar sains. Pertanyaan-pertanyaan yang disajikan adalah pertanyaan-pertanyaan kritis yang dapat membantu anak menjadi anak cerdas. Anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Cerdas, tidak hanya merupakan bawaan atau bakat yang diperoleh sang anak. Setiap orang tua bisa menjadikan anaknya menjadi anak cerdas. Tentu saja, hal ini tergantung dari cara mendidik anak sejak dini. Salah satu cara agar anak menjadi cerdas adalah orang tua harus membiasakan anaknya bertanya. Bertanya adalah langkah awal untuk menjadi kritis. Berilah jawaban yang akurat dan tepat ketika anak bertanya.

Sains adalah bagian dari kehidupan.

Karena pendidikan itu sangat penting

Diandra Kreatif

-- “Pendidikan diharapkan menjadi proses memanusiakan manusia, sehingga semua manusia dapat menjadi warga Negara yang lebih baik. Para pendidik niscaya mendidik, bukan menghardik; mengajar, bukan menghajar; mengajak, bukan mengejek; memandu, bukan mengadu; merangkul, bukan memukul.” (Prof. Dr. H. Muhammad Chirzin, M.Ag. --Guru Besar Tafsir Al-Quran UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta--) “Sesungguhnya pendidikan itu berarti petunjuk. Petunjuk yang selalu dibutuhkan oleh manusia. Tanpa petunjuk makamanusia akan sesat. Pendidikan adalah petunjuk yang diberikan dengan sadar untuk membuat manusia memahami, mengetahui, merasakan dan berbuat.” (Dr. Amie Primarni --Pemerhati dan Pengamat Pendidikan Holistik. Pemilik “Mata Pena School”--) Buku ini berisi kumpulan refleksi dan pandangan tentang arti pentingnya pendidikan bagi tiap anak manusia. Di antaranya, disuguhkan berbagai cerita yang sangat inspiratif dari beberapa penulis, pengalamannya ketika menimba ilmu dari sekolah hingga perguruan tinggi, bahkan ada yang rela bekerja terlebih dahulu demi mencari atau mengumpulkan uang agar bisa menikmati dan menimba ilmu di perguruan tinggi, dan lain-lain. Penulisnya merupakan kolaborasi antara mahasiswa, guru, dan juga dosen yang bergabung di bawah sebuah organisasi yang bernama Wadu Tunti Community (WTC) Makassar. Sehingga, isi buku ini sarat makna dan tentu mencerahkan. Selamat membaca, dan salam pendidikan!

-- “Pendidikan diharapkan menjadi proses memanusiakan manusia, sehingga semua manusia dapat menjadi warga Negara yang lebih baik.

Lebih Dekat Dengan Anak Tunadaksa

Relasi Inti Media

Apa sesungguhnya pengertian dari anak tunadaksa, apa penyebab anak dapat menjadi penyandang tunadaksa, hambatan dan masalah-masalah apa saja yang mereka alami, dan pendidikan seperti apa yang sesuai untuk mereka? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini tersaji dalam buku ini.

Apa sesungguhnya pengertian dari anak tunadaksa, apa penyebab anak dapat menjadi penyandang tunadaksa, hambatan dan masalah-masalah apa saja yang mereka alami, dan pendidikan seperti apa yang sesuai untuk mereka?

Gizi Dasar Plus 30 Resep Makanan Lezat Nan Praktis

Diandra Kreatif

Gizi merupakan ilmu pengetahuan dan kesehatan yang erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Prinsip prinsip Gizi dasar akan sangat membantu kita hidup sehat. Dengan mempelajari ilmu gizi dasar, kita dapat mengenal sumber makanan, kandungan gizi dalam makanan, konsep gizi seimbang, cara membuat menu yang sehat, mengetahui zat zat yang terkandung di dalam makanan baik yang baik bagi tubuh atau berbahaya bagi kesehatan serta cara mengolah makanan yang benar agar zat-zat gizi dalam makanan tidak hilang saat proses memasak. Buku Gizi Dasar Plus 30 Resep Masakan Lezat Nan Praktis Untuk Pemula ini hadir untuk memudahkan kita dalam memahami Gizi. Berbagai materi gizi dalam buku ini disajikan secara ringkas dan sistematis dengan harapan mudah dipahami. Buku ini diperkaya dengan 30 resep masakan untuk pemula yang diharapkan dapat menambah motivasi dalam menerapkan gizi secara langsung melalui proses memasak. Semoga buku ini dapat menjadi referensi kesehatan yang bermanfaat bagi semua kalangan.

Gizi merupakan ilmu pengetahuan dan kesehatan yang erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari.

Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis

Diandra Kreatif

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya dan bertujuan mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar ...

Menulis itu Indah

Octopus

Namun, bukan lantas berarti tulisan hendak mengacungkan tangan dan berteriak lantang; "Akulah penggerak jahak"Suatu karya penuturan Albert Camus, lebih bermaksud menyadarkan kreatornya pada kenyataan hidup yang memang seringkali bekerja di ...

Solusi Praktis Word 2016 untuk Penulisan KTI Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Widyaiswara

Diandra Kreatif

Guru dituntut untuk mampu merencanakan pembelajaran secara matang, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, dan melakukan perbaikan/pengayaan hasil pembelajaran. Selain itu, guru juga harus melakukan kegiatan pengembangan profesi secara berkelanjutan. Kegiatan pengembangan profesi adalah kegiatan guru dalam rangka penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan keterampilan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi penyelenggaraan pendidikan di kelas dan di sekolah. Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru dan kepala sekolah meliputi kegiatan pengembangan diri dan publikasi ilmiah. Kegiatan pengembangan diri berbentuk diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru. Publikasi ilmiah berbentuk publikasi atas hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, dan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman guru. Kebutuhan jenis kegiatan pengembangan profesi berbeda-beda pada setiap jenjang pangkat/golongan guru. Selain guru dan kepala sekolah, pengawas sekolah juga wajib melakukan pengembangan profesi. Pengembangan profesi pengawas sekolah meliputi pembuatan karya tulis dan atau karya ilmiah di bidang pendidikan formal/pengawasan, penerjemahan/penyaduran buku dan atau karya ilmiah di bidang pendidikan formal/pengawasan, dan pembuatan karya inovatif. Hampir sama dengan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah, jabatan fungsional ahli widyaiswara juga wajib melakukan pengembangan profesi. Permenpan dan RB RI Nomor 22 tahun 2014 secara eksplisit menegaskan bahwa unsur pengembangan profesi widyaiswara meliputi: (1) pembuatan karya tulis/karya ilmiah dalam bidang spesialisasi dan lingkup kediklatan; (2) penemuan inovasi yang dipatenkan dan telah masuk daftar paten sesuai bidang spesialisasi keahliannya; (3) penyusunan buku pedoman/ketentuan pelaksanaan/ketentuan teknis di bidang kediklatan; dan (4) pelaksanaan orasi ilmiah sesuai spesialisasinya. Banyak guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan widyaiswara menemui kesulitan dalam menggunakan fasilitas Word 2016 untuk penulisan KTI. Dibandingkan versi-versi sebelumnya, Word 2016 sebenarnya menyediakan fasilitas yang jauh lebih lengkap. Namun, hal ini justeru menimbulkan kesulitan tersendiri. Sebagian pengguna Word 2016 sudah terlanjur terbiasa menggunakan langkah-langkah baku yang cukup panjang. Padahal, Word 2016 menyediakan pintasan pintasan yang dapat digunakan dengan hasil yang sama dengan memakai cara-cara baku tersebut tetapi dengan waktu yang jauh lebih singkat. Buku ini merangkum solusi solusi praktis dan pintasan pintasan tersebut agar penulisan KTI dengan Word 2016 dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Para pembaca dapat menemukan jawaban atas beragam masalah yang mereka hadapi pada saat menulis KTI di dalam buku ini. Isi buku ini sengaja disajikan secara lugas dan dilengkapi gambar gambar agar pembaca langsung dapat mempraktikkannya.

Guru dituntut untuk mampu merencanakan pembelajaran secara matang, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, dan melakukan perbaikan/pengayaan hasil pembelajaran.